Aplikasi Edit Video PC

Buat teman-teman yang sedang belajar membuat video ataupun yang sudah berpengalaman dalam konten visual pastinya sering mendengar atau bahkan mengetahui berbagai macam aplikasi edit video pc gratis terbaik.

Dalam pembuatan video pastinya kita harus bijak dalam memilih aplikasi editing video terbaik yang sesuai dengan spesifikasi peralatan dan juga kebutuhan kita.

Jangan sampai kita menggunakan aplikasi edit video pc yang malah tidak sesuai dengan spesifikasi pc kita.

kalau spek pc kita tidak sesuai dengan aplikasi edit video kita malah akan membuat emosi dan hasil editan menjadi berantakan.

penasaran seperti apa aplikasi edit video terbaik? berikut daftar aplikasinya.

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Ada berbagai macam aplikasi edit video youtuber pc terbaik yang bisa digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Nah di bawah ini ada beberapa aplikasi edit video terbaik pc yang bisa teman-teman coba. 

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi Edit Video PC Adobe Premiere Pro
Gambar Adobe Premiere Pro

Kita pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya adobe premiere pro bukan? aplikasi edit video di pc ini merupakan aplikasi yang sering digunakan dalam membuat video profesional.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik dan menjadi andalan para editor video. 

Buat para teman-teman yang belum tahu tentang aplikasi ini, adobe premiere pro sendiri memiliki beragam menu yang terbilang cukup lengkap untuk edit video.

Hanya saja makin kesini, aplikasi ini memiliki spesifikasi yang berat untuk digunakan.

 Agar adobe premiere pro bisa berjalan dengan lancar, teman-teman paling tidak harus memiliki pc atau laptop dengan processor Intel® generasi 6 atau yang dikenal dengan skylake atau AMD yang setara dengan intel dengan dukungan windows 10 64-bit.

Nah dari sini kita tahu bukan teman-teman jika adobe premiere pro ini merupakan aplikasi edit video windows 10 yang recomended

Untuk ramnya sendiri teman-teman bisa menggunakan ram 4 GB. Akan tetapi lebih bagus jika menggunakan ram 8 GB.

Nah ketika teman-teman ingin menginstal adobe premiere pro ini, pastikan hardisk atau SSD sistemnya lebih dari 8 GB. kemudian yang tidak kalah pentingnya, pengaturan resolusi monitornya  kira 1280 x 800. 

Buat teman-teman yang low budget penulis saranin jangan pakai aplikasi adobe premiere pro ya, masih banyak kok aplikasi editing video yang lebih ringan lainnya.

2. Filmora

Aplikasi Edit Video PC Filmora
Gambar Filmora

Video editor for pc yang wajib teman-teman coba adalah filmora. Teman-teman sudah pernah dengar Filmora belum? Filmora sendiri merupakan aplikasi edit video besutan dari perusahaan wondershare.

Nah filmora sendiri merupakan aplikasi edit video di laptop dengan tampilan yang sederhana. Walaupun dibilang tampilan antarmuka yang sederhana, tetapi memiliki menu-menu atau spek yang cukup lumayan kok.

Untuk cara penggunaannya juga cukup mudah. Nah aplikasi edit video pc ini terbilang cukup ringan untuk digunakan. Dari penulis sendiri lebih suka dengan aplikasi filmora daripada adobe premiere pro.

Hal ini karena spesifikasi pc yang harus digunakan terbilang lebih ramah di kantong. Kita bisa menginstal aplikasi filmora di windows 7, 8 ataupun 10 khusus 64-bit.

Kemudian untuk processornya disarankan dengan menggunakan core i5 atau dengan intel generasi ke 6 atau skylake. JIka teman-teman menggunakan processor AMD sebaiknya gunakan AMD radeon R5 minimal ya.

Untuk ram sendiri aplikasi filmora sudah bisa berjalan di ram 2 GB, akan tetapi agak sedikit nge lag. Penulis sarankan pakai ram 4 GB atau lebih.

Nah buat yang ingin membuat video kualitas HD serta 4K sebaiknya gunakan ram 8 GB. Untuk aplikasinya sendiri terbilang cukup ringan kok. Nah buat teman-teman yang low budget bisa mencoba aplikasi ini ya.  

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Nah buat teman-teman yang suka mengedit video tetapi memiliki pc dengan low budget jangan khawatir ya. Karena masih ada aplikasi buat teman-teman yang ringan buat edit video. Berikut aplikasinya

1. Sony Vegas Pro

Aplikasi Edit Video PC Sony Vegas Pro
Gambar Sony Vegas Pro

Aplikasi edit video pc ringan yang pertama adalah sony vegas pro. Nah dari segi namanya saja pastinya teman-teman sudah bisa mengira-ngira tentang aplikasi ini bukan.

Yups, aplikasi sony vegas pro sendiri merupakan aplikasi edit video besutan dari Sony. Nah aplikasi ini merupakan aplikasi yang terbilang cukup ringan dan hampir bisa dikatakan ramah di segala lingkungan.

Hal ini karena Sony vegas pro bisa di instal di windows vista, windows 7, 8 dan juga 10. Dengan minimal menggunakan processor 2 GHz processor, teman-teman sudah bisa menjalankan sony vegas pro.

Nah cukup ringan bukan teman-teman aplikasi sony vegas pro ini. Dengan spek yang lumayan ramah lingkungan, teman-teman sudah bisa menggunakan aplikasi edit video di laptop ini.

Teman-teman bisa menggunakan versi trialnya terlebih dahulu jika masih ragu untuk menggunakannya, tetapi nantinya akan muncul watermark yang kadang malah mengganggu pemandangan bukan.

Jika teman teman sudah cocok, maka teman-teman bisa menggunakan aplikasi edit video pc tanpa watermark dengan cara berlangganan aplikasi Sony Vegas pro. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

2. Magix Vegas Pro

Aplikasi Edit Video PC Magix Vegas Pro
Gambar Magix Vegas Pro

Video editor for pc yang tidak kalah kerennya adalah Magix Vegas Pro. Magix vegas pro sendiri merupakan nama baru buat aplikasi Sony vegas pro.

Karena aplikasi ini merupakan satu kesatuan maka secara garis besar tidak begitu banyak perbedaan. hanya saja, untuk aplikasi Magix vegas pro ini tidak support untuk versi 32-bit. 

Nah untuk spesifikasi dari hardware yang support di instal magix vegas pro hampir sama dengan aplikasi sony vegas pro kok. Hanya saja pada magix vegas pro, minimal teman-teman bisa menggunakan windows 7, bukan vista. 

Bagaimana teman-teman, aplikasi ini cukup cocok buat para editor dengan low budget kok. 

Aplikasi Edit Video Youtuber PC

Buat para youtuber pastinya membutuhkan aplikasi editing video yang komplit, simpel dan juga ringan bukan? Teman-teman tenang saja karena berikut ini merupakan aplikasi yang ringan digunakan dan recomended:

1. AVS Video Editor

Aplikasi Edit Video PC AVS Video Editor
Gambar AVS Video Editor

Aplikasi edit video pc selanjutnya adalah AVS Video Editor. Aplikasi AVS Video Editor sendiri sangat cocok digunakan oleh teman-teman yang baru belajar mengedit video.

Hal ini karena aplikasi edit video pc ini memiliki tampilan yang mudah dengan tools yang lumayan banyak pilihan. Ditambah lagi, buat teman-teman yang memang low budget sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini.

Kita bisa menambahkan effect video, teks transisi dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi AVS Video Editor ini kita bisa mengedit video sederhana untuk ditambahi tulisan atau yang lainnya.

Nah buat teman-teman youtuber, aplikasi ini sangat cocok untuk membuat tutorial dengan ditambahi tulisan-tulisan serta watermark atau yang lainnya. buat para youtuber, mendingan cobain deh aplikasi edit video youtuber pc ini.

2. Movavi Video Suite

Aplikasi Edit Video PC Movavi Video Suite
GAmbar Movavi Video Suite

Aplikasi edit video di laptop selanjutnya adalah Movavi video suite. Nah aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi all in one.

Ada beragam kegunaan yang didapatkan jika teman-teman menginstal aplikasi ini. Teman-teman bisa mengedit video, audio, foto dan lain sebagainya.

Untuk edit videonya, teman-teman bisa melakukan banyak hal, mulai dari merekam layar, meng capture gambar dari tv, kamera, memotong video, serta bisa digunakan untuk sekedar nonton film online atau video semata.

Dengan berbagai macam menu pilihan ternyata aplikasi ini tergolong cukup ringan kok. Hal ini karena aplikasi ini support mulai dari windows xp sampai dengan windows 10.

Selain itu juga aplikasi ini tidak memakan banyak ruang. Buat teman-teman yang masih menggunakan windows xp dan vista, aplikasi ini hanya akan memakan ruang sebanyak 500 MB.

Nah jika teman-teman menggunakan windows 7 keatas maka ruang penyimpanan yang termakan cuma 1 GB. Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencobanya kah?

Aplikasi Edit Foto Jadi Video PC

Buat teman-teman yang belum tahu, sebenarnya foto-foto yang sudah kita kumpulkan bisa menjadi sesuatu yang menarik kok.

Foto-foto tersebut bisa dibuat video yang menarik dengan transisi yang keren. Berikut ini aplikasi yang bisa teman-teman gunakan.

1. Corel Video Studio

Aplikasi Edit Video PC Corel Video Studio
Gambar Corel Video Studio

Aplikasi edit video for pc selanjutnya adalah corel video studio. Teman-teman pastinya sudah familiar dengan corel video studio. Aplikasi corel video studio sendiri merupakan salah satu aplikasi besutan corel.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan cocok buat teman-teman yang masih pemula maupun yang sudah profesional. 

Dengan aplikasi ini teman-teman bisa mengolah ataupun mengedit video dengan kualitas 4K.

Untuk aplikasi corel video studio sendiri mampu berjalan di windows 7, 8 dan juga 10 versi 64-bit semata. Buat teman-teman yang menggunakan windows versi 32-bit tidak akan bisa menikmatinya.

Selanjutnya agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar maka sebaiknya teman-teman menginstalnya di processor core i3 maupun AMD A4.

Nah dari penulis sendiri merekomendasikan aplikasi ini pada processor intel core i7 atau AMD Athlon A10 for HD and UHD videos

Oh iya teman-teman, aplikasi ini tidak gratis ya, Jadi teman-teman bisa mencicipi versi trialnya terlebih dahulu selama 1 bulan. Kalau sudah cocok baru membeli lisensi aktivasinya.

Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Setelah kita membahas aplikasi edit video pc tanpa watermark yang berbayar, masih ada lagi aplikasi edit video pc gratis terbaik yang bisa teman-teman coba. Berikut beberapa daftar aplikasinya.

1. Windows Movie Maker

Aplikasi Edit Video PC Windows Movie Maker
Gambar Windows Movie Maker

Teman-teman pastinya sudah mengenal aplikasi yang satu ini bukan? Yups, namanya adalah windows movie maker. Windows movie maker sendiri merupakan aplikasi besutan dari windows essentials 2012.

Nah aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Walaupun begitu, nyatanya aplikasi windows movie maker dapat bersaing dengan aplikasi edit video pc tanpa watermark lainnya.

Windows movie maker sendiri merupakan aplikasi yang sangat ringan, sehingga sangat cocok buat teman-teman yang suka mengedit video dengan budget yang minim.

Menariknya lagi, windows movie maker merupakan salah satu aplikasi edit foto jadi video pc terbaik yang mampu bersaing dengan aplikasi lainnya.

Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencobanya? Silahkan saja download software edit video di https://windows-movie-maker.id.uptodown.com/windows/download

2. Avidemux

Aplikasi Edit Video PC Avidemux
Gambar Avidemux

Aplikasi edit video gratis selanjutnya adalah Avidemux. Teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi ini belum? Avidemux sendiri merupakan salah satu aplikasi edit video gratis terbaik yang layak teman-teman coba.

Meskipun aplikasi ini tergolong gratis tetapi teman-teman jangan menganggapnya remeh ya. Hal ini karena aplikasi ini pun dapat bersaing dengan aplikasi edit video pc lainnya.

Avidemux sendiri juga mudah digunakan dan juga praktis. Mungkin memang pada awalnya aplikasi ini agak sedikit membingungkan, akan tetapi selang beberapa waktu teman-teman akan menemukan cara untuk menggunakannya secara mudah.

Keunggulan lainnya dalam aplikasi ini adalah teman-teman bisa memotong, melakukan sinkronisasi, penanda, filter, korektor gambar bahkan melakukan pengkodean.  

Bagaimana teman-teman tertarik mengunduhnya? 

Teman-teman bisa download software edit video Avidemux nya di https://avidemux.id.uptodown.com/windows.

Software Edit Video Gratis

Selain software di atas, masih ada lagi kok software edit video gratis yang bisa teman-teman coba. Berikut diantaranya

1. HitFilm Express

Aplikasi Edit Video PC HitFilm Express
Gambar HitFilm Express

Aplikasi edit video pc gratis terbaik selanjutnya adalah HitFilm Express. Teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi ini belum?

Aplikasi HitFilm Express sendiri merupakan salah satu aplikasi gratis dengan pemrograman pengeditan video kelas profesional.

Selain digunakan untuk pengeditan video, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkomposisikan, perenderan 3D, menambahkan berbagai macam efek video dan lain sebagainya. 

Nah aplikasi ini sangat cocok buat para youtuber, gamer, pelajar maupun para pembuat film, baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional.

Dengan menu-menu pilihan yang bervariasi sehingga video yang kita buat akan nampak seperti video profesional. 

Kita bisa membuat desain judul, menambahkan efek suara dan visual yang menarik serta menambal dua adegan dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam kegunaan ini, kita bisa memanfaatkannya secara gratis.

Walaupun memang aplikasi ini gratis, tetapi jika teman-teman ingin memanfaatkan fitur-fitur yang ada secara lebih, teman-teman dapat memilih yang berbayar.

Akan tetapi buat yang masih pemula sebaiknya gunakan yang gratis saja ya.

2. Virtual Dub

Aplikasi Edit Video PC Virtual Dub
Gambar Virtual Dub

aplikasi edit video pc selanjutnya adalah virtualDub. Teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi virtualDub belum?

VirtualDub sendiri merupakan aplikasi yang memiliki tampilan yang sederhana sehingga sangat cocok buat para pemula.

Dengan menggunakan aplikasi virtualdub ini kita bisa mengedit video, merekam layar, dan memproses video dengan cara yang lebih efisien.

Dengan tampilan yang sederhana maka teman-teman tidak akan merasa kesulitan dalam menjalankan aplikasinya. 

Buat teman-teman yang ingin mencoba aplikasinya bisa men download aplikasi edit video pc di https://virtualdub.id.uptodown.com/windows dan rasakan sendiri kamudahan yang diberikan oleh aplikasi secara gratis. Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencobanya?

Aplikasi untuk Edit Video

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih ada aplikasi untuk edit video yang tidak kalah keren lainnya. Aplikasi ini akan sayang kalau teman-teman lewatkan. Berikut aplikasinya

1. Open shot

Aplikasi Edit Video PC Open shot
Gambar Open shot

Aplikasi selanjutnya yang bisa teman-teman manfaatkan untuk edit video adalah openshot. teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi ini belum? Openshot sendiri merupakan salah satu aplikasi edit video gratis yang bersifat open source.

Aplikasi openshot sendiri memiliki tampilan yang sederhana yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengedit, memotong, mempercepat ataupun memperlambat video.

Menariknya meskipun aplikasi ini nampak sederhana tetapi tidak akan kalah bersaing dengan aplikasi yang lainnya.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini kita bisa melakukan aplikasi ini, kita bisa mengedit video, trek audio, tanda air dan lain sebagainya.

Kemudian salah satu keunggulan dari openshot sendiri yang tidak kalah menariknya adalah penyedia menyediakan berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia di dalamnya.

Aplikasi ini pun memiliki keunggulan diantaranya kita dapat mengatur rotasi, memangkas video, fitur untuk menambahkan overlay, tanda air, fitur untuk menambahkan animasi 3D, teks, fitur edit video dan sebagainya.

Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencobanya?

2. Camtasia

Aplikasi Edit Video PC Camtasia
Gambar Camtasia

Teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi camtasia belum? Camtasia sendiri lebih sering dikenal karena fitur perekaman layarnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi camtasia sendiri juga bisa digunakan untuk mengedit video.

Nah aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video youtuber pc terbaik. Buat para teman-teman youtuber bisa membagikan hasil perekaman layar di youtube. 

Aplikasi yang satu ini memang salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk membuat tutorial ataupun gaming.

Teman-teman bisa merekam layar pc yang di dalamnya bisa berisi tutorial pembuatan powerpoint misalnya atau yang lainnya. Setelah itu teman-teman bisa langsung mengeditnya menggunakan aplikasi camtasia ini. 

Aplikasi ini sendiri tergolong cukup ringan, teman-teman bisa menginstalnya di windows 7, 8, 10, tetapi hanya untuk versi 64-bit saja ya. Untuk versi 32-bit tidak bisa berjalan. 

Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencobanya? 

Aplikasi Edit Video Lainnya

Selain aplikakasi editing video di atas, masih ada aplikasi edit video lainnya yang pastinya tidak akan kalah dengan aplikasi aplikasi edit video di atas. Berikut aplikasinya.

1. Lightworks

Aplikasi Edit Video PC Lightworks
Gambar Lightworks

Aplikasi edit video di pc selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah lightworks. Teman-teman sudah pernah mendengar aplikasi Lightworks belum?

Aplikasi lightworks sendiri merupakan aplikasi editor video yang mirip dengan Adobe Premiere, Avid atau Final Cut.

Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur di dalamnya sehingga teman-teman bisa mengedit video layaknya editor video profesional.

Diantara tool atau menu yang bisa dijalankan dalam aplikasi Lightworks ini adalah banyaknya efek dan transisi yang mudah digunakan. Selain itu juga terdapat lapisan, filter, efek spesial, dan lain sebagainya.

Kemudian jika dilihat lebih lanjut, Lightworks kompatibel dengan hampir semua plugin Adobe Premiere dan After Effect. Ini tentunya akan menyenangkan kita yang sudah terbiasa dengan adobe premiere maupun after effect.

Bagaimana teman-teman tertarik untuk mencoba aplikasinya? Jika teman-teman tertarik silahkan saja download software edit video di https://lightworks.id.uptodown.com/windows.

Sebagai bahan informasi buat teman-teman mengapa aplikasi edit video pc lebih banyak yang support di versi 64-bit ketimbang 32-bit.

Alasannya karena versi 64-bit memiliki sistem yang kuat dengan hardware yang handal. Hal ini membuat kinerja aplikasi yang di instal terutama untuk kategori edit video menjadi lebih baik.

Aplikasi edit video pc memerlukan hardware dengan kekuatan yang tangguh agar pengguna bisa membuat atau mengedit video dengan lancar dan tidak nge lag sama sekali. 

Leave a Reply