Contoh Teks Persuasif

Di dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai macam contoh teks dengan fungsi masing-masing. Contoh teks persuasif dengan fungsi untuk mengajak dan mempengaruhi pembaca.

Berbeda dengan contoh teks eksposisi proses yang tanpa ada unsur mempengaruhi pembaca. Ngomong-ngomong soal teks persuasif, kita mungkin akan menjadi kepikiran dengan iklan yang muncul di berbagai media.

Mengapa harus media iklan? Hal ini karena tanpa kita sadari, mungkin kita sudah terbujuk oleh iklan yang tayang di berbagai media.

Kita akan membeli atau melakukan sesuatu yang sesuai dengan iklan itu. Contoh misalnya iklan kecantikan dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki segudang manfaat.

Kita terutama kaum hawa akan tertarik untuk membeli produk kecantikan tersebut.

Nah selain iklan, teks persuasif sendiri sebenarnya masih memiliki fungsi dan kegunaan. Penasaran bagaimana fungsi dan kegunaannya? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif Pengertian Teks Persuasif
Contoh Pengertian Teks Persuasif

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang contoh teks persuasif, ada baiknya kita mengetahui pengertian teks persuasif terlebih dahulu. 

Seperti yang sudah disinggung di atas jika teks persuasif merupakan teks yang berfungsi untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikut tindakan maupun pemikiran tertentu.

Pengaruh tersebut bisa berupa ajakan, bujukan, perintah maupun yang lainnya.

Agar orang yang kita bujuk mau mengikuti kita, maka pendapat, gagasan dan juga ide yang kita tulis harus sesuai dengan kenyataan dan dibuat dengan meyakinkan sehingga pendapat kita layak untuk diikuti.

Nah karena bersifat sebuah ajakan atau bujukan, maka sudah sewajarnya jika di dalam persuasi terdapat kata-kata ajakan di dalamnya. 

Kemudian berdasarkan kata-kata ajakan yang digunakan, di dalam teks persuasif terbagi menjadi dua, yakni tersurat dan tersirat.

Yang dimaksud dengan teks tersurat adalah teks persuasif yang menuliskan kata ajakan secara langsung.

Sementara teks tersirat adalah teks persuasif yang tidak menuliskan kata kata ajakan secara langsung. Sehingga kita harus memahami dan mengetahui maksud dari isi teks tersebut.

Dengan demikian, teks persuasi memiliki fungsi dan kegunaan untuk menghimbau sesuatu yang dianggap penting oleh penulis.

Ciri-ciri Teks Persuasi

Contoh Teks Persuasif Ciri Ciri Teks Persuasif
Contoh Ciri Ciri Teks Persuasif

Setelah kita membahas apa itu teks persuasif, lantas bagaimana ciri-ciri teks persuasif itu sendiri?

Teks persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berisi fakta dan data

Untuk mengajak orang lain dan menuruti ajakan kita, maka data dan fakta yang kita sampaikan harus jelas. Dengan menggunakan alasan berupa data dan fakta yang kuat, maka kita dapat mempengaruhi orang lain dengan mudah.

  1. Menggunakan kata-kata yang bersifat ajakan

Pada teks persuasif baik itu yang tersurat maupun tersirat, kita akan menemukan kata-kata yang sifatnya mengajak seperti: mari, ayo, lakukan, hindarilah, sebaiknya, seharusnya, jangan, dan lain-lain.

Nah jika kita menemukan kata-kata seperti diatas, maka kita sedang membaca teks yang bersifat mengajak.

  1. Menggunakan bahasa provokatif

Dengan gaya penulisan bahaya yang provokatif dan juga menarik, akan membuat pembaca menjadi antusias di dalam membaca teks persuasif.

  1. Meyakinkan pembaca

Agar ajakan atau pengaruh kita berhasil, maka teks yang kita buat harus nampak meyakinkan. Jika teks persuasi yang kita buat tidak meyakinkan, bukan tidak mungkin pembaca tidak akan yakin dan terbujuk dengan pendapat kita.

  1. Menghindari adanya konflik

Ciri yang terakhir di dalam persuasif adalah menghindari adanya konflik yang muncul. Nah dengan sebuah teks yang meyakinkan akan membuat pembaca menjadi percaya dan juga secara tidak langsung akan terjadi kesepakatan antara kita dengan pembaca fakta dan data-data dalam tulisan. 

Dengan adanya data dan fakta yang termuat dalam teks akan membuat konflik yang tidak diperlukan tidak akan terjadi.

Tujuan Teks Persuasi

Adapun tujuan teks persuasi yaitu: membujuk, merayu, dan mempengaruhi pembaca atau orang lain agar mengikuti apa yang diinginkan penulis. Contoh teks persuasif Covid 19.

Struktur Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif Struktur Teks Persuasif
Contoh Struktur Teks Persuasif

Di dalam teks apapun pastinya mempunyai struktur masing-masing. Baik itu contoh teks eksplanasi sosial maupun contoh teks persuasif akan memiliki struktur teks yang berbeda.

Di dalam teks persuasif terdapat tatanan dan urutan atau struktur yang membangun teks tersebut. Adapun struktur teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan Isu

Untuk membuka sebuah teks dibutuhkan sebuah pengantar atau awalan. Nah di dalam teks persuasi sendiri, pengantar tersebut berupa pengenalan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.

  1. Rangkaian Argumen

Setelah kita mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas, selanjutnya kita pun perlu rangkai argumen yang sesuai.

Di dalam merangkai argumen sendiri, kita bisa menampilkan pendapat-pendapat murni sebagai penulis.

Di dalam bagian struktur ini, kita sebagai penulis juga perlu menemukan data dan fakta untuk mendukung permasalahan atau isu yang kita bahas di dalam pengenalan isu.

  1. Pernyataan Ajakan

Setelah melewati dua struktur yang disebutkan di atas, kita akan memasuki struktur terpenting di dalam teks persuasif.

Struktur tersebut berupa pernyataan ajakan dengan wujud kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. 

Adapun wujud pernyataan ajakan ini bisa dibuat dengan cara tersurat maupun tersirat di dalam teks.

  1. Penegasan Kembali

Jika pernyataan ajakan sudah kita buat, selanjutnya kita juga perlu menegaskan kembali ajakan yang sudah kita sampaikan.

Penegasan kembali disini juga sebagai jawaban tentang cara atau bagaimana cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasif. 

Tujuan dari penegasan kembali adalah untuk menunjukkan kuatnya pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Syarat-syarat Menyusun Paragraf Persuasi

Contoh Teks Persuasif Syarat Menyusun Teks Persuasif
Contoh Syarat Menyusun Teks Persuasif

Setelah kita bersama-sama mengetahui struktur teks persuasi, akan tidak lengkap jika kita tidak bisa menyusun teks persuasif. Adapun untuk menyusun teks persuasi dibutuhkan syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Pilihan Kata

Untuk membuat teks persuasi yang bagus adalah ketepatan dalam memilih kata atau diksi. Dengan kata yang tepat dan juga menarik, bukan tidak mungkin para pembaca akan terpengaruh dengan tulisan kita.

  1. Kemampuan mengelola emosi

Selain menggunakan diksi yang menarik, kita juga perlu “mempermainkan” emosi pembaca. Maksudnya di sini adalah ketika pembaca membaca teks persuasif, maka mereka (para pembaca) dapat meredam atau bahkan mengobarkan emosinya. 

Kemampuan mengelola emosi pembaca ini sangat diperlukan terutama di dalam contoh teks persuasif politik atau propaganda.

  1. Bukti-bukti/ fakta

Untuk lebih dapat mengelola emosi pembaca, kita juga perlu melampirkan bukti atau fakta yang sudah maupun sedang terjadi.

Kemudian penunjukan bukti/fakta ini juga bisa kita gunakan di dalam membuat contoh teks anekdot pendidikan misalnya.

Dengan adanya bukti dan juga fakta yang ada akan membuat teks persuasi yang kita buat menjadi lebih bermakna. Bukan hanya sekedar gagasan tanpa makna, tanpa adanya bukti yang nyata.

Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

Contoh Teks Persuasif Kaidah Kebahasaan Teks Persuasif
Contoh Kaidah Kebahasaan Teks Persuasif

Selain syarat-syarat yang sudah disebutkan diatas, untuk membuat contoh teks persuasif kita juga perlu mengetahui kaidah kebahasaan teks persuasif.

Dengan mengetahui kaidah kebahasaan tersebut nantinya kita akan mengetahui kata-kata khusus yang mencerminkan bagaimana teks tersebut.

Apakah teks itu merupakan teks persuasif atau malah merupakan contoh teks prosedur membuat makanan misalnya.

Adapun kaidah kebahasaan teks persuasif adalah sebagai berikut:

  1. Memakai kata bujukan atau ajakan seperti penting, harus, ayo, waspadalah, dan lain sebagainya.
  2. Menggunakan kata kerja imperatif seperti contoh kata jadikanlah, hendaknya, waspadalah, dan sejenisnya.
  3. Memakai kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang di bahas. Kemudian yang di maksud dengan kata-kata teknis atau peristilahan adalah kata-kata atau istilah dalam penyebutan sesuatu. Contoh teks yang dipakai dalam bahasa persuasif adalah teknologi internet, reproduksi, aborsi dan lain sebagainya.
  4. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif. Penggunaan kata hubung ini memiliki tujuan untuk memberikan penekanan pada suatu pernyataan. Contohnya kata karena, jika, akibatnya, oleh karena itu, dengan demikian, dan sebagainya.

Contoh Teks Persuasif

1. Contoh Teks Persuasif Singkat

Contoh Teks Persuasif Singkat
Bahaya Rokok Contoh Teks Persuasif Singkat

Waspada Rokok Meskipun Sebatang

Alinea Pembuka

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika di dalam rokok terkandung nikotin dan juga tar. Nikotin dan tar merupakan zat kimia yang sangat berbahaya buat sistem pernafasan.

Selain tar dan nikotin yang disebutkan di dalam kemasannya, sebenarnya di dalam satu batang rokok terkandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun.

Alinea Penjelas

Semakin besar tar dan nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok, maka akan semakin besar pula dampak yang diberikan kepada tubuh kita.

Dampak tersebut bukan hanya diterima oleh perokok saja, tetapi juga orang-orang disekitarnya. Orang-orang tersebut disebut dengan perokok pasif.

Baik perokok aktif maupun pasif, keduanya akan terkena dampak yang sama. Dampak yang ditimbulkan dari rokok diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. 

Selain dampak di atas, merokok juga sangat berbahaya buat wanita hamil dan juga janin. 

Alinea Penutup

Dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari rokok, maka alangkah baiknya jika kita menghindari diri dari rokok.

Dengan tidak merokok akan membuat tubuh kita menjadi sehat serta mengurangi pencemaran polusi udara. Selain itu juga dengan tidak merokok maka kita tidak merugikan orang lain.

Untuk itu sebaiknya hindarilah rokok. Karena di dalam rokok lebih besar bahayanya daripada manfaatnya.

2. Contoh Teks persuasif dan Strukturnya

Contoh Teks Persuasif dan Strukturnya
Interaksi Sosial Manusia Contoh Teks Persuasif dan Strukturnya

(Bagian Alinea Pembuka)

Di dalam ilmu sosiologi sudah dijelaskan jika manusia merupakan makhluk homo sapiens. maksud dari homo sapien adalah manusia sebagai makhluk sosial yang tidak akan bisa terlepas dari ketergantungannya dengan manusia lain. 

Manusia tidak akan bisa sendiri tanpa bantuan dan interaksi dengan individu lainnya. Manusia tidak akan mampu untuk mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

(Bagian Batang Tubuh)

Setiap manusia akan selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Kehidupan tersebut menjadi sebuah takdir manusia untuk hidup di dalam lingkungan.

Kemudian di lingkungan yang lebih luas lagi, setiap lingkungan akan selalu membutuhkan lingkungan lain dan berinteraksi dengan lingkungan tersebut. 

Kita ambil contoh masyarakat dalam lingkup perkotaan, akan selalu membutuhkan kebutuhan pokok yang dihasilkan oleh masyarakat pedesaan.

Begitu juga sebaliknya, masyarakat di lingkungan pedesaan akan selalu berinteraksi dengan masyarakat perkotaan dalam memenuhi kebutuhannya. 

Contohnya seperti kebutuhan akan seperti minyak goreng, sabun, pakaian, dan lain sebagainya.

Contoh diatas merupakan potongan kecil dalam kehidupan manusia. Manusia akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi tersebut bisa bersifat terkecil antar sesama manusia hingga interaksi antar kelompok.

Manusia mampu mencukupi semua kebutuhannya karena adanya manusia lainnya. Proses interaksi ini bisa berwujud barter untuk mencukupi kebutuhan maupun yang lainnya.

Hal ini pun sudah menjadi sebuah kodrat jika manusia memiliki ketergantungan dan akan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.

(Bagian Penutup)

Oleh sebab itu, marilah kita merenungkan kembali fungsi dari interaksi sosial dengan masyarakat sekitar kita. Marilah kita bersama mengembalikan budaya luhur bangsa Indonesia yakni budaya tolong menolong. 

Kita harus membantu siap sedia untuk membantu masyarakat yang yang membutuhkan pertolongan terutama di lingkungan sekitar. Kemudian di dalam memberikan pertolongan, kita harus melakukan tanpa mengharap pamrih. 

Hal ini karena nanti jika tiba saatnya, kita pun akan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

3. Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Contoh Teks Persuasif Pendidikan
Membangun Pendidikan Bangsa Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Membangun Pendidikan Bangsa

Masyarakat merupakan aset pembangunan bangsa. Masyarakat yang berkualitas serta tingkat Sumber Daya Manusia yang tinggi dapat menjadi roda penggerak pembangunan di Indonesia. 

Akan tetapi dengan jumlah penduduk yang besar dan tidak diiringi dengan kualitas SDM yang bagus, malah akan menjadi beban pembangunan. karena hal inilah Karena itulah kualitas SDM di Indonesia harus ditingkatkan.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan. 

Masyarakat Indonesia perlu sadar pendidikan. Mereka wajib mengenyam pendidikan yang bagus. Kemudian agar kualitas pendidikan menjadi bagus, kualitas pengajaran dan kurikulum pun harus ditingkatkan.

Sistem pendidikan harus dirancang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Dengan jalan pendidikan maka pola hidup dan pola pikir masyarakat diharapkan dapat berubah.

Hal ini karena salah satu kunci untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik adalah dengan pendidikan. Dengan menempuh jalan pendidikan, maka akan dapat membuka kesempatan bagi para kaum muda untuk mencapai cita-cita mereka. 

Tanpa adanya pendidikan, maka masyarakat Indonesia tidak akan bisa mengerti perkembangan dunia. Sehingga mereka akan tertinggal dengan bangsa lainnya. Selain itu juga mereka juga tidak akan punya bekal dasar untuk menjalani kehidupan.

Jadi, pendidikan sangat berperan penting untuk mendorong kemajuan bangsa. Jika kualitas pendidikan yang dimiliki bangsa Indonesia sudah bagus, maka secara tidak langsung kualitas Sumber Daya Manusia nya juga bagus.

Dengan  adanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka pembangunan bangsa Indonesia akan menjadi lebih potensial. Untuk itulah mari kita dukung dan sukseskan program wajib belajar yang ada di Indonesia.

4. Contoh Teks Persuasi Politik

Contoh Teks Persuasif Politik
Pilkades Contoh Teks Persuasif Politik

Pemilihan Kepala Desa Sido Makmur tinggal menghitung hari. Dalam pemilihan Kepala Desa ini jangan sampai masyarakat Desa Sido Makmur mengabaikan haknya.

Pemilihan kepala desa ini merupakan sarana untuk memilih pemimpin yang akan menentukan nasib mereka 5 tahun mendatang.

Kita sebagai warga desa yang baik, kita pun harus peduli dengan desa tempat kita dilahirkan dengan cara turut serta memilih kepala desa yang mumpuni.

Kita harus menggunakan hak pilih secara bijak dengan cara memilih pemimpin yang sudah terbukti amanah dan bisa memajukan Desa Sido Makmur ke depannya. 

Untuk memilih pemimpin yang berkompeten, kita harus melihat visi misinya. Dari visi misi yang ada, pilihlah pemimpin yang mempunyai visi misi cerdas untuk membangun desa.

Maka dari itu, Pilihlah Bapak Sunyoto yang sudah teruji dan terbukti bisa memberikan ide-ide visioner untuk mengubah desa ini menjadi desa yang maju, dan mandiri dalam perindustrian.

Tidak usah takut dan jangan ragu untuk memilih. Kita pastikan bersama untuk menggunakan hak pilih kita hanya untuk mencoblos Bapak Sunyoto, calon Kepala Desa Sido Makmur.

Jangan sampai kita menyesal karena telah salah memilih calon pemimpin. Jangan sampai Desa Sido Makmur ini nantinya dipimpin oleh kepala desa yang tidak amanah dan tak memiliki integritas sebagai seorang pemimpin.

Sudah saatnya Desa Sido Makmur untuk berbenah dan berubah menjadi lebih baik, lebih maju dan rakyatnya sejahtera. 

Jadi, jangan lupa pada tanggal 14 Desember 2021 nanti, pastikan Anda datang ke TPS yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mencoblos calon kepada desa nomor 01 yaitu Bapak Sunyoto. 

Mari bersama-sama kita wujudkan Desa Sido Makmur yang maju dan mandiri di dalam perindustrian.

5. Contoh Teks Persuasi Propaganda

Contoh Teks Persuasif Propaganda
Perbanyak Minum Air Putih

Untuk membuat sebuah contoh teks persuasif propaganda, kita bisa melihatnya di media massa, baik itu media cetak, seperti koran maupun media online.

Adapun tujuan dari teks persuasi propaganda ini adalah sebuah himbauan yang yang ditujukan untuk mempengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai sesuatu hal.

Adapun contoh teks persuasi propaganda seperti di bawah ini:

Perbanyak Minum Air Putih

Kita sebagai manusia pastinya sangat membutuhkan banyak asupan air putih. Apabila kita kekurangan air putih, maka tubuh kita akan menjadi dehidrasi. 

Ketika terkena dehidrasi, selain rasa haus, kita juga bisa terkena sesak nafas, denyut nadi cepat tapi lemah, demam, tekanan darah rendah, kulit kering, bahkan menyebabkan kehilangan kesadaran atau pingsan. 

Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board menganjurkan bagi perempuan setidaknya mendapatkan asupan air putih sebanyak 2,7 liter. Sementara laki-laki setidaknya mendapatkan asupan air putih sebanyak 3,7 liter.

Adapun waktu untuk minum air putih adalah ketika bangun tidur, saat haus, lelah, sesudah atau sebelum makan. Kita tidak perlu mengkonsumsi air putih secara berlebihan, secukupnya saja sesuai kebutuhan harian.

Dengan mengkonsumsi air putih yang sesuai, maka sistem metabolisme, pencernaan, dan pernapasan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memenuhi asupan air putih kita. Agar tetap sehat dan bugar, ayo minum air putih setiap hari!

6. Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Contoh Teks Persuasif Kesehatan
Membiasakan Sarapan Contoh Teks Persuasif Kesehatan

Membiasakan Sarapan

Apakah diantara kalian ada yang punya kebiasaan sering melewatkan sarapan? Jika kalian termasuk di dalamnya, mulai dari sekarang kalian cobalah untuk selalu menyantap sarapan pagi sebelum beraktivitas seharian. 

Jika tubuh tidak diberi asupan maka tubuh akan terasa lemas sepanjang hari. Hal ini karena tidak ada yang dapat diuraikan menjadi energi.

Jika kebiasaan kalian tidak sarapan ini terus terulang, maka akan menyebabkan kalian akan mudah lelah meskipun sudah makan. 

Jika sudah demikian , maka aktivitas yang kalian lakukan juga akan terganggu. Hal ini karena asupan yang tidak terpenuhi membuat performa tubuh yang berkurang. Selain itu juga kalian akan mudah terkena penyakit.

Untuk menu sarapan dipagi hari, sebaiknya kalian memilih makanan yang mengandung karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. 

Kemudian kalian sarapan secukupnya untuk membantu pengoptimalan kerja organ. Jika kalian makan makanan terlalu banyak malah akan menyebabkan mudah mengantuk. 

Jadi makanlah sesuai porsi kalian dan jangan berlebihan agar kalian merasa segar saat beraktivitas.

Karena itulah biasakan hidup sehat mulai sekarang dimulai dari sarapan di pagi hari dan memakan makanan yang sehat. Ingat! Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

7. Contoh Teks Persuasif Advertensi (Iklan)

Contoh Teks Persuasif Iklan Advertensi
Contoh Teks Persuasif Iklan Advertensi

Apakah diantara kalian ada yang sering mengalami kesemutan dan nyeri di persendian? Mungkin yang kalian rasakan adalah gejala asam urat.

Kesemutan dan nyeri ini terjadi karena adanya penumpukan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah atau biasa disebut dengan istilah lemak darah. 

Kemudian penumpukan kolesterol jahat ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan asam urat. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka lemak darah yang tinggi akan menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Kemudian jika kondisi ini semakin parah, maka besar kemungkinan beresiko serangan stroke atau jantung. Lebih lanjut, kematian merupakan resiko terbesar dari penyumbatan pembuluh darah.

Maka dari itu jangan sekalipun menganggap enteng dengan kadar kolesterol kalian.

Sebenarnya, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa dilenyapkan dengan air yang ber-pH basa/alkali. 

Air dengan kandungan pH yang tinggi dapat berguna untuk melarutkan kolesterol yang mengendap dalam pembuluh darah dan kemudian mengeluarkannya bersama kotoran.

Untuk mendapatkan air dengan kandungan pH yang tinggi, kalian bisa mendapatkannya dari Air Alkali Zerni.

Perlu kalian ketahui jika kadar basa dalam air alkali Zernii sangat baik untuk tubuh. Air Alkali Zernii dapat membuat perut tidak kembung, meskipun diminum dalam jumlah banyak.

Perlu kalian ketahui jika Zernii adalah air alkali yang melalui proses alami tanpa tambahan mineral. Air ini tidak seperti air mineral lainnya yang diproses dengan proses kimia agar pHnya menjadi basa.

Adapun produksinya sendiri, Zernii diproduksi dengan sistem penyulingan alami.

Kemudian untuk menjamin kemurniannya, Air alkali Zernii diambil dari mata air pegunungan daerah Jawa Barat yang memang terkenal bersih dan higienis. 

Selain itu air tersebut disuling dan dikemas dengan sistem yang halal dan syar’i. Selanjutnya ketika proses pengemasan, air alkali Zernii juga diperdengarkan ayat-ayat suci Al Qur’an agar terbentuk kristal air yang bermanfaat.

Jadi kalian tunggu apalagi, segera dapatkan air alkali Zernii di agen-agen dan distributor resmi Kami. 

Jangan tunggu kalian sakit. Segera konsumsi Zernii mulai dari saat ini dan rasakan manfaatnya. Selain itu jika kalian menjadi menjadi member, kalian akan mendapatkan harga spesialnya dari kami.

8. Contoh Teks Persuasif tentang Bencana Alam

Contoh Teks Persuasif tentang Bencana Alam
Contoh Teks Persuasif tentang Bencana Alam

Penyebab Terjadinya Banjir

Di Indonesia, terutama pada musim penghujan kerap kali terjadi bencana alam yang namanya banjir. Banjir ini lebih sering terjadi di wilayah Ibukota Jakarta. 

Banjir yang terjadi di Jakarta selalu terjadi setiap tahunnya. Banjir selalu terjadi baik di saat masuk ataupun puncak musim penghujan tiba.

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika bencana banjir pasti selalu menyebabkan kerugian material maupun non-material.

Membahas masalah banjir tidak akan ada habisnya. Semua saling tuding dan saling menyalahkan penyebab terjadinya banjir.

Kemudian masyarakat pun banyak yang tutup mata dan hanya menyalahkan pihak pemerintah saja saat banjir tiba. 

Padahal membahas permasalahan banjir, masyarakat pun juga harus introspeksi diri dengan banjir tahunan yang selalu melanda ini.

Padahal jika dilihat lebih jauh, penyebab terjadinya banjir bukan hanya karena intensitas hujan yang tinggi. 

Mengapa demikian? Hal ini karena walaupun intensitas hujan sedang tinggi, jika air bisa mengalir dengan lancar, maka banjir kemungkinan kecil akan terjadi. 

Lantas, apa sebenarnya penyebab banjir itu sendiri? Penyebab banjir itu sendiri adalah karena ulah manusia. Manusia merusak lingkungannya yang kemudian menjadi faktor utama.

Budaya masyarakat yang masih suka buang sampah sembaranganlah yang menjadi salah satu faktor utama penyebab banjir. Sampah yang dibuang di perairan seperti sungai atau danau.

Selain itu demi kepentingan ekonomi, manusia rela menebang pohon dan menggunduli hutan. Hal mengakibatkan hutan yang ada menjadi gundul. Selain itu, hutan yang menjadi hulu sungai menjadi gundul tanpa penutup lahan.

Hal inilah yang membuat air hujan yang jatuh tidak dapat terserap kedalam tanah. Mengapa bisa seperti itu?

Hutan-hutan yang kehilangan pohonnya membuat tidak ada akar yang menyerap air hujan. Inilah yang membuat air yang jatuh langsung mengalir ke sungai.

Sialnya, sungai yang dialiri air penuh dengan sampah yang membuat aliran airnya terganggu. 

Air yang semakin menumpuk membuat genangan yang semakin membesar dan berubah jadi banjir. Banjir yang datang pun memberikan dampak baik kerugian materi sampai korban jiwa pun tidak bisa dihindari.

Karena hal itulah, mari kita sadar diri untuk kembali merawat alam kita tercinta. Kita sebagai manusia tidak akan bisa hidup sendiri.

Kita sangat bergantung kepada alam sekitar. Lingkungan kita pun hanya ada satu di dunia. Jika kita merusak alam dan tidak mau merawatnya, lantas akan tinggal dimana kita nantinya?

Marilah kita bersama, bahu membahu mengatasi banjir yang datang dengan senantiasa menjaga kelestarian alam. Jangan lagi kita menebang pohon sembarangan dan jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

9. Contoh Teks Persuasif Covid 19

Contoh Teks Persuasif Covid 19
Stay at Home Contoh Teks Persuasif Covid 19

Stay at Home

Alinea Pembuka:

Semenjak pandemi COVID 19 yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020, virus ini kemudian membuat dampak yang luar biasa bagi kita. Kejadian demi kejadian selalu menghantui kita.

Selain itu juga, pandemi membuat kita untuk menjaga jarak, tetap di rumah, dan tidak bersentuhan dengan orang lain. 

Disamping itu, salah satu dampak nyata dari virus ini adalah banyaknya tempat usaha yang tutup atau terpaksa gulung tikar akibat pandemi yang belum mereda. 

Alinea Penjelas:

Tercatat hingga Desember 2020 terjadi lebih dari 700.000 kasus baru di Indonesia. Angkat segitu yang terhitung sejak Maret 2020 tentunya bukan angka yang kecil.

Kita bayangkan saja betapa sibuknya para petugas kesehatan atau tenaga medis untuk senantiasa terjaga dalam tugasnya.

Mereka rela berjuang siang dan malam agar orang-orang yang terpapar tetap hidup dan bisa sembuh seperti semua.

Mereka juga merindukan keluarga masing-masing, sama seperti kita semua. Selain itu juga banyak dari tenaga medis yang berguguran dalam tugas menjaga kesehatan bangsa.

Lalu mau sampai kapan pandemi ini akan terus terjadi?

Inilah mengapa kita perlu menahan diri untuk tidak keluar rumah kecuali urusan yang mendesak. Semua ini bukan hanya demi kita sendiri, tetapi juga demi keluarga kita, dan demi orang lain. 

Lalu, apa yang bisa kita lakukan di rumah? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah. Kita bisa menonton film seperti drama korea, maupun yang lainnya.

Selain itu pun sekarang banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan di rumah. Pemanfaatan teknologi disini benar-benar dimaksimalkan. Kita bisa meeting bisa secara virtual, mengikuti kelas online untuk memperbaharui atau menambah skill.

Disamping itu, perkuliahan dan juga pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Yang lebih penting, kita bisa quality time sama keluarga kita.

Meskipun kita terhalang oleh jarak, tetapi hal itu bukan suatu persoalan. Kita tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman kita, tetap bisa saling mendukung dan mendoakan satu sama lain. 

Alinea Penutup:

Kita tidak bisa memutuskan persoalan dengan cara egois seperti keluar rumah hanya untuk sekedar nongkrong. Apalagi keluar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Di tengah pandemi yang masih belum surut, kita tidak pernah tahu dengan siapa kita tertular ataupun malah kita menularkan virus kepada orang lain.

Kita tidak tahu apakah kita terpapar atau tidak, Jangan sampai keluarga kita, saudara, teman-teman kita terpapar virus hanya karena keegoisan kita untuk keluar seenaknya.

Kita pun tidak bisa menyalahkan siapapun jika hal itu benar terjadi bukan? 

Oleh karena itu, tetap di rumah dan be safe merupakan langkah yang harus kita lakukan, Hal ini agar rantai penyebaran virus ini bisa segera terputus dan pandemi ini bisa cepat hilang untuk kebaikan kita sendiri dan juga kita semua.

Nah itu tadi kumpulan contoh teks persuasif yang bisa kita jadikan referensi. Jika ada pertanyaan maupun yang lainnya, silahkan sampaikan langsung di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply