Makanan Khas Toraja Gatang Kanari

Makanan Khas Toraja

Toraja merupakan salah satu daerah yang letaknya berada di Sulawesi Selatan. Terdapat banyak sekali hal yang bisa Kamu dapatkan saat berada di wilayah ini. Mulai dari melihat keunikan budaya hingga mencicipi makanan khas Toraja yang sangat lezat.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata alam yang indah lho. Nah, bagi Kamu yang belum memiliki rencana liburan, buruan datang ke daerah Sulawesi dan mengelilingi berbagai wisatanya.

Salah satu hal yang paling utama dan selalu diburu wisatawan setelah sampai ditempat baru adalah kulinernya. Penasaran dengan apa saja jenis makanan khas Toraja halal yang bisa Kamu cicipi saat di Sulawesi Selatan?

Macam macam Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan


Video Makanan Khas Toraja Pa’piong Halal dan Cara Membuatnya

“Kamu tidak perlu garpu perak untuk mendampingimu makan. Tapi kamu perlu tangan kosong untuk menikmati makanan khas Toraja ini.”

Nah, setelah sampai di Toraja Kamu bisa beristirahat sebentar dan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata. Disela-sela peristirahatan, Kamu juga bisa sambil memakan beberapa kuliner khas yang dijual di sepanjang jalan, seperti:

1. Makanan Khas Toraja Pantollo Lendong

Jenis Makanan Khas Toraja Halal Pantollo Lendong
Gambar Makanan Khas Toraja Halal Pantollo Lendong

Nah, jenis makanan khas Toraja halal yang wajib Kamu coba adalah pantollo lendong. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan pantollo lendong adalah belut yang sudah dimasak menggunakan resep makanan khas Toraja.

Sekilas, bumbu yang digunakan hampir mirip dengan bumbu untuk membuat rawon. Tapi, perlu Kamu ketahui bahwa bumbu yang digunakan mengandung banyak sekali rempah. Oleh karena itu, cita rasa dari makanan ini sangat lezat.

Selain menjadi makanan khas Toraja Sulawsi, ternyata pantollo lendong merupakan makanan favorit masyarakat setempat lho. Biasanya menu kuliner pantollo lendong disajikan dalam acara upacara adat daerah Toraja.

2. Makanan Khas Toraja Pa’piong Manuk

Jenis Makanan Khas Toraja Papiong Manuk
Gambar Makanan Khas Toraja Papiong Manuk

Bahan utama yang digunakan untuk membuat resep makanan khas Toraja papiong manuk adalah daging ayam. Di daerah Jawa, nama manuk diartikan sebagai burung. Akan tetapi, di daerah Toraja maksud dari manuk adalah ayam.

Jadi, Kamu tidak perlu bingung lagi jika Kamu memesan pa’piong manuk dan yang tersaji adalah ayam. Cita rasa dari  makanan khas Toraja pa’piong manuk sangat lezat dan tentu saja tidak akan mengecewakan.

Cara membuat papiong manuk sangat mudah dan praktis. hanya dengan membersihkan ayam lalu dipotong dadu. Kemudian, campurkan ayam tersebut dengan bumbu yang kaya akan rempah serta daun mayana.

Setelah itu, tambahkan juga cabai rawit hingga ayam terasa pedas. Setelah itu masak hingga matang. Nah, bagi Kamu para pecinta pedas, makanan yang satu ini sangat direkomendasikan.

3. Jenis Makanan Khas Toraja Kririk / Karirik

Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan Karirik atau Kririk
Gambar Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan Karirik atau Kririk

Jenis makanan tradisional karirik hampir mirip dengan pokon makanan khas Toraja halal. Perbedaannya hanya terdapat dan yang digunakan untuk membungkusnya. Karirik dibungkus menggunakan daun aren, sehingga terlihat lebih menarik para peminat kuliner.

Pada zaman dahulu, umumnya makanan khas Toraja halal karirik ini bisa Kamu temui hanya saat ada hajatan saja.

Akan tetapi, sekarang ini sudah tidak lagi. Banyaknya orang yang menjual jenis makanan khas Toraja karirik, membuat Kamu bisa menemukannya dimana saja.

4. Makanan Khas Toraja Tutuk Utan

Oleh oleh Makanan Khas Toraja Tutuk Utan
Gambar Makanan Khas Toraja Tutuk Utan

Makanan khas Toraja Sulawesi Selatan yang satu ini dibuat menggunakan bahan dasar sayur sayuran. Tutuk artinya yaitu ditumbuk, sedangkan utan artinya sayuran. Jadi, cara membuat resep makanan khas Toraja halal tutuk utan adalah dengan cara ditumbuk.

Sayuran yang digunakan untuk membuat tutuk utan adalah daun singkong yang sudah ditumbuk. Kemudian dimasak bersama dengan daging yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan juga kelapa yang sudah diparut dan cabai rawit ke dalamnya.

Rasa dari jenis makanan khas Toraja tutuk utan yang satu ini sangat lezat dan pedas. Kuliner ini sangat cocok untuk teman-teman yang menyukai rasa pedas.

Bagi teman-teman yang sedang berlibur di Toraja, jangan lupa untuk berburu kuliner makanan khas Toraja hala tutuk utan ya.

Macam macam Makanan Khas Maluku

Setelah puas berkeliling seputar makanan khas Toraja halal, kini saatnya Kamu berpindah ke makanan tradisional khas Maluku. Daerah yang satu ini juga tidak kalah dengan daerah lain yang memiliki berbagai kuliner unik. Berikut beberapa makanan khas Maluku seperti:

1. Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Toraja Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Makanan khas Maluku papeda merupakan salah satu makanan pokok masyarakat setempat. Ya, bisa dibilang papeda adalah makanan pengganti nasi. Sebab, bahan utama yang digunakan untuk membuatnya adalah sagu.

Bentuk makanan ini adalah putih seperti lem dan rasanya tawar. Oleh karena rasanya yang tawar, membuat makanan yang satu ini cocok digunakan sebagai pengganti nasi. Meski rasanya tawar, namun makanan ini akan terasa dingin diperut.

Kamu bisa menyantapnya bersama dengan ikan kuah kuning. Menu yang satu ini bisa Kamu temui di beberapa restoran atau rumah makan di daerah Maluku. Nah, untuk Kamu yang sedang berada di wilayah Maluku buruan coba makanan yang satu ini!

2. Ikan Asar

Makanan Khas Toraja Ikan Asar

Ikan asap atau yang bisa disebut sebagai ikan asar ini merupakan salah satu makanan khas Maluku yang wajib Kamu coba. Selain itu, Kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah lho.

Ya, hal ini dikarenakan ikan asap mampu bertahan hingga sepekan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat menu ini adalah ikan seperti ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cakalang.

Cara pengolahannya juga sangat unik lho. Ya, pertama-tama ikan utuh dibumbui terlebih dahulu. Kemudian ditusuk menggunakan bambu lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, asapi hingga ikan tersebut matang.

3. Gohu Ikan

Makanan Khas Toraja Gohu Ikan

Tak kalah dengan negara Jepang yang memiliki makanan dengan bahan mentah. Ternate juga memilikinya juga lho. Ya, nama makanan dengan bahan mentah tersebut adalah gohu ikan.

Nah, ikan yang digunakan untuk membuatnya adalah ikan tuna. Yang kemudian dicampur dengan beberapa bumbu dengan rempah pilihan. Tentunya rasa yang diciptakan sangat lezat dan unik.

Makanan ini sangat cocok disantap dengan nasi atau makanan pokok lainnya. Bagi Kamu yang suka kuliner unik, buruan beli makanan khas Maluku yang satu ini.

Macam macam Makanan Khas Maluku Utara

Liburan ke Maluku jangan lupa mampir ke Maluku Utara. Daerah yang satu ini patut Kamu kunjungi. Selain memiliki berbagai wisata alam yang indah, juga memiliki wisata kuliner yang lezat lho.

Memang sih, makanan khas Maluku Utara gohu ikan yang terkenal. Namun, beberapa makanan khas berikut ini rasanya juga enak dan bisa Kamu cicipi:

1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Toraja Ikan Kuah Pala Banda

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berasal dari pulau Banda. Dimana daerah yang satu ini sangat terkenal akan penghasil rempah terbanyak di Indonesia. Kepopulerannya ini sudah terlihat jelas sejak zaman penjajahan Belanda.

Nah, bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan kerapu atau ikan kakap.

Makanan ini diolah menggunakan berbagai rempah pilihan seperti lada, pala, bawang dan lain-lain. Selain diolah menggunakan rempah pilihan makanan ini juga memiliki keunikan lain lho, seperti:

  • Nama makanan ini diangkat dari nama sebuah pulau
  • Cita rasa dan tampilan dari makanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner
  • Bahan racikan khusus yang digunakan menjadi salah satu faktor yang membuat cita rasa makanan ini terlihat lebih unik.

2. Gatang Kenari

Makanan Khas Toraja Gatang Kanari

Berbeda dengan menu sebelumnya yang bahan dasarnya adalah ikan. Gatang kenari ini dibuat menggunakan bahan utama kepiting. Meski sempat dilarang pemerintah untuk mengolah kepiting, karena populasinya semakin sedikit.

Namun, untuk mempertahankan makanan khas, pihak restaurant meminta izin pada pengurus setempat agar bisa mendapatkan kepiting tersebut. yang akan digunakan untuk membuat gatang kenari.

Hingga saat ini, makanan khas yang satu ini masih bisa ditemui di beberapa resto. Meski tidak semua resto menyediakan, tapi Kamu masih bisa menikmatinya di beberapa resto yang menyediakan menu ini lho.

3. Nasi Kuning Begadang

Makanan Khas Toraja Nasi Kuning Begadang

Sama seperti namanya, nasi kuning yang satu ini hanya ada pada malam hari. Yaitu mulai dari jam 18.00 hingga jam 03.00 waktu setempat. Jadi, untuk Kamu yang sering kelaparan tengah malam, kini Kamu bisa mengisi perut dengan makanan khas ini.

Meski bentuknya hampir sama seperti nasi kuning yang ada pada umumnya. Tapi cita rasa dari nasi ini berbeda dan tentu saja sangat lezat. Untuk Kamu yang penasaran dengan keunikan rasanya, buruan beli sekarang juga!

Macam macam Makanan Khas Ambon

Jika Kamu sedang berwisata ke Ambon hal yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah kuliner khasnya. Ya, karena Kamu tidak akan menemukan makanan ini di daerah manapun kecuali Ambon.

Benar, sebagian makanan khas Ambon dari sagu. Tapi jangan salah, masih banyak lagi makanan tradisional lain seperti beberapa menu yang wajib untuk Kamu coba ini:

1. Sambal Colo-Colo

Makanan Khas Toraja Sambal Colo-colo

Dari tadi pasti Kamu penasaran mengenai sambal yang satu ini. Sebab, hampir semua makanan jika disantap dengan sambal colo-colo akan menjadi lebih nikmat.

Nah, cara membuat sambal ini sangat mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa bahan. Seperti bawang merah, cabai rawit, perasan jeruk nipis, tomat, gula dan garam. Jika semua bahan sudah halus, tabahkan daun kemangi segar untuk menambah cita rasanya.

Selain mudah dibuat, rasa dari sambal colo-colo ini sangat lezat dan cocok untuk dimakan bersama menu apapun lho. Untuk Kamu yang belum pernah mencobanya, buruan beli dan santap bersama makanan khas Ambon yang lain.

2. Bagea

Makanan Khas Toraja Bagea

Kue yang satu ini merupakan salah satu kue yang recommended banget untuk Kamu coba. Teksturnya yang sangat keras membuat orang yang mengkonsumsinya lebih tertantang. Selain itu, makanan ini juga memiliki beberapa kelebihan lain lho, seperti:

  • Bisa dibawa kemana-mana
  • Bisa disantap kapan saja dan dimana saja
  • Cocok digunakan untuk makanan ringan atau cemilan saat di perjalanan.

3. Kopi Sibu sibu

Makanan Khas Toraja Kopi Sibu-sibu

Jika biasanya saat malam hari Kamu minum teh jahe atau semacamnya. Di daerah Ambon, Kamu bisa mencoba minuman yang satu ini. Rasanya tidak kalah dengan teh jahe atau minuman apapun.

Ya, minuman khas Ambon yang harus Kamu coba adalah kopi sibu-sibu. Kamu bisa meminumnya bersama dengan beberapa makanan lain. Seperti ketan yang sudah ditaburi kelapa dan disiram gula aren, getuk dan makanan kecil lainnya.

Selain bisa menambah nikmatnya minum kopi, Kamu juga bisa kenyang dan lebih sehat setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain malam hari, Kamu juga bisa menikmatinya pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi.

Nah, saat liburan ke Toraja jangan lupa mampir ke beberapa warung makanan yang menyediakan jenis makanan khas Toraja halal. Selain terdapat menu makanan khas, daerah ini juga menyediakan beberapa minuman khas lho.

Mengenai cita rasa, tidak perlu diragukan lagi. seperti yang sudah dijelaskan di atas setiap makanan khas daerah yang ada pasti rasanya lezat.

Leave a Reply