Resep Almond Crispy

Resep Almond Crispy

Resep Almond Crispy – Teman-teman yang berasal dari Jawa Timur, terlebih daerah Surabaya pastinya sudah tidak asing dengan makanan daerah yang satu ini. Yups, namanya kue almond crispy.

Salah satu snack yang sedang ngetrend dan banyak toko-toko di Jawa Timur yang menjualnya. Rasanya yang renyah dan lezat bikin nagih, tak heran jika banyak yang kepincut untuk terus menikmatinya.

Bagi temen-temen yang di luar Jawa Timur tak perlu kuatir tidak dapat merasakannya. Karena, resep almond crispy bisa dibuat di rumah dengan cara yang mudah. Sekalian buat juga aneka resep ikan gabus untuk makan siang ya. 

Persiapan bahan utama hanya dengan kacang almond dan keju, sudah bisa membuat kue yang enak ini.

Bagaimana teman-teman tidak sabar untuk mencobanya? Berikut resep almond crispy yang mudah dibuat:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Kacang Almond Crispy

Bahan yang digunakan tergolong sedikit dan sangat mudah ditemukan. Sekalian teman-teman belanja terong untuk makan malam dengan resep lodeh terong spesial. Berikut teman-teman bahan-bahan resep almond crispy yang perlu dipersiapkan.

Bahan untuk diayak:

  • Tepung terigu 300 gram
  • Almond bubuk 100 gram

Bahan utama lainnya:

  • 4 butir putih telur ukuran sedang 8 butir
  • Gula halus 200 gram
  • Unsalted butter 200 gram, lelehkan
  • Garam ½ sendok teh
  • Ekstrak vanila ½ sendok teh

Bahan Taburan:

  • Almond flake 300 gram
  • Keju cheddar 200 gram parut

Lebih mudah menyiapkan bahannya jika sudah dibagi-bagi menurut kebutuhannya masing-masing. Setelah semua bahan terkumpul, sekarang saatnya membuat almond crispy sendiri di rumah.

Cara Membuat Almond Crispy Cheese

Resep Almond Crispy

Setelah teman-teman selesai menyiapkan semua bahan-bahan untuk membuat resep almond crispy. Berikut langkah-langkah membuat almond crispy spesial buatan sendiri:

  1. Pertama teman-teman siapkan wadah, lalu masukkan putih telur dan gula halus.

  2. Selanjutnya kocok adonan dengan menggunakan mixer hingga adonan berbusa.

  3. Setelah berbusa, masukkan tepung terigu dan almond bubuk yang sudah diayak ke dalam adonan lalu aduk rata kembali dengan mixer hingga tercampur sempurna.

  4. Selanjutnya masukkan sedikit garam, ekstrak vanila dan unsalted butter leleh ke dalam adonan lalu ratakan.

  5. Setelah adonan siap, selanjutnya teman-teman siapkan loyang, kemudian letakkan silicone mat atau kertas baking yang sudah diolesi margarine dan tepung. Jika menggunakan kertas baking, teman-teman jangan gunakan kertas dengan kualitas rendah. Hal ini malah akan membuat adonan lengket dan menempel ketika selesai dipanggang.

  6. Kemudian masukkan  adonan ke dalam piping bag (plastik segitiga) lalu cetak bulat adonan di atasnya. Sebaiknya teman-teman harap berhati-hati karena adonan mudah melebar kemana-mana.

  7. Setelah itu teman-teman letakkan irisan almond dan keju cheddar parut di atas masing-masing bulatan. Ulangi hingga semua adonan terisi.

  8. Kemudian panggang adonan dalam oven bersuhu 180 C selama 10-15 menit (tergantung masing-masing oven) atau hingga permukaan kue berubah kecoklatan. Untuk pemanggangan teman-teman perhatikan kue nya, jika sudah berubah warna menjadi kecoklatan langsung keluarkan dari oven.

  9. Selanjutnya angkat almond crispy dari silicone mat atau kertas baking menggunakan offset spatula. Nah teman-teman usahakan agar tidak patah.

  10. Terakhir biarkan dingin dan sajikan atau masukkan toples agar tetap renyah.

Jika teman-teman bisa membuat ukuran ketebalan yang pas, maka hasil almond crispy tidak akan jauh berbeda dengan yang dijual dipasaran sana. Enak, garing dan renyah.

Persiapkan juga resep bubur mutiara kuah santan untuk menikmati santai sore bersama camilan sore bersama almond crispy.

Tips Agar Almond Crispy Cheese Renyah dan Tipis

Almond Crispy Coklat

Agar hasil resep almond crispy yang kita buat menjadi renyah dan tipis, ada beberapa tips yang perlu temen-temen perhatikan.

Walaupun kelihatannya mudah, jika teman-teman belum mengetahui tipsnya, bisa jadi malah membuat almond crispy tidak renyah atau malah ketebalan.

  1. Jangan overmix. Ketika teman-teman akan membuat adonan jenis apapun, hal yang paling harus diperhatikan adalah untuk tidak mengaduk terlalu lama.  Hal ini menjadi catatan tersendiri ketika membuat almond crispy.

  2. Karena bahan utamanya adalah putih telur yang dikocok, kemudian overmix, udara yang sudah terkocok akan hilang dan membuat adonan tidak akan terpanggang sempurna.
  3. Perhatikan suhu oven dan waktu memanggang. Hal ini karena tidak semua oven mempunyai suhu yang sama persis. Untuk membuat almond crispy memerlukan waktu yang lama dengan suhu rendah untuk memanggang.
  4. Jika teman-teman menggunakan api terlalu panas, pinggiran almond crispy akan terlihat gosong sedangkan bagian tengah belum matang. Jadi, harus benar-benar memperhatikan proses pemanggangan pada saat pertama kali mencoba ya.
  5. Ketika mencetak adonan, lebih bagus membuatnya setipis mungkin. Jangan mencetak adonan terlalu tebal, lebih baik dibuat cukup tipis mungkin, sehingga teman-teman masih bisa melihat alasnya secara transparan di beberapa bagian.
  6. Setelah selesai pemanggangan, langsung angkat Almond Crispy pada saat adonan masih panas. Jika teman-teman membiarkan adonan terlalu lama di loyang panas, malah membuat kue terus terpanggang dengan panas yang tersisa di loyang dan membuat almond crispy menjadi keras.

Simpan almond crispy di toples yang kedap udara dan jangan lupa beri silica gel untuk memperlama ketahanan dari resep almond crispy heese.

Karena bahan utamanya resep almond crispy adalah putih telur dan gula yang membuat almond crispy dapat menjadi lembab dan tidak crunchy jika terkena udara terlalu lama.

Bagaimana teman-teman, membuat almond cripsy tidak begitu sulit bukan? Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar menghasilkan almond crispy yang sesuai dengan selera teman-teman.

Selamat berkreasi ya.

Leave a Reply