Apa itu FB Pro? Cara Daftar dan Syarat Monetisasi

Sekarang ini pengguna Facebook bisa menghasilkan uang atau monetisasi dengan cara mengubah FB biasa dan mengaktifkan menjadi Facebook Profesional atau FB Pro. Ada cukup banyak tool hingga yang diberikan oleh Facebook Profesional untuk monetisasi akun pengguna.

Dengan mengaktifkan fitur Profesional maka kalian sebagai pengelola akun akan seperti mengelola dalam mode halaman tapi tetap mempertahankan “teman” yang sudah terhubung.

Ini karena pada saat kalian mengaktifkan Facebook Profesional maka fitur teman akan berubah menjadi pengikut. Selain itu akan muncul juga berbagai macam fitur-fitur lain yang tidak ada sebelumnya, termasuk monetisasi yakni menghasilkan uang.

Lalu FB Pro itu apa? Bagaimana cara mengaktifkannya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Apa itu FB Pro?

Apa itu FB Pro

FB Pro atau Facebook Profesional adalah fitur terbaru dari Meta sebagai induk Facebook yang memungkinkan penggunanya menjadi konten kreator dengan mengelola akun FB layaknya halaman dan mendapatkan penghasilan uang dari konten tersebut.

Pada saat kalian mengaktifkan fitur ini, maka kalian sebagai pengguna akan memungkinkan mengelola akun Facebook seperti dalam mode Halaman, namun tetap mempertahankan “teman” yang sudah terhubung. 

Kemudian teman yang sudah terhubung akan berubah menjadi pengikut dan muncul fitur-fitur lain yang tidak ada sebelumnya, seperti monetisasi yakni menghasilkan uang.

Bukan hanya itu saja, fitur Facebook Profesional juga akan membantu penggunanya memperoleh pengikut publik. Kemudian apabila pengguna tersebut sudah memenuhi persyaratan kelayakan untuk program monetisasi, maka kalian akan memperoleh uang dengan membuat konten di Facebook.

Singkatnya, dengan membuat Facebook menjadi FB Pro menghasilkan uang akan memungkinkan pengguna menjadi konten kreator tanpa membuat sebuah Page atau halaman.

Fitur Monetisasi Facebook Profesional

Apa itu FB Pro Fitur Monetisasi Facebook Profesional

Berikut ini beberapa fitur penting yang dimiliki oleh FB Pro untuk mendukung pengguna dalam monetisasi akun Facebook:

  1. Star atau Bintang: Yakni fitur yang memungkinkan penggemar untuk  Memungkinkan penggemar mendukung Anda dengan mengirimi Star dan hadiah
  2. Iklan di Reels: Yakni mendapatkan uang via undangan khusus dengan menyertakan iklan di awal, tengah atau akhir pada video Reel 
  3. Bonus: Yakni Bonus via undangan khusus dari Facebook untuk kreator konten.
  4. Iklan In-Stream: Yakni mendapatkan uang dengan menyertakan iklan di video kalian.

Cara Mengaktifkan Fb Pro

Apa itu FB Pro Cara Mengaktifkan Fb Pro

Untuk bisa monetisasi Facebook, kalian perlu mengubah Facebook standar menjadi Facebook Profesional terlebih dahulu. Adapun cara daftar FB Pro yaitu:

  1. Langkah pertama kalian buka aplikasi Facebook terlebih dahulu
  2. Selanjutnya klik simbol garis tiga di bagian pojok kanan atas
  3. Setelah itu scroll ke bawah dan pilih ‘Akses Profesional’
  4. Kemudian pilih ‘Eksistensi Publik’
  5. Lalu ‘Gunakan Mode Profesional’ lalu pilih ‘Berikutnya’
  6. Selanjutnya pilih ‘Aktifkan’.
  7. Kemudian kalian lengkapi setiap instruksi yang ada seperti menambah Bio, menautkan nomor WA dan buat konten baru
  8. Selesai. Sekarang kalian sudah berhasil mengaktifkan Facebook Profesional.
Banyak dibaca:  Cara Mengganti Nama Facebook

Kalian pun dapat langsung membuat konten berupa unggahan gambar, video, Reel hingga siaran langsung.

Syarat Monetisasi Fb Pro

Apa itu FB Pro Syarat Monetisasi Fb Pro

Untuk bisa monetisasi Facebook Profesional, kalian mesti memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Bintang

Setiap Bintang atau Star yang kalian terima dari penggemar Facebook akan memberi kalian $0,01 USD atau sekitar Rp 156.

  • Kalian harus mematuhi Kebijakan Monetisasi Konten Facebook.
  • Tinggal di negara yang memenuhi syarat.
  • Memiliki minimal 500 pengikut.
  • Profil akun kalian memiliki 500 pengikut selama 30 hari berturut-turut.
  • Berusia minimal 18 tahun ke atas.

2. Iklan di Reels

Kalian bisa mendapatkan uang dengan menyertakan iklan di reel (Khusus Undangan). Iklan di reels merupakan peluang yang sangat sempurna untuk memonetisasi reel kalian yang memang sudah memenuhi syarat. 

Adapun syaratnya yaitu:

Iklan di Video on Demand

  • Memiliki minimal 5.000 pengikut
  • Total pemutaran video sebanyak 60.000 menit atau 1000 jam dilihat dalam 60 hari terakhir. Perhitungannya berasal dari video sesuai permintaan, siaran langsung, atau siaran langsung sebelumnya. kemudian total pemutaran ini tidak termasuk menit yang dilihat dari waktu tonton yang diposkan silang, ditingkatkan, atau berbayar.
  • Pada halaman setidaknya memiliki 5 video aktif tapi tidak termasuk video aktif yang diposkan silang.

Iklan di Siaran Langsung

  • Memiliki minimal 10.000 pengikut
  • Total pemutaran video sebanyak 600.000 menit atau 10.000 jam ditonton dalam 60 hari terakhir dengan setidaknya 60.000 menit dari total 600.000 menit ditonton dari video langsung.
  • Memiliki 5 video aktif pada fanspage, termasuk setidaknya 3 video siaran langsung sebelumnya, yang kalian buat. 5 Video ini tidak termasuk video aktif yang diposkan silang.

Tips Cara Cepat Monetisasi Facebook Profesional

Apa itu FB Pro Tips Cara Cepat Monetisasi Facebook Profesional

Tips ini berguna agar konten yang kalian buat bisa dinikmati oleh banyak orang, bukan sekedar konten video yang di unggah saja.

1. Buat Konten Berkualitas Tinggi

Hal mendasar yang perlu kalian perhatikan adalah membuat konten yang menarik dan berkualitas. Konten yang berkualitas akan membantu menarik perhatian lebih banyak pengguna. 

Para pengguna pun tak akan segan memberikan komentar, like dan juga membagikan konten video yang kalian unggah.

2. Bangun Audiens yang Kuat

Selain kualitas, kalian juga mesti fokus pada perkembangan jumlah pengikut dengan membagikan konten yang relevan dan mengajak interaksi kepada pengikut. 

3. Gunakan Fitur Facebook untuk Bisnis

Selain membuat FB Pro, kalian juga perlu merubah Fanspage menjadi ‘Halaman Facebook untuk Bisnis’ guna mengakses fitur dan alat pemasaran yang lebih banyak. 

Banyak dibaca:  Epson L300 Lampu Tinta dan Power Berkedip

4. Pertimbangkan Iklan Berbayar

Agar pengikut dan viewer menjadi lebih cepat, kalian perlu menggunakan iklan Facebook untuk meningkatkan jangkauan dan mengarahkan audiens yang lebih besar ke halaman kalian. 

5. Jual Produk atau Jasa

Apabila memungkinkan, ada baiknya kalian menjual produk atau jasa langsung melalui Facebook dengan mengaktifkan fitur pembelian atau mengarahkan ke situs web e-commerce kalian atau link afiliasi yang kalian ikuti. 

6. Gunakan Facebook Shop

Apabila kalian sudah memiliki produk fisik yang dijual, kalian bisa mempertimbangkanya untuk dijual menggunakan fitur Facebook Shop guna memudahkan pembelian langsung. 

7. Dukungan dari Pengikut

Guna mempercepat jam tayang pada akun FB Pro, kalian bisa meminta dukungan dari pengikut, seperti berbagi konten atau merekomendasikan Fanpage kalian kepada teman-teman mereka. 

8. Partnership dan Endorsement

Lakukan kolaborasi dengan merek atau pengguna lain guna mendapatkan endorsement atau berpartisipasi dalam program afiliasi. 

9. Gunakan Live Video

Live video dapat meningkatkan keterlibatan pengguna, dan kalian bahkan dapat meminta sumbangan selama sesi live berlangsung. 

10. Analisis Kinerja

Jangan lupa untuk menggunakan alat analisis Facebook untuk memantau dan memahami perilaku pengguna sehingga kalian dapat membuat strategi yang tepat berdasarkan wawasan tersebut. 

Penutup

Nah itu tadi berbagai penjelasan apa itu FB Pro lengkap dengan fitur, cara mengaktifkan, syarat dan juga tips agar cepat monetisasi.

Perlu kalian ingat kembali bahwa memonetisasi FB Pro memerlukan waktu dan konsistensi dari kalian.

Karena itulah kalian mesti fokus pada membangun hubungan dengan para pengikut dan memberikan nilai tambah melalui konten yang diunggah ke Facebook.

Sekian pembahasan terkait cara monetisasi Facebook Profesional. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat buat kalian semua. 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Apabila penjelasan di atas ada yang salah atau kurang dimengerti, segera sampaikan di kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel Teknologi selanjutnya.

Leave a Reply