Makanan Khas Minangkabau Nasi Kapau

Makanan Khas Minangkabau

Salah satu dari sekian banyak negara yang memiliki kekayaan kuliner adalah Tanah Air Indonesia. Kuliner yang ada di Nusantara memang memiliki ciri tersendiri dan citarasa yang khas. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan kuliner istimewa adalah makanan khas Minangkabau.

Ada banyak kuliner khas dari Minangkabau yang harus Kamu tahu. Sehingga saat Kamu sedang berkunjung atau melewati daerah ini, Kamu perlu mencobanya.

Akan tetapi jika Kamu belum mengetahui macam macam makanan khas Minangkabau yang bisa Kamu coba, Kamu bisa mengetahui berdasarkan informasi di bawah ini.

Macam macam Nama Makanan Khas Minangkabau yang Sangat Terkenal


Video Review Macam macam Makanan Khas Minangkabau di Pasar Tradisional Kota Solok Sumatera Barat

Nasi Kapau

Makanan Khas Minangkabau yang sangat terkenal adalah Nasi Kapau

Gambar Makanan Khas Minangkabau Nasi Kapau

Dikarenakan wilayahnya yang bertetangga, pastilah kebudayaan antara Padang dan Minangkabau tidak jauh beda. Sama halnya dengan nasi kapau, sekilas saat Kamu lihat hampir sama dengan nasi padang dan nasi rendang.

Meski begitu, tentu saja diantara keduanya memiliki perbedaan. Nasi kapau sendiri sudah terkenal di wilayah Minangkabau dikarenakan rasanya memang lezat tidak kalah jika dibanding dengan nasi rendang.

Makanan ini menjadi simbol cinta dari orang-orang Minangkabau saat sebuah kata sudah tidak cukup mengungkapkan.

Makanan nasi kapau satu ini akan banyak dijumpai saat Kamu berada di daerah Sumatera barat. Nasi kapau tidak hanya terdiri dari nasi saja tetapi juga dilengkapi dengan lauk tambahan makanan khas Minangkabau.

Ada yang menyajikan dengan gulai kaki sapi, gulai kerbau dan juga gulai-gulai lainnya.

Kalio Baluik Minangkabau

Makanan Khas Minangkabau yang sangat terkenal Kalio Baluik

Gambar Makanan Khas Minangkabau Kalio Baluik

Berikutnya yang merupakan makanan khas Minangkabau adalah kalio baluik. Makanan ini pun hampir sama dengan masakan padang rendang.

Meski begitu tampilan dari kalio baluik berbeda dengan rendang dengan warna yang coklat muda karena proses memasaknya yang tidak begitu lama.

Tekstur yang akan Kamu temukan saat mencoba menu ini adalah basah-basah lengket seperti ada kandungan caramel di dalamnya.

Citarasa makanan ini pun tidak kalah menggoda dari rendang. Sebab, kalio baluik termasuk makanan khas Minangkabau dengan rempah rempah yang tidak pelit. Sehingga rasa yang dihasilkan juga istimewa.

Adapun variasi dari kalio baluik juga lebih banyak sesuai dengan selera dan kesukaan si pemasak. Ada yang menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya, ada juga yang menggantinya dengan hati sapi atau bahan-bahan lainnya.

Lompong Sagu Minangkabau

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Lompong Sagu

Gambar Oleh oleh Khas Minangkabau Lompong Sagu

Lompong sagu adalah salah satu nama makanan khas Minangkabau yang harus Kamu coba jika berkunjung ke daerah Sumatera Barat. Makan ini dibuat dari sagu yang dicampur dengan beberapa bahan lainnya.

Bahan tambahan lainnya berupa pisang kepok, gula merah dan juga parutan kelapa. Apabila semua bahan sudah disiapkan, maka sekarang hanya tinggal mengolahnya dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Semua bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan selanjutnya siapkan daun untuk membungkus campuran tersebut.
  • Setelah semuanya dibungkus dengan rapi, lalu selanjutnya lompong sagu dipanggang hingga matang
  • Angkat lompong sagu dari atas perapian, sajikan dalam keadaan hangat.

Meskipun cara memasaknya sangat sederhana, tetapi jangan salah hasil masakan ini sangat enak loh.

Perpaduan antara manis, gurih dengan tekstur yang kenyal siap untuk menggoyang lidah Kamu. Ditambah lagi dengan aroma khas daun pisang yang harum.

Bubur Kampiun Minangkabau

Makanan Khas Minangkabau Bubur Kampiun

Gambar Makanan Khas Minangkabau Bubur Kampiun

Makanan berjenis bubur ini akan turut mewarnai perjalanan kuliner Kamu ketika menjajaki semua nama makanan khas Minangkabau yang sangat terkenal. Tekstur yang dihasilkan oleh bubur kampiun ini sama dengan tekstur yang ada pada bubur pada umumnya.

Hanya saja bahan yang digunakan lebih beragam dan juga variatif. Bahan-bahan tersebut seperti misalnya ketan putih, bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur candil, bubur kacang hijau, kolak pisang, ubi dan bahan lainnya.

Kemudian dari sekian banyak bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu dikukus. Kebayang kan hanya dengan menikmati makanan satu ini Kamu akan sekaligus merasakan nikmatnya beberapa jenis bubur dalam satu waktu.

Karena proses pembuatannya yang rumit dan juga bahan-bahan yang dibutuhkan banyak, maka untuk menemukan kuliner ini cukup sulit. Tetapi jangan khawatir, Kamu akan tetap bisa merasakannya dan menemukannya pada saat bulan ramadhan tiba.

Makanan Khas Minangkabau Sala Lauak

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Sala Lauak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Sala Lauak

Meskipun nama menu makanan ini cukup sulit untuk diucapkan bagi yang belum terbiasa, akan tetapi makanan khas Minangkabau sala lauak tergolong makanan tradisional daerah yang istimewa. Untuk membuat sala lauak, bahan yang dibutuhkan yaitu ikan yang kemudian dibuat menjadi seperti bakso.

Bedanya, jika biasanya bakso dimasak dengan cara direbus ataupun kukus, maka lain halnya dengan makanan khas Minangkabau sala lauak. Dimana proses memasak sala lauak adalah dengan cara digoreng.

Makanan khas Minangkabau sala lauak banyak disukai karena rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah akan pecah dimulut saat Kamu menyantapnya. Belum lagi ditambah dengan aroma harum yang keluar dari ikan segar sebagai bahan dasarnya.

Biasanya panganan ini dinikmati sebagai cemilan atau teman bersantai bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Namun, tidak sedikit pula yang menjadikan cemilan satu ini sebagai lauk saat makan.

Katan Durian

Resep Makanan Khas Minangkabau Katan Durian

Gambar Resep Makanan Khas Minangkabau Katan Durian

Para pecinta durian mana suaranya? Makanan satu ini harus Kamu coba karena bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah buah durian. Buah yang memiliki aroma khas dan menyengat ini memang memiliki penggemar tersendiri.

Katan durian selain berbahan dasar durian, juga terdapat bahan lain yang membuatnya menjadi lebih enak.  Cara menyajikan katan durian ini juga unik dan menarik yakni harus melalui proses berikut:

  • Katan atau biasa dikenal dengan beras ketan terlebih dahulu dikukus sampai matang. Saat beras ketan dikukus, jangan lupa untuk menambahkan irisan daun pandan agar menghasilkan ketan kukus yang wangi
  • Apabila ketan kukus sudah matang, kemudian angkat dan siap untuk disajikan
  • Biasanya katan kukus ini disajikan bersama dengan taburan kelapa yang sudah diparut dan juga garam secukupnya
  • Dalam penyajian di piringnya, ketan kukus yang wangi ini diletakkan di samping buah durian kupas. Itulah yang dinamakan dengan katan durian.

Kamu pasti sudah tidak sabar untuk menikmati katan kukus yang gurih dan dipadu dengan manisnya durian. Kedua citarasa tersebut akan semakin menambah kelezatan menu makanan khas Minangkabau ini.

Makanan Khas Minangkabau Lamang

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau yang sangat terkenal Lamang

Gambar Oleh oleh Khas Minangkabau Lamang

Uniknya nama makanan khas Minangkabau bisa Kamu lihat dalam menu kuliner bernama lamang. Lamang ini menggunakan beras ketan putih sebagai bahan utamanya.

Sedangkan bahan tambahan yang dibutuhkan untuk membuat lamang adalah santan kelapa, garam dan daun pandan.

Keunikan lamang ini adalah dari cara memasaknya yang tidak biasa. Agar tidak penasaran, yuk kita intip cara membuat makanan khas Minangkabau lamang di bawah ini:

  • Cuci beras ketan yang telah disiapkan hingga benar-benar bersih
  • Siapkan bambu yang masih muda, lalu masukkan beras ketan tersebut kedalam ruas bambunya. Namun sebelum itu, bambu harus sudah diberi alas berupa daun pisang
  • Setelah itu, bakar bambu berisi beras ketan diatas bara api hingga matang
  • Jika sudah matang, angkat bambu tersebut dari bara api, kemudian ambil daun pisang beserta beras ketan diatasnya
  • Lamang siap untuk disajikan bersama dengan tapai beras hitam.

Bila Kamu tidak menyukai ketan, bisa juga loh diganti dengan pisang. Meskipun rasa yang dihasilkan nantinya akan berbeda.

Makanan Khas Minangkabau Karak Kaliang

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Karak Kaliang

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Karak Kaliang

Setelah usai jalan-jalan di daerah Minangkabau, tentunya sebelum melanjutkan perjalanan pulang Kamu akan mencari toko oleh-oleh. Memang rasanya kurang lengkap apabila berkunjung ke suatu tempat dan pulang tanpa membawa buah tangan.

Mungkin oleh oleh makanan khas Minangkabau karak kaliang satu ini bisa menjadi alternatifnya. Kalak kaliang adalah nama kue khas Minangkabau yang bisa Kamu jadikan oleh oleh keluarga yang ada di rumah.

Oleh oleh makanan khas Minangkabau karak kaliang ini terbuat dari parutan ubi yang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu rempah. Bumbu yang harus disiapkan adalah bawang putih, merica, garam, kunyit serta beberapa bumbu lainnya.

Setelah ubi dan bumbu dicampur menjadi sebuah adonan, kini saatnya untuk membentuk adonan seperti bentuk angka delapan. Setelah semua terbentuk dengan rapi, selanjutnya goreng hingga warna kekuningan.

Kacang Tojin

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Kacang Tojin

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Kacang Tojin

Oleh oleh makanan khas Minangkabau selanjutnya adalah kacang tojin. Kacang ini banyak disajikan ketika hari-hari besar tiba seperti hari raya Idul Fitri, hari Natal dan hari-hari besar lainnya.

Untuk mengolah kacang tojin ini tergolong sangat mudah. Dimulai dengan mengupas kulit kacang, lalu mencampurkannya dengan bawang goreng serta seledri. Oleh sebab itu, saat dikonsumsi kacang ini akan memiliki aroma harum yang menggugah selera.

Kacang yang renyah ini sering dijadikan sebagai cemilan saat bersantai di rumah. Selain itu, Kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan khas dari Minangkabau.

Kerupuk Sanjai

Oleh oleh Makanan Khas Minangkabau Kerupuk Sanjai

Gambar Oleh oleh Khas Minangkabau Kerupuk Sanjai

Kerupuk sanjai adalah nama makanan khas Minangkabau yang banyak diburu oleh para wisatawan. Selain karena kerenyahannya, kerupuk ini disukai karena terbuat dari bahan alami hasil panen. Bahan utamanya adalah ubi kayu yang dipotong memanjang kemudian digoreng hingga matang.

Setelah digoreng hingga matang, kerupuk ini lalu dicampur dengan saus cabe dan juga bumbu khusus khas minang, sehingga bisa ditebak bahwa rasa dari kerupuk ini tentunya adalah pedas.

Kerupuk sanjai tidak hanya memiliki bentuk memanjang saja, tapi ada juga yang berbentuk dadu. Kerupuk dadu ini biasa disebut dengan kerupuk dakak-dakak.

Umumnya jenis kerupuk ini dijadikan sebagai cemilan yang tidak membosankan. Namun, Kamu juga bisa menjadikannya sebagai teman makan.

Aia Kawa

Minuman Khas Minangkabau Aia Kawa

Gambar Minuman Khas Minangkabau Aia Kawa

Setelah banyak membahas mengenai nama makanan khas Minangkabau yang sangat terkenal, kini saatnya beralih ke minuman khas Minangkabau yang banyak diminati.

Salah satu minuman terfavorit bernama aia kawa. Tidak seperti umumnya karena aia kawa bukanlah minuman yang terbuat dari daun teh, melainkan terbuat dari daun kopi.

Minuman ini wajib dicoba oleh teman-teman pecinta kopi sejati. Sebab, aia kawa dibuat dari daun kopi yang terlebih dahulu telah disangrai selama 11 jam.

Usai disangrai, daun ini kemudian diseduh dengan menggunakan air panas. Memang dari cara penyeduhannya sekilas mirip dengan the.

Akan tetapi, aroma yang tercium sama persis dengan aroma kopi. Kedua perpaduan ini yang membuat minuman khas Minang sangat menarik.

Aia Aka

Oleh oleh Minuman Khas Minangkabau Aia Aka

Gambar Minuman Khas Minangkabau Aia Aka

Meskipun nama minuman ini hampir sama dengan nama minuman yang sebelumnya telah dibahas, faktanya kedua jenis minuman ini sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut sudah terlihat dari bahan dasar pembuatannya.

Jika aia kawa dibuat dari daun kopi, maka lain halnya dengan aia aka yang dibuat dari daun cincau hijau. Aia aka sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti adalah air kacang. Saat Kamu meminumnya Kamu akan merasakan kekenyalan teksturnya seperti kekenyalan cendol.

Aia aka sangat tepat disajikan bersamaan dengan santan. Sehingga membuat minuman ini semakin mirip dengan es cendol yang sudah banyak dikenal. Minuman satu ini sangat tepat bila diminum pada siang hari di tengah panasnya matahari.

Dari mulai nasi kapau yang tergolong makanan berat, kacang tojin sebagai cemilan atau oleh oleh hingga jenis minuman yang sangat menyegarkan. Semua sajian itu menggunakan bahan-bahan khas yang mungkin akan sulit apabila Kamu cari di tempat lain.

Keanekaragaman minuman dan makanan khas Minangkabau ini wajib untuk dilestarikan dan juga dijunjung tinggi.

Sebab semua makanan ini merupakan hasil dari kebudayaan dan juga inovasi kreatifnya tangan-tangan Indonesia. Untuk itu, jangan lupa untuk mencicipinya saat Kamu berkunjung ke daerah Minangkabau Sumatera Barat.

Leave a Reply