Cara Scan epson L3150

Cara scan printer Epson L3150 sangat penting diketahui terutama buat kalian yang sering memindai dokumen dan menyimpannya dalam bentuk file ekstensi PDF maupun gambar. Mengapa harus scan di printer Epson L3150?

Alasannya karena printer EcoTank L3150 merupakan salah satu produk modern dari perusahaan Epson Indonesia yang sudah didukung dengan jaringan wifi atau nirkabel. 

Apabila kalian perhatikan kembali, maka Epson L3150 merupakan printer multifungsi yang bisa digunakan untuk mencetak, memindai dan menyalin dokumen baik dengan menggunakan sambungan kabel maupun nirkabel atau wifi.

Dengan adanya dua pilihan ini tentu akan membuat kalian menjadi lebih mudah dalam memindai dokumen hitam putih atau berwarna. Kalian hanya perlu mengatur settingannya saja guna mendapatkan hasil scanning yang lebih optimal.

Hanya saja bagi para pemula atau yang baru pertama kali menggunakan Epson L3150 terkadang suka mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

Nah di sini bosmeal telah meringkas panduan cara scan Epson L3150 wifi yang paling simpel dengan hasil yang optimal. 

Cara Scan di Printer Epson L3150

Printer Epson L3150 Cara Scan Printer Epson L3150

Perlu diketahui, ada dua cara memindai dokumen di printer Epson L3150, yakni dengan cara manual atau langsung menekan tombol di printer dan menggunakan aplikasi scanner. 

Adapun 2 cara pindai di printer Epson L3150 yaitu:

1. Cara Scan Epson L3150 Lewat Komputer

Cara memindai di printer Epson L3150 yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi scanner. Dengan menggunakan aplikasi proses scan kalian pun menjadi lebih fleksibel karena bisa mengatur ukuran, resolusi dan format file. 

1. Download Scan Epson L3150

Pada saat kalian membeli printer Epson L3150 dalam kondisi baru, pasti kalian akan mendapatkan CD driver printer. Di dalam CD tersebut, kalian sudah bisa install driver printer Epson L3150 sekaligus aplikasi scanner.

Hanya saja terkadang CD tersebut bisa tergores hingga tidak bisa digunakan berulang kali. Sebagai solusi, kalian bisa download di situs resminya maupun dengan klik link download driver scan Epson L3150 di bawah.

Di bawah ini merupakan software driver scan Epson L3150 original:

DeveloperEpson Indonesia
ProdukPrinter
KategoriDriver Printer
TipeL3150
VersiTerbaru
Sistem OperasiWindows dan Mac
DownloadDownload Epson L3150 Printer and Scanner Driver

2. Cara Scan Printer Epson L3150 Menggunakan Aplikasi 

Banyak dibaca:  Kumpulan Rekomendasi Film India Terbaru 2023 Yang Wajib Kamu Tonton

Setelah kalian selesai download dan instal aplikasi scanner Epson L3150, maka langkah selanjutnya yaitu memindai dokumen dengan memanfaatkan menu yang ada di Komputer masing-masing. 

Adapun cara scan di printer Epson L3150 adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kalian nyalakan dan sambungkan printer ke PC/Laptop.
  2. Setelah itu siapkan dokumen yang akan di scan kemudian taruh di atas sensor scanner printer Epson.
Printer Epson L3150 Cara Scan Printer Epson L3150 Dengan Komputer Taruh Dokumen di Scanner
  1. Setelah itu kalian buka aplikasi Epson Scan 2 pada PC/Laptop.
Printer Epson L3150 Cara Scan Printer Epson L3150 Dengan Komputer Buka Aplikasi
  1. Kemudian akan muncul jendela pengaturan konfigurasi scan yang bisa kalian atur dan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Sebagai saran, kalian pilih Profesional Mode di bagian kanan atas pada Menu Mode. Dengan menggunakan profesional Mode, kalian bisa memiliki banyak opsi untuk mengatur dan menyesuaikan kebutuhan.
  3. Apabila semua dirasa sudah siap, kalian pilih menu Scan guna melakukan scanning pada sebuah dokumen gambar atau foto.
Printer Epson L3150 Cara Scan Printer Epson L3150 Dengan Komputer Pilih Scan
  1. Jika proses sudah mencapai 100 persen secara otomatis file akan tersimpan di PC/Laptop kalian.

2. Cara Scan Epson L3150 Menggunakan Tombol Printer

Selain mengoperasikan via komputer, kalian juga bisa scan dokumen langsung menggunakan tombol yang ada pada body printer Epson L3150. 

Untuk bisa mengoperasikannya, kalian perlu membaca buku panduan guna memahami arti dan fungsi dari tombol-tombol yang tertera pada papan kontrol printer maupun dengan mengikuti panduan di bawah.

Adapun cara scan di printer Epson L3150 dengan menggunakan kombinasi tombol printer yaitu:

  1. Pastikan kalian sudah menginstal driver scanner Epson yang berisi Epson Scan 2 dan Epson Event Manager di Komputer kalian.
  2. Selanjutnya kalian sambungkan printer ke komputer lalu hidupkan keduanya. 
  3. Kalian tunggu lampu indikator power pada printer berubah status menjadi ready.
  4. Tahapan selanjutnya kalian siapkan dokumen yang akan di scan lalu taruh diatas sensor scanner printer Epson L3150.
  5. Langkah berikutnya kalian lihat permukaan bodi printer Epson L3150 yang ada beberapa tombol. Kalian cari tombol dengan simbol icon scanning
  6. Untuk memulai proses pemindaian, kalian tekan tombol start monochrome dan start color secara bersamaan.
  7. Maka secara otomatis printer akan memulai proses scanning dan tunggu hingga mencapai 100 persen
  8. Apabila sudah selesai, hasil scan pun akan tersimpan di perangkat kalian yang tersimpan dalam bentuk file berekstensi PDF.

Kesimpulan

Agar tidak terlihat gagap teknologi atau gaptek dalam mengoperasikan Epson L3150, kalian harus mengetahui cara memindai dokumen dengan benar. 

Banyak dibaca:  Spesifikasi dan Harga Printer Epson L1300 Terbaru

Terlebih lagi kalian akan mendapatkan hasil yang jernih maksimal saat scan dengan menggunakan Epson L3150 baik dengan cara manual maupun otomatis.

Ini karena fitur scan sudah didukung dengan resolusi 1200 x 2400 dpi dengan kecepatan 11 detik (Hitam), 33 detik (Warna) dan output mencapai 24 bit pemrosesan warna.

Demikian penjelasan singkat tentang how to scan Epson L3150 wifi yang paling mudah dan simpel. Semoga penjelasan di atas bisa membantu kalian dalam menguasai seluruh pengoperasian printer yang sesuai dengan prosedur operasional. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply