Resep Sarang Semut

Resep Sarang Semut – Teman-teman pernah mendengar kue sarang semut? Bentuk kue yang berongga-rongga seperti sarang semut, sehingga kue ini disebut dengan sarang semut.

Kue sarang semut adalah salah satu makanan khas Indonesia. Terutama buat teman-teman yang berasal dari Sumatera, pasti sudah tidak asing dengan kue ini.

Orang-orang Sumatera menyebutnya bika karamel karena cara memasak gulanya hingga mengental seperti karamel. Nah teman-teman sebenarnya warna hitam tersebut berasal dari gula yang telah menjadi karamel tadi ya. Kue ini juga dikenal dengan sebutan kue bolu karamel.

Nah teman-teman sebenarnya cara membuatnya tidaklah sesulit yang dibayangkan lo. Teman-teman bisa membuatnya dengan cara dikukus. Berikut resep sarang semut yang mudah dibuat teman-teman.

Ngomong-ngomong soal makanan yang mudah dibuat, teman-teman juga bisa menyajikan resep salad hokben tanpa cuka sebagai menu cepat saji tanpa ribet kok.

Sarang Semut Kukus

Sarang Semut Kukus

Resep sarang semut dengan cara dikukus sangat sederhana. Teman-teman cukup datang ke pasar ataupun jika ingin lebih praktis bisa datang ke toko bahan-bahan kue, pastinya lebih mudah.

Berikut teman-teman bahan yang harus dikumpulkan beserta cara membuatnya. Sekalian juga teman-teman siapkan resep pepes jamur kancing untuk menu makan malam.

Bahan kering membuat kue:

  • Tepung terigu protein sedang 300 gram 
  • Tepung maizena 170 gram 
  • Gula pasir 800 gram 
  • Garam secukupnya 
  • Soda kue 2 sendok teh 

Bahan basah membuat kue:

  • Air putih 800 ml
  • Telur ayam 12 butir 
  • Susu kental manis coklat 300 gram 
  • Margarin 200 gram 

Cara Membuat:

  1. Sebelum teman-teman membuat kue, lumuri loyang terlebih dahulu dengan menggunakan margarin secara merata. Ini agar nanti kue yang sudah matang tidak sulit dilepaskan dari loyang

  2. Setelah itu, teman-teman siapkan wajan/panci (tergantung teman-teman pilih mana) lalu masak gula sampai gosong.

  3. Kemudian tambahkan air panas dan masak sampai gula larut dalam air sambil diaduk rata.

  4. Setelah menjadi karamel, angkat gula lalu sisihkan agar suhunya menjadi dingin.

  5. Sambil menunggu gulanya dingin, teman-teman kocok telur bersama dengan garam dengan mixer sampai tercampur dan berbuih.

  6. Setelah itu masukkan tepung terigu, tepung maizena, soda kue secara bergantian sambil diaduk-aduk sampai semuanya tercampur merata.

  7. Kemudian tuangkan karamel ke dalam adonan kue dan sampai tercampur merata.

  8. Selanjutnya teman-teman masukkan margarin bersama dengan susu kental manis lalu aduk sampai semua bahan tercampur merata dan menjadi kental.

  9. Langkah selanjutnya masukkan adonan kedalam loyang kemudian pada bagian atasnya ratakan dengan spatula secara merata.

  10. Setelah adonan siap, kukus adonan dengan pengukus selama kurang lebih 60 – 70 menit.

  11. Setelah matang kue matang, angkat dan biarkan suhunya dingin.

  12. Potong-potong kue maka kue siap dihidangkan.

Bagaimana teman-teman ternyata cukup mudah bukan cara membuatnya. Selain dikukus, teman-teman juga bisa membuat kue sarang semut dengan cara di oven. Berikut teman-teman caranya

Kue Bolu Sarang Semut

Kue Bolu Sarang Semut

Jika teman-teman mempunyai oven maka akan lebih mudah lagi dalam membuatnya kok. Caranya pun hampir sama dengan dikukus, hanya berbeda media memasaknya saja teman-teman. Berikut teman-teman cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Gula pasir 400 gram
  • Air panas 450 ml
  • Margarin 150 gram, lelehkan
  • Susu kental manis putih 200 ml
  • Terigu 180 gram
  • Maizena 50 gram
  • Telur 8 butir
  • Soda kue 2 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Pertama teman-teman panaskan oven lalu siapkan loyang cincin dan oles dengan margarin serta taburi dengan tepung terigu tipis- tipis saja ya.

  2. Selanjutnya teman-teman masak gula dengan wajan atau panci hingga gula larut dan berwarna coklat tua.

  3. Setelah itu baru tuangkan air panas dan aduk serta masak hingga semua gula larut dan mendidih. Angkat dan dinginkan.

  4. Kemudian teman-teman masukkan margarin dan susu kental manis ke dalam karamel lalu aduk hingga merata dan sisihkan.

  5. Sambil menunggu gulanya dingin, teman-teman kocok telur terlebih dahulu dengan alat pengocok (whisk) hingga rata, lalu masukkan terigu, maizena, baking powder, dan soda kue (sambil diayak) secara berselang-seling.

  6. Aduk dengan whisk hingga betul-betul merata. Pastikan teman-teman tidak ada adonan kecil yang menggumpal atau menggerindil.

  7. Setelah itu tuangkan karamel sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga merata.

  8. Selanjutnya tuangkan adonan kedalam loyang lalu panggang dengan suhu 180°C selama kurang lebih 40 menit.

  9. Setelah itu angkat dan biarkan kue hingga dingin.

  10. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong sesuai selera dan kue blu sarang semut siap disajikan.

Bagaimana teman-teman cara membuatnya tidak sulit bukan? Bentuk tampilan warna, aroma dan teksturnya yang unik dan rasanya enak akan membuat teman-teman ketagihan untuk memakannya.

Kue ini sering diidangkan untuk berbagai acara seperti pernikahan, kenduri, hajatan dan sebagainya. Selain itu juga kue ini sering dihidangkan ketika hari raya.

Persiapan dan Tips Membuat Sarang Semut

Karamel Sarang Semut

Nah teman-teman ada beberapa tips ketika teman-teman membuat kue sarang semut. Tips ini bisa juga dikatakan sebagai persiapan agar nantinya kue yang teman-teman buat bisa menjadi lebih maksimal rasanya. Berikut tips untuk teman-teman ketika membuat kue bolu sarang semut.

  • Persiapkan dahulu segala alat-alat untuk membuat kue yaitu loyang, pengukus, panci, alat penimbang kue, dan baskom yang akan teman-teman gunakan untuk mengocok adonan.

    Dengan adanya persiapan ini akan memudahkan teman-teman dalam membuat kue nantinya. Kegunaan alat penimbang kue ini agar kue nantinya bisa menjadi empuk dan semakin lezat. jadi teman-teman perhatikan kembali setiap ukuran tepungnya ya.

  • Setelah tepung ditakar, masukkan kedalam wadah dengan cara diayak menggunakan saringan agar tepung yang dipakai benar-benar halus.
  • Kemudian ketika teman-teman melelehkan margarin caranya dengan memasukkannya dalam wajan menggunakan api kecil serta usahakan agar margarin cair tetap hangat teman-teman.
  • Selanjutnya ketika teman-teman memilih gula, gunakanlah gula pasir yang bersih dan bebas dari kotoran.
  • Ketika teman-teman membuat karamel, perhatikan lelehan gulanya dan pastikan agar gula tidak berubah warna menjadi coklat pekat. Hal ini nantinya akan membuat karamel menjadi pahit.
  • Teman-teman juga harus berhati-hati ketika menuangkan air panas ke dalam karamel. Jangan mengangkat air terlalu tinggi dan lakukanlah secara perlahan-lahan. Jika teman-teman ceroboh bisa-bisa nanti kecipratan karamel yang bersuhu tinggi, nantinya malah akan melepuh kulit teman-teman.

Nah itu tadi sedikit tips ketika membuat kue sarang semut, semoga bermanfaat buat teman-teman. Teman-teman juga bisa mencoba resep seblak mie kerupuk untuk menambah perbedaharaan resep masakan di rumah.

Bagaimana teman-teman tertarik untuk membuatnya? Siapa tahu bisa menjadi peluang bisnis teman-teman.

Leave a Reply