Makanan Khas Jepara Horok horok

Makanan Khas Jepara

Makanan Khas Jepara – Jepara terkenal sebagai kota kelahiran R.A. Kartini, salah satu pahlawan perempuan Indonesia. Selain itu, Jepara juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan laut dan udang karena kawasannya sebagian adalah pantai dan laut.

Makanannya pun ternyata juga enak-enak dan patut dicoba kalau kamu berkunjung dan berwisata di daerah Jepara.

Ini dia beberapa makanan khas Jepara yang harus kamu coba:

1. Sayur Betik

makanan khas jepara sayur betik

masakapaya[dot]com

Sayur Betik adalah makanan khas Jepara yang dibuat dengan bahan dasar pepaya muda dan daging tetelan. Sayur betik khas Jepara biasa dijadikam makanan sehar-hari masayarakat Jepara. Biasanya sangat nikmat dimakan untuk makan siang.

2. Bongko Mento

makanan khas jepara bongko mento

inibaru[dot]id

Konon katanya makanan khas Jepara bongko mento menjadi salah satu makanan favorit di kalangan Keraton Jepara. Sedangkan pada zaman sekarang, biasanya makanan khas Jepara ini dijadikan sebagai menu keluarga atau acara santai.

Bongko mento khas Jepara adalah makanan dadar telur yang dibungkus dengan daun pisang. Di dalamnya ada isisnya beragam, seperti seperti suwiran ayam dan jamur kuping.

3. Lontong Krubyuk

makanan khas jepara lontong krubyuk

ksmtour[dot]com

Lontong krubyuk berasal dari kata ngrubyuk yang artinya melewati genangan air. Makanan ini disebut begitu karena memang menggunakan kuah yang cukup banyak saat disajikan.

Lontong krubyuk sekilas hampir sama dengan lontong sayur dari daerah lain. Tapi yang beda dari lontong krubyuk khas Jepara yaitu ada suwiran daging ayam semur yangdisiram dengan kuah bakso. Lalu, di atasnya ditambah bawang goreng dan kecap.

Hemmm… membayangkan saja rasanya sudah ngiler!

4. Opor Panggang

makanan khas jepara opor panggang

kewesdesign[dot]com

Apa itu opor panggang? Apa bedanya dengan opor yang yang biasa ada di kota-kota lain?

Opor Panggang khas Jepara pastinya beda dari daerah lain. Cara memasaknya tidak hanya direbus atau dimasak biasa tapi dibakar dengan menggunakan paso. Paso adalah suatu tempat seperti bak yang terbuat dari tanah liat.

5. Pindang Serani

makanan khas jepara Pindang Serani

masakapaya[dot]com

Jepara adalah daerah yang cukup dekat kawasannya dengan laut, jadi ada banyak olahan makanan laut yang menjadi makanan khas Jepara. Salah satu olahan laut khas Jepara yang terkenal adalah Pindang Serani .

Pindang serani adalah sup yang isinya ikan laut. Kuahnya bening, rasanya asam,manis, dan pedas. Makanan khas Jepara ini sangat cocok untuk santapan makan siang, apalagi di tengah cuaca Jepara yang relatif panas.

6. Sop Udang Jepara

makanan khas jepara sop udang

merahputih[dot]com

Seperti namanya, sop udang Jepara adalah makanan sop yang isinya udang goreng dan cabai yang ditumbuk lalu disiram dengan kaldu udang. Rasanya sangat segar dan khas aroma udang.

Sudah tau makanan khas daerah lain dengan karakteristik yang beraneka ragam? Baca di sini ya:

Oleh oleh Makanan Khas Pemalang Jawa Tengah yang Paling Enak
Daftar Nama Makanan Khas Semarang
Contoh Makanan Khas Jawa Tengah

7. Tempong atau Blenyik

makanan khas jepara blenyik atau tempong

arsip[dot]murianews[dot]com

Tempong atau Blenyik adalah makanan khas Jepara yang terbuat dari teri. Cara membuatnya yaitu teri dibentuk kepalan dan dicampur bumbu-bumbu, lalu digoreng atau dikukus. Bisa juga ditambahkan telur saat menggoreng agar lebih nikmat rasanya.

8. Soto Jepara

makanan khas jepara soto jepara

factsofindonesia[dot]com

Ada pembeda Soto Khas Jepara dengan soto-soto dari daerah lain, yaitu sotonya ditambahkan kucai.

Apa itu kucai? Kucaiadalah tumbuhhan daun yang bentuknya mirip dengan daun bawang. Aroma dan rasanya sangat khas sehingga menambah kenikmatan rasa soto khas Jepara.

9. Singit

makanan khas jepara singit

putratravel[dot]net

Singit merupakan makanan khas Jepara yang berbahan dasar daging sapi. Tapi tidak semua bagian daging sapi digunakan untuk membuat singit. Yang digunakan hanya bagian daging sengkel, yaitu bagian atas kaki sapi.

10. Horok Horok

makanan khas jepara horok-horok

halojeparadise[dot]blogspot[dot]com

Ini yang paling khas dari Jepara dan pastinya jarang ditemukan di daerah lain. Nama makanan ini juga unik, horok-horok.

Makanan khas Jepara ini terbuat dari tepung pohon aren. Biasanya menjadi makanan pendamping soto, gulai, pecel,sate kikil, dan bakso. Selain itu, ternyata juga bisa ditambah santan dan gula, jadinya seperti makan bubur.

11. Kuluban

makanan khas jepara kuluban

sajiansedap[dot]grid[dot]id

Yang lagi diet bisa menjadikan makanan khas Jepara ini menjadi menu diet sehari-hari kamu. Kuluban terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti nangka muda, kacang panjang, tauge, dan petai. Setelah itu ditambah dengan beberapa bumbu seperti cabai, terasi, jeruk, dan kencur. Sehat sekali bukan?

12. Sambal Samtis

makanan khas jepara sambal samtis

kriyajepara[dot]com

Samtis adalah singkatan dari Sambal Petis. Karena Jepara terkenal dengan produksi udangnya yang cukup banyak, jadi sambal petis khas Jepara terbuat dari udang. Rasanya gurih dan nikmat. Bisa dijadikan cocolan gorengan atau pendamping makan nasi

13. Wedang Horok-Horok

makanan khas jepara wedang horok-horok

jualmakanan[dot]com

Seperti namanya, wedang ini berbahan dasar dari horok-horok, sudah dijelaskan di atas. Rasanya khas dan nikmat diminum hangat.

14. Es Gempol

makanan khas jepara es gempol

food[dot]detik[dot]com

Gempol adalah adonan berbentuk bulat warna-warni yang dibuat dari tepung beras. Gempol yang berebentuk bulat ini diberi santan, gula dan es, jadilah Es Gempol yang segar dan manis.

15. Kopi Tempur

makanan khas jepara kopi tempur

web[dot]facebook[dot]com

Kenapa namanya kopi tempur? Karena kopi khas Jepara ini berasal dari Desa Tempur. Sebuah desa kecil di dataran tinggi yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Syaiful Anwar, Ketua Kelompok Tani Desa Tempur mengatakan,”Untuk Indonesia, bahkan Kopi Tempur itu nomor dua soal nilai cita rasa, sedangkan nomor satu adalah Kopi Toraja”.Jadi rasa kopi tempur khas Jepara ini sudah tidak diragukan lagi.

16. Kelan Antep

makanan khas jepara kelan antep

sajiansedap[dot]grid[dot]id

Kelan dalam bahasa jawa artinya sayur, dan antep artinya berat. Jadi kelan antep adalah sayur berat yang kuahnya mirip sup tapi tidak bening. Kuahnya mirip rawon, tapi memasaknya tidak menggunakan kluwak. Biasanya isnya daging sapi yang tidak berlemak.

Daging sapi yang sudah dipotong dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai,lengkuas, salam dan asam jawa. Rasanya sangat segar di lidah. Makanan khas Jepara ini nikmat disantap dengan nasi hangat.

17. Gule Petih Jepara

makanan khas gule petih

sajiansedap[dot]grid[dot]id

Gule atau gulai petih khas Jepara terbuat dari daging kambing yang disiram dengan kuah santan putih dan bumbu rempah yang khas.

Karena diberi santan putih makanya dinamakan petih atau putih. Biasanya makanan khas Jepara ini disajikan saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha

18. Laksa Jepara

makanan khas gule petih

harianindo[dot]com

Laksa Jepara sebenarnya hampir sama dengan laksa dari daerah lain seperti betawi. Dilihat dari bumbunya pun hampir sama. Yang membedakan laksa khas Jepara dengan laksa lain adalah isiannya yaitu ditambah dengan udang.

19. Sayur Keluak Ayam

makanan khas jepara sayur keluak ayam

sajiansedap[dot]grid[dot]id

Sayur keluak ayam berbahan dasar keluak dan ayam yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan rempah yang khas. Rasanya segar karena menggunakan asam jawa.
Uniknya, sayur keluak ayam ini ternyata sudah cukup langka, bahkan jarang warung-warung di Jepara yang membuat makanan ini. Hanya warung tertentu yang menjual sayur ini.

20. Kagape Kambing

makanan khas jepara kagape kambing

netralnews[dot]com

Olahan kambing yang terkenal dari Jepara adalah Kagape Kambing khas Jepara. Kagape sekilas mirip dengan kari, tapi menggunakan air asam jawa dan santan yang kental.

Pada hari raya Idul Adha, banyak masyarakat Jepara yang mengolah daging kambing kurban menjadi kagape kambing yang kaya akan rempah dan bumbu.

21. Bakso Ikan Ekor Kuning

makanan khas jepara Bakso Ikan Ekor Kuning

resepnusantara[dot]id

Bakso Ikan Ekor Kuning berasal dari daerah Karimunjawa, salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Jepara. Jadi saat kamu ke pulau Karimunjawa untuk berlibur, jangan lupa cicipi juga bakso ikan ekor kuning khas Jepara.

Habitat ikan ekor kuning ini banyak ditemukan di sekitar perairan Karimunjawa. BIasanya ikan ini menjadi incaran tangkapan nelayan saat berlayar untuk dijual atau dikonsumsi sendiri.

Bakso ini dijual di kawasan alun-alun kecil Karimunjawa. Biasanya pedagangnya buka mulai jam 5 sore sampai jam 9 malam. Rasa bakso ikan ekor kuning khas Jepara ini gurih dan teskturnya sedikit kasar. Baksonya warnanya cenderung putih dan tidak terlalu kenyal seperti bakso biasa.

Itu tadi beberapa makanan yang pasti buat ngiler kamu. Kalau kamu wisata ke Jepara atau Karimunjawa, nggak ada salahnya mampir di beberapa warung untuk menikmati makanan khas Jepara di atas.

Leave a Reply