Cara Cleaning Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 yang sudah sering digunakan memang terkadang membuat hasil kurang maksimal. Karena itulah dibutuhkan cleaning printer Epson L3110 agar bisa mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Apalagi cara membersihkan atau cleaning printer Epson L3110 sangatlah mudah.

Dengan melakukan cleaning head printer Epson L3110 secara tertib maka pasti beberapa masalah umum yang sering muncul saat mencetak dokumen seperti printer Epson L3110 tidak keluar tinta hitam, hasil yang putus-putus dan printer Epson L3110 lampu kertas berkedip.

Ada 2 cara membersihkan printer Epson L3110 yakni melalui utility Head Cleaning dan menekan tombol Control Panel pada printer Epson L3110. 

Adapun langkah-langkah atau cara head cleaning printer Epson L3110 adalah sebagai berikut:

1. Cara Cleaning Printer Epson L3110 dengan Utilitas Head Cleaning di Laptop Windows

Cara Cleaning Printer Epson L3110 dengan Aplikasi

Cara membersihkan printer Epson L3110 yaitu:

Langkah 1# Sambungkan printer Epson L3110 dengan PC/laptop.

Langkah 2# Pastikan printer menyala dan lampu tinta dalam kondisi mati dan masukkan kertas di printer untuk melihat apakah proses cleaning sudah berhasil atau belum. Jika lampu tinta berkedip itu tandanya cartridge harus diganti dengan yang baru.

Langkah 3# Selanjutnya buka aplikasi software printer Epson L3110 kemudian klik tombol tab ‘Utility’ lalu klik ‘Head Cleaning’ dan ikuti petunjuk di layar laptop/PC kalian. Aplikasi ini sudah terinstal saat kalian menginstal driver Epson L3110.

Langkah 4# Jangan lupa untuk memperhatikan printer Epson L3110. Jika lampu tinta berkedip itu artinya proses cleaning sedang berlangsung. 

Langkah 5# Jika lampu tinta sudah selesai berkedip, kalian klik ‘Print Nozzle Check Pattern’ di kotak dialog ‘Head Cleaning’. Tujuannya untuk memastikan head printer sudah bersih atau belum. Jika sudah di klik nantinya kertas akan keluar yang menunjukkan hasil pembersihan. 

2. Cara Cleaning Printer Epson L3110 Lewat Tombol Control Panel

Selain menggunakan aplikasi, kalian juga bisa langsung cleaning head printer dengan langsung menekan tombol yang ada di printer. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1# Kalian pastikan jika printer sudah menyala dan indikator lampu kehabisan tinta dalam kondisi mati. Jika lampu indikator tinta berkedip, itu tandanya cartridge harus diganti dengan yang baru.

Banyak dibaca:  Pengganti Situs Film Indomovie Indonesia

Langkah 2# Setelah itu kalian tekan tombol dan tahan selama tiga detik.

Langkah 3# Perhatikan printer jika lampu daya tinta berkedip, itu menunjukkan bahwa proses pembersihan sedang berlangsung. Jika lampu daya tinta berhenti berkedip, itu tandanya proses cleaning sudah selesai.

Tujuan Head Cleaning Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 Cara Cleaning Printer Epson L3110

Ada beberapa Tujuan dari head cleaning printer Epson L3110 yaitu untuk membuang atau membersihkan sisa tinta yang mengendap di bagian bawah catridge. Dengan begitu, tinta akan kembali mengalir dengan lancar saat digunakan untuk mencetak dokumen. 

Tujuan head cleaning printer Epson L3110 ini juga untuk membuang sumbatan pada nozzle, mengatasi tinta Epson L3110 tidak keluar hingga membuat tinta akan mengalir dengan lancar he head catridge. Hasilnya cetakan dokumen tidak akan terputus-putus dan tinta tidak meluber pada kertas. 

Disamping itu, head cleaning printer Epson L3110 akan memperpanjang masa pemakaian printer. Dengan demikian kalian bisa menghemat biaya perawatan printer yang kalian miliki.

Tips Saat Cleaning

Printer Epson L3110 Harga Printer Epson L3110

Sebelum kalian mempraktekkan langkah-langkah atau cara cleaning printer Epson L3110 dengan benar, ada baiknya kalian menyimak tips di bawah terlebih dahulu.

  1. Pada saat melakukan head cleaning, jangan gunakan printer untuk aktivitas lain seperti mencetak, mengkopi atau cara scan Epson L3110 jadi PDF. Kalian harus menunggu proses pembersihan selesai. Baru setelah itu kalian bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen lagi.
  2. Setelah proses cleaning, sebaiknya kalian tes dengan mencetak dokumen terlebih dahulu maupun melalui test print guna melihat apakah hasilnya sudah sesuai harapan atau belum.
  3. Jika cara membersihkan printer ternyata belum memenuhi harapan, kalian bisa mengulangi proses cleaning kembali. Kalian juga bisa memadukannya dengan memeriksa nozzle dan penyelarasan print head agar mendapatkan hasil yang optimal.
  4. Jika sudah melakukan beberapa kali head cleaning tapi hasilnya kurang maksimal, kalian bisa memilih opsi power cleaning. Cara power cleaning epson L3110 yaitu dengan memilih opsi power cleaning pada dialog box yang muncul kemudian klik start.

Nah itu tadi cara cleaning printer Epson L3110 tanpa aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi. Kalian bisa melakukan pembersihan secara berkala agar hasil cetaknya tetap maksimal.

Buat kalian yang berniat mencari printer Epson L3110, simak terlebih dahulu Update harga printer Epson L3110 second terbaru. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply