Resep Cake Marmer

Resep Cake Marmer

Teman-teman pastinya sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini bukan? Rasa dari resep cake marmer ini tidak akan kalah dengan resep almond crispy surabaya.

Cake marmer, disebut sesuai dengan namanya karena memiliki corak seperti marmer. Bahan corak terbuat dari adonan itu sendiri yang dicampur coklat.

Nah, kue ini sangat cocok dijadikan cemilan atau hidangan keluarga yang disandingkan dengan teh. Sangat cocok untuk dinikmati diwaktu luang atau pun kumpul-kumpul keluarga di akhir pekan. Selain itu juga bisa dijadikan makanan penutup setelah menikmati resep ikan gabus asam manis.

Untuk cara membuatnya sendiri, tergolong mudah karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Berikut ini resep cake marmer yang bisa dipraktekkan di rumah:

Bahan Cake Marmer

Bahan Cake Marmer

Teman-teman bisa membeli bahan di toko kue ataupun pasar tradisional. Saat membeli bahan, sekalian saja persiapan bahan resep bubur mutiara gula jawa untuk kreasi dapur selanjutnya.

Bahan-bahan:

  • Telur 5 butir
  • Gula pasir 120 gram
  • Tepung terigu 125 gram, ayak
  • Margarin 100 gram, cairkan
  • SP (Pengemulsi) ½ sendok teh
  • Vanili bubuk ¼ sendok teh
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • 2 sdm coklat bubuk 2 sendok makan, buat menjadi pasta dengan memberi sedikit air lalu aduk rata

Bagaimana teman-teman ternyata bahannya tidak begitu sulit bukan? Nah setelah semua bahan terkumpul, sekarang teman-teman bisa masuk ke dalam tahap selanjutnya, yakni tahap pembuatan.

Oh iya teman-teman jika di rumah tidak ada oven, teman-teman masih bisa menggunakan kukusan sebagai opsinya.

Cara Membuat Cake Marmer

Resep Cake Marmer

Resep cake marmer akhirnya mencapai tahap pembuatan. Pada tahap ini teman-teman harus memperhatikan betul setiap langkah-langkahnya ya. Walaupun mudah tapi jangan disepelekan ya. Nanti malah hasilnya kurang bagus.

  1. Pertama teman-teman siapkan wadah, lalu masukkan telur, SP, gula dan vanili lalu mixer sampai mengembang putih kaku dengan kecepatan tinggi.

  2. Setelah mengembang putih, kecilkan kecepatan mixer ke paling rendah, masukkan tepung dan susu bubuk. Mixer kembali dengan kecepatan paling kecil hingga tercampur merata.

  3. Selanjutnya ambil beberapa adonan sendok makan lalu masukkan kedalam wadah lainnya kemudian masukkan pasta dari bubuk coklat yang sudah diaduk rata. Sisihkan.

  4. Setelah itu masukkan margarin kedalam adonan putih kemudian aduk dengan spatula dan bolak balik perlahan hingga tidak ada margarin yang mengendap.

  5. Selanjutnya masukkan setengah adonan putih kedalam loyang ukuran 24 lalu tambahkan adonan coklat diatas adonan putih, lalu beri motif /bentuk dengan menggunakan garpu atau sumpit. Ulangi sampai habis.

  6. Setelah selesai memberi motif, hentakkan loyang beberapa kali agar gelembung udara menghilang, lalu panggang sampai matang.

  7. Jika teman-teman tidak punya oven di rumah, teman-teman bisa menggunakan kukusankok. Caranya masukkan loyang ke dalam dandang kukusan, lalu tambahkan alas kain pada tutupnya agar air tidak masuk kedalam loyang.
  8. Masak hingga matang dengan durasi waktu 30 – 45 menit, tergantung api dan airnya.
  9. Jika teman-teman memasak kue dengan cara dikukus, jangan lupa untuk selalu menutupnya.

Nah ini yang berbahaya teman-teman, jika tutup kukusan sering dibuka malah akan membuat kue menjadi bantat dan tidak mengembang.

Selanjutnya ketika mengukus, sebaiknya perhatikan apinya, jika terlalu besar malah akan membuat adonan pecah. Cukup masak dengan api sedang saja ya.

Cara membuat cake marmer termasuk gampang-gampang susah. Mau dibilang sulit, nyatanya tidak sulit-sulit amat, mau dibilang mudah, tetapi kok ya salah sedikit dalam mengaduknya bisa bantat ataupun malah encer.

Nah agar hasil dari cake marmer dapat maksimal, berikut tips agar cake marmer menjadi lembut dan tidak encer.

Tips Hasil Resep Cake Marmer Lembut

Cara Membuat Carlo

Bahan dan cara pembuatan yang kurang pas akan membuat kue menjadi bantat ataupun malah menjadi cair. Agar tidak demikian, perlu kiranya teman-teman mengikuti tips resep cake marmer yang bisa teman-teman perhatikan.

  1. Sebaiknya teman-teman gunakan telur yang masih fresh.

  2. Selanjutnya teman-teman gunakan coklat bubuk dengan kualitas yang bagus.

  3. Nah, agar ketika membuat motif tidak tenggelam, sebaiknya untuk mencampur pasta dengan adonan, diatas adonan diolesi margarin dahulu agar motif tidak tenggelam ke bawah.

  4. Mencampur margarin ke adonan bisa dibilang tidak mudah, Jika adonan tidak tercampur merata dan masih ada margarin yang mengendap, bisa mengakibatkan kue menjadi keras dan tidak mekar (bantat). Sebaliknya, jika teman-teman kelamaan mengaduk malah membuat adonan menjadi cair.

  5. Nah agar adonan cepat menyatu dengan margarin, caranya teman-teman ambil beberapa sendok adonan lalu masukkan ke dalam margarin yang sudah dilelehkan. Aduk balik sampai adonan tercampur.

  6. Kemudian teman-teman masukkan kembali adonan yang sudah bercampur margarin ke dalam adonan putih secara bertahap sambil diaduk rata agar adonan dapat tercampur sempurna dan tidak ada margarin yang mengendap.

  7. Nah untuk loyangnya, teman-teman bisa menggunakan loyang ukuran 24. Jika tidak punya, bisa menggunakan ukuran lainnya, bebas.

  8. Jangan lupa teman-teman, sebelum memasukkan adonan kedalam loyang, olesi dahulu loyang dengan carlo.

  9. Cara membuatnya cukup mudah kok. caranya dengan mencampurkan tepung terigu, margarin serta minyak sayur menjadi satu. Gunakan perbandingan 1:1:1. Jika margarin 1 sendok makan, maka bahan lainnya juga satu sendok makan.

  10. Terakhir, untuk proses pemanggangan, sesuaikan dengan oven teman-teman sendiri ya.

  11. Nah jika teman-teman tidak punya oven, maka bisa diganti dengan cara dikukus.

Nah itu tadi teman-teman cara membuat cake marmer. Setelah adanya saran atau tips-tips diatas, pastinya sekarang membuat cake marmer tidak akan menjadi sulit.

Selamat mencoba ya teman-teman

Leave a Reply