Cara Isi Tinta Printer Epson L220

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L220 – Jenis Printer apapun termasuk Epson L220 jika sering digunakan tentu akan membuat tintanya berkurang dan menjadi habis. Berkurangnya tinta memang hal yang wajar kok. Malah akan lebih baik jika terus menerus digunakan. Nah sebelum habis, kalian perlu tahu nih cara isi ulang tinta Epson L220.

Kalian tenang saja karena how to refill Epson L220 ink sangatlah mudah kok. Bahkan buat kalian yang masih awam soal printer pun pasti tak akan kesulitan saat mengisi ulang tinta printer tersebut. 

Beneran mudah kok. Hal ini karena printer Epson L220 sudah dilengkapi dengan sistem ink tank sehingga akan membuat pengguna tidak kerepotan pada saat mengisi saat pertama kali.

Hanya saja perlu di ingat, walau mudah tapi jangan di sepelekan. kalian perlu membaca prosedur dan tata cara pengisian tinta Epson L220 yang benar agar printer tetap terjaga kualitas dan keawetannya.

Tentang Tinta Epson L220

Cara Isi Ulang Tinta Epson L220 Harga

Tinta setiap printer Epson memiliki kode yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Ecotank L220. Kode, tipe atau jenis tinta Epson L220 original memiliki kode yaitu T664

Kalian pun juga bisa menemukan berbagai merk ink printer Epson L220 di pasaran dengan harga yang berbeda-beda.

Sebagai saran, sebaiknya kalian gunakan tinta printer EcoTank L220 original yang diproduksi langsung oleh pihak produsennya langsung.

Mengapa harus tinta ori? Alasannya agar printer tetap awet dan tidak kehilangan masa garansi. 

Kalian juga harus waspada dengan tinta yang seperti asli tapi palsu. Ada banyak produsen nakal yang sengaja memproduksi tinta dengan kemasan yang sama seperti Epson.

Nah agar kalian tidak salah pilih, kalian bisa beli dengan harga tinta Epson L220 original satu set di bawah ini

WarnaKode Tinta
Black (Bk)T6641 (Cek harga tinta Epson L220 black / hitam kode BK 664 ori di Tokopedia)
Cyan (C)T6642 (Cek harga refil tinta Epson L220 warna cyan ori di Tokopedia)
Magenta (M)T6643 (Cek harga refil tinta Epson L220 warna magenta ori di Tokopedia)
Yellow (Y)T6644 (Cek harga tinta Epson L220 warna yellow ori di Tokopedia)

Kalian bisa membeli tinta original produksi Epson langsung dengan cara klik link pembelian di atas.

Banyak dibaca:  Download Driver Printer Epson L3250 beserta Cara Instal Terbaru

Lalu apakah ada larangan menggunakan tinta non original? Ya sebenarnya tidak juga sih. Cuma memakai tinta yang tidak original akan berpotensi menurunkan kualitas cetak secara signifikan terutama buat pengguna printer seken.

Lalu apakah ada larangan menggunaka printer seken? Sama sekali tidak. Buat kalian ang mencari referensi printer L220 bekas yang masih bagus, silahkan cek harga printer Epson L220 bekas pada ulasan sebelumnya.

Yang lebih murah memang banyak, tapi yang lebih bagus pasti dari pihak produsen printernya langsung.

Prosedur Isi Tinta Epson L220

Printer Epson L220 Cara Isi Ulang Tinta Epson L220 Prosedur Pengisian Tinta Epson L220

Konsumen yang baru pertama kali memakai Epson L220 mayoritas belum terbiasa prosedur pemakaian dan refill ink for Epson L220 printer. Nah agar kalian tidak kebingungan saat akan mengisi tinta, kalian bisa menyimak prosedur di bawah ini:

1. Gunakan Tinta Asli

Agar printer tetap terjamin kualitasnya, kalian perlu menggunakan merk tinta Epson buatan dari Epson langsung. Dengan memakai tinta original akan membuat hasil cetakan menjadi berkualitas dan terlihat lebih baik, entah itu saat mencetak dokumen monokrom maupun berwarna.

Berbeda halnya jika kalian memakai tinta dari pihak ketiga yang akan membuat garansi hangus dan berpotensi menyebabkan printer error lebih cepat daripada yang lainnya.

2. Cek Level Tinta Epson L220

Printer Epson seri L220 merupakan jenis printer EcoTank yang terintegrasi dengan bodi. Desain ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan proses isi ulang printer Epson L220 secara mudah dan cepat.

Di dalam tangki tinta ini kalian akan bisa melihat indikator level tinta pada tabung guna sebagai acuan kapan melakukan proses refill atau isi ulang.

3. Jangan Menekan Botol Refill

Hal yang salah kaprah dan sering dilakukan oleh para pemula adalah cenderung menekan botol tinta selama proses pengisian ulang sedang berlangsung.

Apabila botol tinta ditekan akan membuat volume tinta dalam tabung menjadi terlalu penuh dan melewati batas atas.

Padahal how to refill Epson L220 printer ink yang benar adalah membiarkan cairan mengalir sendiri ke dalam tabung printer. 

Setelah tinta mencapai batas atas, kalian bisa menutup dan menyimpan kembali di tempat sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Cara Isi Ulang Tinta Epson L220

Printer Epson L220 Cara Isi Ulang Tinta Epson L220

Walau terlihat gampang, tapi kalian perlu cara isi ulang tinta Epson L220 pertama kali dengan benar. Dengan cara yang benar maka kalian bisa mengurangi resiko malfungsi ringan dan membuat printer menjadi lebih awet.

Banyak dibaca:  Cara Scan epson L3150

Adapun cara isi ulang tinta Epson L220 baru yang benar dan aman yaitu:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelumkalian mengisi ulang tinta, kalian perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Alat dan bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan kok. Adapun alat dan bahan tersebut adalah

  • Tinta tipe T664
  • Tisu atau lap kering guna membersihkan sisa tinta yang tercecer maupun menempel pada bagian luar tabung.

2. Cara Isi Ulang Refill Tinta Epson L220

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, berikut ini cara isi tinta printer Ecotank L220:

  • Pertama matikan printer terlebih dahulu
  • Setelah itu buka cover penutup tabung bagian atas dan kalian akan melihat kode warna masing-masing tangki.
  • Selanjutnya lepaskan tangki tinta dengan cara mendorongnya ke atas agar terlepas dari pengaitnya.
  • Langkah selanjutnya kalian baringkan tangki tinta agar lubang pengisian tinta mengarah ke atas.
  • Setelah itu siapkan botol refill sesuai warna tabung lalu buka tutup botolnya dan buka segelnya dengan hati-hati kemudian pasang kembali penutupnya.
  • Selanjutnya tancapkan botol refill tersebut pada lubang EcoTank sesuai dengan kode yang tertera.
  • Isi tinta sampai mencapai batas atas kemudian cabut botol refil.
  • Jangan lupa untuk membersihkan sisa tinta yang tercecer pada body tangki dengan kain atau tisu kering.
  • Terakhir naikkan tangki tinta kemudian kaitkan dengan body printer lalu tutup kembali ink cover pada EcoTank tersebut.

Jangan lupa juga untuk membersihkan ujung botol tinta refil dengan kain atau tisu kering dan menutupnya kembali agar tidak lengket saat akan digunakan kembali.

3. Mencetak Dokumen

Jika kalian sudah selesai mengisi ulang, sekarang hidupkan Epson L220 dan biarkan sampai indikator lampu menjadi ready.

Sebelum kalian menggunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak, silahkan cetak satu lembar dokumen berwarna guna memastikan hasil printing terlihat jelas.

Kesimpulan

Sebagai pengguna yang smart, kalian perlu menguasai cara isi ulang atau install tinta Epson L220 dengan baik dan benar. 

Kita bukan hanya sebagai pengguna saja tapi juga memiliki keterampilan agar mampu mengoperasikan sekaligus merawat printer tersebut seperti cara reset manual printer Epson L220.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai how to refill Epson L220 printer ink yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk mengunduh driver printer Epson L220 dan instal driver printer tersebut agar L220 bisa digunakan dengan maksimal.

Pastikan kalian belajar mandiri tentang dasar operasional printer Epson L220 agar kalian bisa terhindar dari resiko malfungsi ringan seperti belajar cara mengatasi printer Epson L220 lampu berkedip pada artikel sebelumnya. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply