Cara Save Voice Note WhatsApp

Cara Save Voice Note WhatsApp – Voice note atau pesan suara di WhatsApp merupakan fitur yang sangat berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama jika mereka tidak dapat menjawab panggilan telepon. 

Banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk kegiatan personal, komunitas, ataupun pekerjaan.

Penggunaan voice note saat berkirim pesan melalui WhatsApp sendiri sangat menghemat waktu karena cukup kita buka fiturnya, lalu ngomong, dan kirim.

Adanya fitur ini akan sangat membantu kalian terutama di dalam dunia kerja. Terlebih lagi saat atasan memberikan instruksi ataupun permintaan dadakan yang harus segera dikerjakan.

Sehingga pemakaian voice note akan terasa lebih simpel dan menghemat waktu jika dibandingkan dengan menulis pesan yang akan akan menghabiskan banyak waktu.

Nah yang menjadi pertanyaan, apakah pesan suara atau voice note WhatsApp bisa di save dalam format MP3? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Apa itu Voice Note di WhatsApp?

Cara Save Voice Note WhatsApp Apa itu Voice Note di WhatsApp
Cara Save Voice Note WhatsApp

Voice Note (VN) adalah fitur di WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan audio ke dan dari kontak mereka. Adanya fitur VN di WA akan memudahkan pengguna dalam menyampaikan pesan secara lebih praktis tanpa harus mengetik terlebih dahulu. 

WhatsApp juga memiliki fitur pesan video instan yang mirip dengan voice note. Pesan video instan menampilkan rekaman real time dalam suatu obrolan dan tampilannya berupa lingkaran. Pengguna WA bisa membuat video singkat selama 90 detik atau 1 menit 30 detik. 

Selain itu, WhatsApp juga didukung dengan fitur voice note pada Status. Fitur ini pun sudah tersedia untuk semua pengguna WhatsApp, baik Android dan iOS. Adanya fitur status pesan suara ini bisa menjadi opsi lain untuk memberikan update kehidupan ke teman dan keluarga via WhatsApp. 

Apa Manfaat Menyimpan VN?

Cara Save Voice Note WhatsApp Apa Manfaat Menyimpan VN

Ada banyak manfaat menyimpan voice note WhatsApp dalam bentuk .MP3. Di antaranya:

  1. Meningkatkan privasi dan keamanan komunikasi karena jika tiba-tiba WhatsApp error, VN-nya tidak akan hilang.
  2. Pengguna tidak perlu terus berada di ruang obrolan yang sama untuk mendengarkan pesan suara karena voice note yang sudah di convert .MP3 bisa diputar di semua aplikasi pemutar audio umum yang banyak digunakan di semua media seperti laptop, PC, bahkan di HP jadul pun bisa.
  3. Pengguna dapat mendengarkan sambil membalas pesan lain yang masuk.

Cara Save Voice Note WhatsApp

Cara Save Voice Note WhatsApp
Bagaimana Cara Save Voice Note WhatsApp

Cara save atau menyimpan voice note di WhatsApp sangatlah mudah. Kalian bisa menyimpan voice note WA menjadi format .mp3 dan diputar di music player bawaan dengan menggunakan 3 cara di bawah ini:

Banyak dibaca:  Cara Scan Printer Canon G2020

1. Save Voice Note WA secara Offline

Cara yang pertama untuk save voice note WhatsApp secara offline adalah dengan memanfaatkan aplikasi MX player dan Opus to MP3 converter. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Instal Aplikasi MX Player

Cara Save Voice Note WhatsApp Offline MX Player

Cara save voice note WhatsApp dan memutarnya secara offline adalah dengan menggunakan aplikasi MX Player. Kalian cukup menginstal aplikasi dari play store maupun app store.

Mengapa harus instal aplikasi? 

Ini karena voice note WA berformat “.opus” sehingga kalian tidak akan bisa memutarnya dengan aplikasi pemutar musik bawaan. Selain itu, VN di Wa sendiri disimpan secara default dengan nama random.

2. Instal Aplikasi Opus to MP3 Converter

Cara Save Voice Note WhatsApp Online Web Apps

Cara kedua untuk save voice note di WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Opus to MP3 Converter. Berbeda dengan aplikasi yang pertama, Opus to MP3 Converter berfungsi untuk merubah VN berformat “.opus” menjadi “MP3”.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Instal aplikasi Opus to MP3 Converter di play Store maupun App Store.
  2. Selanjutnya download dan putar voice note yang orang lain kirimkan ke kalian di aplikasi WhatsApp.
  3. Kemudian buka folder penyimpanan VN WA dengan cara buka file manager > internal memori > WhatsApp > media > voice notes.
  4. Cari voice note yang akan diubah menjadi MP3.
  5. Setelah itu buka aplikasi Opus to MP3 Converter dan izinkan semua permintaan akses yang diminta oleh aplikasi.
  6. Selanjutnya tap select files > pilih file .opus > tap tombol convert.
  7. Secara otomatis file berformat .opus sudah berubah menjadi file berformat .MP3.

Sekarang kalian sudah bisa menyimpannya dan memutar VN dengan menggunakan aplikasi music player biasa.

2. Cara Save VN WhatsApp secara Online

Cara Save Voice Note WhatsApp Online Web Apps

Selain menyimpan dengan cara offline, kalian juga bisa save voice note WhatsApp dengan cara online menggunakan web apps.

Ada cukup banyak web penyedia jasa yang bisa kalian gunakan untuk mengkonversi .opus menjadi .mp3, diantaranya yaitu:

Situs website yang sudah tersedia diatas bisa kalian gunakan untuk convert VN di WA menjadi MP3. Ketiga daftar aplikasi di atas mempunyai alur kerja yang sama yaitu:

  1. Buka salah satu website di atas.
  2. Selanjutnya upload file dengan cara pilih klik Pilih File/Choose File atau langsung seret/drag file berformat opus.
  3. Tunggu proses convert hingga selesai.
  4. Terakhir download file hasil convert berformat MP3.

3. Bagikan ke Google Drive

Cara Save Voice Note WhatsApp Bagikan ke Google Drive

Cara save voice note WhatsApp di iPhone bisa kalian lakukan dengan mengirim/membagikan pesan suara WhatsApp ke Drive dan mengunduhnya di iPhone.

Banyak dibaca:  Film dan Drama Korea Action Terbaik Sepanjang Masa

Cara save voice note WhatsApp di iPhone bisa kalian lakukan dengan mengirim/membagikan pesan suara WhatsApp ke Drive dan mengunduhnya di iPhone.

Meskipun cukup sederhana, metode ini akan memungkinkan kalian menyimpan satu per satu pesan suara ke Drive. Kalian tenang saja karena walaupun kalian menyimpan banyak pesan suara di drive tapi tidak akan banyak memakan ruang google drive kalian.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka percakapan WhatsApp yang berisi pesan suara yang ingin kalian simpan.
  • Tahan pesan suara tersebut hingga muncul menu.
  • Pilih “Bagikan” dan kemudian pilih “Drive”.
  • Masukkan alamat email kalian dan klik “Simpan”.
  • Pesan suara pun akan secara otomatis tersimpan di akun Drive kalian. Kalian pun dapat mengunduhnya ke komputer atau perangkat kalian.

4. Manual dengan Rename

Cara Save Voice Note WhatsApp Manual Rename
Cara Save Voice Note WhatsApp Manual dengan Rename

Selain ketiga cara diatas, masih ada cara lain save Voice Note WhatsApp yakni secara manual dengan rename pesan suara. Cara keempat ini bisa dibilang lebih singkat jika dibandingkan dengan ketiga cara di atas.

Hanya saja kalian akan sedikit mengalami kesulitan jika file pesan suara kalian sangat banyak. Hal ini karena kalian harus mencobanya satu per satu kemudian rename satu per satu pula.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama buka file manager > WhatsApp > media > WhatsApp voice notes.
  2. Selanjutnya pilih file voice note yang akan kalian rubah.
  3. Kemudian tekan dan tahan file tersebut kemudian pilih Rename.
  4. Selanjutnya ubah nama dan jua format file dari .opus menjadi .mp3.
  5. Selesai dan file pun bisa kalian putar di music player biasa.

Cara ini tergolong mudah dilakukan. Hanya saja untuk melakukannya, kalian perlu merubah file satu persatu menjadi .MP3. Selain itu, kalian juga perlu memutarnya satu per satu agra bisa menemukan voice note yang kalian maksud.

Penutup

Dengan menggunakan metode ini, kalian dapat menyimpan beberapa pesan suara WhatsApp dan mengakses file audio tersebut di iPhone, android dan PC. File audio disimpan dalam format standar .MP3 yang dapat diputar di sebagian besar perangkat.

Dengan menggunakan salah satu dari empat metode cara save voice note WhatsApp di iPhone dan Android di atas, kalian dapat dengan mudah menyimpan dan mengunduh pesan suara WhatsApp ke perangkat kalian.

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian dan nikmati pesan suara WhatsApp di mana saja dan kapan saja!

Jangan lupa untuk mencadangkan data WhatsApp secara teratur agar kalian tidak kehilangan pesan suara penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply