Resep Puding Sutra

Resep Puding Sutra – Teman-teman sudah pernah mendengar tentang puding sutra atau silky pudding? Itu lho puding sutra yang sering dijual di Mal dengan berbagai warna dan varian rasa.

Puding sutra sangat berbeda dengan puding pada umumnya. Rasa dari puding sutra sangat lembut selembut kain sutra. Apalagi jika teman-teman memakannya, rasanya akan meleleh di mulut. Pastinya enak ya digunakan sebagai takjil resep menu berbuka puasa.

Rasanya yang unik serta bentuknya yang menarik membuat sebagian orang atau bahkan teman-teman sering gagal mencoba membuat puding sutra sendiri. Entah karena teksturnya terlalu keras atau bahkan teksturnya hancur.

Teman-teman tidak tertarik mencoba membuat puding sutra? Atau mungkin bayangan-bayangan kegagalan membuat puding sutra menjadi momok bagi teman-teman? Tenang saja, berikut ini resep puding sutra yang bisa teman-teman praktekkan sendiri.

Bahan-Bahan Puding Sutra

Resep Puding Sutra Vla Vanila

Sebelum masuk pada tahap pembuatan resep puding sutra, sebaiknya kita persiapkan dahulu bahan-bahannya. Teman-teman bisa mencari di pasar, ataupun toko roti supaya lebih mudah ya. Sebenarnya untuk menyiapkan bahan-bahannya tidak sulit-sulit amat kok. Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan Puding

  • 2 bungkus agar jelly aneka rasa (contoh: mangga) + fruity acid
  • 200 gram gula pasir
  • 70 gram tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 2 liter susu cair
  • pewarna makanan

Untuk membuat vla, teman-teman bisa membuat sendiri ataupun menggunakan vla instan agar lebih praktis. Tinggal teman-teman lebih suka yang mana. Untuk bahan vla yang harus teman-teman persiapkan sebagai berikut:

Bahan vla:

  • 500 ml susu cair
  • 60 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Setelah semua bahan-bahan siap, baik itu untuk puding serta vla nya, teman-teman sekarang bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Untuk caranya ada di bawah ini ya.

Cara Membuat

Resep Puding Sutra Puding Sutra

Setelah semua bahan siap, sekarang teman-teman bisa mempraktekkan sendiri resep puding sutra di rumah ya. Tanpa berlama-lama, yuk langsung kita buat bersama.

  1. Pertama, siapkan panci terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya campurkan gula pasir, bubuk agar jelly serta susu, lalu aduk merata dan teteskan pewarna makanan supaya berwarna lebih menarik. Jangan lupa untuk diaduk lagi agar tidak ada yang menggumpal dan warna tercampur merata.
  3. Langkah selanjutnya didihkan adonan puding sambil terus diaduk-aduk agar tidak gosong.
  4. Setelah adonan puding mendidih, masukkan larutan maizena dan terus diaduk-aduk hingga mengental.
  5. Kemudian matikan api dan tunggu uapnya hilang, setelah itu masukkan fruity acid dari kemasan nutrijel serta aduk rata. 
  6. Selanjutnya bagi adonan puding menjadi dua bagian. Adonan yang pertama tuang ke dalam tiap-tiap cup atau gelas kira-kira sepertiga hingga setengah isi cup atau gelas lalu biarkan adonan mengeras.
  7. Sambil menunggu adonan mengeras, siapkan panci kecil lalu tuangkan susu cair, gula pasir dan garam. Aduk rata lalu masak diatas api sedang sambil terus diaduk-aduk.
  8. Setelah adonan mendidih, masukkan larutan maizena serta aduk hingga mengental.
  9. Jika sudah mengental, matikan api lalu angkat adonan dan tuangkan pada masing-masing cup atau gelas puding di atas lapisan pertama tadi.
  10. Selanjutnya panaskan setengah adonan puding tadi di atas api kecil (Ini dilakukan apabila adonan yang sudah menggumpal agar encer kembali). Kemudian adonan dibiarkan sebentar agar uap panasnya hilang.
  11. Jika uap sudah hilang, tuangkan adonan ke atas lapisan vla secara perlahan, lalu simpan dalam lemari es dan biarkan dingin dahulu sebelum disajikan.
Banyak dibaca:  Resep Singkong Goreng

Puding sutra pun siap disajikan sebagai makanan selingan di siang hari maupun malam hari. Teman-teman bisa juga membuat resep kue leker wajan sebagai menu pendamping puding sutra. Pastinya menarik dan banyak yang suka lo.

Tips Agar Puding Sutra Terasa Lembut

Resep Puding Sutra Puding Biasa dan Puding Sutra

Dalam membuat resep puding sutra ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan. Hal ini penting ya, karena puding sutra berbeda dengan puding biasanya. Berikut ini tips agar puding sutra terasa lembut:

1. Perhatikan takaran bubuk jelly

Dari segi teksturnya, puding sutra berbeda dengan puding biasa. Tidak seperti saat teman-teman membuat puding biasa yang kenyal, takaran bubuk jelly untuk puding sutra sedikit berbeda.

Sebaiknya, teman-teman kurangi penggunaan bubuk jelly menjadi sedikit saja agar hasil puding bisa benar-benar lembut. Hal ini karena jika teman-teman menggunakan bubuk jelly terlalu banyak akan berakibat puding menjadi kenyal, bahkan terasa keras dan sulit dimakan.

2. Gunakan tepung maizena

Salah satu yang membedakan antara puding biasa dan puding sutra adalah penggunaan tepung maizena. Untuk membuat puding sutra, teman-teman perlu menambahkan tepung maizena pada puding sutra. 

Fungsi tepung maizena sendiri dalam puding sutra bukan hanya membantu mengentalkan puding, tetapi juga bisa membantu membuat tekstur puding sutra menjadi benar-benar lembut.

3. Perhatikan cara mencampur adonan puding

Sebelum mulai memasak puding, sebaiknya teman-teman campurkan terlebih dahulu bahan-bahan kering yang ada seperti bubuk jelly, tepung maizena, gula, dan perasa (jika ada) di dalam wadah. 

Campur semua bahan secara merata agar tepung tidak menggumpal saat dimasak. Nah setelah bahan kering tercampur rata, teman-teman baru bisa mencampurnya dengan bahan cair seperti susu atau santan dan masak puding sutra sampai matang.

4. Hindari memasak puding sampai mendidih

Hal penting selanjutnya, pastikan untuk merebus puding dalam api kecil sambil terus diaduk menggunakan sendok sayur atau whisker. Teman-teman perlu mengaduk terus menerus agar susu tidak pecah dan bisa tercampur rata dengan baik dan rata.

Selain itu, teman-teman juga perlu menghindari memasak puding sampai mendidih, karena hal tersebut juga akan membuat puding pecah. Cukup memasak puding sampai panas dan berbuih di permukaannya. Setelah itu segera matikan kompor dan dinginkan puding.

5. Cetak puding dalam cup kecil

Perlu teman-teman ketahui, karena teksturnya yang lembut, puding sutra membutuhkan perlakuan khusus pada tahap pencetakan. Setelah puding matang dan mulai mendingin, segera pindahkan puding ke dalam cetakan sebelum mengeras dalam panci.

Banyak dibaca:  Resep Kue Putu

Sebaiknya teman-teman menggunakan cetakan puding ukuran kecil atau sekali makan. Hal ini karena tekstur dari puding sutra sangat lembut dan mudah hancur. Jadi teman-teman tidak bisa memotong-motong puding jika dicetak ke dalam cetakan besar.

Nah itu tadi resep puding sutra sekaligus tips agar puding sutra dapat menjadi makanan penutup selembut sutra. Teman-teman bisa juga memasak puding sutra untuk dijadikan hidangan penutup sambil membuat menu resep ayam kodok panggang untuk dihidangkan bersama keluarga. Pastinya seru sekali, bukan? Yuk tunggu apalagi teman-teman.

Leave a Reply