Cara Mengisi Tinta Epson L360

Di saat kalian pertama membeli printer L360, maka hal yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah mengetahui cara mengisi tinta printer Epson L360 pertama kali. 

Begitu juga ketika printer Epson L360 yang terus menerus dipakai pasti juga wajib untuk mengisi ulang tinta. Apalagi jika tinta printer telah mencapai dasar tabung, otomatis kalian harus segera mengisi tinta kembali. 

Tujuannya agar printer Epson L360 selalu ready saat tiap kali digunakan. Lantas apakah kalian sudah tahu bagaimana bagaimana cara mengisi tinta printer Epson L360 yang benar?

Printer Epson L360 merupakan printer multifungsi yang bisa digunakan untuk cetak, pindai dan salin dokumen.

Dengan adanya ketiga dukungan ini, kalian pun bisa lebih menghemat biaya saat akan menyalin maupun memindai dokumen. Lalu bagaimana cara memindai dokumen? buat yang masih bingung, silahkan baca saja di cara scan di printer Epson L360 pada artikel sebelumnya.

Perlu diketahui bersama jika pengisian sebuah printer merupakan hal yang penting diperhatikan agar terhindar dari kerusakan. 

Cara isi ulang tinta Epson L360 sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya saja terdapat beberapa ketentuan yang sering diabaikan oleh pengguna. 

Ketentuan tersebut bertujuan agar printer tetap terjaga kualitas dan ketahanannya sehingga bisa terhindar dari kerusakan.

Karena itulah kalian perlu menyimak ulasan tentang bagaimana cara mengisi tinta printer L360 yang baik dan benar!

Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360

Untuk bisa menggunakan printer dengan benar, kalian perlu melihatnya di prosedur buku panduan resmi. Buku ini bisa kalian dapatkan pada saat pembelian printer. Demikian juga pada saat akan mengisi tinta, kalian juga bisa melihatnya melalui buku panduan resmi maupun dengan menyimaknya di bawah ini:

1. Ciri – Ciri Tinta L360 Saat Akan Habis

Printer Epson L360 Cara Mengisi Tinta Epson L360 Ciri-Ciri Tinta Printer Epson L360 Akan Habis

Printer Ecotank L360 dilengkapi dengan tabung tinta yang sudah menyatu dengan bodi dengan empat kode warna.

Pemakaian printer yang terus menerus akan membuat isi tinta berkurang dan mencapai batas bawa sebelum akhirnya habis. Kalian bisa memperhatikan garis yang tertera untuk mengetahui kondisi tinta. 

Banyak dibaca:  Resetter Epson L1210

Adapun ciri-ciri tinta printer Ecotank L360 akan habis yaitu:

  • Muncul notifikasi pada layar komputer bahwa tinta akan segera habis.
  • Lampu indikator peringatan tinta akan berkedip atau Blinking.
  • Hasil cetakan akan memudar berbeda dengan warna lainnya
  • Hasil print out pada kertas tampak bergaris dan semakin tidak jelas pada tulisan maupun gambarnya.
  • Jika tinta sudah benar-benar habis, maka hasil cetakan akan kosong dan tidak tercetak hasil apapun. 

Karena itulah kalian perlu mengenali ciri – ciri tinta printer yang akan habis dan jangan biarkan tinta sampai kosong. Tujuannya agar printer tetap awet dan tahan lama.

Apabila printer mengalami error seperti lampu indikator yang berkedip, kalian bisa melihat cara reset printer Epson L360 untuk memperbaikinya

2. Gunakan Tinta Resmi

Printer Epson L360 Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Siapkan Tinta Resmi

Jika salah satu ciri-ciri di atas sudah muncul, maka sudah saatnya kalian mengisi tinta printer L360. Ada banyak jenis tinta yang dijual di pasaran, mulai dari yang original hingga imitasi.

Untuk menjaga agar printer tetap awet dan bergaransi, sebaiknya kalian mengisinya dengan jenis tinta yang original. Memang sih harga tinta Epson L360 original agak mahal. Tapi ini semua demi menjaga printer tetap awet dan tidak kehilangan masa garansinya.

Jangan mencoba memilih merk tinta pihak ketiga karena akan beresiko printer menjadi error. Selain itu kalian juga waspada dengan tinta imitasi yang dijual dengan harga yang lebih murah.

Selalu gunakan tinta original untuk menjaga orisinalitas dari printer itu sendiri. Adapun kode tinta Epson L360 adalah tinta Epson T664 Series. Kalian bisa membelinya melalui distributor resmi PT. Epson, toko printer terpercaya maupun melalui link pembelian di bawah ini:

WarnaKode Tinta
Black (Bk)T6641 (Cek Harga Tinta Epson L360 black / Hitam Original di Tokopedia)
Cyan (C)T6642 (Cek Harga Tinta Epson L360 Warna Cyan Ori di Tokopedia)
Magenta (M)T6643 (Cek Harga Tinta epson L360 Asli Warna Magenta di Tokopedia)
Yellow (Y)T6644 (Cek Harga Tinta Epson L360 Original Warna Yellow di Tokopedia)

3. Cara Mengisi Tinta Epson L360 Pertama Kali

Printer Epson L360 Cara Mengisi Tinta Epson L360

Buat yang baru pertama kali membeli printer, pasti akan merasa sedikit kebingungan terutama pada saat cara mengisi dan pasang tinta Epson L360. Terlebih lagi buat yang masih belum memahami fitur produk. Adapun cara isi tinta L360 adalah sebagai berikut: 

Banyak dibaca:  Spesifikasi dan Harga Printer Epson L3210

1. Alat dan Bahan

Sebelum kalian mengisi tinta sebaiknya siapkan alat dan bahan di bawah ini:

  • Tisu atau lap kering guna membersihkan tinta yang tercecer pada saat pengisian.
  • Tinta merk Epson T664 Series

2. Cara Mengisi Ulang Tinta Epson L360

Setelah alat dan bahan disiapkan, kalian bisa mengikuti prosedur pengisian tinta berikut ini: 

  • Tekan tombol power kemudian buka cover penutup tabung tinta bagian atas dan kalian akan melihat empat unit EcoTank dengan kode warna.
  • Selanjutnya lepas tangki tinta dengan cara mendorong ke atas agar terlepas dari pengaitnya.
  • Setelah itu baringkan tangki agar lubang pengisian tinta mengarah ke atas
  • Selanjutnya buka tutup botol tinta dengan hati-hati beserta segelnya lalu pasang kembali penutupnya.
  • Selanjutnya lepas tutup tangki kemudian isikan tinta sesuai dengan kode yang tertera.
  • Pastikan untuk mengisi hingga mencapai batas atas dan usahakan tidak meluber.
  • Jika semua tangki sudah di isi, bersihkan sisa-sisa tinta yang meluber maupun noda tinta yang menempel pada tangki.
  • Selanjutnya tutup kembali tangki tinta seperti semula kemudian lap lagi dengan kain atau tisu kering untuk memastikan kebersihannya. 
  • Jangan lupa juga untuk membersihkan ujung botol tinta dan menutupnya kembali agar tidak lengket saat akan digunakan kembali.
  • Terakhir tegakkan kembali tangki tinta secara perlahan lalu tutup dan kunci cover tinta dengan body printer lalu nyalakan.

3. Lakukan Head Cleaning

Setelah selesai, kalian bisa melakukan head cleaning terlebih dahulu. Tujuannya agar tinta bisa mengalir sempurna ke cartridge. Langkah-langkahnya bisa kalian lihat di artikel cara head cleaning printer Epson L360.

4. Cek Hasil Cetak

setelah proses pengisian selesai, coba cetak satu halaman guna memastikan hasil pengisian tinta telah berfungsi normal dengan hasil printing terlihat jelas.

Kesimpulan

Agar printer kalian tetap awet, maka kalian harus mempelajari cara mengisi tinta Epson L360 dengan benar. Tujuannya agar kalian tidak bergantung pada teknisi, sekaligus menghemat biaya.

Nah itu tadi penjelasan singkat cara isi tinta printer Epson L360 dengan baik dan benar yang mungkin belum kalian ketahui.

Selain mengetahui cara pengisian tinta Epson L360, kalian juga perlu download Epson L360 driver dan instal driver printer agar printer dapat berjalan dengan maksimal.

Ketahui juga update harga Epson L360 terbaru di taun 2023.

Semoga ulasan cara install tinta Epson L360 di atas bisa memberikan manfaat buat kalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply