makanan khas boyolali tahu susu

Makanan Khas Boyolali

Makanan Khas Boyolali banyak yang terbuat dari sapi dan susu. Hal ini dikarenakan warga Boyolali banyak yang beternak sapi perah, sehingga daging sapi dan susu sapi menjadi produk andalannya.

Selain itu, dari susu dan sapi, banyak juga makanan khas Boyolali yang unik dan jarang ditemui di daerah lain, karena memadukan dua makanan yang jarang orang nikmati. Misalnya ada jenang yang diberi bumbu pecel. Selain itu juga ada pecel yang diberi kuah rawon.

Penasaran dengan makanan khas Boyolali yang bisa dcoba saat kamu mengunjungi kota ini? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Nasi Tumpang Boyolali

makanan khas boyolali nasi tumpang
perpus[dot]jatengprov[dot]go[dot]id
Nasi Tumpang Khas Boyolali adalah nasi yang bahan bakunya adalah tempe busuk atau yang biasa disebut tumpang.

Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena memberi rasa dan aroma yang khas pada nasinya. Sebagai pendamping, nasi tumpang disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti daun singkong, kacang, tauge dan sayuran lain.

Cara membuat nasi tumpang yaitu pertama-tama tempe busuk dan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai ditumbuk halus. Lalu direbus dan diberi santan hingga matang.

Kata warga sekitar, nasi tumpang khas Boyolali paling enak adalah warung milik Bapak Suprih yang sudanh berdiri selama kurang lebih 60 tahun.

Cara memasaknya masih tradisional karena masih menggunakan kayu bakar untuk memasak agar menjaga cita rasa masakan. Harganya pun sangat murah, dengan tiga ribu rupiah kamu bisa menikmati satu porsi nasi tumpang. Makanan khas Boyolali ini sangat cocok dinikmati untuk sarapan.

2. Soto Seger Boyolali

makanan khas boyolali soto seger
boyolali[dot]go[dot]id
Soto Seger Khas Boyolali memang sangat segar saat disantap, seperti namanya. Soto ini menggunakan kuah yang bening dan kental, kaya akan rempah.

Isi soto meliputi tauge, seledri, nasi, daging ayam atau daging sapi dan bisa ditambah dengan anek agorengan dan sundukan atau sate jeroan.

Soto seger paling terkenal di Boyolali adalah Warung Soto Seger Haji Fatimah. Rasanya sangat disukai para pelanggan dalam kota atau luar kota Boyolali. Makanan khas Boyolali ini bisa disantap saat sarapan atau makan siang.

3. Jenang Pecel

makanan khas boyolali jenang pecel
putratravel[dot]net
Ini nih makanan khas Boyolali yang paling unik. Jenang pecel atau bubur pecel adalah bubur sumsum yang dicampur dengan pecel. Bisa membayangkan bagaimana rasanya?

Biasanya banyak jenang pecel dijual di area Pasar Sunggingan yang ada di Jalan Garuda Boyolali. Kalau penasaran dengan rasanya, langsung mampir ke Boyolali!

4. Tahu Susu

makanan khas boyolali tahu susu
kulinersoloraya[dot]com
Di daerah Boyolali, banyak sekali peternak sapi perah yang menghasilkan susu segar. Oleh karena itu, Boyolali merupakan salah satu penghasil susu segar terbaik dan terbesar di Indonesia. Susu khas Boyolali terkenal gurih, creamy dan teksturnya lembut.

Susu segar tidak hanya diminum langsung, tapi juga diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Salah satunya yaitu tahu susu.

Tahu susu khas Boyolali ini sudah terkenal dan banyak juga dikirim ke luar kota untuk dijual. Tahu berisi susu yang creamy, lalu digoreng sampai garing, menjadikan rasanya gurih dan unik.

Menarik nih, makanan khas daerah berikut jarang diketahui banyak orang lho!

3 Oleh oleh Makanan Khas Jepara Beserta Namanya
Ciri Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jogja Selain Gudeg

5. Abon Lele

makanan khas boyolali abon lele
perpus[dot]jatengprov[dot]go[dot]id
Ada satu kecamatan di Boyolali yang mempunyai banyak warga yang beternak lele, namanya Kecamatan Sawit. Di sini, lele tidak hanya dikonsumsi langsung atau digoreng. Banyak yang dijadikan keripik dan abon.

Abon lele cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Boyolali. Rasanya gurih dan nikmat untuk disantap dengan nasi putih hangat.

6. Marning

makanan khas boyolali marning
idntimes[dot]com
Marning adalah makanan khas Boyolali yang cukup terkenal, terbuat dari butiran yang digoreng sampai garing.

Sebelum digoreng, butiran jagung direbus dulu selama kurang lebih dua jam dan direndam bumbu sampai satu hari, sehingga rasanya gurih dan meresap.

Sekarang banyak sekali produsen marning yang menjual dengan berbagai rasa. Selain rasa original, ada rasa peda, balado, keju, dan masih banyak rasa lagi.

7. Bebek Goreng

makanan khas boyolali bebek goreng
boyolali[dot]go[dot]id
Ternyata, Boyolali juga terkenal dengan bebek goreng yang lezat. Tempat bebek goreng khas Boyolali yang paling terkenal adalah warung Pak Pinggir.

Lokasinya terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Boyolali. Selain disitu, warung Pak Pinggir juga membuka cabang di jalur utama Solo-Semarang

Perbedaan bebek goreng khas Boyolali dengan bebek goreng lain adalah rasanya lebih gurih, dagingnya tidak bau, dan sambalnya segar. Jadi tunggu apalagi, segera nikmati kelezatan makanan khas Boyolali ini di tempat asalnya!

8. Susu Segar Boyolali

makanan khas boyolali susu segar
travelingyuk[dot]com
Ini dia produk andalan Kabupaten Boyolali, susu segar. Saking terkenalnya, susu Boyolali bahkan menjamur sampai kota Solo. Banyak penjual susu di Solo yang menjual susu segar dari Boyolali.

Susu segar enak dinikmati hangat setelah direbus. Selain itu, bisa juga ditambah rasa-rasa seperti coklat, green tea, dan moka.

9. Dodol Susu

makanan khas boyolali dodol susu
budaya-indonesia[dot]org
Produk olahan dari susu yang lain yaitu dodol susu. Dodol khas Boyolali ini dibuat dari susu segar pilihan yang aman tanpa bahan kimia tambahan.

Rasanya unik dan aroma susunya sangat khas. Dodol susu biasanya dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Boyolali.

10. Aneka Olahan dari Sapi dan Jerohan Sapi Boyolali

makanan khas boyolali jeroan sapi
travelingyuk[dot]com
Banyak sekali olahan dari sapi di Boyolai, ada rambak, jeroan, abon sapi, dan dendeng sapi. Jadi semua bagian sapi dari kepala, kulit, dan daging diolah menjadi makanan khas Boyolali yang bisa langsung dimakan di tempat atau dijadikan oleh-oleh.

11. Petis Sapi

makanan khas boyolali petis sapi
inibaru[dot]id
Petis biasanya dibuat dari ikan atau udang. Tapi di Boyolali, petisnnya terbuat dari sapi, soal rasa katanya lebih sedap. Biasanya petis sapi khas Boyolali dijadikan bumbu masak atau tambahan penyedap masakan Nasi Cawuk

12. Nasi Cawuk

makanan khas boyolali nasi cawuk
suara[dot]com
Cawuk artinya dalam bahasa jawa yaitu makan tanpa sendok, tapi pakai tangan. Nasi cawuk khas Boyolali ini terdiri dari nasi, kuah dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan dicampur dengan cabai, timun dan asem. rasanya segar, pedas dan asem.

Biasanya nasi cawuk disajikan dengan berbagai pilhan lauk seperti ikan asin, pepes, atau telur ayam.Makannya pun lebih nikmat dengan tangan.

Nasi cawuk yang paling terkenal di Boyolali yaitu warung nasi cawuk Mak mantih, lokasinya di Prejengan Rogojampi, Banyuwangi.

13. Pecel Rawon

makanan khas boyolali pecel rawon
travelingyuk[dot]com
Pernah merasakan perpaduan anatara makanan pecel dan dan rawon?kalau belum pernah, kamu bisa mencicipinya di Warung Pecel Rawon Ayu, Banyuwangi.

Pecel rawon khas Banyuwangimerupakan pecel yang disiram dengan kuah rawon, juga ditambah dengan serundeng, empal daging, tahu goreng dan peyek udang.

Lokasi Warung Pecel Rawon Ayu ada di Jalan Laksda Adi Sucipto nomor 60, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Di kota lain, kamu pasti jarang menemui makanan unik ini, jadi jangan lupa mampir disini ya!

Itu dia berbagai macam olahan sapi, susu segar, dan makanan lain yang terkenal di Kabupaten Boyolali ini. Jangan lupa cicipi ya kalau kamu mampir di Boyolali!

Leave a Reply