Bubur Mutiara Pisang

Resep Bubur Mutiara

Resep Bubur Mutiara – Bentuknya bulat kecil-kecil dan agak transparan atau sering juga disebut dengan pacar cina. Bahan dasar pembuatannya dari tepung sagu. Ada yang kemudian diberi warna putih atau merah agak muda.

Selain dibuat bubur yang manis dan gurih akan kuah santannya, biasanya sering juga mutiara dijadikan campuran untuk es atau makanan tradisional. Setelah teman-teman membuat es dari bubur mutiara, akan lebih mantab jika menu makannya dengan resep ikan gabus bumbu kuning.

Cara membuat bubur mutiara sendiri bisa dibilang cukup mudah. Akan tetapi sebelum mencoba resep bubur mutiara, lebih baik simak dulu tips-tips berikut ini.

1. Tips Saat Membuat Bubur Mutiara

Mutiara Sagu

Ketika merebus mutiara kelihatannya sangat mudah, akan tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Hal ini karena jika teman-teman salah langkah malah menjadikan mutiara mentah di dalamnya.

Tanda-tanda mentah bisa dilihat bintik putih di dalamnya kemudian mutiara menjadi lengket dan tidak berbentuk.

Agar tidak mengalami hal itu, perhatikan tips berikut:

  1. Pertama teman-teman didihkan air secukupnya sesuai dengan banyaknya mutiara yang dimasak.

  2. Ketika merebus mutiara pastikan air benar-benar mendidih, baru masukkan mutiara. Teman-teman bisa juga menambahkan daun pandan agar mutiara menjadi harum. Nah jika air belum mendidih dan mutiara dimasukkan malah akan membuatnya hancur tak berbentuk.

  3. Selanjutnya ketika memasak mutiara, jangan sering-sering mengaduknya. Setelah mutiara dimasukkan, tutup panci dan biarkan selama 10-15 menit. Jika teman-teman sering mengaduknya malah akan membuat mutiara hancur dan lengket. Cukup aduk perlahan agar hasilnya bisa berbiji-biji.

  4. Jika mutiara mulai mengental, teman-teman dapat menambahkan 1-2 gelas air dingin guna menyingkat waktu perebusan serta menghindari lengket. Selain itu juga agar membuat mutiara cepat matang dan bening. Rebus kembali sampai mendidih.

  5. Setelah mendidih lagi, matikan api kemudian biarkan mutiara tertutup hingga dingin agar mutiara menjadi matang dan indah.

  6. Nah ketika teman-teman akan menggunakannya, ambil mutiara kemudian siram dengan air matang agar bentuknya berbiji-biji. 

Sekarang mutiara bebas mau diolah menjadi apa. Sekarang teman-teman bisa membuat bubur mutiaranya. Berikut teman-teman resep bubur mutiara spesial buatan sendiri.

2. Bubur Mutiara Pisang

Bubur Mutiara Pisang

Resep yang pertama teman-teman bisa menambahkan pisang sebagai bahan tambahan bubur agar rasanya menjadi lebih bervariasi.

Rasa manis dari pisang bercampur dengan gurih dan lezatnya mutiara akan menjadikan menu makan teman-teman lebih berwarna. Berikut teman-teman cara membuat bubur mutiara pisang.

Bahan-bahan:

  • Pisang tanduk 4 buah
  • Sagu mutiara 100 gram, rendam dengan air biasa selama kurang lebih 2 jam
  • Belimbing Santan 8 gelas
  • Gula merah 300 gram
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Garam 2 sendok makan
  • Vanili bubuk 1 sendok teh
  • Daun pandan 4 lembar

Cara Membuat

  1. Pertama teman-teman kupas kulit pisang lalu potong-potong pisang sesuai selera. Sisihkan.

  2. Selanjutnya campur santan, gula merah, gula pasir, garam, vanili bubuk serta daun pandan ke dalam panci lalu aduk rata.

  3. Kemudian setelah semuanya tercampur merata, masak santan di atas kompor dan aduk-aduk terus sampai gula larut dan mendidih.

  4. Setelah mendidih, teman-teman masukkan sagu mutiara, kemudian aduk-aduk dan masak sampai santan mengental.

  5. Terakhir teman-teman masukkan potongan-potongan pisang lalu masak sampai pisang matang.

  6. Jika sudah matang, matikan kompor, angkat lalu sajikan

Bubur mutiara pisang siap dinikmati. Bagaimana teman-teman sangat mudah membuatnya bukan? Atau mungkin teman-teman suka dengan rasa bubur mutiara yang original? Tenang saja, masih ada resepny kok.

Teman-teman juga bisa menyiapkan resep lodeh terong kacang panjang sebagai sayur untuk makan siang.

3. Bubur Mutiara Sagu

Resep Bubur Mutiara

Resep bubur mutiara selanjutnya dengan paduan mutiara dan sagu. Bisa dibilang ini merupakan bubur rasa original ya. Karena tidak menggunakan campuran pisang atau yang lainnya. Bahan utamanya hanya mutiara dan juga santan.

Bahan-bahan:

  • Sagu mutiara 125 gram
  • Gula pasir 75 gram
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 1 lembar

Kuah santan:

  • Santan 175 ml, peras dari 1/4 butir kelapa
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 1 lembar

Cara membuat:

  1. Pertama teman-teman rendam sagu mutiara kira-kira satu malam. Tujuannya agar waktu memasak mutiara menjadi lebih pendek.

  2. Selanjutnya siapkan panci lalu rebus sagu mutiara bersama gula, garam dan daun pandan. Rebus hingga mutiara berwarna bening dan mengental. Angkat.

  3. Setelah itu teman-teman siapkan kuah santan dengan cara campur semua bahan lalu rebus hingga santan mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduk aduk teman-teman. Jika sudah, matikan api dan sisihkan.

  4. Terakhir sajikan bubur mutiara dengan kuah santan sesuai.

Jika rasanya masih kurang manis, teman-teman bisa menambahkan gula sesuai selera. Begitu juga sebaliknya, bisa mengurangi gula jika dirasa terlalu manis rasanya. Teman-teman juga bisa membuat resep sus kering isi coklat yang pastinya tidak akan membuat teman-teman kecewa.

Bagaimana teman-teman cukup sederhana membuatnya bukan. Walaupun demikian, soal rasa, bubur mutiara tidak akan kalah kok.

4. Bubur Mutiara Gula Merah

Bubur Mutiara Gula Merah

Resep selanjutnya teman-teman bisa menambahkan gula merah sebagai campuran rasanya Penasaran seperti apa? Berikut resep bubur mutiara gula merah spesial buat teman-teman.

Bahan-bahan:

  • Singkong 2 kg
  • Sagu mutiara 1 bungkus
  • Gula merah ½ kg
  • Gula pasir ½ kg
  • Tepung kanji/tapioka 16 sendok makan
  • Vanili secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air 4 liter
  • Daun pandan 12 lembar
  • Santan kental dari 2 butir kelapa

Cara membuat:

  1. Pertama teman-teman kupas singkong lalu potong bentuk kotak kecil.

  2. Setelah itu cuci bersih singkong dengan air mengalir lalu tiriskan.

  3. Selanjutnya rebus air, lalu setelah mendidih masukkan sagu mutiara dan masak sebentar sekitar 5 menit, kemudian angkat dan tiriskan.

  4. Setelah itu rebus gula merah, gula putih dan 4 lembar daun pandan dengan sekitar 1 liter air sampai mencair semua kemudian angkat dan saring agar bersih. Sisihkan.

  5. Selanjutnya rebus 2 liter air sampai mendidih lalu masukkan singkong yang sudah dipotong-potong serta 4 lembar daun pandan. Tunggu sampai setengah matang.

  6. Jika sudah setengah matang, masukkan gula cair, rebus sampai singkong matang. Tambahkan sedikit garam dan vanili.

  7. Selanjutnya larutkan tepung kanji dengan sisa air 1 liter, lalu masukkan sagu mutiara dan aduk sebentar sampai tercampur rata.

  8. Kemudian teman-teman tuangkan kedalam rebusan singkong sambil diaduk cepat sampai mengental dan matang.

  9. Bila terlalu mengental, teman-teman bisa menambahkan air panas sedikit sampai kekentalannya sesuai dengan yang diinginkan lalu Matikan api dan biarkan dingin.

  10. Langkah terakhir, teman-teman masak larutan santan dengan menambahkan 4 lembar daun pandan dan garam.

  11. Masak dengan api kecil sambil jangan lupa untuk terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah sampai mendidih. Sisihkan.

  12. Nah bubur mutiara gula merah siap disajikan

Itu tadi teman-teman tips dan aneka resep bubur mutiara yang bisa teman-teman coba sendiri di rumah. Cukup mudah bukan.

Selamat mencoba ya.

Leave a Reply