Cara Membuat Barcode Grup WA

Cara Membuat Barcode Grup WA – WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang terus berkembang, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membuat grup obrolan dengan mudah. 

Namun, apakah kalian tahu bahwa sekarang ada cara baru untuk mengundang anggota ke grup WhatsApp menggunakan kode QR? 

Dalam artikel ini, kalian akan belajar cara membuat barcode grup WA dan memfasilitasi anggota bergabung tanpa perlu admin atau tautan undangan.

Mengapa Menggunakan Barcode Grup WA?

Cara Membuat Barcode Grup WA Mengapa Menggunakan Barcode Grup WA
Cara Membuat Barcode Grup WA

Sebelum kita masuk ke detail tentang cara membuat barcode grup WA, mari kita bahas mengapa penggunaan kode QR ini menjadi populer. 

Kode QR grup WhatsApp dapat menjadi alternatif yang efisien untuk mengundang anggota ke dalam grup. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menggunakan kode QR grup WhatsApp:

  • Mudah Dibagikan: Kode QR grup WhatsApp dapat dengan mudah dibagikan melalui media sosial, email, atau pesan teks. Kalian dapat mempostingnya di platform sosial kalian atau mengirimkannya langsung kepada calon anggota grup.
  • Memudahkan Bergabung: Dengan memindai kode QR grup WhatsApp, anggota potensial dapat langsung bergabung dengan grup tanpa perlu menunggu undangan atau persetujuan dari admin.
  • Tidak Memerlukan Admin: Dengan menggunakan kode QR, anggota grup dapat bergabung secara mandiri tanpa perlu campur tangan admin. Ini memungkinkan grup untuk terbuka bagi siapa saja yang tertarik.
  • Lebih Aman: Kode QR grup WhatsApp dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena hanya orang dengan kode QR yang dapat bergabung dengan grup. Ini membantu mencegah masuknya anggota yang tidak diinginkan atau spam.

Cara Membuat Barcode Grup WA

Cara Membuat Barcode Grup WA

Untuk cara membuat barcode grup WA, langkah-langkah di bawah ini akan membantu kalian melakukannya dengan mudah:

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp Kalian

Langkah pertama cara membuat barcode grup WA adalah membuka aplikasi WhatsApp kalian di ponsel pintar. Pastikan kalian sudah masuk ke akun WhatsApp kalian sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Banyak dibaca:  WhatsApp Mod Terbaik

Langkah 2: Buka Grup yang Ingin Kalian Buat Kode QR-nya

Setelah kalian masuk ke aplikasi WhatsApp, buka grup yang ingin kalian buat kode QR-nya. Pastikan kalian adalah admin grup atau memiliki izin untuk mengedit pengaturan grup.

Langkah 3: Buka Pengaturan Grup

Di dalam grup WhatsApp, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu opsi grup. Pilih opsi “Info Grup” atau “Pengaturan Grup” dari menu ini.

Langkah 4: Undang Via Tautan

Pada halaman Pengaturan Grup, kalian scroll ke bawah hingga ketemu Undang via tautan. Kalian pilih “Undang via tautan” dan kalian akan mendapatkan berbagai opsi Tautan undangan.

Langkah 5: Pilih “Kode QR Grup”

Di halaman Tautan Undangan, gulir ke bawah hingga kalian menemukan opsi “Kode QR Grup”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 6: Bagikan atau Unduh Barcode Grup WA

Setelah kalian memilih opsi “Kode QR Grup”, kalian akan melihat kode QR yang terkait dengan grup tersebut. kalian pilih Bagikan yang ada di pojok atas. Setelah itu kalian memiliki dua opsi di sini:

  • Bagikan Kode QR: Kalian dapat membagikan kode QR grup WhatsApp ini dengan mengirimkannya melalui pesan teks, email, atau mempostingnya di media sosial.
  • Unduh Kode QR: Jika kalian ingin menyimpan kode QR secara lokal di perangkat kalian, kalian dapat memilih opsi “Edit” kemudian simpan hasil editan di perangkat kalian.

Langkah 7: Anggota Pindai Kode QR untuk Bergabung

Setelah kalian membagikan atau mengunduh kode QR grup WhatsApp, anggota potensial dapat memindai kode QR tersebut untuk bergabung dengan grup. Mereka dapat menggunakan aplikasi pemindai kode QR di ponsel mereka untuk melakukan ini.

Langkah 8: Bergabung dengan Grup WhatsApp

Setelah anggota memindai kode QR grup WhatsApp dengan sukses, mereka akan diberikan opsi untuk bergabung dengan grup. Mereka dapat mengklik tombol “Bergabung” untuk menjadi anggota grup.

Tips dan Trik untuk Menggunakan Barcode Grup WA

Cara Membuat Barcode Grup WA Mengapa Menggunakan Barcode Grup WA
Cara Membuat Barcode Grup WA

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang berguna untuk menggunakan kode QR grup WhatsApp dengan efektif:

  • Membagikan Kode QR dengan Tepat: Pastikan kalian membagikan kode QR grup WhatsApp dengan orang-orang yang ingin kalian undang. Jelaskan dengan jelas apa yang diharapkan dari anggota grup dan pastikan mereka memahami aturan dan tujuan grup sebelum mereka bergabung.
  • Perbarui Kode QR Secara Berkala: Untuk menjaga keamanan grup, pertimbangkan untuk memperbarui kode QR secara berkala. Dengan memperbarui kode QR, kalian dapat memastikan hanya orang yang diinginkan yang dapat bergabung dengan grup.
  • Berikan Izin Admin dengan Bijak: Jika kalian adalah admin grup, pastikan kalian memberikan izin admin dengan bijak. Pilih anggota grup yang dapat dipercaya dan memiliki niat yang baik untuk membantu memoderasi dan mengelola grup dengan baik.
  • Periksa Anggota Secara Teratur: Selalu periksa daftar anggota grup secara teratur untuk memastikan bahwa anggota yang ada mematuhi aturan dan etika grup. Jika ada anggota yang melanggar, pertimbangkan untuk menghapusnya dari grup.
Banyak dibaca:  Cara Membuka Blokir di FB

Penutup

Cara membuat barcode grup WA adalah cara yang efisien dan mudah untuk mengundang anggota ke grup tanpa perlu admin atau tautan undangan. 

Dengan mengikuti langkah-langkah cara yang disebutkan di atas, kalian dapat membuat barcode grup WA dan memudahkan anggota bergabung dengan grup kalian. 

Pastikan untuk membagikan kode QR dengan tepat dan memperbarui kode QR secara berkala untuk menjaga keamanan grup. Selamat membuat barcode grup WA dan semoga grup kalian berkembang dengan baik!

Leave a Reply