Cara Reset Printer Canon MP287

Printer Canon MP278 yang sudah sering digunakan terkadang akan mengalami error. Jika kondisi printer error maka kalian pastinya membutuhkan cara reset printer Canon MP287 .

Ada banyak hal yang menyebabkan printer perlu di reset seperti error E05 Canon MP287, error E03 Canon MP287 dan masih banyak error yang lainnya. 

Dengan melakukan reset ke pengaturan awal maka printer kalian akan normal kembali sama seperti pada saat pertama kali membelinya. Lalu bagaimana cara resetter canon MP287? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software

cara reset printer Canon MP287 Tanpa Aplikasi

Reset Canon MP287 tanpa software bukanlah hal yang sulit dan tidak menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi secara manual ini hanya bersifat sementara selama printer masih dalam keadaan ON.

Cara reset printer Canon MP287 manual bisa kalian lakukan jika dalam kondisi mendesak dan tidak memiliki aplikasi resetter. Selain itu reset manual hanya bersifat sementara dan tidak bisa untuk jangka panjang

Artinya printer akan kembali error setelah dimatikan. Kemudian jika printer dihidupkan akan muncul error 5b00. Adapun cara reset printer Canon MP287 tanpa software yaitu:

1. Pastikan Printer dalam Keadaan Mati

Sebelum kalian menjalankan cara reset Canon MP287, pastikan printer sudah dalam keadaan OFF. jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kabel power sudah tersambung dengan listrik dan kabel USB sudah tersambung dengan PC/Laptop.

2. Tekan dan Tahan Tombol Stop/Reset dan Power Bersamaan

Langkah selanjutnya kalian tekan dan tahan tombol Stop/Reset dan power secara bersamaan serta jangan dilepaskan. 

3. Lepaskan Tombol Stop/Reset

Langkah ketiga masih dalam posisi menekan dan menahan tombol power dan reset, kalian lepaskan tombol ‘Stop/Reset saja dan masih menekan tombol power.

Setelah itu tekan kembali tombol ‘Stop/Reset’ sebanyak enam kali dan lepaskan kedua tombol tersebut. 

Kalian bisa menunggu beberapa saat saat hingga lampu indikator mulai berkedip hingga lampu LED berhenti berkedip. Jika sudah tidak berkedip artinya printer sudah masuk dalam service mode.

Pada posisi ini, printer bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Hanya saja kalian tidak boleh mematikannya selama masih digunakan. Jika kalian mematikannya dengan sengaja maupun tidak, maka kalian harus mengulangi cara reset printer Canon MP287 manual di atas.

Banyak dibaca:  Cara Reset Canon G2020

Ketahui juga:

2. Cara Reset Printer Canon MP287 dengan Resetter Service Tool

Selain menggunakan cara manual, kalian juga bisa menggunakan aplikasi resetter service tool V3200 untuk mereset printer Canon Mp287. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini:

Download Resetter Canon MP287 Service Tool V3200

Buat kalian yang sedang mencari resetter printer Canon MP287, maka kalian perlu download service tool V3200 terlebih dahulu. Service tool V3200 (software resetter canon MP287) merupakan versi terbaru yang bisa kalian gunakan dalam mengatasi error ink absorber full pada printer canon MP287, MP258, MP237, IP2770 dan lainnya.

Untuk bisa menggunakannya, kalian hanya perlu download melalui link dibawah ini. Sebelum mendownloadnya, sebaiknya pastikan bahwa PC/laptop kalian sudah terinstal Winrar atau Winzip dengan versi terbaru untuk ekstrak softwarenya. Sehingga diharapkan setelah melakukan reset dengan software maka printer kalian  kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Tanpa menunggu lebih lama, langsung saja klik di bawah ini untuk download service tool V3200 (software resetter canon MP287):

Download Resetter Printer Canon PIXMA MP287 GratisUntuk Windows 32 bit dan 64bit

Cara Reset Canon MP287 Menggunakan Aplikasi Resetter

cara reset printer Canon MP287 dengan Aplikasi

Cara reset printer Canon MP287 yang kedua adalah dengan menggunakan driver printer aplikasi service tool. Untuk melakukannya, kalian harus masuk ke service mode terlebih dahulu.

Adapun cara masuk ke service mode adalah dengan melihat cara manual reset printer Canon MP287. Jika sudah masuk ke service mode, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara mereset printer Canon MP287 di bawah ini:

  1. Siapkan beberapa kertas kosong untuk diletakkan di paper tray guna mencetak hasil reset printer Canon MP287. 
  2. Download aplikasi resetter terlebih dahulu kemudian instal aplikasinya di PC/Laptop.
  3. Selanjutnya double klik aplikasi service tool
  4. Setelah itu pada Clear Ink Counter, pilih Absorber menjadi Main.
  5. Selanjutnya pada kolom Counter value, kalian klik tombol Set. Nantinya akan muncul kotak dialog berisi A function was finished dan klik OK.
  6. Kalian tunggu proses selesai dan printer otomatis mencetak dokumen.
  7. Jika masih belum bisa, kalian bisa mengulangi langkah sebelumnya lalu pada Absorber kalian pilih selain Main.
  8. Kemudian pada kolom Counter value, kalian klik tombol Set.
  9. Selanjutnya pada kotak dialog A function was finished, kalian klik OK lagi
  10. Setelah itu pada bagian Cleaning, kalian klik Deep Cleaning dan tunggu hingga proses pembersihan selesai.
  11. Selanjutnya pada kotak dialog A function was finished, klik OK yang menandakan bahwa proses deep cleaning selesai.
  12. Selanjutnya pada bagian print, klik tombol EEPROM, kemudian akan muncul kotak dialog kecil Paper Source.
  13. Jangan lupa untuk memastikan pada kolom Paper Source kalian telah memilih Rear Tray dan klik OK.
  14. Printer pun akan melakukan pencetakan secara otomatis
  15. Selanjutnya pada kotak dialog A function was finished kalian pilih OK dan tutup jendela aplikasi resetter.
  16. Terakhir matikan printer selama 10 detik dan nyalakan kembali apakah printer sudah normal atau belum.
Banyak dibaca:  Download Driver Printer Canon PIXMA MG2570S Gratis

Nah itu tadi cara mereset Canon MP287 dengan cara manual dan aplikasi. Sekarang kalian bisa mengatasi masalah error yang muncul pada printer Canon MP287 tanpa harus datang ke tempat service.

Leave a Reply