makanan khas pemalang belut goreng

Makanan Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang – Pemalang adalah salah satu kota yang dilewati jalur pantura. Pastinya kamu yang dari ibukota akan pergi ke daerah bagian timur Jawa seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah akan melewati Pemalang.

Saat melewati Kota Pemalang, tidak ada salahnya kamu singgah sebentar untuk istirahat. Selain itu kamu juga bisa menikmati makanan khas Pemalang yang bisa buat perut kamu kenyang dan nggak bikin kantong bolong.

Ini dia daftar makanan khas Pemalang Jawa Tengah yang terbilang paling enak :

1. Apem Comal

makanan khas pemalang Apem Comal

ksmtour[dot]com

Apem khas Comal Pemalang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Makanan khas Pemalang ini sejenis roti yang rasanya manis, dan juga gurih. Warnanya coklat tua dan biasanya diletakkan di atas daun pisang

Cara pembuatannya masih sangat tradisional. Hal ini yang menjaga cita rasa apem khas Pemalang. Untuk menikmatinya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang seribu atau dua ribu rupiah saja per porsi.

Kamu bisa membeli apem comal khas Pemalang ini di berbagai toko kue di kawasan Pemalang.

2. Kamir

makanan khas pemalang kamir

indonesiakaya[dot]com

Kamir sebenarnya adalah makanan asli arab tapi sangat mudah dijumpai di daerah Pemalang. Beberapa orang, khususnya yang berasal dari Mulyoharjo Pemalang, menyebutnya Samir. Kamir berasal dari kata Khamir yang berarti ragi.

Kamir khas Pemalang dibuat dari tepung beras, tepung terigu, telur, mentega dan kadang diberi bahan tambahan seperti pisang ambon atau tape. Setelah itu dipanggang dengan menggunakan cetakan bulat. Sekilas bentuk makanan khas Pemalang ini mirip dengan apem.

Konon katanya, dulu yang pertama kali membuat kue kamir adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kampung Arab. Sampai sekarang, kue kamir banyak dijajakan di sekitar kawasa Kampung Arab Mulyoharjo, Pemalang.

3. Tahu Pletok

makanan khas pemalang tahu pletok

tribunnews[dot]com

Tahu Pletok disebut demikian karena membuatnya dengan cara mlethoki atau memecah tahu dengan tangan.

Setelah tahu dibelah, bagian dalam tahu dibersihkan dan dikeluarkan. Lalu diberi bumbu seperti bawang putih dan garam. Terakhir tahu plethok digoreng sampai kering.

Biasanya tahu pletok khas Pemalang disajikan dengan cabai atau kecap pedas, sangat cocok dijadikan cemilan saat santai. Harganya murah meriah sekitar Rp 10.000 rupiah per porsi.

4. Grombyang

makanan khas pemalang grombyang

travelingyuk[dot]com

Grombyang sekilas mirip seperti rawon. Makanan khas Pemalang ini terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dimasak sampai empuk lalu disajikan dengan kuah manis dengan taburan bawang goreng dan daun bawang.

Alasan kenapa nasi ini dinamakan nasi grombyang adalah karena penyajiannya antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga seperti bergoyang-goyang alias bahasa Jawanya grombyang-grombyang.

Nasi grombyang khas Pemalang biasanya disajikan dengan mangkuk kecil, jadi untuk kamu yang porsi makannya banyak, kemungkinan bakalan nambah beberapa porsi lagi kalau mau kenyang.

Menurut warga Pemalang, nasi grombyang yang paling enak ada di Jl. R.E. Martadinata, dekat alun-alun Pemalang, warung milik Pak Haji Warso. Penasaran? Langsung saja ke Pemalang untuk menikmati kelezatan nasi grombyang khas Pemalang.

Makanan khas daerah lain yang unik dengan penjelasannya masing-masing juga ada disini:

20 Nama Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah
Makanan Khas Semarang Untuk Oleh oleh
Makanan Khas Jawa Tengah dan Daerah Asalnya

5. Bakso Balungan

makanan khas pemalang bakso balungan

kulinerpemalang-willygaluh[dot]blogspotdot]com

Bakso balungan adalah bakso dari daging sapi yang ditambah kuah dan balungan sapi. Sebenarnya bakso balungan khas Pemalang hampir sama dengan bakso balungan dari daerah lain.

Ciri yang menjadi khasnya adalah bakso khas Pemalang ini menggunakan banyak potongan tulang sapi yang tersaji dalam mangkok. Rasanya pedas, enak dan segar. Kamu wajib mencicipi bakso balungan khas Pemalang!

6. Lontong Dekem

makanan khas pemalang lontong dekem

travelingyuk[dot]com

Lontong Dekem adalah sajian lontong yang disiram kuah gurih yang dituangkan secara berkali-kali dan disantap dengan Sate Dekem. Sate dekem adalah sate ayam atau jeroan ayam yang menggunakan bumbu khas Pemalang.

Kenapa dinamakan lontong dekem? Kata dekem dalam bahasa jawa artinya posisi duduk dengan posisi kaki tertekuk. Oleh karena itu lontong dekem bisa diartikan menikmati lontong sambil duduk dekem. Ada juga yang berkata disebut lontong dekem karena penjual yang duduknya dekem.

7. Sate Loso

makanan khas pemalang sate loso

inibaru[dot]id

Sate Loso Khas Pemalang adalah sate yang menggunakan daging sapi atau daging kerbau. Daging yang digunakan, sebelum dibakar harus dibacem dulu agar rasanya lebih meresap.

Sate Loso Sapi atau Kerbau disajikan dengan sup yang berisi tauge, urat, dan tulang muda, juga sambal kacang. Unik, bukan?

Konon katanya, sate khas Pemalag ini dijual pertama kali oleh seseorang yang namanya Loso, maka dari itu dinamakan Sate Loso. Resepnya sudah turun temurun sampai sekarang generasi kedua yang bernama Pak Mul. Rasa dan aroma sate teap sama dan dipertahankan agar pelanggan tetap setia.

8. Kepiting Lemburi

makanan khas pemalang kepiting lemuri

topvisit[dot]net

Masakan seafood juga cukup banyak di daerah Pemalang. Salah satunya yang terkenal yaitu Kepiting Lemburi.

Kepiting ini termasuk kepiting yang bercangkang lunak. Masakan kepiting khas Pemalang ini dimasak sampai dagingnya empuk dan lunak.

Kepiting lemburi khas Pemalang banyak dijual di warung-warung sekitar kawasan Jalan Pantura. Kalau kamu ingin melihat kepiting sebelum dimasak, kamu juga bisa langsung ke Kecamatan Petarukan Kab. Pemalang untuk melihat budidaya kepiting lemburi.

9. Pecak Belut

makanan khas pemalang pecak belut

kulinerpemalang[dot]blogspot[dot]com

Ada dua jenis pecak belut khas Pemalang yang terkenal, yaitu pecak belut santan dan pecak belut sambal kering.

Beda kedua jenis pecak belut tersebut terletak padah cara penyajiannya. Kalau pecal belut santan, belut yang sudah digoreng disiram kuah santan, kalau pecak belut sambal kering yaitu belut gorengan dengan sambal yang pedas.

Biasanya penyajian pecak belut khas Pemalang juga didampingi dengan sayur daun pepaya, tauge, dan mentimun.

Rasanya sangat menggugah selera, apalagi kalau sambalnya pedas dan disajikan di atas cobek langsung, pasti bakalan menghabiskan nasi banyak.

10. Ogel – ogel

makanan khas pemalang ogel-ogel

inibaru[dot]id

Makanan ringan khas Pemalang yang wajib dicoba adalah Ogel-Ogel. Namanya cukup unik didengar. Rasa ogel-ogel gurih dan teksturnya renyah.

Cemilan ini terbuat dari tepung ketan dan campuran bahan-bahan seperti garam, gula, keju, dan beberapa bumbu lain.

11. Bongko Mento

makanan khas pemalang bongko mento

travelingyuk[dot]com

Bongko Mento khas Pemalang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Tepung terigu dijadikan sebagai dasar adonan dan diisi dengan tumis pepaya dan suwiran ayam, lalu dibungkus daun pisang. Setelah dibungkus, bongko mento diberi santan lalu dikukus sampai matang.

12. Manisan Nanas Belik

makanan khas pemalang nasi madu

akutuku[dot]com

Kota Pemalang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil nanas madu terbaik di Indonesia selain Subang. Oleh karena itu, banyak warga yang mengolah nanas menjadi berbagai makanan, salah satunya yaitu manisan.

Bahkan di Pemalang ada sentra kawasan industri pembuatan manisan nanas yaitu di Belik. Manisan Nanas Khas Belik Pemalang mempunya rasa yang segar dan aroma legitnya nanas sangat terasa. Harganya sekitar lima ribu rupiah saja per bungkus.

13. Krupuk Usek

makanan khas pemalang Kerupuk usek

wisatadipemalang[dot]com

Krupuk Usek khas Pemalang bisa dijadikan cemilan atau pelengkap saat makan nasi. Rasanya gurih dan renyah, warnanya biasanya ada warna putih dan merah muda. Biasanya kerupuk ini dibungkus sedang dan harganya sekitar dua ribu lima ratus rupiah.

Bagaimana? Sudah kenyang belum setelah menikmati makanan khas Pemalang tadi? Kamu suka yang mana?

Leave a Reply