Makanan Khas Lampung

Makanan Khas Lampung – Lampung adalah salah satu kota yang terletak tidak jauh dari ibu kota. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan diteruskan dengan menyeberang menggunakan kapal feri untuk bisa sampai kesana.

Kota yang populer dengan pisang berkualitas tinggi ini mempunyai banyak spot foto yang menarik, sehingga tidak heran banyak wisatawan yang mengunjunginya hanya untuk mengambil view gambar terbaik.

Tapi, kurang lengkap rasanya jika sudah sampai di Lampung dan tidak mencoba makanan khas Lampung.


Video Makanan Khas Lampung Pepes Ayam + Sambal

Nah, agar Kamu tidak bingung makanan apa saja yang harus Kamu cicipi saat berlibur kesana. Berikut beberapa kuliner khas dari kota Lampung yang layak dan wajib dicoba.

Nama Makanan Khas Lampung dan Penjelasannya

Gulai Taboh

Nama Makanan Khas Lampung Gulai Taboh

Gambar Nama Makanan Khas Lampung Gulai Taboh

Gulai taboh adalah hidangan yang terbuat dari ikan dan kemudian dimasak bersama dengan santan. Selain ikan, ada pula bahan-bahan tambahan lain yang harus dipersiapkan yakni seperti rebung, kacang panjang, kacang merah dan sayur kol.

Melihat dari tampilannya, banyak orang yang mengira bahwa makanan khas Lampung gulai taboh adalah sayur lodeh. Akan tetapi setelah dirasakan, barulah Kamu tahu bahwa masakan ini merupakan gulai. Apalagi ditambah dengan citarasa bumbunya yang sangat kuat.

Kuliner gulai taboh tidak mudah ditemukan, sebab biasanya hanya disajikan pada saat ada acara tertentu saja.

Sedangkan ikan yang biasa digunakan yaitu ikan tuna atau bisa juga menggunakan ikan tongkol. Nama gulai taboh jika diartikan berarti gulai santan.

Pisro

Nama Makanan Khas Lampung Pisro

Gambar Makanan Khas Lampung Pisro

Jika Kamu mendengar pisro, mungkin Kamu langsung akan membayangkan bahwa makanan pisro adalah makanan khas yang terbuat dari singkong dan bercita rasa manis. Namun, sayangnya apa yang Kamu dan kebanyakan orang bayangkan kurang tepat.

Makanan khas Lampung pisro adalah kuliner yang menggunakan ikan sebagai bahan dasar pembuatannya. Memang benar, kebanyakan kuliner khas lampung berbahan dasar ikan.

Ikan yang digunakan untuk membuat pisro adalah ikan betok. Dipilihnya ikan ini sebagai bahan dasar pisro tidak lain karena dagingnya yang tebal. Ikan betok ini kemudian dimasak bersama dengan saus pedas dan sedikit asam.

Panggang Lampung

Makanan Khas Lampung Panggang Lampung

Gambar Makanan Khas Lampung Panggang Lampung

Makanan khas Lampung berbahan dasar ikan lainnya adalah panggang Lampung. Meski sama-sama berbahan dasar ikan, namun cara pengolahannya tentu berbeda. Hidangan ikan kali ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota lampung.

Ikan satu ini diolah dengan cara dipanggang atau kadang juga dengan cara diasap. Hal ini tentunya tidak mengurangi kesegaran dari ikan ini. Bumbu yang dipakai pun tidak terlalu banyak, jadi kegurihan ikan masih jelas terasa.

Panggang Lampung ini akan semakin nikmat apabila disantap dengan nasi yang masih kebul-kebul dan juga dengan sambal. Kamu juga boleh menambahkan bahan pelengkap lain, misalnya kerupuk.

Gegudu

Oleh oleh Makanan Khas Lampung Gegudu

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Lampung Gegudu

Makanan memang tercipta untuk dimakan dan makanan yang enak memang harus bisa dinikmati. Karena hakikatnya makanan itu adalah suatu hal yang sangat indah.

Maka dari itu, tidak hanya makanan berat saja yang bisa Kamu nikmati saat berada di kota Lampung.

Disana Kamu juga bisa menikmati waktu santai disana dengan menikmati cemilan bercita rasa manis. Nama dari cemilan ini adalah gegudu.

Bahan untuk membuat gegudu adalah pisang, yang memang merupakan buah yang banyak ditemukan di kota ini. Pisang ini kemudian dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu dan juga susu.

Dalam penyajiannya, gegudu biasa disajikan dengan selai maupun susu kental manis. Kudapan ini sangat cocok dijadikan sebagai teman ngeteh atau teman ngopi. Pada umumnya, masyarakat Lampung mengkonsumsinya pada sore hari atau pada saat hujan tiba.

Pie Pisang

Oleh oleh Makanan Khas Lampung Pie Pisang

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Lampung Pie Pisang

Seperti diketahui bahwa Lampung sangat terkenal dengan pisang yang memiliki kualitas tinggi, sehingga banyak sekali inovasi berbahan dasar pisang yang dihasilkan di tengah penduduknya.

Salah satu cemilan berbahan dasar pisang yang bisa Kamu nikmati adalah pie pisang. Jenis makanan ini memang tidak hanya bisa ditemukan di Lampung saja, tetapi sudah banyak ditemukan di tempat-tempat lain.

Akan tetapi, oleh oleh makanan khas Lampung pie pisang hadir dengan citarasa yang berbeda dari yang lain. Pie pisang ini juga biasa dibawa sebagai buah tangan dari kola Lampung.

Sehingga untuk menemukan kudapan ini tidaklah sulit. Kamu hanya tinggal datang saja di toko oleh-oleh yang berjajar di setiap sudut kota. Dengan uang 40.000 hingga 50.000 Kamu sudah bisa membawa pulang cemilan manis ini.

Benjak Enjak

Nama Makanan Khas Lampung Benjak Enjak

Gambar Makanan Khas Lampung Benjak Enjak

Benjak enjak adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Lampung yang terkenal. Nama dari kudapan ini memang sedikit unik bahkan agak aneh bagi sebagian orang. Namun, meskipun unik makanan ini ternyata banyak yang suka loh.

Lagi lagi makanan ini menggunakan pisang sebagai bahan dasar pembuatannya. Walaupun pisang disini dijadikan sebagai bahan campuran bersama dengan beras ketan dan gula aren. Ketiga bahan tersebut kemudian dikukus setelah dibentuk seperti pepes.

Benjak enjak adalah kue basah yang bisa bertahan dalam waktu 1-2 hari sehingga aman jika dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung.

Kudapan manis ini sangat tepat disajikan bersama dengan minuman hangat. Apalagi jika sedang dalam suasana santai di pagi ataupun sore hari.

Lempok Durian

Oleh oleh Makanan Khas Lampung Lempok Durian

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Lampung Lempok Durian

Lempok durian lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan nama dodol di kalangan masyarakat Jawa. Teksturnya yang kenyal serta aromanya yang tajam berasal dari buah durian yang ada didalamnya menjadi ciri tersendiri bagi makanan khas Lampung ini.

Rasa manis yang ada di lempok durian ini pun bukanlah rasa manis yang berlebihan sehingga sangat bersahabat di lidah. Terutama bagi orang yang kurang menyukai manis, maka lempok durian ini tetaplah aman untuk dikonsumsi.

Jika ingin mencicipi dodol khas lampung ini, Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sana. Hanya dengan Rp. 25.000 hingga Rp. 35.000 Kamu sudah bisa membawa pulang satu buah lempok durian yang legit.

Makanan Khas Lampung Seruit

Makanan Khas Lampung Seruit

Gambar Makanan Khas Lampung Seruit

Saat sedang ada acara keluarga, acara pernikahan maupun acara adat lainnya hidangan satu ini sering sekali disajikan. Sedangkan untuk masyarakat Papadun sendiri mengonsumsi makanan khas daerah ini hampir setiap hari.

Untuk membuat makanan khas Lampung satu ini, bahan yang harus ada yaitu ikan. Sebab seruit adalah ikan bakar yang dipadukan dengan berbagai macam sambal terasi khas Lampung. Sambal terasi khas lampung biasanya ditambahi dengan tempoyak dan juga buah mangga.

Kamu bisa membuat seruit dengan menggunakan berbagai jenis ikan, tapi ikan yang paling sering digunakan adalah ikan yang banyak ditemukan di sungai seperti ikan baung, ikan layis dan beberapa ikan lainnya.

Dalam penyajiannya, seruit dilengkapi dengan lalapan agar menjadi lebih nikmat. Namun jika Kamu tidak menyukainya maka komponen satu ini boleh dilewatkan.

Makanan Khas Lampung Tempoyak / Tempoyang

Makanan khas Lampung tempoyak atau tempoyang

Gambar Makanan Khas Lampung Tempoyak atau Tempoyang

Wisata kuliner khas Lampung memang menjadi surga bagi para pecinta buah durian. Sebab Kamu bisa menemukan berbagai jenis olahan yang berasal dari durian.

Dari semua olahan tersebut memiliki variasi rasanya masing-masing tanpa menghilangkan rasa khas dari durian. Makanan khas Lampung tempoyak atau tempoyang harus masuk daftar salah satu yang patut Kamu coba, terlebih Kamu pecinta berat durian.

Hal ini karena makanan khas Lampung tempoyak ini memang menggunakan durian sebagai bahan utama pembuatannya, yaitu durian yang sudah difermentasikan. Rasa dari sajian ini sangat nikmat, namun itu bukan berarti pembuatannya sangat sulit.

Proses pengolahan sajian ini justru sangat sederhana dan mudah. Jika tidak percaya, Kamu bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Siapkan daging durian yang sudah dipisahkan dengan bijinya. Usahakan daging yang dipilih adalah daging yang tidak memiliki kandungan air yang banyak. Hal itu bisa diperoleh di buah durian yang berkualitas tinggi dan benar-benar sudah matang
  • Daging durian yang sudah disiapkan tersebut kemudian ditaburi dengan sedikit garam
  • Tambahkan pula cabai rawit sesuai dengan selera Kamu
  • Jika semuanya sudah tercampur lalu tempatkan di sebuah wadah atau tempat tertutup. Selain itu, Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Cara-cara tersebut adalah cara yang digunakan untuk memfermentasikan durian. Setelah didiamkan selama kurang lebih 2 hingga 5 hari hasil fermentasi di atas sudah bisa diolah. Langkah selanjutnya yakni mencampur durian hasil fermentasi dengan ikan.

Jenis ikan yang biasa digunakan untuk mengolah makanan khas Lampung seperti ikan mujair, teri, mas dan beberapa jenis ikan lainnya. Sedangkan untuk pembuatan sambalnya sendiri sama dengan pembuatan sambal pada umumnya.

Umbu

Oleh oleh Makanan Khas Lampung Umbu

Gambar Makanan Khas Lampung Umbu

Rasa pahit memang tidak banyak yang menyukai, akan tetapi bukan berarti makanan bercita rasa pahit ini tidak ada yang menyukai. Nah, hidangan ini dipersembahkan bagi Kamu yang menyukai makanan dengan rasa yang agak pahit.

Umbu ini adalah makanan khas Lampung yang menggunakan bahan dasar rotan muda. Rotan ini terlebih dahulu direbus hingga menghasilkan tekstur yang lunak. Umbu tidak hanya bisa dinikmati secara langsung, tetapi bisa juga dipadukan dengan berbagai jenis makanan lainnya.

Umbu juga kerap dijadikan sebagai bahan utama sayur misalnya seperti oseng-oseng atau juga bisa dijadikan sebagai lalapan. Bahkan masyarakat Lampung sudah menjadikan rotan sebagai bahan makanan yang dimasak sehari-hari.

Namun karena semakin jarangnya rotan, maka umbu juga semakin jarang ditemukan. Sehingga masyarakat Lampung hanya membuat umbu ketika ada acara khusus saja.

Engkak

Oleh oleh Makanan Khas Lampung Engkak

Gambar Oleh oleh Makanan Khas Lampung Engkak

Bahan bahan yang harus disiapkan sebelum cara pembuatannya engkak antara lain gula pasir, telur ayam, tepung ketan putih, susu kental manis mentega dan juga santan. Cukup mudah kan bahan yang harus disiapkan.

Apabila semua bahan sudah dicampurkan secara merata menjadi satu adonan, kini Kamu tinggal memasukkan adonan ke dalam loyang. Namun sebelum itu, sebaiknya olesi loyang dengan mentega dan juga kertas roti sebagai alas agar saat kuenya matang tidak lengket.

Setelah dimasukkan ke dalam loyang, kemudian masukkan loyang ke dalam oven atau pemanggang. Sebenarnya oleh oleh makanan khas Lampung dan cara membuatnya ini hampir sama dengan cara pembuatan kue lapis legit.

Selanjutnya, jika adonan sudah matang dan sudah mengembang Kamu bisa langsung mengeluarkannya dari pemanggang. Diamkan beberapa waktu dan tunggu hingga agak dingin baru dipotong-potong berbentuk persegi panjang.

Mie Lampung

Makanan Mie Khas Lampung

Gambar Mie Khas Lampung

Menu makanan berupa mie memang masih merajai dunia perkulineran yang ada di nusantara ini. Akan tetapi setiap daerah biasanya memiliki ciri khas masing-masing meskipun sama-sama berbentuk mie.

Sama halnya dengan mie khas Lampung ini yang mempunyai tekstur berbeda dari mie-mie lainnya. Mie Lampung teksturnya tidak lembek dan di dalam mie tersebut juga terdapat taburan daging serta bumbu yang khas. Tidak heran jika citarasa yang dihasilkan sangatlah lezat.

Mie lampung dalam penyajiannya bisa berbentuk bihun ayam, mie ayam, kwetiau dan masih banyak variasi penyajian lainnya. Jadi, bagi Kamu pecinta mie tidak boleh melewatkan mie Lampung untuk dicicipi.

Kebanyakan hidangan dari kota Lampung berbahan dasar pisang dan durian. Sebab daerah tersebut memang penghasil pisang terbesar dengan kualitas yang amat baik. Jadi tidak heran jika kuliner yang dihasilkan juga enak.

Bagaimana makanan khas Lampung di atas? Sangat menggugah selera dan membuat perut keroncongan kan?

Nah, ada baiknya saat berkunjung ke kota Lampung Kamu mengisi perut dengan salah satu menu di atas. Menu-menu tersebut banyak disediakan di restoran-restoran yang ada disana.

Leave a Reply