Makanan Khas Bangka Belitung Lempah Kuning

Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung – Wilayah kepulauan bangka Belitung merupakan sebuah daerah yang memilki destinasi wisata alam yang begitu cantic dan eksotis.

Potensi wisata yang dimiliki daerah ini semakin melejit tatkala dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Disamping destinasi wisata alam serta sejarah dan budaya yang dimiliki, Bangka Belitung juga memiliki kuliner yang menjadi ciri khas dan wajib untuk dicicipi.

Makanan khas Bangka Belitung memiliki cita rasa yang unik dan dapat dipastikan tidak bisa dijumpai di daerah lain.

Biasanya, sajian khas Bangka didominasi oleh makanan yang menggunakan bahan dasar seafood yang diolah sedemikian rupa, sehingga tercipta sebuah rasa perpaduan antara rasa Melayu dan terdapat sedikit rasa Tionghoa.

Sebelum mengetahui aneka macam makanan khas dari kota Bangka Belitung, tak ada salahnya jika teman-teman juga mempelajari tentang hal menarik yang ada di Bangka Belitung, diantaranya:

  • Penghasil timah terbesar di Indonesia
  • Penghasil lada terbesar
  • Produsen terasi terenak
  • Memiliki tempat pemakaman terluas dan termegah di Indonesia
  • Menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya mengenai makanan khas Bangka Belitung yang sangat beragam ini bisa Kamu temui di setiap sudut kota ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

Tertarik untuk mencicipi kuliner khas langsung di daerah asalnya? Berikut referensi makanan khas dari Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung dan Penjelasannya

Lempah Kuning

Makanan Khas Bangka Belitung Lempah

Diawali dengan lempah kuning, makanan yang satu ini merupakan sajian nikmat berkuah yang biasanya diolah dengan menggunakan bahan dasar makanan laut maupun daging sapi. Untuk kemudian proses memasaknya ditambah dengan rempah khas Bangka Belitung.

Bumbu rempah-rempah khas dari daerah ini memang terkenal memiliki aroma yang kuat. Di Belitung sendiri, lempah biasanya disebut dengan sebutan lain yakni gangan.

Hidangan lempah ini sendiri terbagi menjadi tiga jenis yakni lempah kuning, lempah daret dan lempah kulat.

Lempah kuning atau yang biasa disebut lempah nanas merupakan lempah yang memiliki ciri khas kuah berwarna kuning dan tambahan potongan buah nanas.

Makanan khas Bangka Belitung lempah kuning ini menggunakan ikan kakap merah atau daging sapi sebagai bahan dasarnya.

Kemudian ada pula lempah daret yang bahan dasarnya menggunakan ubi atau sayuran kemudian dibumbui dengan kuah rempah.

Sedangkan lempah kulat berbahan dasar kulat atau jamur khas Bangka Belitung dan dimasak dengan kuah santan.

Rusip

Makanan Khas Bangka Belitung Rusip

Selanjutnya terdapat makanan khas yang bernama rusip. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan teri yang sebelumnya sudah difermentasikan ke dalam pot maupun guci dengan menggunakan garam.

Selanjutnya bisa ditambahkan lagi dengan gula jawa sebagai perasanya. Rusip ini juga kerap dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh para wisatawan dari pulau Bangka Belitung.

Kecalo

Makanan Khas Bangka Belitung Kecalo

Makanan khas Bangka Belitung populer selanjutnya adalah kecalo. Kecalo merupakan hasil fermentasi dari udang rebon bersama garam sehingga rasa yang dihasilkan cenderung asin.

Kecalo dari Bangka Belitung dikenal sebagai terasi terenak dan kerap digunakan sebagai campuran kala membuat sambal dan bumbu lainnya.

Di warung Bangka Belitung sendiri, kecalo biasa dijadikan sebagai teman lalapan ataupun cocolan.

Bahkan, kecalo juga bisa ditambahkan ketika teman-teman ingin membuat telur dadar lho, tertarik untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh?

Sambalikung

Makanan Khas Bangka Belitung Sambelingkung

Sambalikung bisa dikatakan sebagai abon maupun serundengnya orang Bangka. Bahan dasarnya terbuat dari ikan yang dicampur dengan santan dan bumbu rempah komplit khas dari pulau ini.

Di Bangka sendiri, sambalikung menjadi sebuah hal yang wajib ketika adanya sebuah hari raya maupun jamuan ketika sedang ada acara-acara besar.

Bukan hanya sebagai pelengkap hidangan saja, sambalikung juga tak kalah nikmat jika dijadikan sebagai isian roti.

Makanan Khas Bangka Belitung Martabak

Makanan Khas Bangka Belitung Martabak Bangka

Tidak ada cinta yang tulus dibandingkan cinta terhadap makanan.

Masyarakat Bangka nampaknya begitu setuju dengan pepatah tersebut layaknya mereka mencintai makanan khas mereka yakni martabak Bangka.

Memang makanan khas Bangka Belitung yang satu ini menjadi makanan yang paling khas di pulau ini. Hampir di seluruh penjuru Bangka pasti bisa ditemukan jenis makanan yang satu ini.

Mulanya, martabak manis khas Bangka Belitung ini memiliki nama asli Hok Lo Pan.

Nama ini disematkan karena orang pertama yang menciptakan makanan tradisional martabak manis adalah orang Hakka (Khek) Bangka. Dari situlah nama Hok Lo Pan berasal yang berarti kue orang Hok Lo.

Jika teman-temen pernah berkunjung ke Bangka dan mencicipi martabaknya, pasti tau letak perbedaan antara martabak Bangka dengan martabak lainnya.

Yap! Selain adonan yang lebih tebal, dan lebih gurih, martabak Bangka juga terlihat lebih berpori dan berserat.

Makanan Khas Bangka Belitung Bakmi

Makanan Khas Bangka Belitung Bakmi Bangka

Bakmi Bangka merupakan makanan selanjutnya yang menjadi anggota dari makanan khas Bangka Belitung. Di pulau asalnya, makanan ini lebih dikenal dengan nama Mien dan masih termasuk dalam jenis masakan Khek.

Untuk penyajiannya, bakmi Bangka biasa disajikan dengan potongan ayam kecap, potongan daging babi, seafood, bakso ikan dan tahu kok yang merupakan bakso tahu asli dari pulau Bangka.

Untuk toping diatasnya biasanya ditambahkan juga dengan pangsit, serta tauge dan sayur caisim yang direbus setengah matang. Tuangkan saus cabai khas pulau Bangka untuk mendapatkan sensasi nikmat yang luar biasa.

Cemilan Makanan Khas Bangka Belitung

Selain memiliki beberapa jenis makanan berat yang menjadi khasnya, pulau Bangka juga ternyata menyimpan beberapa jenis makanan ringan yang tak kalah khas dan populer seperti dibawah ini;

Otak-Otak Ase

Makanan Khas Bangka Belitung Otak-Otak Ase

Ketika teman-teman berkunjung ke pulau eksotis ini, jangan sampai melewatkan panganan yang bernama otak-otak ase. Sajian yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan. Dari segi bentuk dan rasanya, otak-otak ase lebih mirip pempek.

Untuk jenis otak-otak yang ada di daerah ini dibagi menjadi 3 jenis, yakni:

  • Dibakar dan dibungkus daun pisang
  • Bentuk panjang tebal yang direbus dan
  • Otak-otak dari cumi.

Untuk jenis otak-otak yang ketiga yang berasal dari cumi-cumi Kamu akan merasakan sensasi seafood yang sangat kental.

Tambahan saus taucho, sambal kacang, sambal terasi dan berbagai jenis saus cabai yang ada tidak boleh Kamu lewatkan sedikit pun.

Kue Nanas

Makanan Khas Bangka Belitung Kue Nanas

Bangka Belitung memang termasuk salah satu daerah kepulauan di Indonesia yang memiliki berjuta keunikan yang khas. Salah satu jenis makanan khas Bangka Belitung lezat yang tak kalah populernya adalah kue nanas.

Kue nanas khas Bangka berbeda dengan kue nanas pada umumnya yang berwujud kue kering dan berukuran kecil.

Sebab kue nanas yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan ukurannya cenderung lebih besar. Makanan yang satu ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh sore hari.

Rintak

Makanan Khas Bangka Belitung Rintak

Rintak merupakan panganan khas Bangka yang termasuk golongan kue kering. Cita rasa dari kue rintak ini nyaris  mirip dengan kue sagu.

Sensasi keras saat digigit namun lumer dan lembut ketika sudah didalam mulut, akan membuat teman-teman jatuh cinta sejak gigitan pertama.

Bahan untuk membuat kue rintak sendiri cukup mudah untuk ditemukan. Diantaranya tepung sagu, gula aren, gula pasir, telur dan juga santan kelapa. Untuk tekstur yang dimiliki kue ini adalah kering renyah dan cenderung mudah hancur.

Jadi sebagai saran buat Kamu yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, harap hati-hati dan meletakkannya di bagian paling atas barang bawaan. Karena ditakutkan kue akan remuk ketika banyak ditumpangi oleh-oleh lainnya.

Minuman Khas Bangka Belitung

Terakhir adalah penjelasan minuman tradisional khas dari pulau Bangka Belitung. Siapa sangka, pulau yang satu ini juga memiliki jenis kuliner segar yang begitu melekat di telinga masyarakatnya dan menjadi suatu hal wajib dijajal ketika bertandang ke pulau ini.

Apa saja? Simak di bawah ini;

Es Jeruk Kunci

Makanan Khas Bangka Belitung Es Jeruk Kunci

Seperti namanya, es jeruk kunci adalah sebuah sajian minuman segar yang terbuat dari perasan jeruk kunci. Keunikan dari cita rasa minuman yang satu ini terletak pada perpaduan asam dan manis yang berbeda dari es jeruk pada umumnya.

Sensasi kesegaran yang tiada tara sudah langsung bisa Kamu rasakan sejak tegukan pertama. Namun untuk Kamu yang sedang mengurangi minuman dingin, jeruk kunci juga tak kalah nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

Bahkan untuk teman-teman yang begitu tertarik dengan minuman satu ini, sekarang sudah tersedia sirup jeruk kunci dalam kemasan botol. Tentunya ini akan menjadi buah tangan yang mampu mengobati kala rindu dengan sensasi es jeruk kunci.

Es Campur Ayung

Makanan Khas Bangka Belitung Es Campur Ayung

Setelah puas berburu makanan khas Bangka Belitung yang legendaris, nampaknya kurang apik jika teman-teman melewatkan jenis es campur yang satu ini.

Meskipun penyajiannya hampir serupa dengan berbagai es campur pada umumnya, namun kenikmatan yang didapat akan jauh berbeda.

Kacang merah dalam es campur ayung diracik sedemikian rupa hingga begitu empuk dan lembut. Belum lagi serutan es yang sengaja dibuat lebih halus bak salju menjadikan es ini sangat cocok menjadi teman di bawah terik matahari pulau Bangka.

Tak heran jika banyak pelancong yang datang ke pulau Bangka selalu menyempatkan diri untuk mencicipi jenis minuman yang satu ini.

Es Campur Pelangi Anggrek

Makanan Khas Bangka Belitung Es Campur Pelangi Anggrek

Hidangan segar yang satu ini diklaim sudah menduduki wilayah Bangka Belitung sejak tahun 1982 dan masih eksis hingga kini.

Nama anggrek sendiri merupakan nama restoran atau tempat dimana Kamu bisa menemukan minuman segar yang satu ini.

Selain menjual es pelangi, kedai anggrek juga menyediakan berbagai jenis es lainnya. Diantaranya es teler, es shanghai, es nangka dan masih banyak yang lain. Untuk es campur pelangi anggrek ini memiliki isian yang begitu lengkap.

Isian yang wajib ada dalam sajian es campur pelangi anggrek adalah kacang merah, tape, dawet atau cendol serta cincau.

Tak ketinggalan bagian atasnya disiram lagi dengan susu kental manis serta sirup dengan berbagai warna hingga menyerupai pelangi.

Bagaimana? Sudah bisa membayangkan kenikmatan tiap tegukannya?

Lengkap sudah ulasan mengenai makanan khas Bangka Belitung. Disini Kamu semua sudah bisa mengetahui jika wilayah kepulauan ini bukan hanya menyimpan destinasi wisata alam yang eksotis dan mempesona saja.

Namun jauh di dalamnya tersembunyi beraneka macam hidangan khas yang legendaris dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Sudah memiliki rencana untuk terbang ke Bangka Belitung? Segera buat daftar makanan apa saja yang wajib untuk Kamu buru nantinya!

Leave a Reply