Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Lagi Trend Sekarang

Apakah kalian sering merasa kurang puas pada saat mengambil mengambil gambar via smartphone? Jika iya, maka mungkin kalian butuh download aplikasi edit foto terbaik yang aesthetic ala selebgram kekinian.

Di dalam dunia fotografi sendiri, proses edit foto dengan aplikasi merupakan langkah terakhir sebelum foto tersebut di publish.

Ada langkah pendukung agar hasil dari edit foto dengan aplikasi agar menjadi aesthetic. Langkah tersebut dimulai dengan pemilihan kamera, pencahayaan, cara pengambilan gambar dan jangan lupa untuk selalu melatih kepekaan situasi yang tepat untuk mengambil gambar.

Setelah kalian mendapatkan gambar yang sesuai, maka langkah terakhir adalah adalah proses edit foto dengan menggunakan aplikasi.

Entah itu hasil jepretan berupa foto yang sempurna maupun tidak, di dalam banyak kasus hasil jepretan tersebut akan selalu diedit terlebih dahulu.

Ada banyak aplikasi edit foto kekinian yang bisa kalian manfaatkan, baik itu dengan laptop maupun smartphone (android, iOS).

Kalian bisa memilih aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang, baik itu berbayar maupun yang gratis. Sesuai dengan selera masing-masing.

Namun jika kalian masih belum memiliki pandangan tentang aplikasi mana yang akan digunakan untuk edit foto, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa kalian manfaatkan.

Apa saja aplikasinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Di masa sekarang, kalian tidak perlu repot-repot menggunakan PC/laptop untuk melakukan edit foto. Ini karena kalian dapat memanfaatkan smartphone android dan iphone untuk diinstal aplikasi edit foto.

Kalian bisa mengunduh aplikasi edit foto android melalui play store dan langsung menggunakannya.

Tentunya hal ini akan memudahkan kalian para selebgram maupun kalian yang gemar akan fotografi.

Dengan demikian, aplikasi edit foto selebgram tersebut akan memberikan kemudahan dalam menghasilkan foto yang menarik dan keren untuk feed Instagram jadi lebih mudah.

Lantas, sudah tahukah kalian apa saja aplikasi terbaik dalam edit foto? Jika belum tahu, kalian bisa menyimak beberapa ulasan aplikasi yang  yang direkomendasikan berikut ini:

1. Snapseed: Edit Foto Aesthetic

Aplikasi Edit Foto Snapseed
Gambar Snapseed

Kalian pastinya sudah tidak asing dengan Snapseed. Yups aplikasi edit foto iphone ini sudah hadir lebih dari 7 tahun yang lalu. Awalnya Snapseed hanya tersedia pada App Store sebagai aplikasi berbayar khusus untuk iPad.

Lambat laun aplikasi Snapseed menuai kesuksesan yang luar biasa hingga menarik perhatian Google dan membeli perusahaan induknya.

Semenjak itulah kita sebagai pengguna android dapat menikmati aplikasi Snapseed secara gratis.

Aplikasi Snapseed memberikan banyak kemudahan dalam proses edit foto. Kemudahan tersebut diantaranya dimulai dari warna, titik fokus, suhu gambar, pencahayaan, dan lainnya dapat dimanipulasi.

Selain itu, ada salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Snapseed, yakni adanya fitur Expand. Buat yang belum tahu, fitur Expand ini hampir mirip dengan fitur content aware yang dimiliki Photoshop.

Sehingga aplikasi ini dapat dikatakan merupakan aplikasi yang sempurna buat pecinta fotografi. Menariknya, sekarang Snapseed bukan hanya bisa diakses melalui smartphone, tetapi juga melalui PC/Laptop.

2. PicsArt

Aplikasi Edit Foto PicsArt
Gambar PicsArt

Kalau aplikasi yang satu ini pasti kalian semua sudah mengetahuinya, bukan? PicsArt merupakan salah satu aplikasi favorit bagi para editor foto. Buktinya aplikasi ini sudah diunduh lebih dari setengah milyar kali.

PicsArt sendiri bisa dibilang sebagai versi lain dari Aplikasi Photoshop dalam versi smartphone.

Ada banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh PicsArt Photo Editor, diantaranya adalah memanipulasi, memotong, dan menempelkan gambar lain di atasnya.

Bukan hanya itu saja, PicsArt juga memiliki opsi  pengambilan gambar, menambahkan filter, stiker dan menulis di foto.

Secara singkat dapat dibilang jika aplikasi ini hampir memiliki fitur tanpa batas. Namun untuk dapat menikmati semua fitur PicsArt, kalian mesti merogoh kocek terlebih dahulu.

3. Instasize

Aplikasi Edit Foto Instasize
Gambar Instasize

Aplikasi Instasize ini memiliki fitur mulai dari kolase, color correct, trim, post process sampai membuat desain foto serta video. Selain itu juga di dalam instasize terdapat banyak pilihan filter, text dan border yang bisa kalian manfaatkan.

Selain itu juga, aplikasi ini sudah memiliki sistem interface yang user friendly serta selalu memberikan pembaruan konten setiap bulan. Sehingga kalian akan menemukan banyak hal baru dan fresh setiap bulannya.

4. Photoshop

Aplikasi Edit Foto Photoshop
Gambar Photoshop

Kalian semua pasti sudah tahu tentang aplikasi Photoshop di PC/Laptop. Nah Adobe sendiri juga mengeluarkan aplikasi Photoshop dalam versi mobile.

Namun kalian jangan mengira jika fitur Photoshop versi PC dan Mobile itu sama.

Pihak Adobe sebenarnya sudah menghentikan aplikasi Photoshop Mobile. Namun sebagai gantinya, pihak perusahaan mengeluarkan paket aplikasi berupa Adobe Photoshop Lightroom, Adobe Photoshop Express, Adobe Photoshop Mix, Adobe Photoshop Fix.

Lalu dari paket aplikasi tersebut, manakah yang lebih bagus?

Kalian tidak akan bisa membandingkan antara keempatnya. Alasannya karena keempat aplikasi Photoshop tersebut tidak ada yang memiliki fitur lengkap dari perangkat lunak edit foto Photoshop yang populer.

Keempatnya bersama-sama menyediakan semua hal yang dibutuhkan pengguna biasa atau profesional dengan cara yang berbeda.

Pada Adobe Photoshop Express akan memungkinkan kalian menambahkan teks dan filter dan melakukan perbaikan kecil.

Kemudian dalam Adobe Photoshop Lightroom kalian akan dapat meningkatkan foto tingkat lanjut bagi penggemar fotografi.

Sementara fokus dalam Adobe Photoshop Mix adalah penggabungan, pemotongan, dan penggabungan gambar.

Terakhir pada Adobe Photoshop Fix lebih berfokuskan pada perbaikan cacat gambar dan menghapus objek yang mengganggu.

Kalian dapat memvariasi gambar pada proses editing. Hanya saja aplikasi ini memiliki kelemahan berupa beban berat yang harus ditanggung oleh perangkat kalian.

Selain itu, pembiasaan diri dengan semua aplikasi Photoshop juga sangat dibutuhkan.

Kalian perlu mempelajarinya satu persatu merupakan hal wajib kalian lakukan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari Paket Aplikasi yang ditawarkan Adobe ini.

5. Aplikasi Foto Grid

Aplikasi Edit Foto Foto Grid
Gambar Foto Grid

Bagi kalian pengguna Smartphone Android pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini begitu populer bahkan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memiliki rating 4,8 bintang.

Hal ini tak mengherankan karena Foto Grid memiliki sistem antarmuka yang mudah dan sederhana sehingga membuatnya mudah untuk digunakan. Kalian pun tidak akan terbebani karena ukuran Foto Grid hanya kisaran 14,33 MB saja.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah kalian dapat membuat kolase hingga mencapai 18 foto. Tidak berhenti sampai disitu saja karena terdapat lebih dari 100 pilihan tata letak bingkai foto yang dapat kalian gunakan.

Ada pula fitur untuk mengubah rasio, memotong hingga mengedit foto menggunakan teks dan filter terbaik.

Asiknya lagi, saat kalian akan menyimpan foto hasil editan, aplikasi Foto Grid memberikan pilihan untuk menyimpan dengan resolusi tinggi. Sehingga foto yang akan kalian bagikan nantinya memiliki kualitas gambar terbaik.

6. Edit Foto dengan Pixlr

Aplikasi Edit Foto Pixlr
Gambar Pixlr

Nama aplikasi edit foto android lain yang bisa kalian gunakan adalah Pixlr. Di dalam aplikasi Pixlr kalian dapat menggunakan beberapa pilihan filter yang bisa dipakai untuk memperindah foto.

Menariknya lagi, kalian bisa menggabungkan dua foto menjadi terlihat menarik dan unik.

Sama seperti aplikasi lainnya, di dalam Pixlr juga tersedia fitur teks, kolase dan serta share ke sosial media.

Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Bagi kalian terutama para selebgram pastinya selalu berharap foto yang dihasilkan selalu terlihat Aesthetic, bukan?

Untuk mendapatkan foto aesthetic maka kalian perlu melakukan edit foto terlebih dahulu. Berikut ini beberapa aplikasi edit foto aesthetic yang bisa kalian manfaatkan:

1. VSCO

Aplikasi Edit Foto VSCO
Gambar VSCO

VSCO merupakan salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan. Alasannya karena penggunaannya yang sangat gampang.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula. Ini karena VSCO sangat mudah digunakan buat edit foto agar kelihatan aesthetic.

Pada aplikasi VSCO sudah tersedia filter atau preset. Hanya cukup dengan sekali klik maka tone atau warna foto dapat berubah dengan otomatis.

Hanya saja untuk fitur gratis yang disediakan sangat terbatas. Sehingga jika kalian ingin menggunakan fitur preset secara lebih, maka kalian harus membayar lebih untuk menjadi member terlebih dahulu.

Untuk edit standart, kalian dapat memanfaatkan fitur seperti exposure, contrast, crop, sharpen, clarity, saturation, white balance, vignette, dan fade pada aplikasi VSCO.

Sedikit saran saat menggunakan aplikasi VSCO, pada saat mengedit, kalian bisa menggunakan warna preset yang moody dan juga fitur clarity dari VSCO yang membuat foto tambah tajam.

2. Afterlight

Aplikasi Edit Foto Afterlight
Gambar Afterlight

Afterlight bisa dibilang hampir mirip dengan VSCO. Aplikasi ini juga menyediakan filter atau preset yang bisa digunakan hanya saja terbatas.

Afterlight sendiri memiliki beberapa fitur gratis diantaranya brightness, contrast, vibrance, hue, fade, vignette, exposure, saturation, temperature, tint, sharpening, highlights, shadows, highlight tine, mid tone, dan shadow tone.

Jika kalian ingin melakukan proses edit standar, maka fitur gratis tersebut rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan kalian.

Namun jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak fitur, maka kalian mesti merogoh kocek terlebih dahulu.

Sama seperti VSCO, kalian mesti membayar untuk menjadi membership agar dapat menggunakan fitur yang ada pada Afterlight secara leluasa.

3. Adobe Lightroom

Aplikasi Edit Foto Adobe Lightroom
Gambar Adobe Lightroom

Aplikasi lain yang bisa digunakan buat edit foto aesthetic adalah Adobe Lightroom. Buat kalian yang belum pernah mencoba aplikasi ini, mungkin akan membutuhkan sedikit waktu pembiasaan fiturnya.

Namun jika kalian sudah terbiasa dan tahu cara pemakaiannya, maka aplikasi Lightroom akan sangat membantu untuk mengedit foto yang lebih cantik dan aesthetic ala selebgram.

Di dalam Lightroom juga memiliki alat pemotong foto dan mengubah gradient foto.

Kalian hanya perlu memilih kategori alat yang ingin digunakan untuk mengedit dan menyesuaikan tampilan foto itu sendiri. Atau mungkin jika kalian masih kebingungan dalam mengedit foto, kalian bisa mencari referensi yang bertebaran di internet.

Kalian dapat mengunduh aplikasi ini Google Play Store dan Apple App Store secara gratis.

4. Canva Aplikasi Desain dan Edit Sesuka Hati

Aplikasi Edit Foto Canva
Gambar Canva

Aplikasi edit foto aesthetic lainnya yang bisa kalian gunakan adalah Canva. Canva sendiri agak berbeda dengan aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas.

Ini karena Canva bukan digunakan untuk mengubah warna atau cahaya di foto. Namun Canva lebih digunakan untuk mendesain IG Post, Stories, banner, dan lainnya.

Buat kalian yang tidak mahir membuat desain, maka Canva akan sangat membantu sekali. Kalian bisa memanfaatkan template yang sudah disediakan oleh Canva.

Menariknya lagi, kalian bisa mengedit template tersebut sesuai dengan keinginan, lengkap dengan font, elemen, dan foto lain agar nampak aesthetic.

Untuk dapat menggunakan Canva, kalian bisa langsung mengunjungi situs canva melalui laptop atau PC maupun download aplikasi edit foto Canva di HP Android atau IOS.

5. Instagram

Aplikasi Edit Foto Instagram
Gambar Instagram

Buat kalian para Selebgram pasti sudah tidak kaget bukan dengan fitur edit foto dari instagram?

Ada banyak filter yang disediakan oleh pihak instagram sehingga kalian bisa mengedit foto maupun video dengan mudah. Kemudian foto hasil editan pun bisa disimpan ke perangkat masing-masing.

Hasil foto editan tersebut dapat kalian unggah untuk feed maupun IG Stories.

Yang menarik dari aplikasi edit foto Instagram adalah kalian dapat menjalankan sejumlah pengaturan untuk mempercantik foto agar menjadi aesthetic.

Kalian bisa menambahkan filter, mengubah suhu warna foto, menyesuaikan kecerahan, maupun yang lainnya sesuai selera masing-masing.

6. Unfold

Aplikasi Edit Foto Unfold
Gambar Unfold

Buat yang belum mengenal Unfold, Unfold dibuat untuk pengguna Instagram yang kerap mengunggah momen di Snapgram. Terlebih lagi buat kalian yang memiliki ketertarikan pada editing foto memiliki nilai seni atau artsy.

Ada banyak template dan font yang artistik untuk digunakan. Kalian dapat mengedit foto biasa atau video menjadi format GIF atau aplikasi edit foto bergerak singkat.

Selain itu, kalian juga dapat menambah text atau kalimat secara gampang, menggabungkan beberapa kolase foto. Untuk proses desain nya sendiri terlihat lebih simple dan minimalis.

Kalian bisa menggunakan aplikasi edit foto aesthetic Unfold untuk postingan IG Stories kalian.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di PC / Laptop

Proses editing foto sedikit banyak pastinya tidak akan bisa terlepas dari PC/Laptop. Terlebih buat kalian para selebgram pasti sedikit banyak akan memanfaatkan aplikasi edit foto di laptop atau PC.

Kalian bisa memilih berbagai macam aplikasi untuk melakukan proses editing foto. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Nah di sini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang dapat kalian pasang pada perangkat PC laptop, baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Mac dan sistem operasi lainnya.

1. Adobe Photoshop

Aplikasi Edit Foto Adobe Photoshop
Gambar Adobe Photoshop

Jika membahas aplikasi edit foto rasanya tidak sopan jika tidak menyebutkan Photoshop. Ini karena Adobe Photoshop tetap berada di urutan pertama untuk kategori aplikasi edit foto terbaik pada Laptop atau PC.

Sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, baik itu dalam bentuk aplikasi resmi maupun bajakan.

Tak heran jika aplikasi ini sering dibajak orang karena memang fitur yang dimiliki sangat lengkap. Tool yang ada pada Photoshop memiliki banyak kegunaan sehingga favorit banyak orang.

Yang populer tentunya adalah Tools untuk mengedit background foto. Kalian hanya perlu memotong bagian foto tertentu saja lalu menempelkannya di background tertentu.

Dengan aplikasi edit foto background ini kalian dapat mengubah warna background foto sesuai dengan kebutuhan.

Namun perlu diingat, untuk bisa menggunakan Adobe Photoshop, pertama kalian mesti melihat terlebih dahulu apakah PC atau laptop kalian sudah mencukupi atau belum.

Untuk spesifikasi minimal perangkat yang bisa di instal Photoshop adalah

ProcessorIntel Pentium 4 or AMD Athlon 64 processor
OSWindows XP SP3, Windows 7 SP1, Windows 8 dan Windows 10
RAM1 GB
Ruang hard disk yang tersedia5 GB
Resolusi Monitor1280 x 800

Walaupun kelihatannya sangat ringan, namun kalian juga mesti memperhatikan soal kecepatan kinerja perangkat yang kalian gunakan.

2. Adobe Lightroom

Aplikasi Edit Foto Adobe Lightroom
Gambar Adobe Lightroom

Jika Adobe Photoshop dirasa terlalu berat, maka solusinya adalah dengan menggunakan Adobe Lightroom. Adobe Lightroom juga bisa kalian gunakan buat edit foto selebgram dengan hasil yang bagus.

Dibandingkan  dengan Photoshop, maka adobe Lightroom tentunya akan lebih ringan penggunaannya.

Namun harus diakui memang fitur yang tersedia sangat terbatas. Walaupun begitu, tetapi nyatanya lantas tidak membuat hasil edit berkurang. Tentunya untuk penggunaannya tentu lebih mudah menggunakan Lightroom daripada Photoshop.

3. Luminar Editing Photo

Aplikasi Edit Foto Luminar
Gambar Luminar

Jika dibandingkan dengan kedua aplikasi edit foto di atas, memang luminar masih kalah populer. Namun jangan dikira, Luminar hadir dengan 45 filters yang menarik dan tentu sangat pas digunakan untuk edit foto.

Luminar sendiri bukan hanya kaya akan filter, tapi juga memiliki berbagai macam tools yang bisa diakses secara cepat.

Di dalam aplikasi Luminar, kalian akan mendapatkan kemudahan dalam memperbaiki warna, tone, lens distortion, hingga chromatic pada gambar yang akan diedit.

Akan tetapi jika kalian belum bisa memaksimalkan aplikasi ini, kalian bisa menggunakan cara yang lebih praktis, yakni dengan memanfaatkan fitur automatic correction untuk mempercantik edit gambar yang kalian lakukan.

4. GIMP

Aplikasi Edit Foto GIMP
Gambar GIMP

Buat kalian yang sedang mencari aplikasi edit foto gratis, maka GIMP adalah salah satu solusinya. GIMP merupakan aplikasi edit foto yang hampir setara dengan Photoshop dan bisa digunakan secara gratis.

Sudah banyak orang yang menggunakan GIMP untuk melakukan editing foto, terlebih para fotografer dan desainer. Aplikasi ini pun kompatibel dengan semua sistem operasi yaitu, Windows, Linux dan Mac.

Menariknya GIMP ini memiliki sifat program Program open source sehingga kalian bisa mengembangkannya sesuka hati.

Dengan aplikasi GIMP maka kalian dapat mengedit foto, membuat logo, atau mengolah gambar.  Jika kalian penasaran dengan aplikasinya, silahkan download aplikasi edit foto GIMP pada situs resminya https://www.gimp.org/

5. ACDSee Photo Studio Ultimate

Aplikasi Edit Foto ACDSee
Gambar ACDSee

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan buat editing foto adalah ACDSee Photo Studio Ultimate.

Mengapa harus ACDSee? Ini karena ACDSee merupakan aplikasi edit foto gabungan antara Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Disebut demikian karena semua alat-alat untuk mengedit foto dari Photoshop dan Lightroom bisa kalian temukan di sini.

Menariknya lagi, ACDSee memiliki beberapa fitur unik seperti integrasi cloud, face recognition, geotagging, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini pun dapat kalian instal pada perangkat Windows 7 SP1 ke atas maupun MacOS 10.12 ke atas.

ADapun perangkat minimal yang harus kalian gunakan adalah memiliki processor Intel Core i3 atau yang setara. Menggunakan RAM minimal 2GB serta dilengkapi dengan Video RAM minimal sebesar 512 MB.

6. PhotoScape

Aplikasi Edit Foto PhotoScape
Gambar PhotoScape

Kalian pastinya sudah tidak asing dengan PhotoScape, bukan? Aplikasi ini sudah memiliki usia yang cukup lama. Namun nyatanya PhotoScape masih eksis sebagai aplikasi edit video dan edit foto sampai sekarang.

PhotoScape sendiri mengusung tampilan yang amat sederhana, jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Namun jangan salah, fitur-fitur yang disediakan oleh PhotoScape cukup lengkap.

Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah viewer, editor, batch editor, page, combine, animated GIF, print, splitter, screen capture, color picker, rename, raw converter, paper print, dan face search.

Sehingga jika kalian hanya memerlukan fitur dasar editing foto, maka fitur di atas mungkin cukup membantu.

Kalian jangan khawatir soal penggunaannya, karena aplikasi inni gratis digunakan sesuka hati. Jika kalian penasaran dengan aplikasinya, silahkan saja download di situs resminya photoscape.org

Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah banyak aplikasi edit foto jadi kartun yang keren dan kece badai.

Kalian pun bisa membuat kreasi dengan menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini beberapa download aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang dan bisa kalian manfaatkan.

1. Aplikasi Edit dengan Photo Lab

Aplikasi Edit Foto Photo Lab
Photo Lab

Buat kalian yang sedang edit foto jadi kartun, maka salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Photo Lab. Ada banyak efek kartun yang bisa kalian manfaatkan.

Kalian akan menemukan 800 efek bahkan lebih untuk memperindah tampilan foto.

Efek tersebut diantaranya stylish photo filters, creative artistic effects, realistic photomontages, beautiful frames, hingga fitur kolase foto.

Aplikasi ini pun bisa kalian dapatkan secara gratis melalui play store. Hanya saja kalian mesti sabar dengan banyaknya iklan yang muncul pada aplikasi.

2. Meitu

Aplikasi Edit Foto Meitu
Meitu

Aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan untuk edit foto jadi anime adalah Meitu – Create Insta Collage & Stories. Aplikasi ini cukup menarik. Buktinya Meitu sudah diunduh lebih dari 50 juta kali dengan rating 4,5.

Ada berbagai macam filter kartun yang bisa kalian gunakan agar foto kalian menjadi lebih keren. Beberapa filter kartun tersebut diantaranya seperti doll, house, arbt, dan lainnya. Di dalam aplikasi Meitu, filter yang disediakan terbilang lengkap.

Buat kalian yang merasa kurang pede saat foto selfie, maka dengan filter ini kalian bisa menghilangkan jerawat.

Lalu buat kalian yang berjilbab tenang saja karena kalian juga bisa melakukan edit foto jadi kartun juga kok.

Hanya saja aplikasi ini hanya tersedia saat online atau ada jaringan internetnya. Sehingga ketika paketan kalian habis atau tidak terdapat sinyal internet maka kalian tidak akan bisa memakainya.

3. Cartoon Photo Editor

Aplikasi Edit Foto Cartoon Photo Editor
Cartoon Photo Editor

Aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan untuk edit foto jadi kartun adalah Cartoon Photo Editor. Aplikasi ini hanya sekitar 23 MB saja. Namun walaupun kecil nyatanya sudah tidak perlu lagi diragukan performanya.

Dengan ukuran yang kecil tentunya tidak akan banyak memakan space pada perangkat.

Aplikasi ini juga cocok untuk semua jenis ponsel. Menariknya lagi, semua fitur yang disediakan dapat diakses secara gratis.

Ada banyak filter  yang bisa kalian gunakan sesuai selera. Filter tersebut terletak pada slider bagian bawah.

Untuk membuat foto kalian menjadi kartun caranya cukup mudah. Kalian tinggal pilih dan masukkan foto kemudian pilih filter yang sesuai, maka secara otomatis akan jadi foto kartun yang terlihat kece abis.

4. Zepetto Edit Foto jadi Kartun 3D

Aplikasi Edit Foto Zepetto
Gambar Zepetto

Buat kalian yang ingin fotonya nampak 3D, maka Zepetto lah solusinya. Aplikasi ini mulai dirilis pada tahun 2018 dan sudah banyak mengalami pembaharuan dalam aplikasinya.

Dengan menggunakan Zepetto maka kalian dapat membuat avatar 3 dimensi secara langsung. Kalian pun dapat mengeditnya dengan memanfaatkan berbagai macam kostumisasi yang sudah tersedia.

Bukan hanya itu saja, dengan memakai aplikasi Zepetto maka kalian juga bisa membuat foto menjadi unik seperti foto avatar hingga Emoji.

Hanya saja, agar kalian bisa menggunakan Zepetto, maka kalian harus selalu terhubung dengan jaringan internet.

5. Prisma Edit Foto Seperti Karya Picasso

Aplikasi Edit Foto Prisma
Gambar Prisma

kalian pastinya sedikit banyak sudah pernah mendengar pelukis terkenal bernama Pablo Ruiz Picasso atau yang dikenal dengan Picasso.

Yup seorang pelukis terkenal asal Spanyol dengan gagasan aliran kubisme. Dengan gagasan Warna-warna berani, potret kubisme dari wajah-wajah yang ter dekonstruksi dan komposisi gambar yang kacau tampaknya sedikit bergema dengan konsep kecantikan tradisional Asia.

Lalu apa jadinya jika foto kalian diedit dengan gaya lukisan Picasso? Nah dengan menggunakan aplikasi Prisma, foto kalian bukan hanya tampilan kartun tetapi juga memberikan efek foto layaknya sebuah lukisan air.

Dengan dukungan 300 lebih filter bergaya kartun, cat air, dan filter unik lainnya untuk membuat foto kalian makin berwarna.

Filter tersebut seperti mononoke, dallas, gothic, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini tergolong kecil, hanya kisaran 8,6 MB saja.

Walaupun kecill nyatanya aplikasi Prisma sudah di download lebih dari 50 juta kali.

Kalian bisa menikmati aplikasi Prisma dalam dua mode, yakni Premium dan gratis. Untuk versi Premium, kalian akan dapat menikmati semua fitur yang sudah disediakan secara komplet. Sementara untuk versi gratis, maka fitur-fitur yang disediakan juga seadanya saja.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk edit foto. Perlu kalian ketahui kembali jika tujuan penggunaan aplikasi ini salah satunya adalah untuk memperbaiki foto yang dianggap kurang sesuai.

Namun ada tujuan yang lebih penting dalam menggunakan aplikasi edit foto. Tujuan tersebut adalah untuk memberikan mood/suasana yang berbeda serta memberikan fokus pada objek tertentu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply