Makanan Khas Papua Roti Abon Gulung

Makanan Khas Papua

Makanan Khas Papua – Sebagai sebuah negara yang besar, Indonesia terdiri atas banyak daerah dan beraneka ragam. Hal ini juga yang memberikan sumbangsih atas hadirnya berbagai makanan khas Daerah yang bisa ditemukan di Indonesia.

Saking banyaknya, ada banyak orang yang belum pernah mencicipi khasanah makanan khas Indonesia. Meskipun merupakan masyarakat Indonesia sendiri.

Kalau makanan khas Bali sih, sudah pasti banyak yang tau ya. Bagaimana tidak, siapa yang tidak tau Pulau Bali. Walau mungkin belum pernah datang langsung, seenggaknya sedikit banyak sudah tau.

Sangat berbeda kasus dengan Papua. Walau mungkin banyak yang “sekedar tau”, namun belum tentu ada keinginan untuk datang.

Eitss, jangan salah yaa. Untuk urusan kuliner khas tradisional, Papua tidak mau kalah dong. Meskipun harus bersanding dengan makanan khas Sunda yang sudah terkenal di manca negara sekalipun.

Makanan khas Papua memiliki rasa khas yang begitu kuat. Kamu gak bakal tau sebelum nyobain sendiri deh. Masih belum greget?

Alasan Makanan Khas Papua Harus Kamu Cobain

Sebuah kuliner tidak melulu tentang bentuknya yang indah dan dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas. Kuliner sederhana namun mengena seperti makanan khas Papua juga bisa kamu cicipi.

Ya, Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang letaknya berada di paling ujung dan berbatasan dengan negara Papua Nugini. Tahukah Kamu, jika di Papua ini ada banyak sekali kuliner yang enak dan wajib untuk dicicipi.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs Papua. Mau tahu apa saja? simak selengkapnya di sini.

  • Makanan dari Papua dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana namun rasanya outentik.
  • Sangat unik karena ada yang dibuat menggunakan bahan ulat sagu dan cacing laut.
  • Rasnaya juga sangat khas rempah-rempah dari Papua.
  • Bumbu yang digunakan sangat sederhana.

Penasaran ingin tahu apa saja makanan khas Papua yang bisa Kamu coba? Dari pada Kamu penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya yang ada di bawah ini;

Kue Lontar

Makanan Khas Papua Kue Lontar

Makanan khas Papua yang pertama bisa Kamu cicipi jika berada di Papua adalah kue lontar. Apa sih itu kue lontar?

Sebuah kue yang bentuknya mirip dengan pir susu. Pie susu sendiri saat ini sedang menjadi salah satu makanan yang hits di Indonesia.

Nah, untuk rasa kue lontar sendiri juga sangat enak lho. Tidak heran jika makanan ini banyak dicari oleh wisatawan yang datang. Bahkan, banyak orang yang sudah mencicipinya merasa ketagihan dan ingin mencicipinya lagi.

Sate Ulat Sagu

Makanan Khas Papua Sate Ulat Sagu

Mendengar nama makanan yang dibuat dengan menggunakan ulat sagu tentunya terdengar sangat ekstrem.

Namun, di Papua, nyatanya sate ulat sagu menjadi makanan yang banyak disukai dan bahkan dianggap sebagai makanan yang paling lezat.

Meskipun terlihat menjijikkan, sate ulat sagu ini memang mengandung banyak gizi dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Untuk Kamu yang penasaran dengan makanan khas ini, tentunya Kamu bisa banget lho, untuk menjumpainya jika datang ke Papua.

Ikan Bakar Manokwari

Makanan Khas Papua Ikan Bakar Manokwari

Kamu tentunya sudah sering makan yang namanya ikan bakar. Namun, sudahkah Kamu mencicipi ikan bakar yang satu ini?

Nama ikan bakar ini adalah ikan bakar Manokwari. Ada hal yang menarik dari ikan bakar ini dimana rasanya sangat enak dan juga memiliki aroma yang khas lho.

Selain itu, ikan bakar ini juga memiliki rasa yang pedas dan tentunya sangat cocok untuk Kamu yang doyan banget dengan makanan pedas. Jika Kamu ingin mencicipi makanan ini, maka Kamu bisa langsung datang ke Papua untuk mencicipinya.

Ikan Bungkus

Makanan Khas Papua Ikan Bungkus

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah ikan bungkus. Sesuai dengan namanya, penyajian dari ikan ini adalah dengan dibungkus daun.

Hanya saja, daun yang digunakan untuk membungkus ikan bukanlah daun pisang melainkan daun talas. Tidak hanya itu saja, jenis ikan yang digunakan juga bukan ikan air tawar melainkan ikan air laut.

Bicara soal rasa, makanan yang satu ini tentunya sangat enak dan Kamu wajib untuk mencobanya jika datang ke Papua.

Martabak Sagu

Makanan Khas Papua Martabak Sagu

Martabak sagu merupakan salah satu jenis kue khas Papua. Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah martabak, namun hanya saja tepung yang digunakan untuk membuat adonan adalah tepung sagu.

Tidak hanya tepung sagu saja sebagai bahan utama untuk membuat martabak ini. namun, martabak ini juga menggunakan gula merah yang membuat rasanya masih sangat khas.

Nah, untuk membuat martabak sagu juga mudah lho. Yang pastinya, jika Kamu datang ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Papeda Sagu

Makanan Khas Papua Papeda Sagu

Kamu tentunya sudah sering mendengar papeda. Ya, papeda menjadi salah satu makanan khas Papua yang sangat terkenal dan bahkan sudah sangat sering masuk televisi.

Makanan tradisional yang satu ini ternyata dibuat dengan menggunakan bahan sagu yang kemudian diolah menjadi sebuah bubur.

Ada yang unik dari makanan ini karena teksturnya yang lengket dengan warna putih dan untuk rasanya juga tawar.

Oleh sebab itu, kebanyakan masyarakat Papua ketika akan menyantap bubur papeda ini biasanya ditambah dengan ikan tongkol yang sudah dibumbui agar rasanya semakin enak.

Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua Udang Selingkuh

Nama makanan yang satu ini cukup unik karena namanya adalah udang selingkuh. Ini adalah salah satu makanan khas Papua yang berasal dari kawasan Papua Timur. Disebut dengan udang selingkuh karena udang di sini ditata saling berhimpitan dan rapat.

Nah, untuk masalah rasa, udang ini juga enak lho. Bahkan ia juga digoreng dan dibumbui dengan bumbu rahasia yang membuat Kamu akan merasa ketagihan saat mencicipinya.

Sagu Lempeng

Makanan Khas Papua Sagu Lempeng

Sagu menjadi salah satu bahan makanan khas Papua. Tidak heran jika banyak makanan yang berasal dari daerah ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar sagu. Nah, salah satu olahan sagu yang enak dan wajib Kamu cicipi adalah sagu lempeng.

Pada dasarnya, sagu lempeng bukan hanya makanan khas Papua. Namun, makanan ini juga merupakan maknanya khas Riau, Maluku dan juga Kalimantan.

Untuk membuat sagu lempeng ini caranya tidak jauh berbeda seperti Kamu membuat roti basah pada umumnya. Hanya saja seharusnya menggunakan terigu namun diganti menggunakan tepung sagu.

Perlu Kamu tahu bahwa makanan yang satu ini sangat jarang ditemukan di toko roti ataupun warung. Sebab, masyarakat Papua hanya membuat makanan ini untuk dikonsumsi sendiri. Akan lebih enak jika kue ini dimakan dalam keadaan yang hangat lho.

Aunu Senebre

Makanan Khas Papua Aunu Senebre

Masih bingung mencari daftar makanan khas Papua yang enak dan wajib dicoba?

Jika Kamu masih bingung, maka Kamu harus mencicipi Aunu Senebre. Ini adalah salah satu makanan yang bahan dasarnya dibuat dari nasi dan juga ikan teri.

Makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak dijual di warung dekat pantai. rasanya juga enak lho, tidak heran jika Kamu wajib mencicipinya jika datang ke Papua.

Kue Bagea

Makanan Khas Papua Ikan Kue Bagea

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Kue Bagea. Ini adalah sebuah makanan yang berasal dari Ternate dan termasuk dalam jenis kue. Adapun kue ini sendiri dibuat dengan menggunakan perpaduan antara tepung sagu dan juga kenari.

Kue ini juga sangat enak lho, dan bahkan ketika Kamu mencicipinya mungkin Kamu akan merasa ketagihan. Adapun bentuknya sendiri seperti batang pohon yang baru saja dipotong-potong.

Colo-Colo

Makanan Khas Papua Colo-Colo

Makanan khas Papua selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Colo-Colo. Colo-colo ini adalah sebuah sambal yang menjadi sambal favorit di Papua.

Sambal colo-colo ini sangatlah sederhana dimana dibuat dengan menggunakan bahan cabai rawit, tomat dan juga bawang merah yang diiris kasar.

Kemudian ditambah dengan jeruk nipis dan gula pasir serta air selanjutnya. Akan lebih enak lagi jika sambal ini dimakan dengan ikan bakar.

Hmm, rasanya itu lho yummy banget. Karena itu, jika Kamu datang ke Papua, maka Kamu wajib untuk mencoba sambal colo-colo ini.

Petatas

Makanan aKhas Papua Petatas

Ini adalah salah satu makanan khas Papua yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di sana. Petatas juga dikenal dengan nama ubi jalar. Di sana, petatas dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Pasalnya, di Papua sering terjadi yang namanya krisis beras. Selain itu, harga beras di Papua juga relatif mahal. Karena hal ini juga petatas menjadi makanan pokok khas Papua.

Aunuve Habre

Makanan Khas Papua Aunuve Habre

Bisa dikatakan bahwa makanan khas Papua ini sama dengan ikan bungkus. Adapun daun yang digunakan untuk membungkus juga sama yakni daun talas. Yang membuatnya berbeda adalah isiannya dimana isiannya terbuat dari ikan cakalang.

Saat dimakan, makanan ini akan sangat enak. Sebab, bumbunya juga sederhana namun meresap seperti asam jawa, garam dan bumbu rempah-rempah khas Papua lainnya.

Keripik Keladi

Makanan Khas Papua Keripik Keladi

Untuk Kamu yang suka dengan camilan, maka Kamu wajib mencoba camilan khas Papua yang satu ini. ini adalah camilan yang gurih dan sangat cocok untuk menemani waktu bersantai Kamu dengan keluarga.

Nah, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan ubi atau di sana disebut dengan keladi. Ada banyak rasa yang ditawarkan dari keripik yang satu ini. Mulai dari rasa pedas, gurih dan juga manis ada.

Adapun keripik keladi ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Papua ho khususnya untuk wilayah Sorong. Bahkan, Kamu juga bisa dengan mudahnya menemukan makanan ini di warung atau toko-toko yang ada di sana.

Sarang Semut

Makanan Khas Papua Sarang Semut

Di Papua Kamu juga bisa menemukan makanan yang cukup aneh namun bisa dikonsumsi. Nama makanan ini adalah sarang semut. Makanan yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Hal inilah yang menjadikan makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai obat di Papua. Nah, makanan ini juga sering diolah menjadi kue.

Untuk khasiatnya sendiri sama dengan sarang semut, hanya saja karena dibuat kue rasanya sudah tidak pahit lagi.

Roti Abon Gulung

Makanan Khas Papua Roti Abon Gulung

Makanan khas Papua lainnya yang bisa Kamu cicipi dan bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh adalah roti abon gulung. Ini adalah salah satu makanan yang paling terkenal karena rasanya memang sangat enak dan cocok untuk dijadikan camilan.

Bahkan, roti abon gulung juga sudah terkenal sampai di mana-mana lho. Yang menarik dari makanan ini adalah ia tidak sama seperti roti gulung pada umumnya.

Sebab, ukuran roti ini cukup besar dan abon yang ada di dalamnya. Bahkan, jumlah abonnya juga banyak yang membuat rasanya sangat enak dan bikin ketagihan.

Sayangnya, roti abon gulung bukanlah jenis makanan yang tahan lama. Karena itu jika membelinya maka bisa langsung diawetkan di dalam kulkas agar makanan ini bisa bertahan lebih lama lagi.

Cacing Laut

Makanan Khas Papua Cacing Laut

Mendengar kata cacing tentunya Kamu akan merasa jijik. Namun, tahukah Kamu jika di Papua, cacing laut menjadi salah satu makanan yang sangat lezat dan disukai oleh masyarakat Papua.

Cacing laut ini ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, cacing laut juga dipercaya sebagai makanan untuk meningkatkan kejantanan dan keperkasaan.

Es Buah Matoa

Makanan Khas Papua Es Buah Matoa

Cari minuman yang segar di Papua, maka Kamu bisa mencoba es buah matoa. Es buah ini dibuat dengan menggunakan bahan campuran kolang-kaling merah, cincau hitam, agar-agar hijau, dan juga buah matoa khas Papua.

Kemudian makanan ini juga ditambah dengan biji selasih dan biji pala. Ditambah lagi dengan jeruk limau dan daun pandan yang membuat rasanya asam manis dan juga segar. Hmm, Kamu pokoknya wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Es Kelapa Muda Asam Manis

Makanan Khas Papua Es Kelapa Muda Asam Manis

Siapa sih yang tidak suka dengan es kelapa muda. Minuman yang satu ini tentunya sangat menyegarkan dan rasanya sudah dijamin nikmat.

Berbeda dengan es kelapa muda pada umumnya, di Papua es kelapa muda ini ditambah dengan jeruk nipis. Sudah terbayangkan rasanya?

Nah, dari situ makanyanya nama minuma khas Papua ini menjadi es kelapa muda asam manis. Jika Kamu belum bisa mencoba langsung minuman khas Papua ini, Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah yaa.

Resep dan cara membuatnya juga gampang bukan? Silahkan mencoba.

Minuman Sunset Papua

Makanan Khas Papua Minuman Sunset Papua

Ini adalah sebuah minuman yang dibuat dengan menggunakan campuran antara jus jeruk dengan jus wortel. Hal inilah yang membuat minuman ini warnanya seperti matahari yang terbenam.

Untuk Kamu yang suka dengan rasa jeruk dan wortel, maka Kamu tidak perlu lagi menambahkan gula. Namun, jika Kamu merasa minuman ini kurang enak tanpa tambah gula, Kamu juga bisa menambahkan gula ataupun lainnya.

Bandeng Kuah Kuning

Makanan Khas Papua Bandeng Kuah Kuning

Teman-teman pasti sudah biasa makan ikan bandeng. Akan tetapi tidak dengan bandeng kuah kuning yang satu ini. Bandeng kuah kuning  ini merupakan makanan khas Papua yang memiliki rasa yang berbeda dengan olahan ikan bandeng lainnya.

Pasalnya, bandeng kuah kuning ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan papeda. Menjadi paling unik karena saat cara memakannya menggunakan sumpit.

Caranya dengan memutar sumpit pada papeda kemudian dicampur ke piring yang ada kuah kuning ini. Kemudian siap di nikmati.

Sambal Dabu-Dabu Papua

Makanan Khas Papua Sambal Dabu-Dabu Papua

Di Papua juga terdapat sambal yang tidak kalah enak untuk Kamu cicipi. Nama sambal ini adalah sambal dabu-dabu. Biasanya sambal dabu-dabu disajikan bersama dengan ikan goreng yang dimasak khas sehingga rasanya benar-benar maknyus.

Nah, sambal ini sendiri bahan-bahannya tidak dihaluskan melainkan hanya diiris tipis saja. Adapun bahannya sendiri sama yakni dibuat dengan menggunakan cabai, bawang merah, dan juga bahan pelengkap lainnya. Tahukah Kamu jika sambal ini sangat enak dan wajib untuk dicicipi lho.

Mungkin beberapa makanan khas Papua terdengar aneh dan asing di telinga. Namun, tidak ada salahnya jika Kamu datang ke Papua dan mencicipi makanan khas tradisional tersebut. Pastinya ada kok banyak makanan dari sini yang enak dan bikin Kamu ketagihan.

Jadi, jangan lupa untuk mencoba rekomendasi makanan khas Papua dari Bosmeel.com yaa. Semoga bisa bermanfaat dan jadi referensi buat temen-temen semua yaa.

Leave a Reply