Makanan Khas Malang Aneka Keripik Buah

Makanan Khas Malang

Makanan Khas Malang – Hawa sejuk yang ada di Kota Malang menjadi tempat yang pas buat Kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota besar. Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Jawa Timur.

Tak hanya memiliki berbagai macam tempat menarik untuk Kamu kunjungi, namun Malang juga terkenal dengan kulinernya yang sangat khas. Salah satu makanan khas Malang yang sangat ikonik adalah bakso Malang.

Tentu, bakso Malang berbeda dengan beberapa bakso lainnya yang ada di Indonesia. Ada ciri khas tersendiri dari bakso Malang yang bisa membuat Kamu untuk selalu ingin kembali ke tempat tersebut.

Tak hanya bakso, ada pula apel Malang juga menjadi buah yang ikonik dari kota tersebut. Dengan temperatur dan jenis tanah yang pas membuat buah apel bisa tumbuh baik di daerah tersebut.

Bahkan kini, apel Malang diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dan minuman yang bisa Kamu jadikan untuk oleh-oleh.

Nah, buat Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di Malang, di bawah ini ada beberapa daftar makanan khas Malang yang wajib untuk dicoba.

Daftar Nama Makanan Khas Malang Batu yang Enak


Video Review Makanan Khas Malang Langsung dari Kuali

“Salah satu hal yang paling menyenangkan tentang kehidupan adalah bagaimana kita secara teratur harus menghentikan apapun yang sedang kita lakukan dan mencurahkan perhatian kita untuk makanan.”

~ Luciano Pavarotti ~

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah namun tidak sekaligus mencicipi kuliner khas yang dimilikinya.

Malang, memiliki berbagai macam kuliner khas yang sayang untuk Kamu lewatkan. Tak heran, jika kuliner dari Malang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang wajib untuk dicoba.

Soto Ayam Lombok

Makanan Khas Malang Batu Soto Ayam Lombok

Gambar Makanan Khas Malang Soto Ayam Lombok

Pertama ada soto ayam lombok dengan cita rasa khas. Soto ayam lombok sendiri merupakan soto asli Malang dan bukan berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Timur. Soto yang satu ini juga tidak terbuat dari lombok (cabai).

Melainkan, nama dari soto ayam lombok tersebut karena soto ini dijual di Jln. Lombok. Soto ayam yang sudah ada sejak tahun 1955 tersebut memiliki cita rasa yang sangat khas dan tidak berubah dari dulu.

Tak heran, jika tempat ini selalu ramai didatangi oleh para pengunjung. Untuk seporsi soto ayam dijual dengan harga Rp. 25.000.

Pos Ketan

Makanan Khas Malang Jawa Timur Pos Ketan

Gambar Makanan Khas Malang Pos Ketan

Berikutnya ada pos ketan yang menjadi salah satu makanan khas Malang yang sayang untuk Kamu lewatkan. Pos ketan ini terbuat dari beras dengan berbagai macam topping yang bisa Kamu pilih sendiri.

Namun, jika Kamu ingin mencicipi ketan dengan rasa yang masih otentik, Kamu bisa menikmati ketan yang ditaburi dengan parutan kelapa atau bubuk kelapa.

Aneka topping tersebut ialah gula merah, susu, pisang, nangka, keju, meses, durian dan masih banyak yang lainnya.

Buat Kamu yang ingin mencicipi ketan pos dengan cita rasa yang khas, Kamu bisa mengunjungi sebuah kedai ketan pos yang ada di daerah alun-alun Malang.

Kedai tersebut selalu ramai didatangi para pengunjung terutama saat malam hari. Jadi, jika Kamu ingin melakukan wisata kuliner di Kota Malang jangan lewatkan ketan pos yang legit dan lezat tersebut.

Bakso Malang President

Kuliner Makanan Khas Malang Bakso President

Gambar Kuliner Makanan Khas Malang Bakso President

Selanjutnya ada makanan khas Malang yang sangat ikonik, yaitu bakso malang. Bakso Malang yang satu ini selalu diburu oleh para pecinta kuliner karena rasa baksonya yang tidak biasa.

Buat Kamu yang ingin mencicipi lezatnya bakso Malang, Kamu bisa mengunjungi sebuah kedai bakso yang bernama Bakso President. Kedai yang satu ini sudah ada sejak tahun 1977 dan berada di samping rel kereta aktif jurusan Surabaya-Malang.

Jadi, saat Kamu menikmati nikmatnya bakso Malang yang melegenda, Kamu juga sekaligus akan menikmati pemandangan kereta yang lewat di depan kedai tersebut.

Bakso President menawarkan berbagai macam varian bakso yang bisa Kamu coba. Mulai dari bakso goreng, bakso kuah, bakso bakar dan lain sebagainya. Untuk harga dari bakso-bakso tersebut mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000.

Bakso Presiden berada di Jln. Batanghari, No.5, Rampang Celaket, Klojen, Kota Malang. Buka setiap pukul 08.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Makanan Khas Malang Rawon

Kuliner Makanan Khas Malang Batu Rawon

Gambar Kuliner Makanan Khas Malang Jawa Timur Rawon

Tak hanya bakso Malang, namun rawon juga menjadi salah satu makanan khas dari Kota Malang yang sangat populer. Mungkin Kamu bisa menemukan rawon dengan mudah di daerah lain.

Akan tetapi, rawon yang ada di Malang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya. Bisa dikatakan juga jika kuliner yang satu ini mirip dengan makanan khas Madiun.

Rawon sendiri merupakan olahan daging sapi yang disiram dengan kuah hitam yang khas. Kuah hitam ini disebut dengan kluwek dan merupakan perpaduan dari berbagai macam rempah nusantara.

Jika Kamu sedang berada di Kota Malang dan ingin mencoba makanan khas yang satu ini, Kamu bisa datang langsung ke Rawon Nguling Malang yang sudah ada sejak tahun 1983. Tempat makan tersebut berada di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Di warung ini, Kamu bisa menikmati nasi rawon dengan beberapa pelengkap seperti perkedel, babat dan yang lain sebagainya. Untuk menikmati lezatnya nasi rawon khas Malang, Kamu cukup merogoh koceh sekitar Rp. 35 ribu hingga Rp. 50 ribu saja.

Nasi Pecel

Kuliner Makanan Khas Malang Batu Nasi Pecel

Gambar Kuliner Makanan Khas Malang Batu Nasi Pecel

Ada banyak kuliner Malang yang bisa Kamu cicipi. Salah satunya adalah nasi pecel. Nasi pecel merupakan nasi yang dicampur dengan berbagai macam sayur rebus dan disiram dengan menggunakan kuah kacang dan disajikan bersama peyek.

Berbagai macam aneka sayur yang disajikan dalam nasi pecel tersebut adalah daun kemangi, kangkung, kacang panjang, tauge. Dengan berbagai macam isian tersebut tentu membuat makanan khas yang satu ini mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh.

Kamu pun bisa menikmati kuliner tersebut tanpa nasi. Rasanya pun masih sama tetap lezat dan mengenyangkan.

Nasi pecel jadi pilihan yang tepat buat Kamu untuk menu makan siang sambil ditemani es teh ataupun es jeruk. Nah, nasi pecel yang terkena di Malang adalah Nasi Pecel Kawi. Warung makan tersebut berada di Jln. Kawi Atas NO.43B, Malang.

Buka pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB. Harga satu porsi nasi pecel adalah Rp. 14.000 dan untuk lauknya dijual mulai harga Rp. 2.000an hingga Rp. 15.000an. Cukup terjangkau bukan? Kamu juga bisa menyantap kuliner satu ini sebagai menu sarapan.

Sate Kelinci

Oleh oleh Makanan Khas Malang Sate Kelinci

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Batu Sate Kelinci

Selain beberapa kuliner yang telah disajikan di atas, masih ada lagi kuliner lainnya yang sayang untuk Kamu lewatkan yaitu sate kelinci. Mungkin beberapa daerah memiliki kuliner khas yang satu ini.

Nah, untuk sate kelinci dapat Kamu temukan dengan mudah di kawasan Kota Batu. Selain lezat, sate kelinci juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh sate kelinci ialah sebagai berikut:

  • Sebagai obat penyakit asma
  • Membantu meningkatkan vitalitas dan libido pria
  • Baik untuk tumbuh kembang anak
  • Sangat baik untuk kesehatan jantung
  • Membantu memperbaiki metabolisme tubuh
  • Sangat cocok sebagai menu diet
  • Membantu menjaga kesehatan janin selama dalam kandungan
  • Menjaga kesuburan wanita.

Daging kelinci yang digunakan ialah kelinci yang berusia 4 hingga 6 bulan. Itu karena kelinci dengan usia tersebut memiliki tekstur daging yang lebih empuk jika diolah.

Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa datang langsung ke Warung Sate Kelinci yang berada di Jln. Pattimura, No.126, Temas Kota Batu. Warung ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

Sate Landak

Kuliner Makanan Khas Malang Sate Landak

Gambar Kuliner Makanan Khas Malang Jawa Timur Sate Landak

Tak hanya sate kelinci yang bisa Kamu cicipi saat berada di Kota Malang. Namun, ada pula kuliner ekstrim lainnya yang sayang untuk Kamu lewatkan yaitu sate landak. Buat Kamu para pecinta kuliner ekstrem mungkin makanan khas yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, daging yang digunakan dalam sate tersebut adalah daging landak. Bagi Kamu yang belum pernah mencoba kuliner tersebut, daging landak memiliki tekstur yang empuk dan gurih.

Tak heran, jika sate landak ini menjadi salah satu makanan khas Malang yang wajib untuk dicoba. Ingin mencoba sate landak yang ikonik dan khas?

Kamu bisa mengunjungi Sate Landak Bu Ria yang berada di Jln. BUgi, No. 47, Boro Bugis, Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur.

Di Warung Sate Landak Bu Ria ini tidak hanya menyediakan sate sebagai menu utamanya. Namun ada pula sup dan tongseng. Olahan dagingnya pun cukup beragam. Mulai dari daging bulu dan daging bulus.

Orem orem

Kuliner Makanan Khas Malang Batu Orem orem

Gambar Kuliner Makanan Khas Malang Batu Orem orem

Beberapa kuliner yang ada di Malang ini mungkin bisa dibilang cukup mirip dengan makanan khas Bali yang sangat ikonik. Orem-orem menjadi salah satu kuliner asli Malang dengan cita rasa yang khas.

Biasanya makanan tradisional ini terdiri dari irisan tempe goreng, tahu dan telur rebus. Disajikan bersama dengan kuah santan kental sehingga menciptakan rasa gurih pada makanan. Lebih enak lagi kalau orem-orem juga disantap dengan irisan ketupat dan tauge.

Mungkin hampir mirip opor ayam yaa, kalau di daerah lain. Hanya berbeda bahan pokok saja. Antara ayam dan irisan kecil-kecil tempe goreng.

Untuk bisa menikmati lezatnya makanan tersebut, Kamu bisa mengunjungi Warung Orem-Orem Pak Tik yang berada di Jln. Irian Jaya, No. 1, Sukoharjo, Kecamatan Klojeng, Kota Malang. Meski disajikan dengan cara yang sederhana, namun orem-orem di warung tersebut selalu ludes terjual.

Oleh oleh Makanan Khas Malang

Masih belum cukup dengan berbagai makanan khas Malang yang bisa Kamu coba? Kamu juga bisa mencoba aneka jajanan dan camilan khas Malang. Bahkan, berbagai macam jajanan dari kota apel tersebut bisa Kamu bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Buat Kamu yang sudah tidak sabar dengan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, berikut daftar oleh-oleh yang bisa Kamu beli;

Tempe Mendol

Oleh oleh Makanan Khas Malang Jawa Timur Tempe Mendol

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Jawa Timur Tempe Mendol

Selain bisa dijadikan sebagai camilan, tempe mendol ini juga bisa Kamu jadikan sebagai lauk untuk berbagai macam makanan khas Malang.

Mendol sendiri merupakan makanan khas Malang yang terbuat dari tempe kedelai dan dibentuk menjadi blok (mendol). Tempe mendol yang satu ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dan biasanya dijual oleh para penjual pecel sebagai pelengkap.

Oleh oleh Makanan Khas Malang Bakpao

Oleh oleh Makanan Khas Malang Batu Bakpao

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Bakpao

Berikutnya ada bakpao yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Bakpao Malang berisi berbagai macam varian rasa di dalamnya. Nah, yang paling terkenal adalah Bakpao Boldy yang sudah ada sejak tahun 1950.

Bakpao Boldy ini dijual Rp. 9.000 per buahnya. Salah satu varian isi bakpao yang menjadi favorit adalah bakpao dengan isian pasta kacang hitam. Bakpao yang disajikan di tempat ini terjamin bebas dari pengawet, pemutih dan bahan kimia lainnya.

Bakpao Boldy berada di Jln. Mangun Sarkoro, No. 25, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Bakpao tersebut buka dari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Apel Malang

Oleh oleh Makanan Khas Malang Apel Malang

Gambar Oleh oleh Apel Khas Malang

Malang menjadi salah satu daerah penghasil apel terbaik. Tak heran, jika  ada banyak varian apel di kota dingin yang satu ini.

Terdapat dua jenis apel yang sangat terkenal dari kota tersebut. yaitu apel manalagi dan apel ana. Apel manalagi berbentuk bulat dan berwarna hijau. Untuk rasanya, apel tersebut memiliki rasa yang manis dan segar.

Sementara itu, apel ana berbentuk agak lonjong dengan warna semburat merah dan rasa yang sedikit asam. Kamu bisa mendapatkan kedua jenis apel tersebut di pasar, kawasan agrowisata dan lain sebagainya.

Sari Apel

Oleh oleh Minuman Khas Malang Sari Apel

Gambar Oleh oleh Minuman Khas Malang Sari Apel

Banyaknya produksi apel dari kota tersebut membuat masyarakat Malang mencoba untuk mengolahnya menjadi sari apel. Sari apel tersebut terbuat dari dua jenis apel yaitu apel manalagi dan apel romebeauty.

Jika Kamu ingin mencoba sari apel dan ingin membawanya sebagai oleh-oleh, Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di beberapa pusat oleh-oleh khas Malang. Pilihlah sari apel yang dijual tanpa pengawet dan bahan kimia di dalamnya.

Aneka Keripik Buah

Oleh oleh Makanan Khas Malang Aneka Keripik Buah

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Aneka Keripik Buah

Jika Kamu bosan menikmati berbagai macam buah utuh, Kamu bisa menikmati olahan dari buah tersebut. Seperti keripik buah misalnya. Di Malang, Kamu bisa menemukan berbagai macam keripik buah.

Mulai dari keripik apel, keripik nangka, keripik salak, keripik kelengkeng, keripik rambutan dan masih banyak yang lainnya.

Tanah yang ada di Malang merupakan tanah yang sangat subur, sehingga sering terjadi panen yang membludak. Untuk mensiasati agar buah tersebut tidak cepat busuk, maka dibuatlah keripik  buah dengan rasa yang sangat khas.

Kamu bisa membeli aneka keripik dengan berbagai macam rasa buah yang unik tersebut di toko pusat oleh-oleh.

Keripik Tempe

Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Tempe

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Tempe

Tak hanya buah yang dijadikan sebagai keripik, namun ada pula keripik tempe yang tak kalah lezatnya. Rasanya yang gurih membuat keripik tempe ini cocok untuk dijadikan sebagai teman ngemil Kamu.

Bahkan, keripik tempe juga cocok untuk dijadikan sebagai teman makan. Tak hanya gurih dan renyah, namun rasa asin dari keripik tempe tersebut membuatnya menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Keripik Ceker

Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Ceker

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Ceker

Sebagian dari Kamu pasti asing dengan jenis keripik yang satu ini bukan? Jika biasanya diolah menjadi sajian makanan yang lezat seperti rica-rica ceker, ceker mercon atau yang lain sebagainya.

Namun, di Malang Kamu bisa menemukan sajian unik dari ceker yang dibuat menjadi keripik. Tak hanya renyah dan gurih, keripik ceker juga memiliki kandungan yang baik seperti asam amino, kalsium dan juga kolagen.

Keripik ceker ini dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari yang kecil, sedang hingga besar. Dapatkan keripik ceker yang gurih dan renyah di pusat oleh-oleh makanan khas Malang.

Keripik Kentang Macan

Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Kentang Macan

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Malang Keripik Kentang Macan

Keripik kentang cap macan tersebut tidak seperti keripik kentang pada umumnya. Ini karena keripik kentang macan terbuat dari gadung, yakni sejenis umbi-umbian.

Meski umbi yang satu ini mengandung racun di dalamnya, namun dengan pengolahan yang tepat hal tersebut membuat keripik kentang macan aman dan enak untuk dimakan.

Nah, dengan adanya berbagai macam aneka oleh oleh makanan khas Malang tersebut, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi makanan khas Malang dengan cita rasa yang sangat otentik ya. Kamu juga bisa menikmati makanan khas Aceh yang tak kalah lezatnya.

Beragam daftar nama makanan khas Malang tersebut dimasak dengan menggunakan resep dan bumbu rempah asli Indonesia dengan cara tradisional. Tak heran jika kuliner tersebut banyak digemari oleh semua orang.

Leave a Reply