Contoh Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan surat yang isinya berupa pemberian wewenang atau kuasa kepada orang yang sudah dipercaya. Contoh surat kuasa pengambilan BPKB.

Pada umumnya, surat ini dibuat karena adanya kondisi yang kurang memungkinkan bagi kita untuk menghadiri urusan penting sehingga kita mewakilkan urusan tersebut kepada orang yang sudah dipercaya. 

Surat kuasa sendiri merupakan contoh surat resmi sehingga digunakan untuk kegiatan yang sifatnya resmi.

Dengan demikian, surat kuasa sendiri berfungsi sebagai bukti penerimaan sebuah kewajiban atau hak oleh suatu pihak. Contoh surat kuasa pengambilan uang, surat kuasa perwakilan, surat kuasa tanah serta contoh surat kuasa lainnya.

Dari sekilas gambaran tersebut, mungkin teman-teman sudah mampu membuatnya. Akan tetapi ada baiknya teman-teman menyimak penjelasan di bawah ini sebelum membuat contoh surat kuasa yang baik dan benar.

Apa itu Surat Kuasa?

Contoh Surat Kuasa Pengertian Surat Kuasa

Sebelum teman-teman melihat contoh surat kuasa, ada baiknya teman-teman mengetahui pengertian surat kuasa.

Yang di maksud dengan surat kuasa adalah surat yang isinya berupa pemberian kuasa atau kewenangan kepada orang yang dipercayai untuk mewakili orang yang memberi kuasa tersebut. 

Orang yang diberikan surat suara ini akan bertindak atas nama pemberi kuasa dan pada umumnya pemberi kuasa tidak dapat hadir untuk menyelesaikan urusannya sendiri dikarenakan ada satu dan lain hal. 

Fungsi Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Fungsi Surat Kuasa

Seperti yang sudah disebutkan di dalam pengertian surat kuasa, maka fungsi dari surat kuasa adalah menjadi salah satu bukti bahwa orang yang disebutkan namanya di dalam surat tersebut berhak dan berkewajiban untuk melakukan sesuai dengan isi surat itu.

Dari fungsi di atas, teman-teman bisa menggunakan surat kuasa untuk berbagai macam hal, seperti contoh surat kuasa tanah sampai dengan contoh surat kuasa pengambilan ijazah.

Ciri-Ciri Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Ciri-Ciri Surat Kuasa

Dari fungsi surat kuasa di atas, teman-teman perlu juga mengetahui ciri-ciri surat kuasa itu seperti apa.

Jika teman-teman mengetahui bagaimana ciri-ciri surat kuasa, maka secara tidak langsung nantinya akan mengetahui bagaimana contoh membuat surat kuasa.

Adapun ciri-ciri surat kuasa adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan bahasa yang baku singkat, padat, jelas dan mudah dipahami serta disesuaikan peruntukannya

2. Disertai dengan judul surat, misal “surat kuasa”

3. Berisikan pelimpahan kekuasaan yakni disertai dengan surat pelimpahan kuasa tertentu kepada pihak terkait

Nah itu tadi ciri-ciri surat kuasa yang wajib teman-teman ketahui. Dengan mengetahui ciri-ciri surat kuasa maka teman-teman dapat membedakan surat kuasa dengan contoh surat pernyataan bermaterai misalnya.

Unsur-Unsur Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Unsur-Unsur Surat Kuasa

Adapun unsur-unsur surat kuasa adalah sebagai berikut:

A. Unsur surat yang diperlukan organisasi luar:

1. Adanya data pribadi dari pihak pemberi kuasa

2. Terdapat data pribadi atau profil pihak yang diberi kuasa

3. Batasan wewenang atau kuasa yang diberikan kepada pihak yang diberi kuasa

Untuk pencantuman data pribadi atau profil baik itu pihak pemberi kuasa maupun penerima kuasa adalah sebagai berikut:

1. Ketika surat kuasa digunakan untuk surat dinas maka dibutuhkan data nama, NIP/NRP, pangkat/golongan, jabatan. Contoh surat dinas resmi

2. Jika surat kuasa digunakan untuk urusan pribadi maka setidaknya disebutkan nama, nomor kartu identitas, pekerjaan, alamat.

Selain unsur-unsur surat kuasa yang sudah disebutkan di atas, teman-teman perlu memperhatikan juga ketika teman-teman memberikan surat kuasa kepada pihak lain setidaknya perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pemberi dan penerima surat kuasa sudah dewasa serta sehat jasmani dan rohani.

2. Pihak atau orang yang diberi kuasa merupakan orang yang bisa dipercaya.

3. Jika orang yang diberi kuasa atau penerima kuasa lebih dari satu orang, maka tidak perlu diberi nomor surat.

Hal-hal yang Harus Ada di Dalam Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Susunan Surat Kuasa

Jika teman-teman hanya mengetahui unsur-unsur surat kuasa tanpa mengetahui susunan surat kuasa, maka dikhawatirkan contoh surat kuasa teman-teman malah akan tidak dianggap. Kemudian susunan ini pun sangat berguna untuk membedakan antara surat kuasa dengan surat resmi lainnya seperti contoh surat pengunduran diri karyawan

Berikut ini susunan surat kuasa yang perlu teman-teman ketahui:

1. Bagian KOP

Hal pertama yang harus ada adalah Kop surat.  Sama seperti contoh surat keterangan kerja, surat kuasa pun juga membutuhkan Kop atau kepala surat. Adapun bagian kop ini berisi identitas sebuah surat.

Identitas ini pun menunjukkan bahwa surat tersebut termasuk merupakan bagian dari surat resmi, seperti halnya contoh surat keterangan kerja dari perusahaan. 

Untuk membuat kop surat kuasa sendiri dibutuhkan hal-hal sebagai berikut:

1. Judul Surat. Isi dari judul adalah berisikan maksud dari pembuatan surat tersebut, atau jenis surat apa yang anda buat itu, misalkan “surat kuasa”.

2. Nomor surat. Nomor surat kuasa ini menjadi penting jika teman-teman berasal dari sebuah instansi atau sebuah lembaga.

Akan tetapi jika teman-teman mengeluarkan surat perseorangan dan bukan atas nama lembaga atau sejenisnya, maka teman-teman tidak perlu mencantumkan nomor surat pada surat kuasa yang dibuat.

3. Nama organisasi. Nama organisasi ini perlu disebutkan jika teman-teman memberikan surat kuasa atas nama instansi atau lembaga tertentu.

Akan tetapi jika surat kuasa ini berasal dari perseorangan, maka nama organisasi tidak perlu dicantumkan.

2. Bagian Isi

Setelah bagian Kop terbentuk, teman-teman perlu juga memperhatikan bagian isi surat kuasa. Jangan sampai contoh surat kuasa teman-teman sudah benar tetapi isinya malah seperti contoh surat lamaran kerja umum. Jangan sampai ya teman-teman.

Pada bagian isi surat kuasa sendiri berisikan tentang identitas si pemberi kuasa, penerima kuasa, pernyataan kuasa, dan bahkan terkadang juga konsekuensi yang akan didapatkan terkait penggunaan surat ini.

Di dalam membuat identitas pemberi surat kuasa dibutuhkan biodata lengkap dari pemberi kuasa.

Pada umumnya data yang ditulis dalam surat kuasa adalah nama lengkap, tempat/tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk kependudukan (NIK). 

Di dalam membuat identitas pemberi kuasa, data yang dicantumkan harus lengkap agar orang yang berkepentingan tidak kebingungan.

Selain jelasnya identitas pemberi kuasa, identitas penerima kuasa juga harus jelas.

Selanjutnya di dalam membuat identitas penerima kuasa setidaknya disebutkan biodata lengkap penerima kuasa, seperti nama lengkap, tempat/tanggal lahir, pekerjaan, alamat, dan Nomor Induk kependudukan (NIK). 

Yang tidak kalah pentingnya lagi, ketika teman-teman menuliskan data penerima kuasa, maka teman-teman harus mencantumkan data yang lengkap dan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) penerima kuasa.

Selanjutnya teman-teman juga perlu menuliskan pernyataan penyerahan kuasa. Di dalam membuat surat pernyataan kuasa pada umumnya menggunakan pernyataan pemberi kuasa sebagai pihak pertama dan penerima kuasa sebagai pihak kedua. 

Contoh misalnya teman-teman sebagai pihak pertama tidak sempat mengambil uang. Sehingga membuat surat kuasa untuk melakukan pengambilan uang.

Jangan lupakan juga untuk menulis pernyataan konsekuensi di dalam isi surat kuasa. Dalam membuat konsekuensi ini pada umumnya pemberi kuasa juga mencantumkan pengharapan agar surat kuasanya digunakan dengan sebaik-baiknya.

Walaupun berisikan pengharapan, tetapi di sisi lain juga memberikan sedikit peringatan kepada penerima kuasa agar tidak menggunakan surat kuasa dengan seenaknya sendiri.

3. Bagian Penutup

Setelah bagian kop dan isinya dibuat, jangan lupakan juga bagian penutup surat kuasa.

Untuk membuat bagian penutup ini, teman-teman bisa membuatnya seperti penutup surat lainnya, misalnya penutup contoh surat pernyataan.

Walaupun hampir sama, tetapi secara spesifik, terdapat 2 poin penting dalam mengisi bagian penutup, yakni:

a. Berisikan tujuan pembuatan surat kuasa tersebut.

b. Jangan lupakan tanda tangan kedua belah pihak yang disertai dengan materai.

Nah itu tadi unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam membuat surat kuasa. Tetap teliti kembali bagian-bagian yang ada di dalam surat kuasa agar tidak ada masalah di dalam nya.

Dari keterangan tentang hal-hal yang harus ada di dalam surat kuasa, menurut undang-undang sendiri terdapat 10 unsur surat kuasa yang wajib ada di dalam dokumen yakni:

1. Judul

2. Kalimat pembuka (berisi keterangan waktu)

3. Identitas pemberi kuasa

4. Identitas penerima kuasa

5. Perihal yang dikuasakan

6. Jenis pemberian kuasa 

7. Klausul hak retensi

8. Klausul hak substitusi

9. Penutup surat kuasa

10. Tanda tangan semua pihak yang terlibat

Nah itu tadi teman-teman mengapa surat kuasa ini harus komplit agar surat kuasa sah menurut hukum undang-undang yang berlaku.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Jenis-jenis Surat Kuasa

Setelah teman-teman mengetahui unsur-unsur dan juga susunan surat kuasa, sebelum teman-teman melihat contoh surat kuasa, ada baiknya teman-teman mengetahui jenis-jenis surat kuasa.

Dengan begitu teman-teman tidak akan sembarang membuat contoh surat kuasa.

Adapun jenis-jenis surat kuasa adalah sebagai berikut:

1. Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan dibuat dengan fungsi untuk mempercayakan urusan atau kepentingan peribadi kepada orang lain. 

Walaupun seseorang tersebut memiliki lembaga atau semacamnya, tetapi jika urusannya merupakan urusan peribadi maka jenis surat kuasa yang dibuat merupakan surat kuasa perseorangan.

Contoh surat kuasa pengambilan uang gaji pensiun, surat kuasa pengambilan ijazah dan lain-lain.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Berbeda dengan surat kuasa perseorangan, surat kuasa kedinasan merupakan surat kuasa yang dibuat oleh suatu perusahaan atau instansi, baik itu dibuat oleh pimpinan maupun pejabatnya. 

Kemudian surat ini diberikan kepada orang yang diberi kuasa atas nama perusahaan atau instansi untuk melakukan pekerjaan yang sudah disebutkan 

Contoh surat kuasa pengawasan proyek, surat kuasa pengambilan naskah ujian, dan lain sebagainya

3. Surat Kuasa Umum

Surat kuasa umum merupakan surat kuasa yang biasa digunakan perihal yang disebut manajer atau untuk mengatur kepentingan pemberi kuasa.

Adapun fungsi surat kuasa umum adalah sebagai dokumen peralihan kuasa untuk kepentingan umum. Contoh surat kuasa pengambilan uang atau harta kekayaan.

4. Surat Kuasa Perantara

Selain surat kuasa umum, terdapat juga jenis surat kuasa perantara. Surat kuasa perantara pada umumnya digunakan oleh orang-orang untuk urusan jual beli dan biasanya diberikan kuasa kepada para agen perdagangan, broker, makelar atau yang lainnya.

Dari penjelasan diatas, maka pengertian surat kuasa perantara adalah surat yang berisi tentang pemberian perintah kepada pihak kedua yang berperan sebagai agen untuk melakukan perbuatan di bawah hukum dengan pihak ketiga.

Contoh surat kuasa perdagangan, surat kuasa perwakilan dan lain sebagainya.

5. Surat Kuasa Insidentil

Siapa bilang pemberian surat kuasa tidak boleh terdapat hubungan darah? Pemberian kuasa sendiri masih bisa dilakukan antara pemberi kuasa dan penerima kuasa, walaupun terikat hubungan darah.

Surat ini disebut dengan surat kuasa insidentil. Surat kuasa insidentil adalah dokumen pemberian kuasa pada seseorang yang masih memiliki hubungan darah dengan pemberi kuasa.

Prinsip dasar pembuatannya adalah untuk berbicara di pengadilan setelah mendapatkan izin dari ketua Pengadilan.

Pembuatan surat kuasa ini pun memiliki aturan lain yakni penerima kuasa tidak diperbolehkan berprofesi sebagai pengacara dan dilarang mendapatkan uang dari pemberi kuasa.

Aturan lainnya yakni pemberi kuasa tidak boleh memberikan kuasa insidentil dengan jangka waktu setahun ke belakang.

6. Surat Kuasa Istimewa

Jenis surat kuasa selanjutnya adalah surat kuasa istimewa. Surat kuasa istimewa merupakan jenis surat yang dikeluarkan oleh pemberi kuasa ketika yang bersangkutan tidak bisa mengurus perihal sangat penting.

Dalam hal ini pemberi kasa membutuhkan pihak lain sebagai penerima kuasa untuk mengurusi hal-hal yang bersifat urgent. Contoh surat kuasa untuk mengurusi mediasi atau sumpah penentu.

7. Surat Kuasa Khusus

Selain surat kuasa umum, terdapat juga jenis surat kuasa khusus. Surat kuasa khusus ini digunakan untuk kegiatan tertentu yang dialihkan ke penerima kuasa.

Contoh surat kuasa khusus ini seperti ketika berurusan yang mencangkup pengadilan, maka suratnya harus rinci menjelaskan tentang apa saja yang akan terjadi di dalam pengadilan.

Surat kuasa khusus ini lebih dirinci lagi skup wilayah kuasanya bisa mulai dari replik, gugatan, sampai pengajuan alat bukti.

Dari penjelasan tersebut sekilas nampak sama dengan surat kuasa istimewa, akan tetapi perbedaannya adalah di dalam surat kuasa khusus ini kegiatan-kegiatan yang diwakilkan harus sangat jelas tertera di dalam surat.

Dengan demikian penggunaan surat kuasa khusus ini membuat penerima kuasa tidak bisa melakukan hal-hal yang tidak tercantum di dalam surat kuasa khusus.

Nah itu tadi jenis-jenis surat kuasa yang bisa teman-teman jadikan referensi. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka teman-teman akan lebih mudah di dalam membuat contoh surat suara nantinya.

Contoh Surat Kuasa

Di bawah ini adalah contoh contoh surat kuasa dengan berbagai keperluan. 

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB
Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai pihak 1:

Nama                           : Nia Ramadhani

Tempat/ Tanggal lahir: Bandung, 16 Agustus 1988

Jenis Kelamin              : Perempuan

NIK                             : 3273245608880001

Alamat                        : RT 2/RW 03 Cisaranten Kulon Arcamanik, Bandung

Dengan ini memberikan kuasa kepada pihak 2:

Nama                           : Dimas Zaenal

Tempat/ Tanggal lahir: Bandung, 07 Maret 1986

Jenis Kelamin              : Laki-laki

NIK                             : 3273200703860004

Alamat                        : RT 10/RW 03 Antapani Kidul, Antapani, Bandung

Untuk mengurus pengambilan BPKB dengan nomor polisi: D 7887 SR. Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benar dan mohon dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 20 Agustus 2020

Penerima Kuasa                                              Pemberi Kuasa

 

Dimas Zaenal                                                  Nia Ramadhani

2. Contoh Surat Kuasa Khusus

Contoh Surat Kuasa Khusus
Contoh Surat Kuasa Khusus

SURAT KUASA KHUSUS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Eka Purnama

Pekerjaan         : Wiraswasta

No. KTP          : 3273191901905983

Alamat            : Jl. Merdeka Kelurahan Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Memberikan kuasa penuh kepada :

Nama               : Supangat

Pekerjaan         : Pegawai Negeri Sipil

No. KTP          : 3273231707908573

Alamat            : Jl. Manjahlega, Kelurahan Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

—– KHUSUS —–

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa guna mengambil Sertifikat Rumah dengan alamat Jl. Merdeka Kelurahan Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung dengan luas bangunan 800 m2 (delapan ratus meter persegi) dengan luas tanah 1000 m2 (seribu meter persegi) dan telah lunas pembayarannya.

Guna keperluan tersebut, maka yang diberi kuasa berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang serta notaris atau PPAT penandatanganan Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat – surat lainnya yang berkaitan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayarannya dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya dan mohon untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 19 November 2020

Yang Memberi Kuasa,

 

Eka Purnama

 

3. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Surya Saputra

Tempat, Tanggal Lahir: Salatiga, 27 November 1889

Nomor KTP                : 3374082711890004

Alamat                        : Jl. Kesatrian Kepoh Jatingaleh, Candisari, Semarang

Pekerjaan                     : Wiraswasta

Kemudian disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Memberikan kuasa sepenuhnya kepada :

Nama                           : Edi Lukito

Tempat, Tanggal Lahir: Demak, 5 Januari 1990

Nomor KTP                : 33.74.040501900001

Alamat                        : Jl. Sawah Besar II Kaligawe, Gayamsari, Semarang

Pekerjaan                     : Karyawan Pabrik

Kemudian disebut sebagai Penerima Kuasa.

Dengan dibuatnya surat ini, saya sebagai Pemberi Kuasa, memberikan kuasa terhadap Karyawan saya yang bernama Edi Lukito (Penerima Kuasa) untuk dapat melakukan pengambilan uang secara tunai sejumlah Rp 50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah) di dalam rekening BCA milik saya, dengan data – data sebagai berikut :

No. Rekening  : 6798768840

Atas Nama      : Surya Saputra

Nama Bank     : BCA

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya – benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 17 Meri 2020

Pemberi Kuasa                        Penerima Kuasa

(materai 6000)

Surya Saputra                          Edi Lukito

4. Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Contoh Surat Kuasa Perwakilan
Contoh Surat Kuasa Perwakilan

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap             : Wildan Pratama

No. KTP                       : 0950061704800175

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 17 April 1980

Alamat                        : Jl. Gereja Theresia, no. 175 RT 007/ RW 009, Kec. Menteng, Jakarta Pusat

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan KUASA kepada :

Nama lengkap             : Wishnutama

No. KTP                       :0950062008850402

Tempat/Tanggal Lahir : Purbalingga, 20 Agustus 1985

Alamat                        : Petamburan RT 013/ RW 004, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambilkan passport PIHAK PERTAMA dengan nomor passport L441074 yang sudah sesuai surat pengurusan visa Schengen-nya di Kedutaan Besar Austria yang bertempat di Jl. Diponegoro 44, Menteng, Jakarta Pusat.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 17 Desember 2015

Pihak Pertama                                     Pihak Kedua

 

Wildan Pratama                                  Wishnutama

5. Contoh Surat Kuasa Tanah

Contoh Surat Kuasa Tanah
Contoh Surat Kuasa Tanah

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Lukman Hakim

Umur               : 38 Tahun

Agama             : Islam

Pekerjaan         : Pedagang

Alamat            : Jalan Adipati Mersi RT 5/IV Mersi, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53112

Dalam hal ini bertindak atas nama para ahli waris dari Alm. Bapak Sutomo dan Ibu Wanda. Keduanya telah meninggal dunia di Yogyakarta, untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama               : Galuh Angga Putra

Umur               : 31 Tahun

Agama             : Islam

Pekerjaan         : Wiraswasta

Alamat            : Jalan Riyanto, Sumampir, Kec. Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53125

Selanjutnya disebut dengan PIHAK KEDUA

KHUSUS

Untuk dan atas PIHAK PERTAMA tersebut di atas, maka PIHAK KEDUA dapat melakukan hal sebagai berikut, yaitu :

  1. Menjual tanah seluas 500 meter persegi di Jalan Adipati Mersi RT 5/IV Mersi, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53112 atas nama Bapak Sutomo.
  2. Untuk keperluan tersebut berhak menghadap kepada pejabat/ instansi yang berwenang dan notaris/ PPAT menandatangani Akta Jual Beli.
  3. Dan atau memberikan dan menerima surat- surat yang lainnya yang berkaitan dengan tanah tersebut.
  4. Serta dapat menerima uang pembayaran dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dan ditandatangani, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Banyumas, 28 Oktober 2020

Yang Memberi Kuasa                                     Yang Menerima Kuasa

 

Lukman Hakim                                               Galuh Angga Putra

Mengetahui/Menyetujui

6. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini sebagai PIHAK PERTAMA :

Nama                           : Ika Miftahul H.

Tempat/Tanggal lahir : Demak, 17 Juli 1995

NIM                            : 1431630020

Alamat                        : RT. 10/ RW. 03, Mantingan, Kec. Jaken, Kab. Pati.

Memberikan kuasa kepada PIHAK KEDUA :

Nama                           : Ahmad Ariyanto

Tempat/Tanggal lahir : Rembang, 05 Juni 1996

NIM                            : 1531730005

Alamat                        : RT. 08/ RW. 05, Margoyoso, Kec. Margoyoso, Kab. Pati.

Dengan ini PIHAK PERTAMA memberikan wewenang kepada PIHAK KEDUA untuk mewakili dalam :

  1. Pengembalian buku pinjaman dari perpustakaan atas nama PIHAK SATU.
  2. Pengumpulan jurnal skripsi atas nama PIHAK SATU.
  3. Pengambilan transkrip nilai atas nama PIHAK SATU.
  4. Pengambilan ijazah atas nama pihak 1.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada keterpaksaan dari pihak manapun serta dapat digunakan dengan semestinya.

Semarang, 19 Desember 2018

Penerima Kuasa                                              Pemberi Kuasa

 

Ahmad Ariyanto                                             Ika Miftahul H.

 

7. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor
Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Arman Maulana

Tempat/ Tanggal lahir : Semarang, 20 Juli 1989

Jenis Kelamin              : Laki-laki

NIK                             : 3374152007896609

Alamat                        : RT 10/ RW 03, Gondoriyo, Kec. Ngaliyan, Semarang

Selanjutnya disebut dengan PIHAK PERTAMA, dengan ini memberikan kuasa kepada PIHAK KEDUA :

Nama                           : Angga Putra

Tempat/Tanggal lahir  : Kendal, 04 Agustus 1990

Jenis Kelamin              : Laki-laki

NIK                             : 3374060408907704

Alamat                        : RT 10/ RW 03, Tlogosari Wetan, Kec. Pedurungan, Semarang

Selanjutnya disebut dengan PIHAK KEDUA untuk mengurus pengambilan BPKB dengan nomor polisi : H 7884 RS.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenar-benar dan agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 16 September 2020

Penerima Kuasa                                                          Pemberi Kuasa

 

Arman Maulana                                                          Angga Putra

8. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Di Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Di Bank
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Di Bank

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Anni Rahmawati

Alamat            : Jl. Ahmad Yani no 5A Kauman Blora.

Usia                 : 45 tahun

No.KTP           : 3316115005750742

Pekerjaan         : Pedagang

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa atau Pihak Pertama.

Memberikan kuasa sepenuhnya kepada :

Nama               : Imam Samudra

Alamat            : Jl. Pringgading no 17, Mlangsen Blora

Usia                 : 27 tahun

No.KTP           : 3316112711940001

Pekerjaan         : Pelajar/Mahasiswa

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa atau Pihak Kedua.

Dengan surat yang saya buat ini, saya sebagai Pemberi kuasa atau pihak kesatu,  memberikan kuasa kepada Putra saya yang bernama Imam Samudra (Penerima Kuasa) untuk mengambil uang secara tunai dengan jumlah Rp. 70.000.000,00 (tujuh puluh juta rupiah) pada rekening Mandiri milik saya, dengan detail sebagai berikut :

No.Rekening   : 1523 7650 763 2222 51

Atas Nama      : Anni Rahmawati

Nama Bank     : Mandiri KCP Blora

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan semestinya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Blora, 20 November 2020

Penerima Kuasa                                              Pemberi Kuasa

(Materai 6000)

Imam Samudra                                                Anni Rahmawati

9. Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris
Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

Untuk membuat contoh surat kuasa ahli waris menjadi sebuah surat yang sah di mata hukum, maka teman-teman perlu mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan. 

Informasi tersebut berupa persyaratan berdasarkan KEMENPAN RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), yakni:

  1. Asli Surat Keterangan Tanah bermaterai 10.000 dan difotokopi rangkap 1.
  2. Fotokopi atas hak tanah meliputi Surat Jual Beli, Surat Penyerahan tanah, Akta Jual Beli, Sertifikat Hak Milik (SHM) dan dokumen lain yang terkait. (rangkap 1)
  3. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga pemilik tanah (rangkap 1).
  4. Fotokopi tanda lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tanah (rangkap 1).

Syarat – syarat Surat Keterangan Ahli Waris / Surat Penyerahan Harta Warisan :

  1. Surat Keterangan Ahli Waris bermaterai 10000 dan difotokopi rangkap 1.
  2. Fotokopi atas hak tanah (pengurusan surat penyerahan harta warisan) seperti Surat Jual Beli, Surat Penyerahan Tanah, Akta Jual Beli, Sertifikat Hak Milik (SHM) serta dokumen terkait lainnya. (rangkap 1)
  3. Fotokopi KTP semua ahli waris. (rangkap 1)
  4. Fotokopi KTP yang menerima harta warisan (khusus Surat Pembagian Harta Warisan). (rangkap 1)
  5. Fotokopi tanda lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tanah. (rangkap 1)

Setelah berkas-berkas siap, teman-teman perlu juga mengurus surat pengantar dari RT/RW setempat. Hal ini dibuat untuk dilanjutkan ke tingkat Kecamatan atau Kelurahan. 

Selanjutnya, jika surat pengantar dari desa sudah ada, teman-teman tinggal meneruskan surat pengantar ke kecamatan setempat.

Adapun ketika di tingkatan kecamatan, teman-teman sebagai pemohon perlu menyerahkan dokumen-dokumen serta contoh surat pernyataan ahli waris kepada petugas pelayanan.

Adapun tahapan di kecamatan adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon datang ke tempat pelayanan di kantor Kecamatan setempat
  2. Selanjutnya serahkan berkas-berkas kepada petugas pelayan 
  3. Kemudian tunggu hingga berkas selesai di proses. Pemohon bisa menunggunya di ruang tunggu terlebih dahulu.
  4. Dalam pemrosesan tersebut, berkas registrasi dan diverifikasi terlebih dahulu oleh petugas.
  5. Proses selanjutnya setelah selesai verifikasi, berkas akan ditandatangani oleh camat.
  6. Setelah itu berkas surat keterangan baru dapat diterima oleh pemohon

Adapun berkas-berkas yang harus dibawa ketika di kecamatan adalah 

  1. Surat kematian dari rumah sakit
  2. Surat penguburan
  3. Catatan sipil kematian
  4. KK (Kartu Keluarga) yang mencantumkan nama pewaris.

Selain berkas-berkas di atas, teman-teman juga perlu mempersiapkan Surat Pernyataan Ahli Waris sebagai salah satu berkas persiapannya.

Selain itu juga teman-teman perlu membuat surat kuasa ahli waris dengan contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, kami para ahli waris dari Almarhum Tukimin:

  1. Nama lengkap                             : Supangat

Nomor KTP                                   : 3316110503800001

Tempat, tanggal lahir                    : Blora, 5 Maret 1980

Pekerjaan                                       : Pedagang

Hubungan dengan Almarhum       : anak kandung

Alamat lengkap                             : Jl Blora Rembang 17 Medang Blora

  1. Nama lengkap                               : Khoirin Ni’mah

Nomor KTP                                   : 3316115007850004

Tempat, tanggal lahir                    : Blora, 10 Juli 1985

Pekerjaan                                       : Wiraswasta

Hubungan dengan Almarhum       : anak kandung

Alamat lengkap                             : Jl. Kamolan 50, Kamolan Blora

  1. Nama lengkap                              : Soimah

Nomor KTP                                  : 33167009600154

Tempat, tanggal lahir                    : Blora, 20 September 1960

Pekerjaan                                       : Petani

Hubungan dengan Almarhum       : istri

Alamat lengkap                             : Jl. Mr. Iskandar 79 Mlangsen Blora

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada :

Nama lengkap                                     : Jariman

Nomor KTP                                          : 3316113011810451

Tempat, tanggal lahir                          : Blora, 30 November 1981

Hubungan dengan pemberi kuasa      : saudara sepupu

Pekerjaan                                             : Guru

Alamat lengkap                                   : Jl. Gatot Subroto 5A Blora

Yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Kami sebagai pemberi kuasa menyatakan memberikan kuasa atau wewenang kepada penerima kuasa untuk mengurus penjualan harta waris peninggalan Almarhum Tukimin yang meninggal pada tanggal 15 Januari 2019.

Adapun harta peninggalan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah dan rumah yang berdiri di atasnya dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 10.15.22.05.1.02324 atas nama Tukimin.

Luas tanah adalah 750 meter persegi sementara rumah yang berdiri di atasnya seluas 450 meter persegi.

Tanah dan rumah tersebut berlokasi di Jl Sumodarsono 57 Blora.

Adapun batas-batas tanah dan rumah tersebut adalah di sebelah Barat adalah Sungai, sebelah Timur adalah Jalan utama, sebelah Utara adalah rumah penduduk, dan di sebelah Selatan adalah rumah penduduk.

Kami juga memberikan kuasa kepada Penerima Kuasa untuk menandatangani Akta Jual Beli Tanah, menerima uang pembayaran, membuat tanda bukti pembayaran (kuitansi), melakukan tindakan hukum dengan pihak ketiga sehubungan dengan harta warisan, serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di         : Blora

Pada tanggal   : 17 Desember 2019

Pemberi kuasa             :

  1. Supangat           :___________________
  2. Khoirin Ni’mah :___________________
  3. Soimah              :___________________

Penerima kuasa           :

Jariman                         :___________________

Saksi                            :

  1. Ircham Maulana:___________________
  2. Yusuf Ristanto  :___________________

Mengetahui,

Lurah Kelurahan Mlangsen                             Camat Kecamatan Blora

(Stempel)                                                         (Stempel)

 

Syahari Purnomo                                             Dasiran, S.Ag, M.SI

10. Contoh Surat Kuasa Bank

Contoh Surat Kuasa Bank
Contoh Surat Kuasa Bank

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Indah Sukmana

Alamat            : Jl. Ahmad Yani no 5A Semarang.

Usia                 : 45 tahun

No.KTP           : 3316115005750742

Pekerjaan         : Pedagang

No. HP            : 089785225001

Yang selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa.

Memberikan kuasa sepenuhnya kepada :

Nama               : Imam Asnawi

Alamat            : Jl. Pringgading no 17, Mlangsen Blora

Usia                 : 27 tahun

No.KTP           : 3316112711940001

Pekerjaan         : Pelajar/Mahasiswa

No. HP            : 085678990235

Selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa.

Dengan ini saya selaku Pemberi Kuasa memberikan kuasa kepada Sepupu saya yang bernama Imam Asnawi agar dapat melakukan pengambilan uang secara tunai dengan jumlah Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) pada rekening BCA milik saya, dengan detail sebagai berikut :

No.Rekening   : 5220765072

Atas Nama      : Indah Sukmana

Nama Bank     : BCA Semarang

Hal-hal serta segala resiko yang mana disebabkan oleh surat kuasa ini akan menjadi tanggung jawab dari Pemberi Kuasa sepenuhnya.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan semestinya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 25 Maret 2020

Penerima Kuasa                                  Pemberi Kuasa

(Materai 6000)

Imam Asnawi                                      Indah Sukmana

11. Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK

Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK
Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : __________________________

Tempat/ tanggal lahir  : __________________________

Kewarganegaraan       : __________________________

Pekerjaan                     : __________________________

Alamat                        : __________________________

No KTP                       : __________________________

Tanggal                       : __________________________

Selanjutnya disebut pemberi kuasa, memberi kuasa kepada :

Nama                           : __________________________

Tempat/ tanggal lahir  : __________________________

Kewarganegaraan       : __________________________

Pekerjaan                     : __________________________

Alamat                        : __________________________

No KTP                       : __________________________

Tanggal                       : __________________________

Selanjutnya disebut penerima kuasa.

Khusus

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan permohonan dan mengurus surat perpanjangan STNK sampai selesai pada instansi yang berwenang, dengan spesifikasi sebagai berikut ;

Merek/tipe                               : ____________________

Jenis/model                             : ____________________

Tahun pembuatan/perakitan    : ____________________

Isi silinder                               : ____________________

Warna kendaraan                    : ____________________

Nomor rangka                         : ____________________

Nomor mesin                           : ____________________

Nomor BPKB                            : ____________________

Warna TNKB                          : ____________________

Dengan maksud dan tujuan serta memakai syarat-syarat dan ketentuan yang dianggap baik oleh penerima kuasa.

Untuk Urusan tersebut, menghadap di mana perlu dan di hadapan siapapun, membuat, menandatangani dan menyerahkan semua surat, permohonan, formulir, dan surat-surat lain, memberi keterangan, membuat surat-surat yang diperlukan atau disyaratkan oleh instansi yang berwenang serta guna memperoleh pengesahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Singkatnya, melakukan dan mengerjakan tindakan/perbuatan apapun yang diperlukan atau disyaratkan untuk memperoleh pengesahan dari instansi yang berwenang, dan untuk maksud tersebut tidak ada yang dikecualikan.

(Kota dibuatnya surat)______, __________ 20      (tanggal, bulan, tahun)

Pemberi Kuasa                                    Penerima Kuasa

(Materai 10.000)

(Nama terang)                                     (Nama terang)

12. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Anton Syahputra

Tempat/Tgl Lahir        : Medan, 20 Juni 1990

No. KTP                      : 87325785378532

Pekerjaan                     : Wirausaha

Alamat                        : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada :

Nama                           : Intan Permatasari

Tempat/Tgl Lahir        : Medan, 25 Mei 1991

No. KTP                      : 8974578978910751

Pekerjaan                     : Pegawai Negeri Sipil

Alamat                        : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Untuk mengambil Paspor dengan Nomor Paspor 121357235 atas nama Anton Syahputra yang pengurusannya sudah selesai dan menandatangani surat – surat dan semua dokumen yang berkaitan dengan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Medan, yang bertempat di Jl. Gatot Subroto No. 123, Medan.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa                                    Penerima Kuasa

 

Anton Syahputra                                 Intan Permatasari

13. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Di dalam contoh surat kuasa pengambilan gaji memiliki fungsi untuk mengambil gaji yang diberikan oleh perusahaan tempat teman-teman bekerja bisa diambilkan langsung oleh orang lain yang sudah teman-teman tunjuk.

Selain fungsi di atas, surat ini juga sangat bermanfaat jika teman-teman memiliki keperluan yang mendesak dan tidak sempat mengambil gaji. 

Proses ini dapat diwakilkan oleh orang yang sudah berusia dewasa seperti saudara, istri ataupun teman teman-teman sendiri.

Nah jika gaji diambil dikantor dan masih dengan cara manual, kemudian teman-teman memiliki halangan  untuk mengambilnya maka teman-teman dapat menggunakan surat kuasa pengambilan gaji yang diwakilkan kepada yang teman-teman percaya.

Kemudian jika gajinya ditransfer, maka teman-teman bisa mewakilkannya dengan membuat surat kuasa untuk pengambilan gaji melalui bank.

Adapun surat kuasa pengambilan gaji bisa digunakan untuk:

1. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karyawan

2. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Pensiun

3. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Karena Sakit

4. Surat Kuasa Pengambilan Gaji Melalui Bank 

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan gaji di bawah ini.

SURAT KUASA 

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama               : Imam Supriadi

Alamat            : Jl. Antapani Raya No. 20 Bandung

Memberikan kuasa kepada :

Nama               : Riska Anggraini

Alamat            : Jl. Buah Batu No. 11 Bandung

Dengan surat ini saya, Imam Supriadi akan memberikan kuasa kepada Riska Anggraini untuk mengambil sejumlah uang gaji dari PT. Cipta Karya.

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 20 Maret  2020,

Yang Menerima Kuasa                       Yang Memberi Kuasa

(Materai 10.000)

Riska Anggraini                                  Imam Supriadi

 

 

14. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen Sertifikat Tanah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen Sertifikat Tanah
Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen Sertifikat Tanah

Di dalam contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan.Dalam surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Adapun hal-hal yang perlu teman-teman perhatikan di dalam surat kuasa pengambilan sertifikat tanah adalah sebagai berikut:

1. Data Diri Pemberi Kuasa

Untuk membuat contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, data pemberi kuasa harus ditulis dengan jelas.

Penulisan informasi ini harus komplit mulai dari nama lengkap, alamat rumah, dan nomor KTP. Kemudian pastikan juga teman-teman menuliskannya sesuai dengan ejaan serta penulisannya sama dengan KTP.

2. Data Diri Penerima Kuasa 

Selain data diri pemberi kuasa yang harus lengkap, data diri penerima kuasa juga harus lengkap.

Adapun penulisan data diri penerima kuasa, sama dengan pemberi kuasa, yaitu mencantumkan nama lengkap, alamat rumah, dan nomor KTP.

Kemudian untuk penerima kuasa di dalam contoh surat kuasa pengambilan dokumen sertifikat tanah, teman-teman bisa memberikan kuasa kepada siapa saja, baik itu kerabat dekat atau teman kerja.

Hana saja teman-teman perlu memastikan jika mereka sudah dewasa dan bisa dipercaya, ya!

3. Informasi tentang Properti atau Tanah

Di dalam contoh surat kuasa pengambilan sertifikat tanah, selain informasi pemberi dan penerima kuasa, informasi properti atau tanah juga harus dicantumkan.

Teman-teman perlu mencantumkan nomor sertifikat tanah dan lokasinya secara detail. Selain itu juga teman-teman perlu mencantumkan mengapa pemberi kuasa berhalangan untuk hadir di dalam surat.

Untuk lebih mudahnya, teman-teman bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan dokumen sertifikat tanah di bawah ini.

SURAT KUASA

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

  1. Nama                           : _____________________

Tempat, tanggal lahir  : _____________________

Nomor KTP                : _____________________

Alamat                        : _____________________

No. Telepon                : _____________________

Selanjutnya disebut dengan PIHAK I (Pemberi Kuasa)

2. Nama                      : ____________________

Tempat, tanggal lahir  : ____________________

Nomor KTP                : _____________________

Alamat                         : _____________________

No. Telepon                : _____________________

Selanjutnya disebut dengan PIHAK II (Penerima Kuasa).

Bahwa PIHAK I memberikan kuasa penuh kepada PIHAK II untuk pengambilan dokumen di ____________ (tulis dimana dokumen tersebut. Misal di Bank Mandiri Sidoarjo maka tulis BANK MANDIRI KC. SIDOARJO) berupa surat tanah:

  1. Sebidang tanah Hak Milik Nomor      : …………………………………
  2. Luas                                                    : ……..m2 (……………………………………..meter persegi)
  3. Terletak di                                           : ……………………………………..(di isi, nama jalan jika ada, RT/RW dusun, Gang, dan lain sebagainya)

Desa/Kelurahan                                   : …………………………………………

kecamatan                                           : …………………………………………

Kabupaten/Kota                                  : …………………………………………

Sebagaimana diuraikan dalam gambar situasi tanggal ………….., dan menurut sertifikat tanggal …..…….……, terdaftar atas nama ……………… Berikut bangunan yang berdiri di atas tanah tersebut beserta turutan-turutannya.

Demikian surat kuasa ini dibuat tanpa ada paksaan dari pihak lain agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

……………, …. …………….. 20… (isi Kota pembuatan surat kuasa, tanggal, bulan, tahun)

Penerima Kuasa                                  Pemberi Kuasa

 

(………………….)                                         (………………….)

(isi nama terang)                                (isi nama terang)

15. Contoh Surat Kuasa Kedinasan

Di dalam urusan yang bersifat resmi atau yang berkaitan dengan hukum, terkadang teman-teman tidak bisa melakukannya sendiri.

Jika teman-teman tidak bisa melakukannya sendiri, maka teman-teman adakalanya membutuhkan bantuan orang lain. Tujuannya adalah untuk menggantikan posisi teman-teman atau bertindak atas nama teman-teman melakukan sesuatu.

Maka dari itu, untuk melakukan pemindahan peran, wajib dilakukan secara resmi juga. Untuk itulah dibutuhkan surat kuasa.

Di dalam contoh surat kuasa kedinasan, pembuatannya dibuat dengan tujuan untuk memindahkan kuasa atau memberikan wewenang dari seseorang kepada orang lain yang ditunjuk, atau dari satu pihak ke pihak yang lainnya. 

Di dalam surat kuasa kedinasan, wewenang yang diberikan dalam suatu urusan atau pekerjaan tertentu sesuai dengan apa yang tertulis dalam surat kuasa.

Kemudian untuk membuat surat kuasa, dibutuhkan identitas dari pihak pemberi kuasa, pihak yang diberi kuasa, serta bentuk kuasa dan juga wewenang apa yang diberikan.

Semua itu ditulis secara jelas. Selain itu waktu dan batasan wewenang juga harus disampaikan secara jelas di dalam surat kuasa. 

Agar menjadi sah, surat kuasa harus dibubuhi dengan tanda tangan oleh pihak yang memberi kuasa dan pihak yang diberi kuasa.

Adapun format penulisan surat kuasa resmi menggunakan kop surat, nomor surat dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan teman-teman simak contoh surat kuasa kedinasan di bawah ini.

PEMERINTAH KABUPATEN REMBANG

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

Jl. Pemuda KM.2, Rambut Malang, Kabongan Kidul, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59218

SURAT KUASA

No……………………(tulis sesuai aturan, misal: 99/SK/IX/19)

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama   : …………………………………

Jabatan: ……………………………….(Misal: Kepala Tata Usaha)

NIP     : ………………………………..

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama   : ………………………………….

Jabatan: ………………………………. (Misal: Bendahara Tata Usaha

NIP     : ……………………………….

Untuk menjalankan …………………………..(tulis nama tugas atau kegiatan, misalkan kegiatan pengawasan perbendaharaan di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang).

Surat kuasa ini berlaku sejak tanggal ……………….. sampai tanggal…………………… (untuk tanggal tulis lengkap beserta bulan dan tahunnya).

Demikian surat kuasa ini  dibuat untuk dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Rembang, …………..20…..

Yang Menerima                      Kuasa Yang Memberi Kuasa

(…………………)                         (…………………)

NIP:…………….                        NIP:…………….

Nah itu tadi berbagai contoh surat kuasa yang bisa teman-teman jadikan referensi. Jika teman-teman mau yang lebih praktis, silahkan download contoh surat kuasa doc di sini.

Jika ada masukan, kritikan maupun yang lainnya dapat teman-teman sampaikan di kolom komentar. Cukup sekian dan terima kasih, semoha bermanfaat!

Leave a Reply