Makanan Khas Riau Roti Jala

Makanan Khas Pekanbaru

Tidak dimungkiri bahwa kuliner adalah salah satu daya tarik dari kota Pekanbaru. Banyak wisatawan yang berlibur ke Riau khusus untuk gerilya makanan khas Pekanbaru.

Tidak hanya makanan berat yang nikmat, ada banyak camilan unik yang akan Kamu temukan di kota penghasil minyak tersebut. Bahkan mungkin tidak akan Kamu dapati di daerah lain.

Daripada penasaran, langsung saja berikut ini daftar rekomendasi nama makanan khas Pekanbaru Riau yang bisa Kamu cobain, bahkan sebagian bisa jadi oleh oleh juga:

Makanan Khas Pekanbaru yang Banyak Diminati

Pekanbaru tak hanya menciptakan makanan dengan bahan tertentu. Namun Ia juga menambahkan rindu di situ.

Gulai Ikan Patin

Makanan Khas Pekanbaru Gulai Ikan Patin

Pekanbaru adalah kota yang memiliki cukup banyak sungai. Kondisi alam ini membuat sumber daya ikan di daerah ini cukup melimpah dan menjadi hidangan khas yang begitu istimewa.

Nah, salah satu makanan khas Pekanbaru yang dibuat dengan bahan dasar ikan adalah gulai ikan patin. Tentu, Kamu sudah familiar dengan kuliner yang satu ini, bukan?

Gulai ikan patin menjadi kuliner primadona di Pekanbaru. Rasa ikan patin yang lembut dan kuah gulai yang segar dan pedas membentuk cita rasa kuliner yang begitu khas.

Tidak hanya itu, dalam penyajiannya, gulai tersebut akan dilengkapi dengan tambahan berupa daun ubi rebus dan juga sayuran lain. Saat berada di Pekanbaru, cobalah menu ini.

Asam Pedas Ikan Baung

Makanan Khas Pekanbaru Asam Pedas Ikan Baung

Masih tentang makanan khas Pekanbaru dengan bahan dasar ikan, ada asam pedas ikan baung yang menggoda. Nah, ikan baung adalah ikan asli Melayu sehingga bisa jadi jenis ikan ini tidak ditemukan di daerah lain di luar Sumatera.

Apa yang menarik dari menu ini tentu saja adalah kuahnya. Kuah asam pedas dibuat dengan bahan rempah yang sangat kaya sehingga menciptakan rasa yang begitu gurih dan nikmat.

Tidak hanya itu, ikan baung adalah jenis ikan yang memiliki daging cukup tebal dan tekstur yang padat tanpa duri. Detail ikan ini membuat siapa saja bisa lebih menikmati menu ini.

Nasi Lemak

Makanan Khas Pekanbaru Nasi Lemak

Pernah mendengar sajian kuliner yang satu ini? Nasi lemak adalah salah satu makanan khas Pekanbaru yang sangat terkenal. Kuliner ini bisa ditemukan di beberapa negara yang berbeda, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan juga Singapore.

Ya, hal ini dikarenakan nasi lemak sebenarnya adalah panganan asal Melayu.

Menu ini dibuat dengan bahan dasar nasi yang nantinya akan ditambahkan santan dan daun pandan saat dimasak. Penggunaan bahan ini akan membuat beras yang dimasak terasa lebih gurih dan harum.

Dalam penyajiannya, salah satu makanan khas Pekanbaru ini dihidangkan dengan tambahan beragam lauk seperti ikan teri goreng, telur, sambal, irisan mentimun dan lainnya.

Nah, nasi lemak cukup mudah ditemukan di Pekanbaru dan biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Mieso

Makanan Khas Pekanbaru Mieso

Untuk Kamu yang suka dengan olahan mie, maka Mieso bisa menjadi sajian khas ibukota Riau untuk dicoba. Ya, Mieso menjadi salah satu makanan khas Pekanbaru yang cukup mudah di berbagai sudut kota.

Seperti namanya, Mieso adalah kuliner yang dibuat dengan bahan dasar mi dan tambahan kuah kaldu yang gurih.

Dalam penyajiannya, Mieso akan dicampur dengan beberapa bahan seperti mie kuning, mie putih, daging ayam suwir, kulit ayam renyah, tahu kering dan lainnya.

Makanan mieso kerap menjadi pilihan untuk mengusir hawa dingin saat menjelang malam. Di Riau, ada cukup banyak penjual Mieso yang menawarkan kuliner ini dengan harga sekitar Rp 15.000 saja. Cukup murah, bukan?

Sate dan Sop Rusa

Makanan Khas Pekanbaru Sop dan Sate Rusa

Pernahkah membayangkan menyantap sajian yang dibuat dengan bahan dasar daging rusa? Di Pekanbaru, Kamu akan menemukan sajian yang unik dan langka ini.

Ya, salah satu makanan khas Pekanbaru yang paling digemari terutama wisatawan adalah sate dan sop rusa. Seperti namanya, bahan dasar menu ini adalah daging rusa!

Daging rusa memiliki tekstur yang cukup legit dan tidak alot. Dimasak sebagai sate dan sop, daging rusa akan memberikan cita rasa yang lezat dan tentu saja juga akan memberikan kesan tersendiri.

Tidak banyak warung yang menyediakan sajian ini di Pekanbaru. Oleh karena itu, Kamu harus bergerilya untuk mencobanya!

Sop Tunjang

Makanan Khas Pekanbaru Sop Tunjang

Masih tentang sop, salah satu makanan khas Pekanbaru berupa sop yang juga menggoda perut untuk disantap adalah sop tunjang. Ini adalah sop ala Pekanbaru yang sudah sangat terkenal. Pasalnya, sop ini menggunakan tulang sebagai salah satu bahan utamanya.

Tulang yang digunakan untuk membuat menu ini adalah tulang kaki sapi yang masih memiliki sedikit daging. Tulang tersebut dimasak hingga daging yang menempel menjadi sangat empuk.

Kemudian, ditambahkan dengan kuah sop yang kaya kaldu dan memiliki rasa gurih. Sop tunjang cukup mudah ditemukan di Pekanbaru dan biasanya menjadi ide santapan makan malam.

Mi Sagu

Makanan Khas Pekanbaru Mie Sagu

Meskipun sagu adalah makanan khas di kawasan Indonesia Timur, namun di Pekanbaru Kamu akan menemukan sajian khas yang dibuat dari sagu, namanya adalah mi sagu. Panganan ini dibawa dari Melayu dan kini menjadi makanan khas Pekanbaru yang cukup digemari.

Secara umum, mi ini mirip dengan mi kuah lainnya. Kamu akan menemukan mi yang dibuat dari tepung sagu dan dicampur dengan beberapa bahan seperti taoge, teri, daun kucai dan lainnya dalam satu mangkuk yang lengkap dengan kuah kaldu.

Hanya saja, mi ini dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, terutama untuk Kamu yang sedang diet.

Roti Jala

Makanan Khas Pekanbaru Roti Jala

Pernahkah Kamu mendengar nama kuliner yang satu ini? Roti jala adalah salah satu makanan khas Pekanbaru yang cukup istimewa. Pasalnya, dulunya, roti yang satu ini hanya ada dalam pesta pernikahan saja sebagai menu spesial.

Roti jala dibuat dengan bahan dasar tepung terigu. Uniknya, ketika sudah matang, roti akan disajikan dengan tambahan saus durian.

Tidak hanya itu, roti ini juga disajikan dengan tambahan beberapa olahan lain seperti daging ayam, sapi dan juga kambing. Terbayang bukan, betapa lezatnya roti yang satu ini?

Ikan Asap Selais

Makanan Khas Pekanbaru Ikan Asap Selais

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Riau adalah kawasan yang memiliki banyak sungai sehingga banyak sajian khas yang dibuat dengan bahan dasar ikan. Nah, salah satu sajian khas Riau yang menarik dan dibuat dengan bahan dasar ikan adalah ikan asap selais.

Pernahkah Kamu mendengar tentang ikan ini sebelumnya?

Di Jakarta, ikan selais sering dijadikan ikan asin karena memang bentuk tubuh ikan ini cenderung pipih. Namun, di Riau, ikan selais dimasak dengan cara asap dan juga dibuat menjadi pindang ataupun gulai.

Ikan selais akan mengalami proses pengasapan hingga 8 jam lamanya. Setelah itu, ikan akan digoreng, dibuat pindang atau gulai.

Proses yang cukup lama ini membuat rasa ikan begitu gurih dan nikmat. Ditambah dengan nasi hangat, menikmati menu ini di siang hari akan terasa begitu istimewa.

Cincalok

Makanan Khas Pekanbaru Cincalok

Selain ikan, Riau juga memiliki sumber daya udang yang cukup banyak. Oleh karenanya, ada beberapa jenis makanan khas di Riau yang dibuat dengan bahan dasar udang. Salah satunya adalah Cincalok.

Panganan ini sebenarnya tidak hanya terkenal di Riau, namun juga daerah Kalimantan Barat. Nah, Cincalok dibuat dengan bahan dasar udang kecil yang mengalami proses fermentasi selama sekitar 20 hari.

Proses panjang ini akan menghasilkan rasa Cincalok yang sangat nikmat. Biasanya, panganan ini disajikan dengan sambal khas dan ikan asin lengkap dengan nasi hangat.

Asidah

Makanan Khas Pekanbaru Asidah

Makanan lain yang terkenal di Riau dan menjadi buruan dari wisatawan adalah Asidah. Jika Kamu mendengar nama makanan ini, apa yang pertama kali Kamu bayangkan?

Asidah adalah salah satu kue tradisional yang ada di Riau. Konon, makanan ini terpengaruh budaya kuliner Arab yang masuk ke Sumatera. Saat ini, Asidah bisa dikatakan cukup langka karena ketiadaan generasi yang meneruskan eksistensi makanan khas ini.

Apa yang membuat Asidah menjadi unik adalah perasa yang digunakan. Dalam proses dan cara pembuatannya, Asidah dibuat dengan beberapa perasa alami, seperti pandang, cengkeh dan juga kayu manis. Selain harum, rasa kue ini cenderung khas dan ada tambahan rasa rempah.

Es Air Mata Pengantin

Makanan Khas Pekanbaru Es Air Mata Pengantin

Menghalau panas kala siang hari di Riau, ada es air mata pengantin yang bisa dinikmati. Nama es ini memang unik yang diambil karena es ini awalnya hanya disajikan di pesta pernikahan saja.

Namun, saat ini, es air mata pengantin sudah tersedia di berbagai sudut kota Pekanbaru.

Apa yang membuat es ini begitu menarik adalah bahan yang digunakan. Ada cukup banyak bahan yang dicampurkan dalam menu ini seperti biji selasih, blewah, sirup dan lainnya.

Gulai Belacan

Makanan Khas Pekanbaru Gulai Belacan

Satu lagi makanan khas Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan adalah gulai belacan. Ini adalah sajian khas dengan rasa yang begitu nikmat. Gulai belacan khas Pekanbaru dibuat dengan bahan dasar udang.

Bahan dasar tersebut nantinya akan dicampur dengan aneka rempah untuk menciptakan gulai yang begitu nikmat.

Karena banyak terdapat sungai, cukup wajar jika makanan khas Pekanbaru kebanyakan dibuat dengan bahan dasar ikan. Namun, rasa olahan yang khas dengan bumbu rempah yang terasa membuat setiap yang menikmatinya akan terkesan.

Asam pedas ikan baung mungkin bisa menjadi salah satu kuliner andalan yang Kamu coba!

Leave a Reply