Makanan Khas Jawa Timur

Membahas tentang kuliner di Indonesia, karakteristik makanan khas Jawa Timur Surabaya tentu jangan sampai terlewatkan. Masakan yang menggunakan petis dan terasi sebagai penambah rasa enak, rasanya perlu Kamu cobain sendiri.

Sudah tentu, ciri makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal berbeda dengan makanan khas daerah lain seperti, makanan khas Bali atau makanan khas Sunda. Meskipun mungkin ada beberapa menu masakan yang sama.

Lebih menariknya lagi, setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri dari setiap makanan khas yang disuguhkan.

Daftar Nama Makanan Khas Jawa Timur dan Penjelasannya


Video Review Makanan Khas Jawa Timur di Jakarta

Nikmat itu ketika kita bisa makan apapun yang diinginkan tanpa memikirkan lemak dan berat badan! Seperti halnya mencicipi berbagai makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia ini.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan dari Jawa Timur yang paling terkenal. Pastinya aneka makanan ini tidak akan membuat kamu meneysal. Apa saja alasanya? Langsung saja simak di bawah ini.

  • Masakan masyarakat Jawa Timur sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.
  • Kombinasi rasanya yang kahs dengan bumbu yang pas membuat siapa saja akan ketagihan.
  • Ada banyak makanan yang unik dan menarik serta tidak ditemukan di daerah manapun.
  • Rasnaya yang selalu bikin kangen dan ketagihan.

Lantas, apa saja nama 10 makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal? Berikut ini penjelasannya:

Bakso Malang

Makanan Khas Jawa Timur Bakso Malang

Gambar Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Terkenal Bakso Malang

Untuk Kamu pecinta bakso, tentunya Kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Malang yang satu ini. Ya, nama makanan ini adalah bakso Malang. Seperti yang diketahui bahwa Malang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Timur.

Bakso Malang termasuk 5 makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal. Bahkan Kamu bisa menemukannya di mana saja. Lantas, apa sih yang membedakan bakso ini dengan bakso lainnya? Mengapa bakso ini terlihat begitu istimewa.

Secara kasat mata, bakso Malang hampir sama dengan bakso lainnya. Adapun perbedaan yang paling mencolok dari bakso ini adalah kuahnya yang sangat bening.

Tidak hanya itu, dalam satu mangkuk bakso juga dilengkapi dengan pangsit khas yang renyah yang membuat cita rasanya begitu terasa berbeda.

Jika Kamu berada di Malang Jawa Timur, cobain deh rasa makanan khas langsung dari kota aslinya. Dijamin Kamu bakalan ketagihan karena rasanya memang seenak itu.

Nasi Tumpang

Makanan Khas Jawa Timur dan cara membuatnya Nasi Tumpang

Gambar Makanan Khas Jawa Timur Beserta Penejelasannya Nasi Tumpang

Selain bakso Malang, daftar kuliner khas Jawa Timur selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah nasi Tumpang.

Pernahkah Kamu mendengar nama kuliner yang satu ini? Nasi tumpang merupakan salah satu makanan khas tradisional yang asli berasal dari daerah Jawa Timur.

Salah satu jenis makanan yang memiliki rasa khas dan enak. Karena rasanya inilah nasi tumpang sering dijadikan sebagai menu makanan di acara adat.

Untuk menemukan nasi ini sendiri cukup mudah karena nasi tumpang memang banyak tersebar di wilayah Jawa Timur.

Bahkan, untuk Kamu yang ingin mencicipi makanan satu ini juga tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur lho. Sebab, nasi tumpang kini juga tersebar di daerah Jawa lainnya. Jadi, Kamu bisa mencicipinya kapan saja.

Salah satu ciri makanan khas Jawa Timur nasi tumpang adalah pada bagian atas nasinya terdapat sambal yang diletakkan dengan cara ditumpang.

Adapun sambal ini juga dibuat dengan menggunakan tempe yang akan busuk namun sudah dicampur dengan ayam dan cabai.

Meskipun demikian, rasa dari makanan ini enak kok dan bahkan banyak yang menyukainya. Mungkin jika Kamu sudah mencicipinya Kamu juga akan tertarik dan ingin mencobanya terus menerus.

Gado gado

Oleh oleh Makanan Khas Jawa Timur dan Resepnya Gado gado

Gambar Makanan Khas Jawa Timur Gado gado

Untuk Kamu yang suka makanan dengan bahan dasar sayur, tentunya Kamu juga pasti akan suka dengan kuliner khas Jawa Timur yang satu ini. Sebut saja makanan ini dengan nama gado-gado.

Gado-gado menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur yang cukup terkenal bahkan tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja. dalam makanan ini terdiri atas beberapa jenis sayuran, kentang, tahu, tempe dan juga ketupat.

Setelah itu, semua bahan ini akan disiram dengan saus kacang yang lezat. Dengan bumbu kacang ini menjadikan sayuran ini terasa begitu enak dan lezat untuk dicicipi.

Jenis makanan yang satu ini juga sehat lho dan tentunya harganya juga terjangkau serta cocok untuk sarapan ataupun makan siang.

Soto Lamongan

Makanan Khas Jawa Timur Soto Lamongan

Kamu suka soto? Sudah pernah mencicipi soto khas Jawa Timur yang disebut dengan soto Lamongan? Jika belum, coba deh cicipi dan pastinya Kamu akan ketagihan. Ya, soto Lamongan menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling favorit.

Sesuai dengan namanya, jenis makanan yang satu ini berasal dari Lamongan. Meskipun demikian, namun Kamu juga bisa dengan mudah menemukan soto Lamongan di berbagai daerah lho.

Namun, jika Kamu ingin merasakan rasa yang original, ada baiknya mencicipi langsung ke Lamongan agar rasanya lebih khas.

Apa sih yang membedakan soto Lamongan dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia?

Ternyata soto ini dibuat dengan menggunakan campuran koya yang dibuat dari bahan kerupuk udang dan bawang putih. Selain itu ada irisan telur dan daging sapi yang melimpah sehingga rasanya menjadi begitu enak dan bikin ketagihan.

Makanan Khas Jawa Timur Rawon

Makanan Khas Jawa Timur Rawon

Rawon adalah salah satu nama makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal dengan kelezatannya. Ya, makanan rawon dibuat dengan bahan dasar daging sapi dengan kuah hitam yang khas.

Rawon sendiri dibuat dengan menggunakan irisan daging sapi yang dicampur dengan bawang goreng, sayuran dan juga taoge. Bahkan kuahnya yang hitam ini juga dihasilkan dari bahan keluwek yang membuat rasanya begitu khas.

Makanan ini juga sangat populer, bahkan tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja. Karena kepopuleran dari rawon, makan makanan ini kini juga sudah banyak ditemukan di warung-warung.

Secara penyajian, rawon disajikan dengan nasi hangat, kerupuk dan potongan telur ayam. Makanan ini juga sangat cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam untuk Kamu yang sedang lapar.

Tahu Tek

Makanan Khas Jawa Timur Tahu Tek

Masih dengan makanan tradisional daerah Jawa Timur. Kuliner selanjutnya yang harus Kamu cicipi adalah tahu tek. Sesuai dengan namanya, primadona dalam makanan ini adalah tahu.

Membuat makanan tahu tek berbeda adalah tahu di sini digoreng setengah matang saja dan kemudian ditambah dengan kerupuk, kentang goreng, mentimun, taoge, telur dadar dan ketupat atau lontong.

Kemudian tahapan terakhirnya makanan ini akan disiram dengan sambal yang menggunakan petis dan juga kecap serta kacang goreng. Hmm dengan rasa pedas manis ini membuat tahu tek menjadi makanan yang sangat enak, terutama untuk Kamu yang suka jajan.

Bahkan, harga satu porsi tahu tek juga murah lho. Jika Kamu penasaran dengan makanan ini, ternyata Kamu bisa dengan mudah menemukannya di jalanan Jawa Timur. Sebab, tahu tek dianggap sebagai makanan rakyat.

Makanan Khas Jawa Timur Lontong Balap

Makanan Khas Jawa Timur Lontong Balap

Bisa dikatakan bahwa lontong balap adalah nama makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal dan merupakan salah satu jenis makanan tradisional dengan nama yang unik.

Penyajiannya, lontong balap akan dicampur dengan bahan lain seperti tahu goreng, taoge lethok, dan juga kecap serta bawang goreng. Jika Kamu suka pedas, maka Kamu juga bisa menambahkan sambal agar rasanya jauh lebih mantap.

Salah satu yang unik dari makanan ini adalah penjualnya berjualan dengan cara memikul dan membawa keliling dari satu tempat ke tempat lain untuk menjajajkan lontong balap.

Namun, saat ini sudah jarang ditemukan penjual yang demikian dan kebanyakan sudah beralih menggunakan gerobak. Jika Kamu mampir ke Jawa Timur, maka Kamu juga perlu mencicipi makanan ini ya.

Pecel Blitar

Makanan Khas Jawa Timur Pecel Blitar

Siapa si yang tidak tahu pecel, bahkan ini menjadi salah satu makanan yang sering Kamu makan. Tahukah Kamu jika pecel ini merupakan makanan khas Jawa Timur lho.

Meskipun demikian, ternyata pecel sudah melegenda dan tersebar di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Nah, bentuk pecel juga bervariasi sesuai dengan daerahnya masing-masing. Misalnya saja di Blitar, dimana pecel dibuat dengan menggunakan sayuran sederhana dan ditambah dengan saus kacang yang pedas dan kental.

Namun, salah satu ciri khas pecel Blitar itu terdapat tambahan rempeyek di atasnya dan biasanya ditambah dengan nasi putih hangat. Jenis makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan menu makan siang.

Pecel Lele Lamongan

Daftar Makanan Khas Jawa Timur Pecel Lele

10 Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Terkenal Pecel Lele Lamongan

Jika pecel sebelumnya dibuat dengan bahan dasar sayur, berbeda dengan pecel lele yang satu ini. Kuliner ini dibuat dengan menggunakan ikan lele yang digoreng kering.

Kemudian pecel pecel disajikan dengan sambal mentah ataupun sambal matang dan dengan lalapan. Untuk rasa, pecel lele khas Lamongan emang berbeda dan rasanya tidak akan tergantikan.

Meskipun rasanya juara, namun harganya bersahabat lho. Untuk mendapatkan pecel lele juga mudah, karena Kamu bisa menemukannya di banyak lesehan pinggir jalan. Biasanya mulai buka dari sore hingga penghujung malam hari.

Makanan Khas Jawa Timur Rujak Cingur

5 Makanan Khas Jawa Timur Rujak Cingur

Gambar Makanan Khas Jawa Timur Rujak Cingur

Bisa dikatakan rujak cingur merupakan makanan tradisional yang sangat populer di Nusantara. Karena keberadaannya tidak hanya di daerah Jawa Timur saja.

Seperti rujak ada umumnya, hanya saja pada rujak cingur ditambahkan dengan cingur sapi atau memanfaatkan bagian rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi.

Bagi Kamu yang belum pernah memakannya pastinya akan merasa aneh ketika harus memakan makanan ini.

Namun, tahukah Kamu jika rujak cingur ini sangat nikmat. Dalam makanan ini Kamu akan menemukan beberapa jenis sayuran, seperti petis, kacang dan masih banyak lainnya.

Agar rasanya lebih mantap, rujak cingur juga ditambah dengan kerupuk udang. Bagi Kamu yang berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Sebab, di Jawa Timur biasanya masih menggunakan cingur asli, sedangkan wilayah lain biasanya sudah diganti dengan kikil karena sulitnya mencari cingur.

Sambel Wader

Makanan Khas Jawa Timur Sambel Wader

Jika Kamu berkunjung ke Mojokerto, jangan lupa untuk mampir mencicipi sambal wader. Sambal wader merupakan makanan tradisional dar daerah Jawa Timur yang memiliki rasa yang pedas. Sesuai dengan namanya, dalam sambal ini juga ditambah dengan ikan wader,

Ikan wader sendiri merupakan ikan berukuran kecil yang biasa ditemukan di sungai. Nah, ikan kecil ini kemudian digoreng hingga kering dan ditambahkan dengan sambal.

Hmm, rasanya itu bikin meleleh di lidah dan pastinya sangat cocok untuk menemani makan siang Kamu.

Makanan Khas Jawa Timur Bebek Sinjay

Daftar Makanan Khas Jawa Timur Bebek Sinjay

Jika Kamu suka dengan olahan bebek, maka bebek sinjay ini menjadi salah satu makanan tradisional Jawa Timur yang wajib untuk dicoba.

Bebek sinjay Jawa Timur ini memiliki citarasa yang sangat khas dan hanya dijual di satu tempat saja yakni di wilayah Bangkalan, Madura.

Hal yang menarik dari kuliner ini adalah ia menawarkan daging bebek yang empuk yang ditambah dengan sambal pencit serta terdapat mangga muda di sana.

Saat Kamu mencicipi makanan ini maka sudah tidak ada lagi bau amis dari daging bebek dan tentunya daging bebeknya juga sangat lembut lho.

Makanan ini juga disajikan dengan nasi putih hangat yang membuatnya semakin terasa nikmat. Hal inilah yang menjadikan bebek sinjay menjadi salah satu menu yang sangat cocok untuk makan siang ataupun makan malam.

Rujak Soto

5 Makanan Khas Jawa Timur Rujak Soto

Daftar Nama Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Terkenal Rujak Soto

Pernahkah Kamu mendengar kuliner dengan nama rujak soto? Biasanya rujak dan soto adalah sua makanan yang berbeda, namun kali ini disatukan menjadi sebuah kuliner.

Di Banyuwangi, rujak soto menjadi salah satu makan favorit yang sangat disukai oleh masyarakat.

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan rujak yang dicampur dengan kuah kuning soto. Dengan rasa mah yang khas membuat rasa makanan ini sangat khas lho dan menyegarkan.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipinya, Kamu bisa datang ke Banyuwangi dan tentunya harga makanan ini juga sangat terjangkau.

Sate Madura

Makanan Khas Jawa Timur Sate Madura

Makanan Jawa Timur yang satu ini tentunya sudah sangat melegenda dan bisa ditemukan dimana-mana. Sate Madura juga termasuk dalam daftar nama makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal.

Untuk cara membuatnya dengan menggunakan bahan daging ayam ataupun daging kambing. Kemudian, daging yang sudah diiris dan dirangkai dengan sujen ini akan dibakar dengan menggunakan arang batok kelapa.

Saat sudah jadi, sate ini akan diguyur dengan saus kacang yang kental dan penuh cita rasa. Jika Kamu ingin merasakan sensasi yang berbeda dari sate ini, coba cicipi langsung sate ini dari daerah asalnya.

Makanan Khas Jawa Timur Nasi Krawu

Makanan Khas Jawa Timur Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan nama makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal di daerah Gresik. Makanan tradisional yang satu ini menawarkan rasa yang paling utama, yaitu kenyang. Sesuai dengan namanya nasi krawu ini berarti nasi yang dicampur dengan kasar.

Adapun beberapa bahan yang dicampur pada menu makanan yang satu ini seperti serundeng, jeroan sapi, daging sapi, terasi dan bahan lainnya. Nah, bahan-bahan ini diolah sedemikian rupa hingga rasanya begitu khas dan istimewa.

Dimakan dengan nasi putih hangat dan juga sambal menjadikan makanan ini sangat istimewa. Di Jawa Timur sendiri, makanan ini sering dibungkus menggunakan daun pisang, sehingga rasanya masih sangat otentik dan tradisional.

Makanan Khas Jawa Timur Lodho Ayam

Makanan Khas Jawa Timur Lodho Ayam

Jika Kamu suka dengan olahan ayam, maka Kamu pasti juga akan suka dengan lodho ayam. Apa itu lodho ayam? Salah satu nama makanan Jawa khas Timur yang paling terkenal dari daerah Tulungagung.

Kuliner tradisional yang satu ini dibuat dengan bahan dasar daging ayam yang dimasak dengan bumbu lodho. Adapun penyajiannya sendiri lodho dibagi menjadi dua jenis yakni lodho dengan kuah kental dan kuah encer.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi putih hangat yang membuat rasanya begitu yummy. Dijamin deh Kamu bakal ketagihan dengan lodho ayam Jawa Timur jika sudah mencicipinya.

Dari informasi di atas ada banyak daftar makanan khas Jawa Timur beserta penjelasannya dan bisa Kamu cicipi ketika berkunjung ke Jawa Timur. Setiap makanan memiliki cita rasa dan karakternya masing-masing. Jadi, Kamu bisa mencicipi mana yang paling Kamu sukai.

Leave a Reply