makanan khas Purbalingga nopia

Makanan Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga – Purbalingga adalah daerah yang mempunyai industri bulu mata dan knalpot di Indonesia. Selain itu juga terkenal dengan bahasa dan logat ngapaknya.

Jika kamu punya teman dari Purbalingga pasti tahu bagaimana mereka berbicara dengan logat ngapak yang cenderung khas dan lucu.

Setelah industrinya yang besar dan bahasa ngapaknya yang unik, ternyata Purbalingga juga memiliki makanan khas yang enak dan disukai banyak orang.

Ini dia  makanan khas Purbalingga yang bisa kamu coba:

1. Sroto Kriyik

makanan khas purbalingga sroto kriyik
id[dot]forsquare[dot]com
Sroto merupakan makanan khas Purbalingga yang isinya terdiri dari ketupat, samabal kacang, suwiran daging, dan remasan krupuk. Rasanya gurih, pedas dan agak manis.

Sroto yang paling terkenal di Purbalingga adalah Sroto Kriyik Bojong. Yang mebuat sedap sroto ini adalah daging ayamnya yang empuk dan gurih.

Selain itu tulang lunak dari dada ayam yang disuwir tadi digoreng dan disajikan sebagai lauk sroto. Lokasinya ada di Desa ojong, Purbalingga. Harganya semangkuk cukup Rp 10.000 saja.

2. Buntil

makanan khas purbalingga buntil
wisatakulinerproolinggo[dot]blogspot[dot]com
Buntil terbuat dari daun pepaya atau daun singkong yang dikukus. Di dalamnya ada isian parutan kelapa yang dicampur dengan ikan teri dan bumbu-bumbu seperti bawang, cabao, lengkuas, asam, dan garam.

Buntil biasanya disajikan dengan kuah santan yang pedas. Makanan khas Purbalingga ini sangat cocok disantap saat makan siang atau makan pagi dengan nasi hangat.

Buntil khas Purbalingga biasanya dijual setiap hari di pasar pagi. Harganya pun murah meriah, liam ribu rupiah untuk semangkuk buntil.

3. Mendoan

makanan khas purbalingga mendoan
rizkimalfiana[dot]blogspot[dot]com
Mendoan makanan sejuta umat karena sudah terkenal dimana-dimana, khususnya di daerah Jawa. Makanan ini ternyata asalnya dari Purbalingga dan wilayah sekitarnya.

Mendoan adalah tempe kedelai yang digoreng dengan tepung setengah mayang. Sangat nikmat dimakan dengan cabai rawit atau saos kecap yang dicampur cabai potong.

Harganya murah meriah. Hanya dengan seribu rupiah kamu bisa menikmati mendoan ini.

4. Sate Blater

makanan khas purbalingga sate blater
resepdanmasakan[dot]com
Kenapa dinamakan Sate Blater? Karena sate ini berasal dari Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga.

Sekilas sate blater sama dengan sate ayam lainnya. Tapi apabila dicicipi, rasanya lebih nendang bumbunya.

Rasanya sangat meresap karena sebelum dibakar, sate direndam dan direbus dulu dengan campuran bumbu khusus. Saat dibakarpun juga masih berkali-kali dilumuri bumbu yang sama tadi.

Sate blater merupakan salah satu sate yang cukup terkenal di Purbalingga. Disebut Sate Blater karena asal mula sate ini dari Desa Blater, Kecamatan Kalimanah.

Sama-sama menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, Sate Blater sedikit berbeda dengan sate madura atau sate ayam lainnya.

Proses memasak ini lah yang membuat sate blater selain rasanya lebih meresap, juga lebih tahan lama untuk disimpan.

Sate blater bisa tahan lama disimpan hingga tiga hari. Biasanya penjual-penjual sate blater menjajakan satenya di sekitar Jalan Mayjend Sungkono, Purbalingga.

Sudah tau keunikan makanan tradisional yang jarang diulas media dari beberapa daerah berikut in? Jangan sampai kelewat ya!

Daftar Nama Makanan Khas Temanggung Jawa Tengah
Karakteristik Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jogja Selain Bakpia

5. Gulai Melung

makanan khas purbalingga gulai melung
travelingyuk[dot]com
Gulai Melung menggunakan bahan dasar daging kambing. Selain itu juga menggunakan tulang kambing, jeroan, babat, kaki kambing, dan kepala kambing. Gulai khas Purbalingga ini biasanya disajikan dengan ketupat.

Gulai melung paling terkenal di Purbalingga ada Gulai Melung Bu Hadi. Lokasi warungnya ada di Dukuh Melung, Desa Larangan, Pengadegan, Purbalingga.

6. Nopia

makanan khas purbalingga nopia
kabarpenumpang[dot]com
Kalau dari Purbalingga, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Purbalingga yang enak ini. Namanya Nopia.

Kue khas Purbalingga ini terbuat dari tepung terigu dan beberapa tambahn lain dan diberi isian yang bervariasi seperti gula merah, keju, susu, dan masih banyak varian lago.

Bentuk kue nopia setengah bulat, dan dasarnya agak hitam sedikit gosong. Hal ini lah yang ternyata membuat cita rasa nopia khas karena dalam proses memasaknya ditempelkan di dinding gentong yang dipanaskan.

7. Es Durian

makanan khas purbalingga es durian
travelingyuk[dot]com
Ternyata ada juga yang seger-seger di Purbalingga. Ini dia es durian khas Purbalingga yang mempunyai cita rasa khas.

Di dalam satu mangkuk es, isinya ada daging buah durian, santan kelapa segar dan disiram gula merah cair. Tidak lupa serutan es batu yang banyak sampai menggunung. sangat segar dinikmati saat udara panas terik.

Es durian yang paling terkenal di Purbalingga yaitu Es Durian Pak Kasdi yang letaknya ada di dekat Tugu Bancar Purbalingga. Harganya mulai dari Rp 15.000 bervariasi tergantung isian yang dipilih.

8. Soto So Purbalingga

makanan khas purbalingga soto so
purbalinggakab[dot]go[dot]id
Purbalingga terkenal dengan varian sotonya yang unik dan bermacam-macam. Salah satunya yang khas adalah Soto So.

So adalah sebutan orang jawa untuk daun mlinjo. Soto So khas Purbalingga menggunakan daun mlinjo yang masih muda. Daun ini direbus dengan kuah soto sehingga memberikan aroma dan kesegaran yang khas.

Soto So khas Purbalingga isinya terdiri dari ketupat, kerupuk,kecambah, soun, daging ayam atau sapi dan kuah daun mlinjo.

Kamu bisa menikmati soto ini di sekiatr Kecamatan Bojong, Kabupaten Purbalingga, sekitar 200 meter di belakang kantor kelurahan Bojong.

9. Ayam Goreng Mbok Sarun

makanan khas purbalingga ayam goreng mbok sarun
ayam-goreng-mbok-sarun-pusat[dot]business[dot]site
Siapa yang tidak suka ayam goreng? Hampir semua orang menyukai ayam goreng karena rasanya yang enak gurih, dan bisa dinikmati semua umur dan kalangan. Di setiap daerah pasti punya ke-khas-an dalam mengolah rasa ayam goreng, begitu juga di Purbalingga.

Ayam goreng yang terkenal enak di Purbalinga adalah Ayam Goreng Mbok Sarun yang berlokasi di Bobotsari, tepatnya di Jalan Menur B1/C33 Desa Majapura.

Warung ayam ini sudah melegenda karena sudah berdiri sejak tahun 1961. Hayo, kamu sudah lahir belum waktu itu?Saking melegendanya, Ayam Goreng Mbok Sarun sudah mempunyai beberapa cabang, selain di Purbalingga, ada juga di Solo dan Jogja.

Jadi kamu yang di Solo dan Jogja nggak harus ke Purbalingga dulu untuk mencicipi ayam goreng khas Purbalingga ini.

Ayam goreng Mbok Sarun dimasak dengan diungkep dan dimasak dengan bumbu khusus rahasia. Selain itu juga ditambah kremes yang renyah dan gurih. Disini kamu juga bisa memesan menggunakan ayam kampung atau potong, jadi bisa disesuaikan selera.

Itu tadi makanan khas Purbalingga yang bisa kamu coba. Dijamin rasanya mantap, enak, dan pastinya harganya ramah di kantong. Kau yang masih pelajar atau mahasiswa, masih bisa menikmati semua makanan enak ini.

Leave a Reply