Cara Mengisi Tinta Printer Epson L1110

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L1110 – Printer Epson L1110 merupakan salah satu printer yang recomended untuk digunakan dalam mencetak dokumen. Hanya saja untuk bisa menggunakannya, kalian perlu memastikan bahwa tangki tinta printer sudah terisi dengan penuh. 

Terlebih lagi jika kalian baru saja membelinya maka kalian memerlukan panduan lengkap cara mengisi tinta printer Epson L1110 pertama kali.

Pengisian tinta yang dilakukan secara rutin tentu akan sangat membantu printer agar mampu beroperasi dalam jangka waktu lama.

Lalu bagaimana cara refill tinta printer Epson L1110? 

Berikut ini panduan lengkap terkait cara mengisi tinta printer Epson L1110 yang paling simpel dan bisa kalian terapkan saat akan mengisi ulang maupun pada saat mengisi pertama kali.

Prosedur Isi Tinta Epson L1110

Download Driver Epson L1110

Bagi pemilik printer, proses refill merupakan pekerjaan umum yang harus dilakukan. Cara mengisi tinta printer Epson L1110 sendiri tergolong mudah karena sudah menggunakan sistem EcoTank. Akan tetapi sebelum melakukannya, kalian perlu mengetahui prosedur yang benar seperti di bawah ini:

1. Gunakan Tinta Original

Pastikan tinta yang akan kalian gunakan merupakan produk original yang dikembangkan secara langsung oleh Epson.

Pemakaian tinta original akan membuat printer kalian bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya itu saja, pemakaian tinta original Epson akan membuat kualitas cetakan menjadi lebih terjaga.

Sehingga kalian mesti memastikan bahwa tinta yang akan digunakan merupakan tinta resmi. Alasan lain pemakaian tinta resmi ini agar masa garansi printer masih tetap terjaga. Jika kalian memakai tinta dari pihak ketiga atau malah palsu akan membuat masa garansi menjadi hangus dan berpotensi menimbulkan resiko error pada produk.

2. Perhatikan Level Tinta

Pemakaian tangki tinta yang sudah terintegrasi dengan body printer berguna untuk menghindari penggunaan tinta pihak ketiga. Disamping itu, sistem Ecotank juga akan lebih memudahkan pengguna dalam mengontrol volume tinta yang ada di dalam tabung.

Jika diperhatikan lebih seksama, kalian bisa melihat sebuah indikator berupa garis yang menunjukkan batas bawah dan atas volume tinta. 

Nah, garis indikator ini merupakan patokan dasar bagi pengguna untuk memastikan kapan harus melakukan proses refill sendiri. Sehingga kalian tidak perlu was was kapan harus mengisi tinta.

Banyak dibaca:  Download Driver Printer Canon iP1980

3. Jangan Memencet Botol

Pada saat melakukan proses pengisian, jangan sekali-kali memencet botol tinta. Biasanya orang-orang akan memencet botol tinta agar proses pengisian bisa cepat selesai. Padahal tindakan ini bisa membuat tinta meluber dan tumpah kemana-mana. 

Perlu diketahui bersama jika desain botol tinta Epson sudah dibuat agar tinta dapat mengalir dan masuk ke dalam tangki dengan sendirinya. Kalian cukup menancapkan botol tinta ke dalam tangki Ecotank dan biarkan cairan tinta original Epson mengalir sendiri ke dalam tabung EcoTank tanpa di tekan. 

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L1110

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L1110

Walau kelihatannya mudah, kalian mesti mengisi tinta Epson L1110 dengan baik dan benar. Kalian bisa mengikuti panduan dibawah guna mengurangi resiko malfungsi yang akan terjadi di kemudian hari.

Berikut cara melakukan isi ulang tinta Epson L1110 yang baik dan benar:

1. Siapkan Botol Tinta

Harga tinta printer Epson L1110 original sebenarnya cukup terjangkau di pasaran. Kalian bisa membelinya secara offline maupun online.

Hanya saja yang menjadi catatan, kalian perlu waspada dengan tinta yang seperti asli tapi palsu. Terlebih lagi jika kalian membelinya secara online. Ada banyak seri tinta Epson L1110 dengan kode yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Tinta Epson dengan kode T00V 003 sendiri dijual dengan harga kisaran Rp96.000,-00. Jika kalian ragu pada saat membeli secara online, kalian bisa membeli melalui link yang sudah disediakan di bawah ini lengkap beserta kode tabung:

Kode TabungWarna
BKBlack (Cek Harga Terbaru di Tokopedia)
CCyan (Cek Harga Terbaru di Tokopedia)
YYellow (Cek Harga Terbaru di Tokopedia)
MMagenta (Cek Harga Terbaru di Tokopedia)

Jika tinta sudah siap, kalian bisa membuka kemasan untuk mempermudah proses refill.

2. Cara Mengisi Tinta Printer Epson L1110

Setelah tinta sudah siap, maka tahap berikutnya kalian bisa melakukan isi ulang tinta Epson L1110. Adapun cara mengisi tinta printer Epson L1110 adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama kalian pastikan printer dalam posisi Off. 
  2. Selanjutnya kalian buka penutup atau cover EcoTank pada body printer dengan hati-hati.
  3. Kemudian kalian perhatikan tabung tinta yang sudah kosong.
  4. Langkah selanjutnya siapkan botol refill kemudian buka tutupnya.
  5. Setelah itu posisikan botol tinta tepat di atas tempat tinta kemudian tancapkan botol refill ke lubang EcoTank Printer.
  6. Kalian tunggu beberapa saat hingga cairan tinta benar-benar mengalir masuk ke dalam tabung.
  7. Biarkan cairan tinta hingga mencapai batas atas kemudian cabut botol tinta
  8. Jika semua tangki tinta sudah terisi, tutup kembali cover tabung EcoTank pada printer.
  9. Pastikan juga cover terkunci dengan benar sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalam printer.
Banyak dibaca:  Cara Reset dan Download Resetter Canon G2000

3. Mengetes Hasil Cetak

Setelah proses pengisian selesai, kalian bisa menghidupkan kembali printer dan biarkan sampai indikator lampu ready. Apabila printer sudah ready, kalian bisa mencoba mencetak sebuah dokumen guna memastikan hasil printing kembali normal dan jelas.

Kesimpulan

Sebagai pemilik printer tentu kalian mesti paham dan menguasai cara mengisi tinta printer Epson L1110 dengan baik dan benar. Kalian pun bisa mempelajari perawatan dan pengoperasian printer melalui buku panduan resmi agar semakin profesional dalam memakai printer ini.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai teknologi cara mengisi tinta printer Epson L1110 yang baik dan benar. 

Pastikan juga kalian belajar secara mandiri dasar operasional printer Epson L1110 seperti download driver Epson L1110 Windows 10 64 bit dan install driver printer agar bisa terhindar dari resiko malfungsi ringan. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi artikel lainnya:

Leave a Reply