Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat dibutuhkan. Tujuannya agar Kamu bisa masuk tahap selanjutnya, yakni wawancara.

Kamu baru lulus sekolah atau kuliah? Atau mau pindah tempat kerja yang lebih baik?

Hal pertama setelah mendapat informasi lowongan pekerjaan, Kamu harus segera menulis surat lamaran kerja. Jangan lupa juga, siapkan berkas-berkas pendukung yang lengkap termasuk foto terbaru.

Sebisa mungkin, dalam membuat surat lamaran kerja khususnya tulis tangan harus rapi. Ini penting, agar HRD yang membaca application letter Kamu segera memanggil untuk wawancara.

Kamu sedang membaca artikel yang tepat. Karena bosmeal membahas dengan detail dan lengkap agar surat lamaran kerja yang kamu buat bisa menarik perhatian HRD.

Baca sampai akhir ya.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Apa itu Contoh Surat Lamaran Kerja
Doumen via bosmeal

Surat lamaran kerja adalah surat formal yang isinya menyatakan permohonan untuk bekerja pada suatu instansi, PT, lembaga, ataupun perorangan.

Surat lamaran ini termasuk contoh surat resmiSehingga dalam pembuatannya harus menggunakan bahasa yang baku dan memiliki format jelas.

Meskipun begitu, Kamu masih bisa berkreasi dengan membuat surat lamaran kerja yang menarik. Bisa dari pilihan kata yang digunakan dan tulisan tangan yang bagus.

Di dalam isi surat, Kamu bisa menjelaskan gambaran umum skill atau keahlian yang Kamu miliki.

Ingat ya, cukup inti dari keahlian Kamu saja. Karena yang lengkap dapat Kamu tulis di lembaran daftar riawayat hidup atau cv.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebenarnya, cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan ngga sulit-sulit banget sih. Hanya saja memang, kalau ada kesalahan sedikit saja, Kamu harus ganti kertas baru.

Mungkin itu, yang banyak orang bilang kalau membuat surat lamaran kerja itu ngga gampang.

Lebih lengkapnya, berikut cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

  • Siapkan kertas HVS, letakkan dibawah kertas double folio kemudian jepit dengan papan ujian (bagian atas rangkap dengan kertas kecil agar tidak ada lipatan) atau kalau tidak ada, bisa tulis di meja. Pastikan permukaan meja halus dan rata tanpa lubang.
  • Mulailah menulis seperti contoh dibawah ini atau klik disini. Pastikan bulpen yang Kamu gunakan bagus (tidak macet-macet).
  • Tulis saja semua sampai selesai. Kalau ada yang salah, coret saja tanpa harus ganti kertas. Pastikan tulisan sudah menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai EYD.
  • Setelah selesai, baca ulang dengan cermat dan teliti. Perbaiki kalimat yang memang perlu diperbaiki. Pastikan semua bagian sudah benar dan rapi.
  • Mulailah menulis ulang surat lamaran kerja yang sudah Kamu pastikan baik, benar dan rapi. Kalau disini ada kesalahan dalam menulis, ganti dengan kertas baru. Dari pengalaman pribadi, hal ini akan membuat Kamu lebih hemat kertas. Selesai.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Ini penting banget sih. Agar surat lamaran kerja tulis tangan Kamu menarik, berikut tipsnya:

  1. Pastikan Kamu bisa menulis tangan dengan bagus dan rapi. Ini penting, kalau tidak bisa mintalah tolong sama saudara atau teman yang jago. Tentu, jangan sampai terima kasih aja di akhir ya. Hhehe.
  2. Sampaikan keahlian Kamu yang sekiranya berkaitan dengan posisi yang Kamu tuju. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi HRD untuk kemudian memanggil Kamu interview. Namun, jangan kebanyakan dan berlebihan.
  3. Tulislah nomor HP Kamu yang aktif dibagian biodata. Bagusnya satu saja, agar terlihat ke-konsisten-an Kamu. Pastikan selalu aktif ya.
  4. Pastikan lembaran kertas bersih (dari coretan atau kotoran apapun) dan tidak ada lipatan.
  5. Ketika memasukkan ke dalam amplop, pastikan posisinya pas. Supaya saat HRD membuka, bisa langsung baca. Jangan sampai terbalik-balik.
  6. Urutkan berkas sesuai dengan yang Kamu buat pada surat lamaran kerja tulis tangan.
  7. Kamu semprot sedikit minyak wangi lebih baik. Bagusnya bagian dalam amplopnya saja sebelum kamu memasukkan berkas. Hal ini agar berkas tidak ada bercak bekas minyak.

Format Surat Lamaran Kerja

Bagian ini umum dan standar saja. Baik itu untuk format surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan, bank, perusahaan, guru, fresh graduate, rumah sakit dan umum.

Contoh format surat lamaran kerja tidak mengalami banyak perubahan, yakni:

  1. Tempat dan tanggal surat dibuat.
  2. Bukan alamat, lebih ke peruntukan surat; Kepada, Yth.
  3. Salam hormat.
  4. Kata pengantar surat.
  5. Isi surat; biodata pribadi dan berkas apa saja yang Kamu lampirkan.
  6. Pengalaman dan keterampilan kerja, lihat tips diatas no 2.
  7. Penutup surat.
  8. Tanda tangan dan nama lengkap Kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Hal : lamaran pekerjaan

Yth.

Bpk. / Ibu Personalia

PT. Surya Darma

Jl. Mayjen Panjaitan No. 15

Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari Grup Facebook Info Lowongan Kerja Bandung pada 5 Februari 2021 bahwa PT. Surya Darma membuka lowongan kerja.

Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Staff Gudang di PT Surya Darma.

Berikut ini adalah data singkat saya,

Nama                          : Ahmad Aris

Tempat / tgl. lahir        : Kebumen, 17 mei 1993

Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Pemasaran

Alamat                          : Jl. Cempaka lorong 5 Kebumen

Telepon (HP)                : 0857-6123-4124

Status                            : Belum Menikah

Pada saat ini saya dan keadaan sehat serta dapat mengoperasikan komputer dasar tanpa halangan ditambah lagi saya dapat berbahasa Inggris dengan fasih. 

Prinsip yang saya utamakan adalah kejujuran dengan latar belakang formal maupun non formal yang memuaskan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1

3. Foto copy transkrip nilai

4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

5. Pas photo terbaru

Besar harapan saya untuk dapat Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya buat, jika ada kata-kata yang kurang pantas saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas perhatian dari Bapak / Ibu personalia saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Materai 6000

Ahmad Aris

Contoh di atas termasuk bentuk surat yang paling banyak digunakan. Lebih simpel, ngga ribet, hemat waktu dan hemat biaya.

Akan tetapi, contoh surat lamaran kerja umum diatas kurang begitu menarik bagi HRD. Pasalnya, bentuk seperti itu sangat mudah ditemukan di internet. Sampai sini sudah paham kan?

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Di PT

Buat yang masih bingung cara membuatnya, di bawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan yang bisa Kamu tirukan.

Jakarta, 10 September 2020

Kepada Yth

HRD Manager PT Nusa Bangsa 

Jl. Banggar no 4 Semarang

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari Instagram Info Loker Updates pada tanggal 9 September 2020 bahwa PT Nusa Bangsa membuka beberapa lowongan pekerjaan.

Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Sales Take Over (TO) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri saya:

Nama: Teguh Prayoga

Tempat/tgl lahir: Salatiga, 17 Maret 1993

Jenis kelamin: Laki laki

Pendidikan terakhir: S1 Manajemen Pemasaran

Alamat: Jl Pasar Sapi no 25 Salatiga

Telepon/HP: 085-225-112-005

Kondisi saya saat ini dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga sudah memiliki pengalaman selama 1 tahun di dalam bidang tersebut.

Selain itu juga saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup fasih serta bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Guna melengkapi syarat-syarat lamaran pekerjaan dan supaya menjadi pertimbangan, berikut saya lampirkan data diri sebagai berikut:

1. Foto ukuran 3 x 4

2. Fotokopi KTP

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Fotokopi Ijazah terakhir

5. Fotokopi SKCK

6. Fotokopi surat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk dipanggil Bapak / Ibu guna wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara detail kepada Bapak / Ibu mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Teguh Prayoga

Di dalam membuat lamaran kerja di PT, Kamu dapat menjadikan lebih unik seperti contoh di atas. Hal ini bertujuan agar surat lamaran memiliki nilai lebih di mata HRD.

Dengan tampilan surat yang tidak monoton dan terkesan kreatif, bukan tidak mungkin pihak HRD akan melirik  lamaran kerja Kamu.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Untuk melamar menjadi guru, Kamu bisa membuat surat lamaran dengan bentuk yang seperti biasa ataupun dengan contoh di atas.

Bentuk surat yang santai dan unik namun tetap formal. Dapat menajadikan lamaran kerja Kamu memiliki peluang lebih untuk diterima. Jangan lupa juga untuk melampirkan bakat yang dimiliki selain mengajar.

Hal ini karena di dalam pekerjaan sebagai guru yang tugas utamanya selain pendidik juga dituntut untuk memiliki keterampilan lain yang mendukung pekerjaan.

Maka dari itu jangan segan-segan untuk menyebutkan skil di dalam surat lamaran tersebut.

Kamu juga bisa download contoh lamaran kerja guru yang sudah bosmeal sediakan sebagai tambahan referensi ketika melamar kerja menjadi guru disini.

Buat yang pengen mendaftar guru di SD, SMP atau yang lainnya tinggal mengganti saja contoh surat lamaran kerja guru di atas.

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomarco

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomarco

Bagi yang berkeinginan untuk bekerja di Indomarco prismatama, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu. Apalagi jika kita berkeinginan menjadi supervisor trainee program.

Posisi supervisor trainee program Indomarco atau indomaret memiliki tanggung jawab yang cukup berat. 

Salah satunya melakukan pelatihan pada calon staff baru yang akan bekerja di indomaret dan melatihnya selama 3 bulan atau bisa lebih.

Agar bisa sedikit lebih unggul di dalam melamar kerja di indomarco, perlu membuat surat lamaran yang terlihat unik. Persaingan yang cukup besar mengaharuskan sikap kreatif di dalam membuat lamaran.

Apalagi jika yang dibutuhkan adalah supervisor trainee program, Kamu perlu membuat lamaran kerja yang menarik seperti contoh diatas.

Selanjutnya ketika inverview, jangan lupa untuk membawa berkas lamaran sesuai dengan persyaratan, seperti: 

1. Curriculum Vitae (CV).

2. Fotocopy Ijazah Terakhir

3. Fotocopy Transkrip Nilai.

4. Fotocopy SKCK.

5. Fotocopy KTP.

6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

7. Pas Foto 4×6 2 lembar.

8. Surat keterangan pengalaman kerja, dsb.

Nah itu tadi contoh surat lamaran kerja indomarco prismatama atau yang bisa kita kenal dengan indomaret.

Contoh tersebut bukan hanya untuk supervisor trainee program, tetapi juga bisa buat kasir, kepala toko, pramuniaga atau bagian gudang.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Jika Kamu merasa sesuai dengan kriteria tetapi masih kebingungan cara menulis surat lamarannya, dibawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja di pabrik garmen yang bisa Kamu tirukan.

Perihal: Lamaran Pekerjaan                                                         Kudus, 23 April 2021

Lampiran  : 6 Lembar

Kepada :

Yth. Staff Personalia PT Citra Mulia

Jalan Blora Purwodadi no 18 A Grobogan

di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat lamaran ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di PT Citra Mulia pada posisi operator sewing.

Adapun data diri singkat saya adalah sebagai berikut:

Nama                             : Nurisma Rahma

Tempat, Tanggal Lahir   : Pati, 27 Januari 1998

Umur                             : 21 tahun

Pendidikan Terakhir      : SMK – Tata Busana

No. Telepon                  : 089-999-131-97923

Alamat Rumah              : Jln. Citra Arum Blok A No. 55 Pati

Pada saat ini saya dalam keadaan sehat dan juga sudah memiliki pengalaman kerja pada bagian yang sama selama 1,5 tahun.

Selain itu juga saya tidak pernah terlibat dengan kasus hukum apapun. Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae

2. Fotocopy Ijazah SMK

3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

4. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

5. Fotocopy Surat Pengalaman Kerja di Pabrik Garment

6. Pas Photo 3×4 – 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya.

Besar harapan saya agar diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi lanjutan. 

Jika ada tutur kata yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya

Nurisma Rahma

6. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Di Indonesia sendiri memiliki banyak Bank, bukan hanya Bank BRI semata, tetapi juga ada Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank lain.

Dari berbagai bank tersebut akan selalu membuka kesempatan penerimaan pegawai baru setiap tahunnya. 

Jika Kamu tertarik untuk mendaftar pada salah satu bank di atas, tetapi masih kebingungan bagaimana membuat surat lamaran keja di Bank, bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja di Bank Mandiri diatas.

Kamu juga wajib menyertakan dokumen yang sudah disebutkan di dalam lowongan. Selain itu, Kamu dapat menyertakan berkas pendukung yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan di Bank.

Adapun dokumen yang dibutuhkan dalam berkas lamaran kerja di bank pada umumnya adalah:

  1. Pas foto ukuran 4 x 6 cm (pose setengah badan dan full body)
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkip Nilai
  3. Fotocopy KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotocopy Kartu Pencari Kerja (AK/I)

Sebisa mungkin Kmau juga memberikan informasi mengenai personality/keadaan fisik yang bisa menunjang supaya menambah kesempatan diterima.

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit
Contoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Malang, 24 Mei 2021

Kepada Yth.

Bpk./Ibu Pimpinan Rumah Sakit Dr. Syaiful Anwar 

Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Anung Fitriana

Alamat: Jl. Raya Kambingan, Kambingan, Kec. Tumpang, Malang

Tempat dan Tgl Lahir: Malang, 21 Juli 1996

Pendidikan Terakhir: S1 Jurusan Keperawatan

HP: 087582799241

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai perawat di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya sendiri sudah pernah merasakan sedikit pengalaman menjadi perawat di salah satu klinik di Surabaya ketika mengenyam pendidikan S1 keperawatan di Surabaya.

Besar harapan saya untuk bisa diterima di Rumah Sakit yang bapak/ibu pimpin dan saya siap untuk memberikan kompetensi tenaga dan waktu saya apabila dibutuhkan. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae

2. Foto copy ijazah terakhir yang dilegalisir

3. Foto copy Transkip Nilai yang dilegalisir

4. Foto copy Kartu Kuning

5. Foto copy KTP

6. Foto copy Kartu Keluarga

7. Surat pengalaman Kerja

8. Pas foto berwarna 4 x 6 terbaru 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

 

ttd

 

Anung Fitriana

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Di dalam berkas lamaran kerja lewat email, Kamu harus membuatnya semenarik mungkin agar pihak HRD yang membaca email tertarik.

Agar email lamaran kerja Kamu menarik, ikuti ini contoh surat lamaran kerja via email yang bisa dijadikan referensi

To              : [email protected]

Cc              : [email protected]

Subject    : Staff Administrasi

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada di Instagram portal Info loker dan juga dari PT Surya Pro sedang membutuhkan Staff Administrasi.

Maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Umi Yuliana

Alamat         : Jl Mekarsari no 17 Semarang

TTL              : Demak, 17 Februari 1995

Pendidikan   : S1 Administrasi Perkantoran UNDIP

Bermaksud untuk mengisi posisi pada lowongan pekerjaan tersebut

Saya juga melampirkan data pendukung sebagai bahan pertimbangan:

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Scan Ijazah Terakhir

4. Scan Surat Keterangan Dokter

5. Pas Photo format .jpg (1 file)

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya kepada Bapak / Ibu pimpinan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian bapak/ibu saya haturkan banyak terima kasih

Hormat saya,

 

Umi Yuliana

Oh iya, karena ini contoh lamaran kerja lewat email, maka ada baiknya kita menyimak tips di bagian bawah atau klik disini.

Selanjutnya jika Kamu mendapatkan panggilan interview atau wawancara dan menunggu kabar diterima tidaknya, jangan sampai menelpon HRD ya.

Biasanya tidak lebih dari 2 minggu. Kalau belum ada kabar, kebanyakan memang kita tidak diterima di perusahaan tersebut.

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Semakin kesini perusahaan asing lebih banyak yang membuka cabang di Indonesia. Hal ini tidak menuntut kita untuk turut serta dan mampu menguasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Kamu yang berminat untuk bekerja di perusahaan berbasiskan bahasa asing, perlu contoh surat lamaran kerja bahasa inggris fresh graduate yang bisa diunduh secara gratis di sini atau lihat ilustrasi dibawah ini.

Subject: Application for Employment

Dear.

Mr./ Mrs. Leader

PT Cakra Wicaksana

Street Kali Stone No. 66

Bandung

Sincerely,

Based on job vacancy information from Instagram locker info Bandung on May 5, 2020, I hereby intend to submit a job application as a content creator at PT Cakra Wicaksana.

I am a male, 25 years old, graduated from S1 Indonesian Literature, Gadjah Mada University in 2020 with a GPA of 3.7.

Here is my personal data:

Name: Ahmad Syaifullah

Place / date of birth: Bandung, October 8, 1995

Last Education: S1

Address: Street Pasirkaliki. 78a

Phone (HP): 08566655544

Status: Not married

My current condition is physically and mentally healthy, plus I am also active in organizations and have sufficient English skills. I am also ready to work independently and also in a team.

The following documents are required for consideration:

1. List of CVs

2. Legalized copy of S1 diploma

3. Photocopy of grade transcripts

4. Photocopy of course and training certificates

5. Recent photograph

6. Photocopy of SKCK

7. Finally I made this job application letter in truth.

I really hope to get the opportunity to interview the leaders, so that I can explain in more detail about my potential and abilities for the company that you lead.

Thank you for your attention.

Best regards

 

(Ahmad Syaifullah)

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Di beberapa perusahaan terkadang lebih memilih untuk menerima surat lamaran kerja tulis tangan. Karena memiliki keunikan yang tidak bisa diabaikan.

Kelebihan dari surat lamaran kerja simpel tulis tangan diantaranya lebih ekonomis, lebih efektif dan memiliki kesan lebih.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Via Email

Kesalahan yang sering dilalukan oleh kebanyakan orang, menganggap surat lamaran kerja via email hanya “sekedar” mengirim.

Kamu ngga mau kan, email berisikan berkas yang sudah capek-capek dibuat lalu dikirim tidak dilirik sama sekali?

Makanya, simak tips membuat surat lamaran kerja via email yang menarik berikut ini:

  1. Gunakan email dengan nama asli. Kalau terpaksa, ada sedikit angka tidak mengapa. Ingat, meskipun via email ada tata krama yang wajib Kamu ikuti dengan benar.
  2. Isikan subjek email sesuai dengan pentunjuk / permintaan HRD. Baca dengan baik informasi yang Kamu dapatkan.
  3. Pastikn attachment atau lampiran berkas benar-benar sudah ter-upload. Baiknya Kamu jadikan satu file (berbentuk rar).
  4. Ketika akan menekan tombol kirim, pastikan pada waktu jam kerja. Jangan sampai mengirim di waktu tengah malam ya. Mungkin ini sepele, tapi ini termasuk attitude yang baik.
  5. Agar ukuran file bisa menjadi 2 Mb tanpa meninggalkan kualitas gambarnya, rubah file menjadi format Pdf. Kemudian masukkan dalam handphone lalu screenshot file agar lebih mudah.

Lalu akankah email yang sudah dikirim akan dibalas oleh HRD perusahaan? Jika mengikuti panduan diatas, kemungkinan email dibalas akan lebih besar daripada tidak. 

Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan yakin jika lamaran kerja Kamu akan diterima.

Jika masih ada yang mencari contoh surat lamaran kerja pdf bisa diunduh di sini. Atau mungkin ada yang lebih suka dengan contoh surat lamaran kerja doc word bisa download di sini.

Kalau masih ada yang kebingungan atau kurang jelas, silahkan saja tanyakan langsung di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan teman-teman yang mencari pekerjaan segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion-nya ya. Silahkan di share juga ya.

Leave a Reply