Printer Epson L220 Lampu Power Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan

Setiap printer pastinya dilengkapi dengan lampu indikator. Tujuan lampu indikator ini untuk menunjukkan bahwa printer masih bekerja dengan baik. Akan jika bagaimana jika printer Epson L220 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan? Jika lampu indikator berkedip bersamaan itu artinya ada masalah dengan printer tersebut. 

Ada berbagai masalah atau error yang menyebabkan lampu indikator menyala atau berkedip secara bersamaan. Umumnya error ini terjadi karena masalah hardware printer mengalami masalah.

Indikator Masalah Printer Epson L220 Error

Printer Epson L220 Lampu Power Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan Indikator Masalah Printer Epson L220 Error

Normalnya pada saat printer dinyalakan maka secara otomatis lampu lampu pada printer juga akan menyala. Lampu tersebut berguna sebagai penanda bahwa printer sudah tersambung dengan aliran listrik dan siap bekerja. Akan tetapi tak jarang ditemui jika beberapa lampu seperti lampu tinta dan kertas menyala bersama.

Lampu yang menyala dan berkedip dari ketiganya, baik lampu power, kertas dan tinta disebut dengan istilah error blinking. Error blinking ini sangat erat kaitannya dengan masalah yang terjadi pada printer setelah dihidupkan.

Sebagai misalnya sesaat setelah tombol power printer Epson L220 ditekan kemudian lampu power, tinta dan kertas berkedip berulang-ulang. Itu tandanya printer mengalami error.

Selain berkedipnya ketiga lampu, pada saat akan digunakan untuk mencetak dokumen tapi sistem printer tidak merespon perintah percetakan malah muncul notifikasi di layar Itu artinya printer Epson L220 sedang bermasalah

Penyebab Printer Epson L220 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan

Printer Epson L220 Lampu Power Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan Penyebab Printer Epson L220 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Secara umum terdapat tiga sumber utama yang menyebabkan terjadinya error blinking pada series printer Epson L220. Sumber masalah tersebut terbagi menjadi 2 kelompok e, yakni code error dan service require. 

Yang termasuk dalam code error yaitu permasalahan kabel dan roller kertas. Sementara kelompok error service require bantalan tinta sudah habis, tinta penuh. 

1. Masalah pada Kabel Scanner

Penyebab pertama terjadinya error printer Epson L220 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan karena ada masalah pada kabel scanner.

Letak kabel ini berada di bawah scanner di dalam casing printer. Kalian bisa menemukannya saat baut pada penutup (casing) printer dibuka.

Banyak dibaca:  Cara Mengatasi Tinta Hitam Tidak Keluar Epson L120

Masalah kabel scanner ini bisa disebabkan karena kotor, tidak terpasang dengan baik atau longgar.

Kondisi ini akan membuat tiga lampu indikator dapat berkedip bersamaan yang menjadi penanda scanner tidak dapat dibaca printer.

2. Roller/ Penggulung Kertas Bermasalah

Masalah lain yang menjadi penyebab error yaitu roller dan gear pada penggulung kertas tidak berfungsi dan ber berputar dengan baik.

Biasanya masalah penggulung kertas terjadi karena adanya benda asing yang menyumbat di dalamnya. Benda asing tersebut bisa berupa sobekan kertas yang masih tertinggal di dalam penggulung. 

3. Masa Pakai Bantalan Tinta Sudah Habis

Masalah lain yang menyebabkan printer Epson L220 lampu power tinta dan kertas berkedip bersamaan karena karena bantalan tinta printer sudah berakhir. Bantalan tinta printer ini biasa disebut dengan Water ink pads

Bantalan tinta ini akan menjadi penuh karena proses mencetak yang terus menerus. Sebenarnya memang bantalan tinta yang sudah penuh ini menjadi hal yang wajar bagi printer. 

Sehingga kalian tak perlu panik jika lampu indikator berupa lampu kertas, power dan tinta berkedip bersamaan, bisa jadi karena bantalan sudah penuh dan harus diperbaiki. Ketahui juga cara refill tinta Epson L220.

Cara Mengatasi Printer Epson L220 Lampu Berkedip Bersamaan

Printer Epson L220 Lampu Power Tinta dan Kertas Berkedip Bersamaan Cara Mengatasi Printer Epson L220 Lampu Berkedip Bersamaan

Sebelum kalian memutuskan untuk membuka penutup casing, kalian mesti mengetahui terlebih dahulu sumber permasalahannya.

Buat kalian yang masih bingung bagaimana cara mencari sumber masalahnya, sebenarnya printer sudah didukung dengan berbagai sistem guna memudahkan pengguna dalam mengetahui penyebab masalah yang dialami printer.

Yang terpenting kalian sudah download driver printer Epson L220 dan menginstal driver printer terlebih dahulu. Adapun cara mengatasi printer Epson L220 lampu indikator power tinta dan kertas berkedip bersamaan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Reset Pada Printer

Resetter Epson L220 Cara Reset Printer Epson L220 dengan Aplikasi Resetter Pilih Particular Adjustment Mode

Sebelum kalian memutuskan untuk memeriksa error blink ini, sebaiknya kalian reset printer terlebih dahulu. Tujuannya agar kalian tidak terburu-buru dalam mengatasi printer Epson L220 yang sedang error. 

Adapun cara reset printer Epson L220 bisa dengan cara manual maupun dengan download resetter Epson L220. Sebagai saran, sebaiknya kalian gunakan software untuk meresetnya. Setelah kalian reset, jangan lupa untuk melakukan head cleaning pada printer. 

2. Memeriksa Kabel Scanner 

Apabila setelah direset ternyata printer masih bermasalah, maka kalian bisa mengecek kabel scanner printer.

Caranya yaitu dengan melepaskan baut yang terpasang pada penutup printer. Setelah terbuka, kalian bisa mengamati dengan seksama kondisi kabel fleksibel scanner.

Banyak dibaca:  Download Driver Printer Brother DCP L2540DW

Jika kondisinya kotor, maka kalian bisa membersihkannya. Apabila tidak terpasang dengan baik, kalian bisa segera menyambungkannya. Akan tetapi jika ternyata kabel fleksibel ini baik-baik saja, maka kemungkinan besar ada masalah pada penggulung kertasnya ataupun sensornya. 

Sebelum kalian memutuskan untuk membongkar printer Epson L220, ada baiknya kalian menyiapkan HP untuk memotret setiap bagian yang akan dilepaskan agar nantinya kalian tidak lupa pada saat akan memasangkannya kembali

3. Memeriksa Mesin Penggulung

Cara terakhir yang bisa kalian tempuh untuk memperbaiki printer Epson L220 lampu indikator berkedip bersamaan yaitu dengan memeriksa mesin penggulung kertas printer. 

Kalian perlu memeriksa dengan teliti mulai dari jalan masuknya kertas hingga keluarnya kertas. Siapa tahu ada benda asing seperti sobekan kertas yang tertinggal di dalamnya. Selain itu, kalian juga perlu memeriksa Sensor Encoder Disk. 

Untuk memeriksanya, kalian perlu membuka printer terlebih dahulu. Adapun caranya dengan melihat video di bawah ini:

Setelah semua bagian sudah diperiksa, kalian bisa memasang kembali penutup printer kemudian nyalakan printer. Apabila sudah berhasil maka ketiga lampu indikator akan berhenti berkedip.

Nah itu tadi cara mengatasi masalah printer Epson L220 lampu power, tinta dan kertas berkedip bersamaan.

Caranya cukup mudah bukan? Ingat, pada saat membukanya, kalian mesti hati-hati agar tidak merusak perangkat yang lainnya. Jangan lupa juga untuk update harga printer Epson L220 terbaru yang bisa kalian lihat pada artikel sebelumnya

Atau mungkin jika kalian masih kurang yakin, kalian bisa membawanya ke tempat service printer terdekat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply