Kain Balotelli

Salah satu bahan kain yang paling populer di pasaran yaitu balotelli. Bahan balotelli harga jual belinya yang murah dan memiliki banyak jenis warna membuatnya diminati banyak orang. Walaupun memang ada yang mengatakan kainnya panas, namun tetap banyak orang yang menyukainya.

Hanya saja, walaupun sudah terkenal di pasaran, namun apakah kalian sudah mengenalnya secara dalam? 

Untuk itulah kalian sangat perlu mengetahui bahan balotelli seperti apa, spesifikasi, karakter, jenis, kelebihan, kekurangan serta cara merawat agar pakaian tetap awet dan tidak mudah rusak. Jika kalian masih penasaran dengan jenis kain balotelli, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dari bosmeal.com di bawah ini:

Apa itu Kain Balotelli

Kain Balotelli Apa itu Kain Balotelli

Kain balotelli adalah kain yang cukup tebal dengan ciri khas berupa motif maupun tekstur berbentuk kotak kecil bergaris. Tekstur yang khas ini membuatnya gampang dikenali oleh banyak orang.

Untuk bahan dasar pembuatannya sendiri masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan jika balotelli dibuat dengan menggunakan katun dan ada yang tidak. Hanya saja jika kalian amati kembali maka akan terdapat perbedaan yang cukup jelas berbeda dengan kain katun pada umumnya.

Perbedaan tersebut berupa efek berkilau pada kain balotelli yang tidak akan kalian temukan pada kain katun madinah.

Namun demikian masih ada banyak orang yang meyakini jika balotelly dibuat dengan menggunakan katun. Walaupun kandungannya tidak sampai 100%.

Ciri ciri dan Karakteristik Kain Bahan Balotelli

Kain Balotelli Ciri ciri dan Karakteristik Kain Bahan Balotelli

Jika kalian masih belum bisa membedakan balotelli kain dengan ciri-ciri bahan sutra ataupun lainnya, maka sangat perlu sekali untuk mengetahui ciri dan karakteristik bahan kain balotelli. 

Bahan balotelli ciri dan karakteristiknya yaitu:

  1. Permukaannya sedikit kasar dan memiliki tekstur serat-serat unik yang membentuk kotak-kotak kecil seperti kain katun ima, hanya saja seratnya tidak terputus-putus.
  2. Teksturnya cenderung kaku dan tidak lentur karena disusun dari serat yang tebal dan sangat rapat.
  3. Tidak menerawang sehingga tidak perlu tambahan furing lagi. 
  4. Bahan kainnya cukup tebal sehingga cocok saat digunakan dalam cuaca sejuk dan dingin.
  5. Tidak melekat pada tubuh sehingga lekuk tubuh kalian tidak akan tercetak jelas.
  6. Ada yang panas dan ada yang mudah menyerap keringat
  7. Mempunyai berbagai macam warna mulai dari polos, cerah hingga motif
  8. Walaupun memiliki bahan yang tebal namun masih sangat ringan jika digunakan

Jenis Kain Balotelli

1. Balotelli Biasa atau Original

Kain Bahan Balotelli Biasa

Balotelli biasa memiliki karakteristik bahan yang cenderung kaku. Hal ini membuat sifat kain yang kurang bisa jatuh. Jika kalian bandingkan dengan bahan toyobo premium, maka jenis balotelli bahan lebih terkenal akan sifat kakunya dan tidak mudah digerakkan.

Biasanya jenis original digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis kombinasi maupun baju koko pria. Namun walaupun berada pada jenis paling bawah, namun nyatanya masih ada jenis dibawahnya dengan versi ekonomis. Tentu pakaiannya cenderung terasa panas apabila digunakan.

2. Balotelli Grade A

Kain Balotelli Grade A

Jenis bahan baloteli grade A berada di tengah-tengah. Artinya memiliki kualitas yang tidak terlalu unggul, namun juga tidak terlalu buruk. Bisa dibilang jenis ini berada diantara jenis original dan grade A+.

3. Balotelli Grade A+

Kain Balotelli Grade A+

Jenis kain balotelli premium grade A+ merupakan kualitas terbaik dengan karakteristik permukaan yang halus, adem, jatuh dan lembut. Jenis ini memiliki nama lain Ar-Raihan.

Jika kalian menyentuh jenis ini maka akan nampak seperti bahan toyobo premium. hanya saja dia memiliki karakteristik yang lebih jatuh layaknya bahan Megumi Ladies.

Nah, salah satu jenis balotelli yang masuk dalam kategori A+ yaitu Zegna Italiano. Zegna italiano memiliki tekstur yang terkesan jatuh dan nyaman ketika digunakan. Tentu saja rasanya jauh berbeda dibandingkan dengan jenis Balotelly yang biasa.

Banyak dibaca:  Bahan Kain Voxy: Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Nah, jika kalian amati kembali maka jenis Zegna Italiano memiliki keunggulan yang sangat menonjol jika dibandingkan dengan yang model lainnya. 

Kalian tidak akan menemukan kesan kaku dan cepat kusut saat menggunakan Zegna Italiano. Bahkan kalian akan merasakan sensasi kain yang lebih lemas, tidak mudah kusut, jatuh dan lembut ketika dikenakan.

Karena alasan inilah maka jenis Zegna dimasukkan dalam tipe A+. Tentu untuk harganya sendiri cukup lumayan, bahkan jika dibandingkan kain wolfis, jenis Zegna masih lebih mahal. Namun harga tersebut sebanding dengan apa yang akan kalian dapatkan nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Balotelli

Ada baiknya sebelum kalian membeli kain atau pakaian apapun perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan dasar pembuatanya. Demikian juga dengan bahan baju balotelli, kalian juga perlu tahu kelebihan dan kekurangannya. Adapun keunggulan dan kekurangannya yaitu

Keunggulan Kain Balotelli

Kain Balotelli Kelebihan Kain Balotelli

1. Disusun dengan Serat yang Lebih Rapat dan Tidak Menerawang

Serat kain yang menyusun kain dibuat dengan lebih padat dan rapat. Sehingga pakaian yang dibuat dengan balotelli tidak akan menerawang dan tetap jatuh ke bawah. Sehingga kalian akan mendapatkan kesan anggun tersendiri pada saat mengenakannya.

2. Walaupun Bahannya Tebal namun Tetap Ringan Saat Digunakan

Jika biasanya kain yang tebal otomatis akan terasa berat saat digunakan. Berbeda dengan balotelli yang walaupun tebal namun tetap ringan saat digunakan. Karena itulah biasanya digunakan sebagai bahan dasar jilbab, rok, dan gamis

3. Mudah Diatur dan Tidak Gampang Kusut 

Keunggulan bahan balotelli premium lainnya yaitu mudah diatur, termasuk saat dipakai sebagai bahan dasar jilbab. Selain itu kainnya juga tidak mudah kusut sehingga walau digunakan seharian, kalian akan tetap percaya diri

4. Tidak Panas

Tidak semua bahan balotelli rasanya panas saat digunakan. Kalian akan mendapatkan kesan adem dan nyaman jika kalian menggunakan jenis yang gradenya paling tinggi. Dijamin deh kalian akan betah menggunakannya.

5. Harga Terjangkau

Walaupun kainnya cukup tebal dan adem namun ternyata harganya sangat ramah dikantong. Karena hal inilah yang membuat busana berbahan balotelli banyak dijual di pasaran.

6. Mudah Ditemukan

Dikarenakan harganya terjangkau membuat bahan kain ini sangat populer dan mudah ditemukan di pasaran. Bahkan banyak konveksi yang menggunakannya karena sangat mudah mencarinya. 

7. Banyak Pilihan Warna

Bahan kain ini memiliki banyak pilihan warna, mulai yang polos hingga motif. Sehingga membuat pihak konveksi dan desainer banyak melahirkan karyanya.

Kekurangan Kain Balotelli

Kain Balotelli Kekurangan Kain Balotelli

Walaupun memiliki kelebihan, namun nyatanya kain balotelli murah juga tak luput dari kekurangan. Berikut ini kekurangan bahan tersebut:

1. Memiliki Tekstur Agak Kasar dan Bergaris Saat Diraba

Dikarenakan adanya motif bergaris dan kotak-kotak membuatnya memiliki struktur yang sedikit kasar. Kain yang memiliki tekstur agak kasar dan bergaris pastinya akan terasa kurang nyaman saat digunakan. 

Namun kekurangan ini masih bisa ditolerir karena tidak begitu berpengaruh karena masih cukup lumayan saat digunakan.

2. Terasa Agak Panas saat Digunakan

Walaupun tidak semua, namun ada juga bahan balotelli yang terasa panas ketika dikenakan. kain tersebut yaitu balotelli dengan grade yang paling bawah. 

Tentunya ada kualitas ada harga. Mangkanya jangan heran dan mengeluh jika kalian membeli yang harganya murah. 

3. Terasa Kaku saat Digunakan

Kekurangan lainnya yaitu terasa kaku saat dipakai. walaupun demikian, hal ini masih bisa dimaklumi mengingat banyaknya kelebihan yang sudah disebutkan di atas.

4. Jatuhnya tidak Sebaik Wolfis

Jika dibandingkan dengan wolfis, balotelli masih di bawahnya. Walaupun sama-sama dalam jenis kain yang jatuh namun tidak sebaik jatuhnya kain wolfis. Sehingga membuat beberapa konsumen kurang puas dalam memakai jenis bahan ini.

Perbandingan Kain Bahan Balotelli vs Wolfis

Kain Balotelli Perbandingan Kain Bahan Balotelli vs Wolfis

Seperti sudah disebutkan dalam kekurangan kain balotelli polos jika jenis ini masih di bawah bahan wolfis. Walaupun perbedaanya tidak terlalu mencolok namun bagaimana sih sebenarnya perbandingan antara keduanya? Untuk lebih memudahkan, mari simak penjelasan di bawah:

Banyak dibaca:  Bahan Kain Wolfis

1. Balotelli

Kain balotelli motif memiliki tekstur yang bergaris, tebal dan tidak menerawang. Walaupun kainnya tebal namun tetap ringan saat digunakan. Selain itu, sifat kain ini cukup lemas dan ada banyak pilihan warna. Selain itu harganya cenderung lebih mahal namun tidak terlampau jauh.

2. Wolfis

Jenis kain wolfis memiliki permukaan yang lebih halus, tebal dan juga tidak mudah kusut. Dia pun memiliki sifat yang sama dengan balotelli, yakni ringan ketika digunakan dan juga tidak menerawang. Kemudian dari segi warna, wolfis juga memiliki banyak varian warna.

Kain Balotelli vs Toyobo

Kain Balotelli Kain Balotelli vs Toyobo

Walaupun keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu memiliki tekstur sedikit lebih kaku dan mempunyai efek kilau yang sama, namun keduanya tetap memiliki perbedaan. Adapun perbedaan keduanya yaitu: 

PerbedaanbalotelliToyobo
teksturbergaris-garistidak
ketebalanlebih tipis daripada kain toyobolebih tebal dibandingkan kain balotelli
Hargalebih murahlebih mahal

Penggunaannya dalam Busana

Penggunaan Kain Balotelli

Kain balotelli sendiri sering juga digunakan untuk membuat beberapa pakaian, diantaranya:

1. Kemeja kantor

Ada banyak baju kemeja kantor yang menggunakan bahan dasar balotelli. Jenis ini bisa digunakan dalam membuat pakaian pria dan wanita. Digunakan sebagai bahan pakaian meja kantor karena memang bahannya yang tebal dan tidak mudah kusut sehingga kerapiannya tetap terjaga sepanjang hari.

2.·Tunik

Tunik pun juga ada yang dibuat dengan menggunakan bahan balotelli. Kalian bisa mencoba mengenakan tunik agar penampilan kalian tidak monoton. 

Cobalah kenakan tunik yang dipadukan dengan celana jeans pada saat kuliah, kerja maupun acara lainnya. Pastinya penampilan kalian akan tampak lebih elegan.

3. Rok

Ada banyak rok yang menggunakan bahan balotelli, baik itu rok mini, setinggi lutut, maupun rok panjang.

Walaupun bukan kain jatuh, namun dikarenakan teksturnya yang rapat dan tidak menerawang sehingga balotelli sangat pas digunakan sebagai rok panjang setumit. Kalian pun tidak perlu menambahkan furing sebagai lapisan dalamnya.

4. Busana Muslim

Selain cocok digunakan sebagai rok, balotelli juga sangat pas dibuat sebagai bahan dasar busana muslim. Hal ini karena berkaitan dengan sifat kain yang tebal dan tidak menerawang. Pastinya busana ini akan sangat pas saat dipakai saat cuaca dingin serta tidak akan mudah tertiup angin. 

Kalian para wanita muslimah pun bisa tetap tampil syar’i namun tetap modis nan trendy.

5. Baju Koko

Selain digunakan sebagai bahan dasar pakaian wanita, bahan balotelli juga bisa digunakan dalam pembuatan pakaian pria. Jenis pakaian tersebut yaitu baju koko.

Ada banyak pilihan baju koko dengan motif dan warna yang menarik dari bahan kain ini. Sehingga baju koko kalian tidak monoton dan hanya itu-itu saja.

Cara Merawat Kain Baloteli

Cara Mencuci Baju Kain Balotelli

Agar pakaian berbahan balotelli kalian tetap awet, maka dibutuhkanlah cara yang tepat dalam merawatnya. Walaupun memiliki perawatan yang tidak sulit namun kalian juga perlu mengetahui caranya agar tekstur dan warnanya tidak rusak. Adapun tips cara merawat kain balotelli yaitu:

  1. Kucek pakaian dengan perlahan dengan menggunakan air dingin.
  2. Jemur pakaian di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan jangan lupa dibalik terlebih dahulu agar warna bagian luar tidak cepat pudar.
  3. Agar pakaian tidak kusut berlebihan, jemur dengan menggunakan gantungan atau hanger.
  4. Jika kalian ingin menyetrika pakaian, setrikalah dengan menggunakan suhu medium. Jika kalian memiliki setrika uap, akan lebih baik jika disetrika dengan setrika uap karena dapat melicinkan kain, sehingga kain tetap halus tanpa merusak seratnya.
  5. Simpan pakaian dengan cara digantung menggunakan hanger agar pakaian tidak cepat kusut.

Nah itu tadi penjelasan tentang bahan balotelli. Dengan adanya penjelasan diatas sehingga bisa membuat kalian lebih mengenal ciri ciri, karakteristik jenis dan cara perawatannya. Sehingga jika kalian memiliki pakaian dengan jenis ini bisa menentukan termasuk dalam jenis mana dan bagaimana perlakuannya. 

Kalian bisa mendapatkan bahan balotelli di berbagai toko offline maupun online dengan cara klik di bawah ini. 

Cek di Tokopedia

Cek di Shopee

Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply