Resep Abon Sapi Kering

Resep Abon Sapi

Resep abon sapi memang biasa dijadikan menu makan pendamping ataupun sebagai bahan isian roti dan lainnya. Rasanya yang kering dan gurih membuat abon sapi banyak dicari orang. Abon sapi sendiri bisa menjadi penyelamat lauk dikala teman-teman tidak sempat membuat lauk makan.

Selain itu, abon sapi merupakan salah satu oalah daging yang populer ya teman-teman. Tidak hanya dibuat abon sapi, olahan daging dengan tambahan resep saus barbeque sederhana juga sangat cocok.

Cara membuat abon sapi sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika teman-teman salah dalam pengolahan malah akan menjadikan abon sapi berminyak, alot, dan berbagai masalah lainnya.

Agar masalah-masalah tersebut tidak menghantui ketika membuat abon sapi, sebaiknya simak saja resep abon sapi berikut ini:

1. Abon Sapi Kering

Resep Abon Sapi Kering

Resep abon sapi yang pertama teman-teman bisa mengolahnya hingga menjadi kering sempurna. Rasa abon yang kering tanpa adanya sedikit kuah membuat teman-teman bisa memadukannya dengan resep sambal terong bakar.

Terisa lebih nikmat ketika dimakan bersama nasi yang masih hangat. Yuk teman-teman siapkan dahulu bahan-bahannya.

Bahan:

  • Daging sapi tanpa lemak 250 gram
  • Serai 1 batang
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 1 ruas
  • Daun jeruk 3 lembar, sobek 
  • Garam ½ sendok teh
  • Gula merah 1 ½ sendok teh 
  • Santan 250 ml
  • Minyak goreng secukupnya
  • BUMBU HALUS:
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 3 butir
  • Jahe 1 ½ cm
  • Ketumbar ½ sendok teh, sangrai

Cara membuat:

  1. Pertama teman-teman siapkan panci kemudian rebus daging sapi bersama serai, daun salam, dan lengkuas hingga matang dan empuk.

  2. Setelah daging matang, angkat tiriskan lalu biarkan hingga dingin, kemudian suwir-suwir daging dan sisihkan.

  3. Selanjutnya panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum.

  4. Kemudian teman-teman masukkan santan dan suwiran daging lalu aduk hingga rata.

  5. Setelah itu masukkan gula merah serta garam kemudian aduk hingga merata dan masak sampai kuah habis dan daging mengering menjadi abon.

  6. Jangan lupa untuk terus diaduk agar santan tidak pecah dan daging tidak gosong sampai kering.

  7. Selanjutnya teman-teman panaskan banyak minyak kemudian goreng hingga abon menjadi benar-benar kering. Angkat dan tiriskan.

  8. Terakhir teman-teman simpan abon dalam wadah kedap suara. Teman-teman bisa juga menyajikan abon untuk pelengkap makan.

Nah itu tadi teman-teman cara membuat abon sapi. Kalau teman-teman ingin abon sapi yang teksturnya lebih halus, sebaiknya setelah digoreng tadi, blender abon dengan food processor sampai kehalusan yang diinginkan.

Selanjutnya ketika teman-teman menyimpan abon dalam suhu ruang maka abon akan bertahan sekitar 1 minggu. Agar abon sapi teman-teman bertahan lama, sebaiknya simpan dalam kulkas saja ya.

2. Abon Sapi Basah

Resep Abon Sapi Basah

Bahan-bahan:

  • Daging sapi 150 gram, presto selama 30 menit
  • Santan kental 35 ml
  • Bawang putih 1 ½ siung
  • Bawang merah 2 butir
  • Daun salam 1 lembar
  • Lengkuas 1 ½ cm, memarkan
  • Ketumbar ½ sendok teh
  • Gula merah ½ sendok garam
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama teman-teman haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan juga gula. Bisa dengan ulekan ataupun di blender.

  2. Kemudian teman-teman hancurkan atau suwir-suwir daging yang sudah di presto tadi kemudian sisihkan.

  3. Selanjutnya teman-teman panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.

  4. Setelah itu masukkan lengkuas serta daun salam kemudian tumis hingga harum.

  5. Selanjutnya masukkan daging presto yang sudah hancur atau disuwir kedalam bumbu yang ditumis.

  6. Kemudian masukkan santan kental, garam dan penyedap rata kemudian aduk-aduk hingga rata.

  7. Jangan lupa tes rasa dan aduk-aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.

  8. Masak sambil diaduk-aduk sampai kuah mengering atau habis.

  9. Abon daging sapi basah siap disajikan.

Nah itu tadi teman-teman cara membuat abon sapi basah. Teman-teman bisa menikmatinya bersama dengan nasi yang masih hangat.

Oh iya, kalau masih bingung perbedaan antara abon sapi kering dan basah adalah cara pengolahan akhirnya yang berbeda. Pada abon sapi basah ketika santan sudah menyusut dan kering itu sudah cukup ya.

Berbeda lagi jika abon sapi kering, setelah santan menyusun dan habis, abon digoreng dengan minyak panas lumayan agar daging benar-benar kering.

Nah teman-teman sekarang sudah tahu bedanya ya. Jangan sampai salah teman-teman.

Manfaat Abon Sapi

Resep dan Manfaat Abon Sapi

Setelah teman-teman mengetahui resep abon sapi, selanjutnya juga perlu diketahui manfaat dari abon sapi itu sendiri. Berikut teman-teman manfaat abon sapi yang wajib diketahui.

  1. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta dipercaya mampu menurunkan resiko dari berbagai macam penyakit.

  2. Baik untuk perkembangan dan pembentukan massa otot teman-teman.

  3. Abon sapi sebagai bahan asupan energi yang baik karena kandungan gizinya antara lain terdiri dari energi 212 Kkal, protein 18 gram, dan karbohidrat 59,3 gram yang baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  4. Selanjutnya abon sapi dapat meningkatkan daya konsentrasi dari teman-teman karena kandungan zat besi yang membantu peredaran darah dan pembentukan sel darah menjadi lebih maksimal, sehingga suplai oksigen serta darah lebih mudah menuju otak.

  5. Manfaat selanjutnya, abon sapi mampu mencegah anemia karena meningkatnya produksi sel darah merah, bisa mencegahmu dari penyakit anemia serta dapat membantu mengatur suhu tubuh dan membawa karbondioksida ke tempat pembuangan.

  6. Selanjutnya abon sapi dapat menjaga kesehatan tulang, karena adanya  kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin D yang membantu perkembangan tulang, sehingga teman-teman bisa terhindar dari osteoporosis

  7. Abon sapi dapat membuat teman-teman kenyang tahan lama karena kandungan lemak dari proses penggorengan, sehingga teman-teman akan terhindar dari makan berlebihan.

Nah itu tadi teman-teman beragam manfaat dan juga resep dari abon sapi. Sekarang teman-teman tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai problem ketika membuat abon sapi.

Jika teman-teman bosan dengan menu abon sapi, mungkin resep fettucini carbonara panggang ini layak dicoba. Selamat mencoba teman-teman.

Leave a Reply