Pesona Pantai Kedung Tumpang

Tulungagung mungkin memang tidak se-populer Malang atau bahkan Surabaya dalam ide wisata. Namun, bukan berarti kawasan ini tidak memiliki tempat wisata yang indah untuk ide liburan. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Pantai Kedung Tumpang yang berada di kawasan Pucanglaban, Tulungagung Jawa Timur.

Ya, Keindahan Pantai Kedung Tumpang Tulung Agung Jatim adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di kawasan Tulungagung Regency, East Java. Pantai ini menyediakan lanskap alam yang sangat indah dan pasir putih yang panjang serta cocok buat menikmati indahnya sunset dan sunrise. Tidak hanya itu, kebersihan pantai ini pun sangat terjaga.

Mitos Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Jawa Timur

Pantai Kedung Tumpang Mitos dan Larangan

Pantai dengan bentuk batu karang yang unik tentu menyajikan pemandangan laut yang dramatis. Walau memiliki pemandangan yang eksotis, tapi Anda mesti selalu waspada.

Ini karena ombak di pantai Kedung tumpang Tulungagung Jatim tidak bisa dianggap sepele, sama seperti mayoritas pantai selatan lainnya. Anda bisa melihat gugusan karang di bibir pantai yang tergerus karena kuatnya ombak dari laut Selatan.

Selain ombaknya yang tergolong ganas, ada juga mitos yang beredar di masyarakat setempat yaitu larangan membawa buah jeruk.

Lalu kenapa di pantai Kedung Tumpang dilarang membawa jeruk? Mitos yang beredar yaitu buah jeruk bisa mengundang ombak besar sehingga sangat membahayakan pengunjung, bahkan sampai terseret ombak .

Pantangan ini bukan hanya berlaku buat pengunjung saja, tapi bagi warga sekitar juga. Menurut penuturan warga, pernah ada salah satu pengunjung yang datang ke tempat ini yang tidak memperdulikan larangan tersebut untuk tidak membawa buah jeruk maka terjadilah sesuatu yang tidak diinginkan.

Terlepas dari mitos yang beredar, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dan juga jangan sampai melakukan aksi vandal dengan mencoret coret atau merusak lingkungan sekitar Pantai. Selain itu, kita sebagai wisatawan harus menghormati segala pantangan ataupun larangan yang berlaku.

Kita tak perlu mempertanyakan apakah kebenaran dari segala konsekuensi yang terjadi apabila kita melakukannya. 

Dengan menjadi pengunjung yang baik, kita pun akan mendapatkan apa yang kita inginkan yaitu berwisata yang tujuannya untuk menghilangkan pikiran negatif dengan melihat indahnya alam dan segala kebesaran yang dimiliki oleh Sang Pencipta.

Harga Tiket di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tiket Masuk

Perlu diketahui bahwa Pantai Kedung Tumpang adalah pantai yang baru sehingga pengelolaan dari pemerintah bisa dikatakan belum terlalu maksimal, termasuk penyediaan portal untuk pembelian tiket. Oleh karena itu, belum ada petugas yang akan menarik fee tiket kepada pengunjung kecuali di hari libur.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Kelapa

Nah, jika Anda ingin pergi ke Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung dan bebas dari biaya masuk, datanglah pada hari biasa. Hal ini dikarenakan pada hari libur, ada petugas yang akan menarik tiket masuk sebesar Rp 5.000 per pengunjung. Bandingkan juga dengan tiket masuk Pantai Kelapa Tuban.

Meskipun demikian, jika dilihat dari nominalnya, harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau. Harga tiket tentu belum termasuk biaya parkir di kawasan pantai, yakni Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Lihat juga pesona dan keindahan Pantai Lenggoksono Malang Jawa Timur.

Objek Wisata Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung

1) Karang

Pantai Kedung Tumpang Objek Wisata karang

Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu pantai yang memiliki karang cukup besar. Selain sebagai penahan dan pemecah ombak, karang alami ini memberikan keindahan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Ya, akan ada deburan air laut yang terbentuk dari tabrakan ombak dan karang. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Pantai ini. Terlebih, lokasi karang tersebut tidak jauh dari bibir pantai sehingga pengunjung pun bisa menuju ke karang dengan mudah. Nikmati juga keindahan Pantai Klayar Pacitan.

2) Tebing

Pantai Kedung Tumpang Objek Wisata Tebing

Sekitar Pantai Kedung Tumpang Pucanglaban Tulungagung dikelilingi oleh tebing yang bisa dikatakan cukup tinggi. Tebing ini bisa dijadikan spot untuk melihat keindahan pantai dari atas. Tentu, setiap pengunjung yang datang harus mendaki tebing tersebut untuk merasakan keindahan pantai yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa jalan menuju ke tebing cukup terjal. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan sepatu atau alas kaki lain yang mendukung untuk mendaki tebing tersebut. Biasanya, kawasan tebing ini cukup padat pengunjung saat sore hari menjelang matahari terbenam.

3) Spot Foto

Pantai Kedung Tumpang Objek Spot foto

Pantai Kedung Tumpang menyediakan cukup banyak spot foto yang bisa dikatakan sangat indah dan menarik. Memang, belum ada boot untuk foto yang dibangun pengelola di sekitar pantai sebagaimana yang banyak ditemukan di lokasi wisata saat ini. Namun, pantai ini memiliki background alam yang luar biasa indah.

Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang laut yang bergejolak, sunset yang memerah, sunrise atau bahkan tebing yang cukup tinggi di Pantai Kedung Tumpang, Pucanglaban.

Kondisi pantai yang bisa dikatakan masih cukup sepi membuat para pengunjung bisa berfoto dengan puas tanpa ada gangguan dari keramaian. Bahkan, pantai ini kerap dijadikan area foto untuk urusan pernikahan.

4) Spot Berburu Matahari

Pantai Kedung Tumpang Objek Matahari

Tidak dimungkiri jika pantai adalah salah satu spot berburu matahari yang sangat mempesona. Ya, di pantai, Anda bisa menikmati matahari sore dan pagi dengan leluasa dan indah.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Rongkang

Menariknya, Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu spot terbaik yang ada di kawasan Tulungagung untuk menikmati keindahan matahari.

Akan ada sunset yang memerah dengan indah di sore hari. Tentu, menikmati matahari sore sambil duduk di pasir putih bersih pantai ini akan sangat menarik. Selain sunset, pantai ini juga menjadi spot melihat sunrise yang sangat tepat.

Biasanya, pengunjung akan membuat camping di pantai ini untuk menikmati sunrise di pagi hari.

Tips Berwisata ke Pantai Kedung Tumpang.

Pantai Kedung Tumpang Tips Berwisata

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk berwisata ke pantai ini agar liburan lebih menyenangkan. Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena lokasi pantai dari tempat parkir masih jauh. Juga, jika Anda ingin menuju ke puncak tebing yang ada di pantai ini
  • Hindari bermain air laut kecuali hanya di tepian pantai saja karena ada kemungkinan ombak datang sewaktu-waktu
  • Bawa beberapa bekal dan makanan saat berlibur karena belum tersedianya warung makan ataupun makanan ringan lain yang memadai
  • Bawa plastik untuk tempat sampah sementara karena ketersediaan tempat sampah yang masih minim di sekitar pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Rute Menuju Lokasi

Alamat lokasi Pantai Kedung Tumpang berada di Area Perkebunan Dan Perbukitan Pucang Laban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66284. Jalan menuju ke pantai ini bisa di akses dari berbagai arah, salah satunya dari Blitar. Hanya saja akses dan rute menuju ke sana tergolong cukup berat. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua saja.

Adapun jarak pantai ini terletak sekitar 34,4 kilometer dari pusat kota Tulungagung yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menuju ke pantai ini, perjalanan bisa dimulai dari Jalan Pesantren.

Telusuri jalan ini sepanjang sekitar 1,5 kilometer lalu belok kiri. Lurus sepanjang 2 kilometer dan belok kanan menuju ke jalan Kalidawir – Panjerejo. Setelah itu, lurus hingga menemukan gedung rumah sakit yang ada di persimpangan jalan. Lurus sepanjang 2 kilometer dan belok kanan melewati SPBU di kiri jalan.

Ikuti jalan tersebut sepanjang 3 kilometer dam belok kiri. Setelah sekitar 1,5 kilometer, belok kanan menuju ke Jalan Demak. Ada jalan yang cukup menanjak dan berkelok di sini. Ikuti jalan tersebut sepanjang 21 kilometer hingga sampai ke bibir pantai.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu pantai yang istimewa untuk dikunjungi. Kondisi pantai yang masih asri dan sepi tentu dapat menjadi alasan kenapa Anda berlibur ke sana. Nah, segera kunjungi dan nikmati liburan Anda!

Leave a Reply