Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Setiap orang pastinya punya impian untuk bekerja di tempat yang bagus dan nyaman. Ada yang berhasil masuk perusahaan bonafit, ada juga yang belum.

Tidak jarang pula ketika sudah dapat kerjaan yang bagus, banyak dari teman-teman yang mengalami kejenuhan.

Seperti butuhnya tantangan baru, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau kenyataan tempat kerja yang kurang nyaman.

Apakah teman-teman mengalami salah satu problem seperti di atas? Atau mungkin teman-teman punya alasan lain yang pada akhirnya membuat keinginan untuk keluar dari tempat kerja?

Jika demikian, maka teman-teman membutuhkan yang namanya surat pengunduran diri.

Agar surat pengunduran diri diterima dengan baik, maka teman-teman harus memahami etika dan tata cara pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Penasaran seperti apa surat pengunduran diri yang baik seperti apa? Yuk simak contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar lengkap beserta penjelasannya.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Pengertian Surat Pengunduran Diri - bosmeal.com
Pengertian Surat Pengunduran Diri

Sebelum kita melihat contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan itu seperti apa, akan lebih baik jika teman-teman mengetahui terlebih dahulu apa itu surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri sendiri termasuk dalam bagian contoh surat resmi yang bersifat formal.

Oleh karenanya dalam membuat surat pengunduran diri kita harus menulisnya dengan bahasa yang formal juga.

Selanjutnya di dalam surat pengunduran sendiri terdapat terdapat beberapa unsur yang harus tertera dalam surat pengunduran diri, semisal:

Awalan “Kepada Yth.”

Identitas penulis (nama lengkap, jabatan, lama bekerja).

Alasan logis mengundurkan diri.

Akhiran “Terima Kasih”

Meskipun surat pengunduran diri termasuk di dalam surat formal, akan tetapi jauh lebih baik jika surat pengunduran diri ditulis dengan tangan daripada diketik. Ini akan membuat surat pengunduran diri kita menjadi lebih sopan.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Struktur Surat Pengunduran Diri - bosmeal.com
Struktur Surat Pengunduran Diri

Dalam pembuatan surat pengunduran sendiri pada umumnya memiliki kesamaan atau serupa dengan surat lamaran kerja.

Letak perbedaan antara surat pengunduran diri dengan surat lamaran kerja adalah tujuan serta isi dari surat tersebut.

Di dalam surat pengunduran diri pada umumnya terdiri dari beberapa unsur, yaitu:

  • Tempat dan tanggal pembuatan
  • Nama dan alamat tujuan
  • Isi surat
  • Tanda tangan diatas materai

Akan tetapi untuk format pasti dari surat pengunduran diri bisa berbeda-beda, tergantung dari format surat yang dikeluarkan oleh setiap pekerjaan.

Artikel Terkait: Contoh Surat Keterangan Kerja

Sistematika yang Harus Ada

Sistematika Surat Pengunduran Diri - bosmeal.com
Sistematika Surat Pengunduran Diri

Setelah bersama kita mengetahui struktur dari surat pengunduran diri, teman-teman juga perlu mengetahui poin penting yang harus ada di dalam surat pengunduran diri. 

Adapun unsur-unsur yang harus ada di dalam contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan adalah sebagai berikut.

1. Memaparkan Tujuan yang Logis

Ketika teman-teman membuat surat pengunduran diri, teman-teman perlu menjelaskan alasan mengundurkan diri dari sebuah instansi tempat bekerja secara singkat, padat, dan jelas.

Dalam menuliskan tujuannya, teman-teman tidak perlu menjelaskan panjang lebar dan bahkan sampai menuliskan rencana kedepannya.

Hal ini karena perusahaan atau tempat bekerja teman-teman hanya perlu mengetahui tahu alasan kita mengundurkan diri, bukan tujuan atau rencana hidup kita kedepannya.

2. Menggunakan Diksi atau Pilihan Kata yang Sopan

Dalam menulis surat pengunduran diri, teman-teman juga harus memilih diksi untuk menjadi kata-kata yang terdengar sopan dan penuh hormat.

Ini karena walaupun kita sudah tidak bekerja di tempat tersebut bukan berarti kita bebas untuk berbicara sesuka hati.

Kita juga harus mengingat pentingnya jaringan atau koneksi dalam dunia kerja. Kita harus menyadari bahwa memiliki nama baik, baik itu ketika masih bekerja maupun ketika sudah meninggalkan tempat kerja.

Dengan memiliki nama baik dan sopan santun akan sangat berguna untuk menjadi batu lompatan di masa depan.

3. Identitas Diri

Ketika membuat surat pengunduran diri, kita wajib mencantumkan nama, alamat, dan jabatan. Hal ini berguna sebagai data perusahaan, dan informasi yang lebih mendetail.

4. Ucapkan Rasa Terima Kasih

Hal terakhir yang tidak boleh kita tinggalkan dalam membuat surat pengunduran diri adalah ucapan rasa terima kasih.

Walaupun kelihatannya sepele, akan tetapi ucapan terima kasih merupakan hal yang sangat penting untuk menunjukkan contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang baik dan sopan.

Dalam membuat surat pengunduran diri, kita juga harus memiliki dan menyampaikan rasa terima kasih atas segala hal yang sudah diberikan oleh diberikan oleh tempat kerja kita selama ini.

Ucapan terima kasih ini akan menunjukkan bahwa kita tetap profesional dan juga rendah hati, sehingga perusahaan atau tempat kita bekerja pun merasa lebih segan kepada kita.

5. Ucapkan juga Permohonan Maaf 

Setelah kita mengucapkan terima kasih, jangan lupa untuk meminta maaf jika selama kita bekerja masih ada tugas-tugas yang belum terselesaikan secara maksimal.

Kita juga harus meminta maaf atas segala kesalahan yang sudah kita perbuat, baik itu secara sengaja maupun tidak.

Dari sini dapat dilihat bahwa mengundurkan diri memiliki sebuah tata krama tersendiri. Kita tidak bisa serta merta keluar begitu saja tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Walaupun kita sudah tidak bekerja di tempat tersebut, akan tetapi kita juga harus tetap menjaga hubungan demi mempertahankan nama baik dan koneksi di dunia kerja.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Pentingnya Surat Pengunduran Diri - bosmeal.com
Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Membuat surat pengunduran diri sangat penting untuk dilakukan dan dibuat jauh-jauh hari sebelumnya.

Jika teman-teman mengajukan surat pengunduran diri secara mendadak, maka dari pihak perusahaan atau tempat teman-teman bekerja akan keteteran nantinya.

Hal ini bisa berakibat pada diri kita sendiri dan menjadikan nama kita menjadi buruk kedepannya.

Meskipun teman-teman sudah tidak tahan dengan suasana atau keadaan tempat bekerja tetapi teman-teman harus tetap berusaha untuk mematuhi aturan perusahaan mengenai waktu resign atau pengunduran diri.

Jika teman-teman resign atau mengundurkan diri begitu saja ini bisa membuat teman-teman kena blacklist oleh perusahaan tempat kita bekerja dulu.

Yang lebih parah lagi, pihak perusahaan atau HRD atau yang lainnya menyebarkan nama kita ke seluruh jaringan atau network mereka dan menyebut kita tidak memiliki itikad baik dalam bekerja. 

Maka dari itulah pembuatan surat pengunduran diri sangat penting bagi kita dan dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Hal ini agar nama kita tidak tercoreng dan juga pihak tempat kita bekerja tidak dirugikan dan dibingungkan dalam mempersiapkan penggantinya.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan  - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Setelah bersama kita menyimak sedikit penjelasan dari surat pengunduran diri, ada baiknya teman-teman menyimak contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Semarang, 20 Agustus 2019

Kepada

Yth. Human Resource Development

PT. Senggol Modot

Jalan Gatot Subroto, Semarang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Kepala Gudang PT. Senggol Modot, berdasarkan surat keputusan Direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Muafid Ardiansyah

Alamat : Jalan Taman Pahlawan No 24 Salatiga

Jabatan : Kepala Gudang

ID Karyawan : EMP L087

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Kepala Gudang terhitung sejak tanggal 21 Oktober 2019 dikarenakan berakhirnya kontrak kerja.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kesempatan dan juga dukungan yang sudah diberikan selama ini sehingga membuat saya menjadi lebih berkembangang dan menjadi lebih profesional lagi. 

Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran PT. Senggol Modot atas segala kekurangan dan juga kesalahan yang sudah saya perbuat, baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan Kepala gudang, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT. Senggol Modot dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

 

Muafid Ardiansyah

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang baik dan benar yang bisa dijadikan referensi teman-teman.

Selain contoh surat pengunduran diri di atas, jika teman-teman mencari format contoh surat pengunduran diri doc silahkan diunduh pada link yang tersedia ya.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Buat teman-teman yang memiliki jabatan dan berkeinginan untuk mengundurkan diri maka teman-teman perlu membuat surat pengunduran diri dari jabatan yang baik.

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth :

Ketua Yayasan Cakra Buana SMK Nusantara Pati

Di:

Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Nur Hidayat, M.Pd

Tempat/Tanggal Lahir : Demak, 5 Maret 1980

Jabatan                       : Kepala Sekolah SMK Nusantara Pati

Masa Kerja                  : 8 tahun

Dengan surat ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Kepala Sekolah SMK Nusantara Pati, terhitung mulai tanggal 2 Juli 2020 dikarenakan sudah habis masa jabatan.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan juga tanggung jawab menjadi kepala sekolah yang sudah diberikan kepada saya.

Terima kasih juga karena saya sudah diberikan mandat untuk membimbing siswa – siswi dalam mengembangkan bakat serta keterampilan agar menjadi generasi penerus yang nantinya berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa.

Tidak lupa juga saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak yayasan Cakra Buana, khususnya kepada ketua serta keluarga besar SMK Nusantara apabila selama menjabat sebagai kepala sekolah telah melakukan kesalahan baik yang saya sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya juga berharap dan berdoa agar para siswa SMK Nusantara selalu menghasilkan prestasi – prestasi yang membanggakan sekolah di kemudian hari serta SMK Nusantara menjadi sekolah favorit kedepannya. 

Hormat saya,

 

Nur Hidayat, M.Pd.

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa dijadikan referensi. 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Buat teman-teman yang sedang bekerja kemudian mengundurkan diri dengan alasan, teman-teman bisa membuat contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Pati, 5 Desember 2020

Kepada Yth,

Kepala Cabang PT. Suka Rasa 

Jalan Sumodarsono No 7 Pati

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini saya :

Nama : Muhammad Indrayana

Tempat/Tanggal Lahir : Pati, 7 Juli 1988

Jabatan                       : Karyawan

Masa Kerja              : 3 tahun

Ingin mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT. Suka Rasa Cabang Pati bagian Kurir Delivery sejak tanggal 30 Januari 2019 karena ingin fokus melanjutkan Studi S1 di Yogyakarta.

Saya mengucapkan banyak terima kasih karena sudah diberikan kesempatan, kepercayaan dan juga pengalaman selama bekerja di PT. Suka Rasa Cabang Pati selama kurun waktu 3 tahun ini.

Tidak lupa juga saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran manajemen PT. Suka Rasa Cabang Pati atas segala kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Saya juga berharap agar PT. Suka Rasa Cabang Pati semakin maju dan menjadi yang terdepan di Indonesia.

Hormat Saya

 

Muhammad Indrayana

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan studi yang bisa teman-teman gunakan. 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Di dalam organisasi terkadang mengalami dilematis, terutama dari kita yang masih dalam masa studi perkuliahan.

Jika teman-teman berkeinginan untuk mundur dari organisasi maka teman-teman harus membuat surat pengunduran diri dari organisasi dengan jelas dan terang.

SURAT IZIN PENGUNDURAN DIRI 

SEBAGAI ANGGOTA BEM INSTITUT AGAMA ISLAM DARMAWANGSA

Bersama dengan surat ini saya :

Nama: Abdul Aziz

Jabatan di BEM: Divisi Dalam Negeri

Fakultas: Tarbiyah

Jurusan/Prodi : PAI

NIM: 141110356

Alamat: Jl. Panggang no 3 Bintaro

bermaksud mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam Darmawangsa. 

Saya mengucapkan banyak terima kasih karena selama di dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM, saya mendapatkan banyak pengalaman, pelajaran serta diberikan mandat kepercayaan untuk menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Tidak lupa saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila selama ini kurang berkontribusi dan juga banyak melakukan kesalahan, baik itu secara sengaja maupun tidak.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya tekanan atau paksaan dari pihak manapun. 

Semoga keputusan yang sudah saya buat ini dapat diterima pembina dan juga pengurus BEM Institut Agama Islam Darmawangsa nantinya

Atas perhatian dan pemberian izinnya saya haturkan banyak terima kasih

30 Desember 2016

Yang menyatakan,

(Materai 6.000)

(Abdul Aziz)

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri dari organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa yang bisa teman-teman jadikan referensi.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Buat teman-teman yang memiliki maksud untuk mengundurkan diri dari sekolah maka tidaklah cukup hanya dengan lisan saja.

Dibutuhkan juga surat pengunduran diri dari sekolah sebagai legalitas nya. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dari sekolah.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Rembang, 28 Juni 2017

Perihal : Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Kepada Yth :

Bapak Kepala Sekolah SMK Jatilawang

Agus Supriyadi, M.Pd

Di

Tempat

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini selaku Orang Tua / Wali murid dari siswa yang bernama :

Nama: Yusuf Ekadana 

Kelas : XI IPS 2

Bermaksud memberitahukan bahwa kami memiliki maksud untuk mengundurkan diri anak kami dengan pertimbangan kondisi kesehatan dari Yusuf Ekadana yang tidak memungkinkan ditambah jarak yang cukup jauh antara sekolah dengan rumah.

Maka dari itu kami memohon dengan hormat supaya kami diberikan izin agar anda kami dapat pindah sekolah dari SMK Jatilawang ke Sekolah MA Nurul Ummah 

Demikian surat pengunduran diri ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan bimbingan dari pihak sekolah kami haturkan banyak terima kasih.

Tidak lupa juga kami memohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kesalahan dan juga kekeliruan yang dilakukan oleh anak kami.

Hormat Kami,

Orangtua / Wali Murid

 

(Sukarjan)

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa dijadikan acuan. Buat teman-teman yang membutuhkan format contoh surat pengunduran diri word bisa di download ya.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Sudah bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan dan memiliki tujuan untuk resign atau mengundurkan diri, maka teman-teman harus membuat surat pengunduran diri karyawan yang baik dan sopan.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Jepara, 26 Mei 2019

Kepada Yth.

Manager HR

PT Nusa Bakti

Jl. Ratu Kalinyamat No 25 Jepara

Dengan Hormat.

Bersama dengan datangnya surat ini, saya Siti Nurul Ummah bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan di PT Nusa Bakti terhitung sejak tanggal 30 Juli 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan sehingga saya dapat bekerja di  PT Nusa Bakti.

Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama bekerja masih banyak kekurangan dan kesalahan baik itu secara sengaja maupun tidak.

Besar harapan saya agar PT Nusa Bakti selalu berkembang dan mendapatkan yang terbaik kedepannya.

Hormat Saya

 

Siti Nurul Ummah

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri karyawan singkat dan sederhana yang bisa teman-teman jadikan referensi tambahan. 

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru - bosmeal.com
Gambar Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Berprofesi sebagai seorang guru dan kemudian memiliki agenda lain yang mengharuskan untuk mundur, maka teman-teman harus membuat surat pengunduran diri yang sopan.

Kepada Yth.

Kepala MA Nurul Huda Banyuwangi

Jl Argopuro no 5 Banyuwangi

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Nita Arumsari

Tempat Tanggal Lahir : Banyuwangi, 23 Maret 1987

Jabatan : Guru Pendidikan Fisika

NUPTK : 1362 8907 78967 

Alamat : Jl Widuri 5A Banyuwangi

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan guru pendidikan Fisika di MA Nurul Huda Banyuwangi dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS 80% sebagai Guru Masa Depan Jaya 2020 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2020, TMT 01-08-2020 yang ditempatkan di Madiun, di SMA Negeri 2 Madiun.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada pihak MA 

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak MA Nurul Huda Banyuwangi untuk dapat bekerja serta mengajar, sehingga saya banyak mendapatkan manfaat ilmu baik secara moril dan material.

Saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah MA Nurul Huda Banyuwangi, segenap jajaran Komite, Guru, serta para staf MA Nurul Huda Banyuwangi jika terdapat hal-hal yang kurang berkenan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa MA Nurul Huda Banyuwangi dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

 

Nita Arumsari, S.Pd.

Nah itu tadi contoh surat pengunduran diri guru yang bisa teman-teman jadikan referensi tambahan. Teman-teman juga bisa mengganti contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan lainnya.

Dari kumpulan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan di atas, mungkin isinya hampir sama saja.

Akan tetapi maksud dan tujuan dari surat pengunduran diri adalah meminta izin untuk keluar secara terhormat dari perusahaan maupun instansi tempat teman-teman bekerja.

Semoga contoh surat pengunduran diri kerja di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman dan bisa menambah wawasan di dunia pekerjaan.

Leave a Reply