Resep Kue Kamir Terigu

Resep Kue Kamir

Resep Kue Kamir- Kue kamir atau roti kamir yang merupakan makanan khas Pemalang Jawa Tengah ini, ternyata pada awalnya dibuat oleh orang Arab yang tinggal di Pemalang. Tak heran, bentuknya seperti halnya kue kamir khas Turki.

Untuk bentuk kue kamir sendiri mirip dengan kue serabi, kue apem ataupun kue dorayaki Jepang. Jika teman-teman sering menonton film doraemon pastinya sudah tidak asing dengan kue dorayaki. Nah teman-teman kira-kira seperti itu bentuk kue kamir.

Sambil makan kue kamir, menu resep kacang hijau santan , atau mungkin sambil makan kebab dengan resep kulit kebab hitam buatan sendiri pastinya cocok ya, apalagi dimakan disiang atau sore hari dengan tambahan es batu.

Nah teman-teman, sebenarnya proses pembuatan kue kamir sendiri sangat mudah. Sebelum membuatnya, kue kamir terdiri dari dua jenis yakni kue kamir beras dan kue kamir terigu.

Berikut ini resep kue kamir anti gagal yang bisa teman-teman coba dirumah:

1. Kue Kamir Beras

Resep Kue Kamir Beras

Kue kamir bisa dibuat dengan tepung beras. Tepung beras sangat mudah didapatkan serta harganya juga murah. Teman-teman bisa menghaluskan tepung beras sendiri dengan cara dibawa ke tempat penggilingan tepung. 

Bahan:

  • Tepung beras 600 gram
  • Susu cair 500 ml
  • Gula pasir 400 gram
  • Tape singkong 400 gram
  • Margarin 200 gram, cairkan
  • Pisang ambon 2 buah
  • Telur 2 butir, kocok lepas
  • Soda kue 1 sendok makan, cairkan dengan 4 sdm air
  • Garam 1 sendok teh
  • Minyak goreng untuk mengoles pan/penggorengan datar

Cara Membuat:

  1. Pertama teman-teman masukkan tape, pisang dan gula pasir ke dalam wadah besar lalu remas-remas menggunakan tangan hingga adonan halus dan tercampur rata. 
  2. Setelah itu masukkan tepung terigu kemudian aduk perlahan hingga merata. 
  3. Jika adonan sudah tercampur rata, tambahkan baking soda yang sudah dicairkan, garam dan kocokan telur serta tambahkan juga 1/2 porsi susu cair, aduk rata. 
  4. Sambil adonan diaduk-aduk, tambahkan sedikit demi sedikit susu cair hingga adonan memiliki kekentalan yang pas. 
  5. Setelah itu, teman-teman pukul-pukul adonan menggunakan telapak tangan selama kurang lebih 10-15 menit hingga terkadang nampak bergelembung atau hingga adonan kental dan pekat. 
  6. Selanjutnya teman-teman tutup wadah adonan dengan kain bersih lalu masukkan ke dalam kulkas dan biarkan semalaman. 
  7. Setelah semalaman, selanjutnya teman-teman siapkan teflon cetakan kue kamir/bikang/kue lumpur lalu panaskan dan oleskan minyak pada permukaannya. 
  8. Kemudian teman-teman masukkan adonan dipanggang menggunakan api kecil. Masak hingga kering dan setengah matang. 
  9. Jika kue sudah nampak setengah matang, balikkan kue dengan spatula dan masak sisi sebelahnya. Biarkan kue matang dengan sendirinya agar memiliki bentuk yang fluffy dan tebal. 
  10. Jika kue sudah matang, angkat. Ulangi hingga adonan habis

Bagaimana teman-teman cara membuatnya cukup mudah bukan?

2. Kue Kamir Terigu

Resep Kue Kamir Terigu

Salah satu kelemahan kue kamir beras adalah kuenya tidak bisa bertahan lama, sebaiknya teman-teman cepat menyajikannya ya ketika sudah matang.

Sebenarnya ada solusi selain langsung dihidangkan. Teman-teman bisa menggantinya dengan tepung terigu. Berikut teman-teman resep kue kamir terigu yang mudah dibuat.

Bahan:

  • Tepung terigu protein tinggi 600 gram
  • Gula pasir halus 150 gram
  • Ragi instan 2 sendok teh (8 gram)
  • Tape singkong 500 gram, haluskan
  • Telur 2 butir
  • Air 400 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Margarin 50 gram, lelehkan

Cara Membuat Kue Kamir:

  1. Pertama teman-teman campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan menjadi satu. 
  2. Setelah itu tambahkan tape singkong lalu kocok perlahan menggunakan mixer spiral. 
  3. Selanjutnya teman-teman masukkan telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil adonan dikocok sampai licin. 
  4. Jika sudah licin, masukkan margarin leleh dan garam lalu kocok rata dan diamkan 20 menit sampai adonan mengembang. 
  5. Setelah adonan mengembang, teman-teman siapkan cetakan kue lumpur lalu panaskan cetakan dengan diberi minyak yang lumayan banyak. 
  6. Jika cetakan sudah panas, tuang adonan sampai memenuhi cetakan lalu biarkan adonan sampai berkulit dan setengah matang. 
  7. Selanjutnya teman-teman balik adonan dan biarkan matang merata. Teman-teman jangan menekan kue dengan spatula. Biarkan kue matang dengan sendirinya agar memiliki bentuk yang fluffy dan tebal. 
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat kue. Ulangi sampai adonan habis. 
  9. Kue kamir siap disajikan.

Bagaimana teman-teman, sangat mudah bukan. Teman-teman bisa juga menambahkan pisang seperti halnya kue kamir beras di atas kok. Selain itu, sebagai sajian menu utamanya sediakan resep ikan gabus bumbu rujak agar lebih lezat dan nikmat.

3. Perbedaan Kue Kamir Beras dan Terigu

Perbedaan Kue Kamir Terigu dan Beras

Nah teman-teman dari kedua jenis kue ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan serta perbedaan masing-masing. Teman-teman jangan sampai salah ya.

Kue Kamir Tepung Beras

Pertama, kue kamir beras berbahan dasar tepung beras dengan bahan tambahan santan dan gula. Nah teman-teman, cara pembuatannya semua bahan dicampur menjadi satu lalu diinapkan selama satu malam agar proses fermentasi menjadi maksimal. untuk proses pemanggangan kue, biasanya memakan waktu 4-5 menit saja.

Selanjutnya dari segi penampilan, kue kamir beras lebih mengkilap dan licin pada bagian atasnya.  Sementara bagian bawahnya agak kecoklatan karena terpanggang dengan pola karamelisasi.  

Soal rasanya teman-teman, kue kamir beras lebih gurih daripada kue kamir terigu karena mengandung santan.  Sayangnya, kekurangan dari khamir beras yang hanya bertahan selama satu hari saja menjadikan kue ini tidak bisa dibuat oleh-oleh ataupun bekal.

Kue Kamir Tepung Terigu

Sementara itu, kue kamir terigu, berbahan dasar tepung terigu, mentega, gula dan telur, terkadang dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape.Kue ini memiliki bentuk bundar, pipih serta berwarna coklat dengan bentuk hampir mirip dengan kue apem atau serabi tetapi sedikit lebih besar dan bantet. 

Nah teman-teman untuk ukurannya bervariasi. Ada yang sebesar lingkaran piring makan. Sedangkan terkecil sebesar lingkaran mangkok. Ukuran-ukuran itu tergantung pemesannya.

Dari segi rasanya memang lebih enak dengan bahan dasar tepung beras, akan tetapi, kue kamir berbahan dasar terigu bisa bertahan hingga 4 hari sehingga kue ini sangat cocok dijadikan cemilan berhari-hari dan juga oleh-oleh.

Nah itu tadi teman-teman sedikit perbedaan, kelebihan serta kekurangan dari masing-masing bahan kue kamir. Jangan sampai salah ya teman-teman dalam membuat resep kue kamir.

Leave a Reply