Resep Mendol tempe

Resep mendol Tempe – Buat kalian yang berasa dari Jawa Timur, terutama daerah Malang pastinya tidak asing dengan mendol tempe. Mendol tempe atau kadang juga disebut tempe mendol.

Mendol tempe merupakan makanan tradisional berbahan dasar tempe yang diolah dengan berbagai bumbu tradisional Indonesia sehingga menjadi makanan yang renyah dan gurih.

Untuk membuat resep menu buka puasa simple, kalian bisa menghidangkan mendol tempe. Mendol tempe, selain bisa sebagai lauk bisa juga untuk cemilan. Rasa renyah dan gurih dari tempe yang ditumbuk pastinya sangat nikmat dimakan saat santai.

Oh iya, cara membuat tempe mendol cukup mudah dipraktekkan. Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun toko kelontong di dekat rumah. Berikut ini resep mendol tempe spesial buat kalian.

Bahan-bahan Mendol Tempe

Resep Mendol Tempe Tempe

Hal yang unik dari menu ini adalah menggunakan tempe yang sudah agak basi atau kehitam-hitaman. Tempe yang sudah agak basi diolah menjadi makanan yang aman dan juga menjadi salah satu makanan khas Malang ini memang asik ya.

Sebelum berangkat ke pasar tradisional untuk berbelanja sebaiknya kalian list dulu kebutuhannya. Karena mau mencoba resep tempe mendol, maka sebaiknya kalian pilih tempe yang masih segar, walaupun tempe yang sudah agak basi atau kehitam-hitaman merupakan bahan utama tempe mendol.

Kalau kalian tidak begitu suka dengan baunya, lebih baik pake tempe yang masih segar saja.

Mumpung lagi di pasar tradisional, sekalian saja kalian membeli ikan gurame untuk membuat resep ikan gurame goreng menjadi hidangan yang pastinya enak. Berikut ini bahan yang perlu dipesiapkan terlebih dahulu.

Bahan-Bahan: 

  • Tempe 500 gram
  • Daun jeruk 4 lembar, iris halus 
  • Daun bawang 2 sendok makan, iris halus 
  • Gula pasir ½ sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Tepung terigu 3 sendok makan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya 

Bumbu yang Dihaluskan: 

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah 5 buah
  • Kencur 4 cm
  • Ketumbar ½ sendok teh

Benarkan bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, tidak usah bingung-bingung serta muter-muter kesana kemari untuk mencari bahan-bahan mendol tempe.

Nah, mumpung masih di pasar kenapa enggak sekalian cari-cari bahan untuk membuat resep puding sutra susu uht. Pastinya enak banget lo.

Cara Memasak Mendol Tempe

Resep Mendol Tempe Mendol Tempe Sebelum Digoreng

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang kalian bisa mempraktekkan resep mendol tempe di rumah. Sebelum memulai proses masak memasak, sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu alat-alatnya.

Banyak dibaca:  Resep Masakan Tempe

Jika kalian menggunakan tempe yang sudah agak basi, sebaiknya tempenya di kukus terlebih dahulu, untuk mengurangi aroma dari tempe tersebut. Jika semuanya sudah siap, berikut ini cara memasak mendol tempe.

Cara memasak:

  1. Siapkan pisau dan tatakan terlebih dahulu, kemudian potong-potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil, lalu masukkan dalam wadah.
  2. Setelah itu, hancurkan tempe dalam wadah dengan ulekan atau apapun, yang penting bisa menghancurkan tekstur tempenya, akan tetapi jangan sampai halus benar ya. Jika sudah terlihat serpihan kasar itu sudah cukup.
  3. Selanjutnya haluskan bumbu, boleh dengan blender ataupun cobek, terserah kalian lebih suka yang mana.
  4. Langkah berikutnya, masukkan daun bawang ke dalam adonan tempe kemudian aduk hingga merata.
  5. Kemudian masukkan daun jeruk serta tambahkan gula dan garam lalu aduk kembali hingga semuanya telah tercampur rata.
  6. Masukkan juga bumbu halus serta tepung terigu ke dalam adonan, kemudian aduk terus hingga rata.
  7. Sebelum digoreng, sebaiknya cek dulu rasanya, ada yang kurang atau tidak.
  8. Jika rasanya sudah pas, ambil sedikit adonan kemudian bentuk menjadi pipih. Jika sudah, taruh diatas wadah yang dialasi plastik agar tidak lengket.
  9. Ulangi langkah no. 8 sampai adonan habis.
  10. Jika adonan sudah habis, segera persiapkan wajan dan panaskan minyak, tunggu hingga minyak panas merata.
  11. Jika sudah, gorenga adonan mendol tempe tadi sampai matang. Jangan lupa di bolak balik agar tempe mendol matang sempurna.
  12. Jika sudah matang, angkat kemudian tiriskan.

Nah itu tadi cara memasak mendol tempe, cukup mudah bukan. Eits ada hal yang wajib kalian ketahui ketika menggoreng mendol tempe. Kira-kira apa ya?

Tips Agar mendol Tempe Tidak Hancur saat Digoreng

Resep Mendol Tempe Mendol Tempe

Ketika mempraktekkan resep mendol tempe, ada hal yang perlu diperhatikan. Pada waktu menggoreng walaupun kelihatannya sederhana, tetapi jika diabaikan malah akan menjadi hancur nantinya. Malah tidak sesuai dengan harapan.

Berikut ini tips agar pada saat menggoreng mendol tempe tidak hancur:

  1. Pada saat menggoreng mendol tempe, sebaiknya gunakan minyak goreng yang banyak agar mendol tempe bisa matang merata.
  2. Jangan menggoreng banyak adonan mendol tempe dalam waktu yang bersamaan. Cukup 3 sampai 4 adonan saja.
  3. Jangan terlalu sering membolak balik mendol tempe. Biarkan mendol tempe matang di satu sisi, baru membaliknya. Jika sering dibolak balik malah akan membuat mendol tempe menjadi kurang renyah.
  4. Pada saat membalik, balik mendol tempe dengan hati-hati.
Banyak dibaca:  Resep Ikan Mas

Bagaimana, sekarang sudah tidak menjadi sulit bukan membuat mendol tempe. Kalian tidak perlu khawatir mendol tempe akan hancur ketika digoreng, kurang renyah dan gurih.

Sekarang kalian semakin banyak mengetahui bukan aneka masakan dari tempe, tidak hanya tempe goreng, tempe mendoan, sayur lodeh tempe, tetapi juga ada makanan mendol tempe. Kalian bisa menggunakannya sebagai cemilan dikala santai bersama keluarga tercinta, lauk makan yang disajikan bersama pecel.

Leave a Reply