Contoh Surat Permohonan

Membahas contoh surat permohonan sudah tentu mencakup banyak penggunaan. Untuk permohonan maaf, izin, bantuan resmi kepada pemerintah, kerja, magang, efin, pembukaan rekening giro, barang, dana, kerjasama, cuti maupun beasiswa.

Semua bentuk permohonan tersebut tidak bisa serta merta hanya dilakukan dengan ucapan semata, akan tetapi perlu membuat surat permohonan yang baik dan sopan.

Karena bersifat resmi, maka paling tidak cara membuatnya menggunakan format penulisan yang umum.

Meski demikian, secara tidak langsung kita sering menggunakan surat permohonan. Seperti permohonan izin kerja, sekolah, peminjaman / penggunaan tempat atau kegiatan.

Apa itu Surat Permohonan?

Contoh Surat Permohonan Pengertian dan Tujuan Surat Permohonan
Pengertian dan Tujuan Surat Permohonan

Surat permohonan adalah surat formal yang bertujuan untuk menyampaikan permintaan atas kepentingan tertentu kepada pihak lain.

Dapat ditulis dan dibuat oleh individu, organisasi, maupun badan usaha guna memohon satu hal tertentu kepada suatu pihak atau instansi lain.  

Format penulisan surat permohonan menggunakan gaya penulisan formal umum yang biasa digunakan oleh pegawai, pribadi, pindah atau mutasi pns maupun anggota polri.

Tujuan pembuatan menyesuaikan dengan kebutuhan surat itu sendiri. Sebagai contoh surat permohonan untuk melahirkan, rekomendasi, keringanan ukt, ganti nama narasumber, kegiatan, keringanan pembayaran, perpanjangan sertifikat elektronik dan pindah sekolah.

Format Surat Permohonan

Contoh Surat Permohonan Format Surat Permohonan
Format Surat Permohonan

Walaupun kelihatannya sederhana, tetapi jika kita tidak mengetahui secara benar bagaimana format surat permohonan itu, bukan tidak mungkin jika surat yang kita buat akan ditolak.

Selain kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan juga formal, kita juga harus mengetahui format penulisannya.

Adapun format penulisan surat permohonan adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat

Kop surat ini posisinya berada di bagian paling atas sendiri. Adapun fungsinya untuk menyampaikan informasi kepada penerima mengenai “siapa” atau instansi mana surat tersebut dikirimkan. 

Disamping itu juga kop surat menunjukkan terkait keresmian dari pengirimnya. Sehingga penerima surat akan lebih cepat dan serius dalam menanggapinya.

Walaupun kop surat ini merupakan bagian dari format penulisan surat, akan tetapi di beberapa kondisi kita tidak perlu menuliskan atau menggunakan kop surat.

Kemudian, sedikit dibawah kop surat biasanya dicantumkan juga tempat dan tanggal pembuatan, nomor surat permohonan dan perihal.

2. Nomor Surat Permohonan

Nomor atau kode surat permohonan juga perlu dicantumkan di dalam penulisan. Menjadi sangat penting bagi lembaga yang mengeluarkan karena memiliki kode berbeda pada setiap surat.

Adapun fungsi nomor ini salah satunya dapat digunakan untuk proses pengarsipan. 

3. Isi Surat

Isi surat sendiri terbagi menjadi tiga bagian yakni:

Bagian Pembuka: Pada bagian pembuka berisikan kata salam. Biasanya ditulis dengan hormat, salam sejahtera, assalamualaikum, dan lain sebagainya. 

Disamping itu juga pada bagian pembuka pada umumnya pengirim akan memperkenalkan dirinya.

Bagian Isi: Setelah menuliskan bagian pembuka, langkah selanjutnya adalah membuat isi atau inti dari surat tersebut.

Di dalam membuat bagian isi, yang harus disampaikan adalah informasi berupa penjelasan perihal secara detail dan lengkap. DIsamping itu juga penulisannya harus menggunakan kalimat yang formal.

Bagian Penutup: Pada bagian ini umumnya pengirim surat akan menuliskan harapannya  dan ucapan terima kasih.

Info Penting: Contoh Surat Tugas yang Benar dan Belum Kamu Ketahui

4. Nama dan Tanda Tangan diatas Materai

Langkah terakhir di dalam penulisan surat adalah nama terang dan juga tanda tangan penulis. Disamping itu juga kita juga perlu menumbuhkan materai di dalamnya.

5. Lampiran

Lampiran sendiri menjadi bagian penting di dalam surat permohonan sebagai bahan untuk melengkapi surat permohonan tersebut.

Karena itulah kita perlu memperhatikan format penulisan surat permohonan agar surat yang kita buat memiliki kesan yang resmi. 

Disamping itu juga dengan pemilihan kata dan format yang tepat akan sangat mempengaruhi supaya permohonan yang kita ajukan dapat dikabulkan oleh seseorang yang kita mintai pertolongan.

Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Setelah kita melihat penjelasan singkat diatas, berikut ini rekomendasi 13 contoh surat permohonan dalam berbagai hal sebagai referensi:

1. Contoh Surat Permohonan Bantuan

Contoh Surat Permohonan Bantuan
Contoh Surat Permohonan Bantuan

Ada banyak kegunaan dari surat permohonan, salah satunya adalah digunakan sebagai permohonan bantuan kepada pihak tertentu. 

Permohonan bantuan tersebut bisa berupa banyak hal, mulai dari permohonan bantuan dana untuk meringankan beban biaya sekolah, bantuan kemanusiaan dan lain sebagainya.

PANITIA KEGIATAN PENTAS SENI DALAM RANGKA HUT SMA BHAKTI MULIA 2 KE 19

Nomor : 2/P/VII/2020

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal : Bantuan Dana

Kepada Yth.

Direktur PT. Bumiputera

Jl. Cendana No 26

Jepara

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya rangkaian acara Kegiatan Pentas Seni dalam Rangka HUT SMA Bakti Mulia 2 ke 19, kami selaku panitia acara dari sekolah akan mengadakan lomba dan pentas seni pada:

Hari Senin – Rabu
Tanggal 9 – 11 November 2020
Tempat Gedung Serbaguna SMA Bakti Mulia 2
Acara Lomba dan Pentas Seni

Besar harapan dari panitia agar acara ini dapat berjalan dengan lancar. Kami selaku panitia memiliki tujuan besar untuk menggali potensi, minat dan bakat para siswa terhadap kesenian yang ada di Indonesia ini.

Di samping itu juga pentas seni ini merupakan wujud apresiasi bersama terhadap kesenian yang ada di Indonesia pada umumnya dan terkhusus kepada para siswa yang memang sudah menyukai kesenian tradisional gamelan.

Selanjutnya demi suksesnya acara tersebut, selaku panitia pelaksana kegiatan membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga kami meminta bantuan kepada Bapak/ Ibu untuk memberikan bantuan dana.

Demikian surat permohonan ini kami buat dan kami sampaikan, atas perhatian dan bantuan dari Bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Ketua Panitia                                                                              Sekretaris

 

 Candra Mukti                                                                           Wahyu Pratama

 Mengetahui,

Kepala Sekolah SMA Bakti Mulia 2 Jepara

 

 

Agus Budiyono, M.Pd.

2. Contoh Surat Permohonan Izin

Contoh Surat Permohonan Izin
Contoh Surat Permohonan Izin via bosmeal.com

Surat permohonan izin dibuat untuk mengajukan izin kepada orang lain maupun pihak lain. Kebanyakan surat ini dibuat karena terdapat keperluan atau kegiatan yang mengharuskan pemohon untuk menghadirinya. 

Bukan hanya itu saja, surat permohonan izin juga dapat digunakan untuk  menggunakan suatu tempat dan masih banyak lagi kegunaannya.

Komunitas cakra Buana

Sekretariat: Jl. Sumodarsono No. 21B, Blora

Telp. 082225006067; email: cakrabuana005@gmail.com

Blora, 20 Mei 2019

No : 010/SP/V/2019

Hal : Permohonan Izin Pentas Seni

Yth. Kepala Desa Sonokidul

di tempat

Dengan hormat, 

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, kami bermaksud mengadakan acara pentas seni pertunjukan Barongan di lingkungan wilayah kerja Bapak pada:

Hari dan Tanggal Sabtu, 24 Agustus 2019
Waktu Pukul 19.00 – Selesai
Tempat Balai Desa Sonokidul
Kegiatan Pentas Seni Pertunjukan Barongan

Bersama surat ini, kami bermaksud memohon izin untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus menggunakan balai desa sebagai tempat acara.

Demikian surat permohonan ini kami buat, semoga permohonan kami dapat diterima dan diberikan izin agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa suatu halangan apapun.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia

 

Wahid Nur Hidayat

3. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

contoh surat permohonan kerjasama
contoh surat permohonan kerjasama

Di dalam membuat kegiatan kita dapat juga mengkerjasamakan dengan pihak lain. Kerjasama itu sendiri tidak harus berupa pendanaan dalam wujud uang, misal kerjasama dalam wujud kolaborasi kepanitian, kolaborasi penjualan atau yang lainnya.

Nah kerjasama ini pun bisa dilakukan antar sekolah, organisasi, perusahaan atau yang lainnya. Agar kerjasama yang kita lakukan berjalan lancar maka kita perlu membuat contoh surat perjanjian.

Untuk contoh surat permohonan kerjasama pameran buku bisa kita jadikan referensi dalam membuatnya.

PANITIA PAMERAN BUKU MURAH KOMUNITAS PERPUSTAKAAN JALANAN

Jalan Bumi putera no 4, Yogyakarta

Telp (0274) 868636 Kode pos 575563

Nomor     : 13/DJS/KJ2/2017                                                                Yogyakarta, 17 Juli 2020

Banyak dibaca:  Contoh Surat Perjanjian

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal     : Permohonan Kerjasama

Kepada Yth.

Direktur CV Bumi Sejahtera

Jl. Banguntapan Gg. Nakula No 19

Yogyakarta

Dengan Hormat

Bersama dengan datangnya surat ini kami panitia Pameran Buku Murah mengajukan kerjasama untuk menjadi partner pameran dan penjualan buku murah pada :

Hari, Tanggal : Jum’at – Rabu, 26 – 30 September 2020

Tempat          : Kedai Kopi Mangga

Acara             : Pameran Buku Murah

Bersamaan dengan acara tersebut kami menawarkan kerjasama Stan penjualan buku kepada CV yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun kompensasi pembagian keuntungan dengan jumlah yang dapat didiskusikan.

Demikian surat kerjasama ini kami buat semoga dapat menjadi pertimbangan.Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terimakasih

Hormat Kami

 

Alex Nurdiansyah

4. Contoh Surat Permohonan Kerja

Contoh Surat Permohonan Kerja
Contoh Surat Permohonan Kerja

Surat permohonan kerja sendiri merupakan nama lain dari contoh surat lamaran kerja. Untuk cara membuat bisa dengan diketik menggunakan microsoft word ataupun tulis tangan.

Biasanya ditujukan kepada perusahaan agar si pemohon dapat bekerja di tempat tersebut. 

Medan 27 Januari 2021

Kepada Yth.

HRD PT. Maju Mapan

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                : Baharudin yusuf

Tempat & tanggal Lahir    : Medan, 12 Mei 1996

Alamat                               : Tanjung Karang Selatan, RT 05 RW 02 Medan

No. HP                               : 082 225 987 243

Dengan ini saya mengajukan surat permohonan atau lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu agar diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. 

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir yang sudah dilegalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas Foto 4×6 – 2 lembar
  5. Fotocopy SKCK
  6. Sertifikat Pendukung

Demikianlah surat ini saya buat agar menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Besar harapan saya untuk dapat diterima dan bekerja di Perusahaan ini. 

Atas perhatian dan kesempatannya  saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,

 

 Baharudin Yusuf

5. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana
Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Surat permohonan bantuan sendiri ada berbagai macam jenisnya. Dapat berupa dana, tenaga, atau yang lain.

Akan tetapi surat permohonan bantuan kebanyakan lebih spesifik pada kebutuhan dana.

Tujuan pembuatan dapat dibuat secara langsung dengan menyatakan meminta dana untuk memenuhi suatu keperluan. 

Pada umumnya surat ini dibuat oleh penyelenggara event atau kegiatan tertentu untuk  mencari sponsor kepada suatu perusahaan atau brand tertentu yang relevan dan mau membantu terselenggaranya event atau kegiatan.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Angkatan XII

Universitas Islam Darul Falah

Telp. 082325788002; email: kkn12dafa@gmail.com

Pati, 15 Mei 2019

No           : 18/SP/V/2019

Lampiran : 1 bendel proposal

Hal           : Permohonan Sponsorship

Yth. 

Direktur PT. Duo Gajah

di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang sedang dilaksanakan di Desa Dukuhseti Pati sejak Mei hingga Juli 2019, kami selaku kelompok 5 KKN Angkatan XII Universitas Islam Darul Falah akan mengadakan berbagai kegiatan guna pemberdayaan masyarakat setempat. 

Dalam KKN ini kami mengangkat tema “Pemanfaatan Potensi Desa Desa Demi Kesejahteraan Bersama”. 

Adapun salah satu kegiatan yang akan kami laksanakan adalah pelatihan pengelolaan sumber daya alam berupa destinasi wisata guna membantu para warga setempat dalam memanfaatkan dan mengembangkan lingkungan sekitar yang memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan.

oleh karena itu kami bermaksud mengajukan permohonan sponsor kepada perusahaan Bapak/Ibu. Adapun rincian kegiatan serta anggaran terlampir kegiatan terlampir di dalam proposal.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu dapat menghubungi kontak person yang tertera di bawah.

Demikian surat permohonan sponsor ini kami sampaikan dan semoga kegiatan ini dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu. Besar harapan kami jika perusahaan Bapak/Ibu dapat berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini. 

Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Koordinator Mahasiswa

 

Wisnu Aji Pratama

6. Surat Permohonan Magang

Contoh Surat Permohonan Magang
Contoh Surat Permohonan Magang

Salah satu contoh surat yang banyak dicari oleh siswa SMK maupun mahasiswa semester akhir untuk keperluan magang / pkl / kkn.

Kegiatan magang sendiri merupakan salah satu syarat di dalam menyelesaikan pendidikan. 

Adapun buat kalian yang masih kebingungan dengan surat permohonan untuk magang bisa dilihat dalam contoh di bawah ini:

Semarang, 4 Januari 2021

Perihal : Permohonan Magang

Kepada Yth,

Kepala BMT NU Sejahtera

Jalan jendral Sudirman no. 49

Semarang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan hampir selesainya pendidikan saya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan program Akuntansi Syari’ah di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, saya ingin mengajukan diri untuk melakukan magang di BMT NU Sejahtera.

Tersebut adalah identitas saya:

Nama Muhammad Niam
Tempat Tanggal Lahir Lumajang, 17 Juli 1997
Jenis Kelamin Laki Laki
Pendidikan Terakhir Sedang berkuliah di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Alamat Jalan karang taruna no 7 RT 5 RW 6
Telepon/HP 085751002789
Alamat Email muhammadniam889@gmail.com

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy hasil belajar selama lima semester
  3. Pas Foto terbaru
  4. Curriculum Vitae

Besar harapan saya untuk dapat diberikan kesempatan merasakan pengalaman bekerja di BMT NU Sejahtera serta mendapat pengalaman bekerja sebagai seorang marketing dan mengaplikasikan ilmu yang telah saya dapat selama berkuliah.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Pemohon

 

Muhammad Niam

7. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi
Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Surat permohonan dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan rekomendasi dari pihak lain untuk urusan atau kepentingan tertentu. 

Rekomendasi tersebut bisa berupa mengurus KTP dan KK, rekomendasi untuk mengikuti kegiatan, rekomendasi melamar pekerjaan, rekomendasi penerima beasiswa dan sebagainya.

Dari banyaknya rekomendasi ini, secara keseluruhan orang-orang pada umumnya akan langsung meminta rekomendasi dari orang yang bersangkutan atau orang yang berwenang.

Akan tetapi ada juga orang yang tidak serta merta akan langsung memberikan rekomendasi kepada mereka yang meminta rekomendasi.

Dengan demikian, maka dibutuhkanlah surat permohonan rekomendasi terlebih dahulu agar pihak yang bersangkutan mau memberikan rekomendasi kepada kita.

Nah buat yang masih kebingungan di dalam membuat surat permohonan rekomendasi, bisa kita simak contoh untuk rekomendasi beasiswa di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI

Hal : Permohonan Rekomendasi

Kepada Yth,

Kepala Desa Pacul Gowang

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama                  : Agus Supriyadi

Tempat/Tgl Lahir : Demak 17 April 2004

Pekerjaan            : Pelajar

Sekolah               : SMA Negeri 1 Demak

bertujuan untuk meminta rekomendasi dari Ibu Kepala Desa untuk anak saya dengan nama tersebut di atas untuk penerimaan beasiswa dari Pemerintah di sekolah. 

Hal ini sehubungan dengan kondisi kami yang kurang mampu dan memiliki prestasi yang bagus serta dirasa layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Demikian surat permohonan rekomendasi ini kami perbuat, atas perhatian dan rekomendasi dari Ibu Kepala Desa kami haturkan banyak terima kasih.

Demak, 21 Juni 2020.

Hormat Saya,

Orang Tua,

 

Ahmad Sudibyo

8. Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro
Contoh Surat Permohonan Pembukaan Rekening Giro Sekolah

Rekening giro merupakan jenis rekening yang sering digunakan oleh perusahaan, instansi, sekolah hingga personal.  Sebenarnya antara rekening biasa dan rekening giro hampir memiliki kesamaan dalam penggunaan. 

Hanya saja terdapat keuntungan ketika menggunakan rekening giro, diantaranya adalah adanya laporan koran otomatis setiap bulan, media penarikan dapat dilakukan dengan cek dan bilyet serta dapat melakukan transaksi keuangan yang jumlahnya cukup tinggi setiap harinya.

Selanjutnya ketika kita akan membuka rekening giro, terutama atas nama lembaga atau instansi maka kita perlu mencantumkan kop di atasnya.

Berbeda ketika kita membuka rekening giro atas nama personal yang tidak memerlukan kop.

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

MADRASAH ALIYAH NURUSSALAM

TERAKREDITASI B

Alamat : Jl. Mangkunegaran 30 Surakarta

Telp : (0296) 531790   Kode Pos : 57116

Nomor             : 19/P/V/2020                                                  

Lampiran         : 1 halaman

Perihal             : Permohonan Pembukaan Rekening Giro

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Pimpinan BANK BRI Pusat Kota Surakarta

Di Tempat

Bersama dengan surat ini, kami dari Madrasah Aliyah Nurussalam bermaksud mengajukan permohonan pembukaan rekening giro pada Bank BRI Pusat Kota Surakarta.

Atas Nama Madrasah Aliyah Nurussalam
Alamat Jl. Mangkunegaran 30
Kelurahan Joyosuran
Kecamatan Pasar Kliwon
Kota Surakarta

Dimana rekening giro ini nantinya akan kami gunakan sebagai sarana administratif bagi kelancaran Madrasah Aliyah Nurussalam. 

Untuk itulah kami mohon untuk bapak / ibu pimpinan Bank BRI Pusat Kota Surakarta berkenan untuk membantu kami.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Banyak dibaca:  Contoh Surat Tugas

Surakarta, 5 Mei 2020            

        Kepala Sekolah,            

 

Agus Purnomo, M.Pd

9. Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Maaf
Contoh Surat Permohonan Maaf

Ketika kita melakukan kesalahan baik itu sengaja maupun tidak, sudah sepantasnya kita meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Kemudian di dalam melakukan kesalahan sendiri bukan hanya terjadi dalam urusan personal saja. Tetapi kesalahan tersebut juga bisa menyangkut antar lembaga, instansi perusahaan atau urusan formal lainnya.

Kesalahan yang sudah kita lakukan mau tidak mau harus kita akui dan cepat-cepat meminta maaf kepada yang bersangkutan.

Dalam meminta maaf sendiri terkadang tidak cukup dengan cara verbal atau lisan, terkadang pun kita dituntut untuk membuat surat permohonan maaf kepada pihak terkait.

Surat permohonan maaf ini menjadi wajib jika sudah menyangkut urusan-urusan yang sifatnya formal.

Bandar Lampung, 15 September 2020

Hal : Surat Permohonan Maaf

Kepada Yth.

Panitia Acara Temu Kangen Alumni SMAN 05 Lampung

di tempat

Dengan hormat,

Acara Temu Kangen Alumni SMAN 05 Lampung telah terlaksana pada 13 September 2020 di Gedung Serbaguna Turi Raya, Bandar Lampung. 

Pihak Panitia penyelenggara telah memesan katering kepada kepada kami berupa nasi kotak sebanyak 80 kotak dengan harga Rp 30.000 per kotaknya.

Akan tetapi ketika acara berlangsung ternyata nasi yang ada hanya berjumlah 50 kotak dikarenakan adanya kesalahpahaman dari pihak kami.

Oleh karenanya kami bermaksud meminta maaf kepada pihak penyelenggara dan akan mengembalikan biaya secepat mungkin.

Untuk keperluan tersebut, panitia bisa langsung menghubungi kontak katering kami pada nomor 082325789012.

Demikian surat permohonan maaf ini kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami, 

Manajer Katering

 

 Siti Mulazamah

10. Surat Permohonan Pembayaran

Contoh Surat Permohonan Pembayaran

Surat permohonan pembayaran ini pada umumnya akan diterbitkan jika nasabah atau yang bersangkutan sudah jatuh tempo.  

Kemudian di dalam penggunaannya, permohonan pembayaran ini bisa digunakan untuk berbagai hal. 

Mulai dari pembayaran SPP, tunggakan cicilan kredit, keterlambatan pembayaran proyek, dan sebagainya.

Dalam proses pembuatannya, sebenarnya surat permohonan pembayaran ini sangat mudah dibuat. 

Hanya saja masih tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat surat permohonan pembayaran yang baik dan benar sesuai format penulisan penggunaan ejaan bahasa Indonesia. 

Karena itulah contoh surat permohonan pembayaran di bawah ini bisa dijadikan sebagai rujukan di kemudian hari.

PT. Maju Mapan

Jalan KH. A. Dahlan No. 22

Telp (561) – 708925

Pontianak, 2 Juni 2020

Perihal             : Pemberitahuan Tunggakan piutang

Lampiran         : Faktur

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan Kedai Kopi Batualam

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami memberitahukan bahwa Bapak / Ibu masih mempunyai tunggakan cicilan selama tiga bulan, yakni pada bulan Maret sampai bulan Juni 2020.

Sementara batas pembayaran yang sudah disepakati bersama adalah 30 setiap bulannya.

Kami sangat mengharapkan kerjasama dari Bapak/Ibu agar dapat segera melunasi melakukan pembayaran sejumlah yang disebutkan di atas. 

Akan tetapi jika Bapak /  Ibu tidak melakukan pembayaran hingga bulan keempat jatuh tempo, maka kami akan menyita barang yang bapak/ ibu jadikan sebagai agunan.

Demikian surat ini kami berikan dan kami sangat memohon kerjasama dari Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Direktur Keuangan PT. Maju Mapan

 

Nur Hidayah

11. Surat Permohonan Efin

Contoh Surat Permohonan Efin
Contoh Surat Permohonan Efin

Efin merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan. Efin ini didapatkan setelah kita mendaftar untuk membuat NPWP baik secara offline maupun online.

Kemudian dalam melakukan pendaftaran pada DJP Online atau Sistem Elektronik yang disediakan oleh Penyedia Layanan SPT Elektronik, Wajib Pajak harus mengajukan permohonan aktivasi EFIN. 

Kemudian untuk melakukan permohonan aktivasi Efin, kita harus mengajukan surat permohonan terlebih lebih dahulu.

AKan tetapi kita tidak perlu khawatir bagaimana membuat surat permohonan efin. Hal ini karena dari pihak perpajakan sudah menyediakan form surat permohonannya. Kita bisa mengunduh surat tersebut di situs resmi pajak.go.id.

12. Contoh Surat Permohonan Kunjungan

Contoh Surat Permohonan Kunjungan
Contoh Surat Permohonan Kunjungan

Saat kita akan melakukan sebuah kunjungan, tidak bisa langsung masuk ke dalam lokasi tersebut tanpa adanya pemberitahuan. Ditambah lagi jika kunjungan yang kita lakukan secara rombongan.

Kita harus memberitahukan kepada pihak terkait tentang rencana kunjungan kita dan berapa lama kita akan berkunjung ke sana.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS LIMA TUJUH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Jalan Yos Soedarso Kebondalem, Semarang Kode Pos 50275

Telp / Fax (024) 579279, Website: http//www.inivlimatuju.ac.id

Nomor     : 020/ FEB/ 086/ XI / 2020

Lampiran : –

Perihal     : Permohonan Studi Kunjungan

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu Direktur Bank Central Asia 

Menara BCA, Jl MH Thamrin 1 Jakarta

Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan Ekonomi Kreatif, profil dan aktivitas instansi, khususnya PT Prodia Utama.

Maka dengan ini kami mengajukan permohonan agar kami sebagai mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lima Tujuh untuk diizinkan melakukan kunjungan lapangan ke Bank Central Asia yang beralamatkan di Jl. Jl MH Thamrin 1 Jakarta, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Adapun rincian kegiatan yang kami usulkan adalah sebagai berikut:

Tema Kegiatan   : Mengenal Sepak Terjang Pengelolaan Keuangan di Indonesia

Jadwal                : Kamis, 14 Desember 2020

Jumlah Peserta   : 50 orang

Kendaraan         : Bus Pariwisata

Bentuk Kegiatan:

  1. Penjelasan mengenai profil instansi dalam hal ini Bank Central Asia
  2. Seminar / Talk Show dan Tanya jawab
  3. Mengamati fasilitas dan operasional Perusahaan

Adapun kebutuhan informasi yang kami ingin ketahui adalah :

  1. Profil instansi atau perusahaan
  2. Strategi dan pemasaran agar terus eksis dan mampu bersaing dengan kompetitor
  3. Aktivitas keuangan dan bisnis

Demikian permohonan ini kami buat, besar harapan kami agar permohonan ini dapat diterima.

Tidak lupa ucapan terima kasih kami haturkan atas kesempatan dan kerjasama yang diberikan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia yang lebih maju lagi kedepannya.

Mengetahui,

Ketua Dekan Fakultas ekonomi dan Bisnis                                           Ketua Panitia

                                         Budi Gunawan, M.S.E.                                                  Fransiska Yuliana, M.S.E

Tembusan:

Kabag Humas

Coordinator peserta

13. Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Beasiswa
Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Buat kita yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa, maka surat permohonan beasiswa ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Program beasiswa sendiri sangat diminati dan diincar oleh banyak orang, baik itu yang sedang atau ingin menempuh pendidikan.

Hal ini karena dengan adanya beasiswa maka akan membuat siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan bisa mendapatkan keringanan biaya selama masa studi.

Beasiswa ini akan memberikan manfaat yang sangat besar. Karena seperti yang sudah menjadi rahasia umum jika biaya pendidikan tidaklah murah.

Kemudian untuk bisa mendapatkan beasiswa tidaklah mudah. Ada banyak persaingan dan juga persyaratan yang harus kita penuhi. Salah satunya adalah surat permohonan beasiswa.

SURAT PERMOHONAN BEASISWA KULIAH

Kepada : Yth.

Rektor Universitas Sriwijaya

Bandar Lampung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Indah Sukmana
NIM 190251030
Semester 2
Jurusan Ilmu Sejarah
Fakultas Ilmu Budaya
Tempat dan tanggal lahir Cilegon, 11 Oktober 2001
Alamat Jl. Son Kampung Baru 33-43, Rw. Arum, Kec. Grogol, Kota Cilegon

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak untuk dapat diusulkan sebagai penerima Beasiswa PPA tahun 2020.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berikut ini saya persyaratan sebagai berikut:

  1. Transkrip Nilai terakhir
  2. Foto copy KTM sebagai mahasiswa Reguler aktif yang dibuktikan dengan KRS
  3. Surat Pernyataan tidak menerima Beasiswa dari sumber lain.
  4. Surat Keterangan Berkelakuan baik dari Pimpinan Fakultas.
  5. Foto copy Transkip nilai IPK.
  6. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali permohonan dan disahkan oleh yang berwenang.
  7. Foto copy buku rekening Tabungan.

Adapun Beasiswa yang ada akan saya gunakan untuk menunjang kelancaran dalam  menyelesaikan Pendidikan saya di Universitas Sriwijaya.

Demikian surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan bantuan Bapak saya ucapkan banyak terima kasih.

Bandar Lampung, 13 Maret 2020

Pemohon

 

Indah Sukmana

(190251030)

Itulah berbagai macam rekomendasi contoh surat permohonan yang bisa Kamu jadikan referensi. Jika informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu, yuk bagikan agar teman-teman yang lain bisa terbantu juga.

Kalau masih ada yang kurang, tulis pesan Kamu melalui kolom komentar ya. Atau mungkin ada yang mencari seputar surat pengiriman? Kalian bisa mengetahui secara lengkap disini tentang contoh surat jalan.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply