Makanan Khas Tangerang Laksa

Makanan Khas Tangerang

Makanan Khas Tangerang – Pernahkan teman-teman mengunjungi kota Tangerang? Kota ini berada di Provinsi Banten Indonesia. Meskipun masuk dalam kelompok kota besar yakni Jabodetabek, namun masih banyak orang yang menomorsekian-kan kota ini baik wisata dan kulinernya.

Padahal siapa sangka, kota Tangerang menyimpan kekayaan kuliner khas yang tak kalah lezat dengan daerah lain. Kota yang sering mendapat julukan sebagai kota 1000 ini memiliki sederet referensi kuliner yang sayang jika tidak dicicipi.

Makanan khas Tangerang memiliki cita rasa yang khas dengan paduan bumbu rempah serta proses memasaknya yang dilakukan dengan penuh cinta.

Sama seperti makanan khas Betawi, siapapun yang pernah mencicipi kelezatan kulinernya, akan buru-buru kembali untuk mencobanya lagi.

Selain itu terdapat juga makanan khas Tangerang yang bisa teman-teman jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah lho. Sudah tidak sabar ingin mengetahuinya? Simak penjelasan dibawah ini:

Makanan Khas Tangerang Banten

Rahasia sukses dalam hidup adalah makan apapun yang Kamu suka, dan biarkan makanan berjuang di dalam.

Laksa

Makanan Khas Tangerang Laksa

Salah satu jenis makanan yang menjadi primadona di Kota Tangerang adalah laksa. Laksa merupakan sajian khas yang menggunakan bahan dasar mie putih yang terbuat dari beras. Mie ini cenderung mirip dengan bihun namun ukurannya lebih besar bahkan dari mi spaghetti.

Sedangkan untuk tekstur, mie laksan cenderung lebih kasar dan tidak lentur layaknya mie pada umumnya. Penyajian makanan khas Tangerang yang satu ini disiram dengan kuah santan gurih dan legit dengan bumbu rempah khas.

Sebagai toping, mie laksa ditemani dengan kacang hijau, daun kucai serta suwiran daging ayam dan telur rebus. Jelas sudah bisa dibayangkan kenikmatan seperti apa yang akan teman-teman rasakan ketika mencicipinya.

Nasi Sumsum

Makanan Khas Tangerang Nasi Sumsum

Makanan khas dari dari kota Tangerang yang kedua ditempati oleh nasi sumsum. Sudah bisa tergambar jelas dari namanya, jika makanan yang satu ini adalah nasi yang dicampur dengan sumsum dari sapi maupun kerbau.

Untuk pembuatannya, nasi yang sudah matang kemudian diaduk dengan campuran bumbu rempah komplit. Jika sudah benar-benar tercampur rata, selanjutnya ditambahkan dengan sumsum dan diakhiri dengan membungkusnya menggunakan daun pisang.

Sebelum disajikan, bungkusan nasi sumsum ini dibakar terlebih dahulu hingga mengeluarkan aroma sedap yang khas. Aroma ini lah yang seakan memanggil para wisatawan untuk segera mencicipinya.

Garang Asem

Makanan Khas Tangerang Garang Asem

Meskipun tergolong makanan berat sebagai pelengkap nasi, namun garang asem ini sangat cocok jika disantap ketika siang hari. Bagaimana tidak, rasa pedas asam yang menjadi ciri khas mampu mendatangkan kesegaran hakiki di dalam mulut.

Garang asem yang asli dari Tangerang terbuat dari bahan dasar daging bebek atau bisa diganti dengan daging bebek. Dan untuk kualitas rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena sudah sangat dipercaya bisa mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh.

Gecom

Makanan Khas Tangerang Toge Oncom

Makanan khas yang ditawarkan oleh kota Tangerang selanjutnya adalah gecom. Pemberian nama gecom adalah gabungan dari nama kedua bahan bakunya yakni tauge dan oncom. Selanjutnya ditambah dengan kecap khas Tangerang sebagai pemanisnya.

Bebek Sate

Makanan Khas Tangerang Bebek Sate

Bebek sate merupakan makanan khas Tangerang legendaris dan termasuk panganan yang paling dicari ketika berkunjung ke Tangerang. Cara pengolahan yang spesial dan khusus menjadikan bebek sate sayang untuk dilewatkan.

Dengan menggunakan resep rahasia inilah tersaji daging bebek yang begitu empuk dan rasa yang luar biasa menggoda. Untuk itu bebek sate harus masuk dalam list makanan yang akan teman-teman coba.

Sate Bandeng

Makanan Khas Tangerang Sate Bandeng

Belum selesai dunia per sate an Tangerang yang hanya seputar ayam, kambing, sapi bahkan bebek sate seperti yang sudah disebutkan. Kali ini muncul lagi sajian khas kota Tangerang berbentuk sate dengan bahan dasar ikan bandeng.

Pada proses pembuatan sate bandeng ini menggunakan bumbu dari santan kelapa muda yang dicampur dengan resep khas dan rahasia. Tekniknya pun cukup rumit yakni diawali dengan menghilangkan duri dari ikan bandeng terlebih dahulu.

Tak heran jika sate bandeng ini begitu istimewa baik rasa maupun penyajiannya. Untuk itu tak ada salahnya jika Kamu membawa pulang sate bandeng khas Tangerang ini untuk buah tangan bagi keluarga maupun orang tercinta.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai makanan khas Tangerang lainnya, tidak ada salahnya apabila teman-teman juga mengetahui apa saja destinasi wisata tersembunyi di kota Tangerang yang wajib dikunjungi ketika berada di kota industri ini.

Bukan hanya destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan pemandangan alamnya saja, akan tetapi terdapat pula tempat yang mengedukasi dan instagramable jadi sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga bahkan pasangan tercinta.  berikut daftarnya

  • Floating Castle Froggy Edutography di BSD City
  • Kandang Godzilla Tebing Koja di Desa Cikuya
  • Taman Cikokol di Babakan
  • Telaga Biru Cisoka di Cisoka
  • Pintu Air 10 di Karawaci
  • Ocean Park Water Adventure di Serpong
  • Citra Raya Water World & World of Wonders di Panongan
  • Klenteng Boen Tek Bio di Sukasari
  • Upside-Down World Alam Sutera.

Minuman Khas Tangerang

Puas berburu makanan khas Tangerang nikmat, dan lelah setelah seharian berjalan-jalan di beberapa destinasi wisatanya, kini giliran teman-teman mengetahui minuman khas Tangerang yang mampu menjadi obat penghilang dahaga.

Sirup Rosalia Fresh

Makanan Khas Tangerang Sirup Rosalia Fresh

Salah satu produk olahan dari IKM Kabupaten Tangerang ini sengaja diproduksi dan dikembangkan secara massal. Sirup Rosalia Fresh begitu melambai ketika sudah dicampur dengan air dan ditambah dengan potongan es batu.

Yang menjadi keunggulan dari sirup rosalia ini adalah rasanya yang begitu segar dan nikmat. Selain itu proses pembuatannya tidak menambahkan pemanis dan pewarna buatan serta tidak mengandung bahan pengawet berbahaya.

Bahkan kabarnya sirup ini bisa berperan untuk menunjang kesehatan tubuh teman-teman semua lho. Seperti mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan pada saluran ginjal serta bisa mendetox racun yang ada di dalam tubuh.

Bir Pletok

Makanan Khas Tangerang Bir Pletok

Meskipun namanya bir, namun minuman khas yang satu ini tidak termasuk dalam golongan minuman yang memabukkan. Bir pletok diracik dengan mencampur aneka macam rempah dan ditambah dengan kayu secang untuk memberikan warna menarik.

Sehingga tidak ada kandungan alkohol sedikitpun di dalam minuman ini. Malahan, bir pletok khas Tangerang bisa berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Di Tangerang Selatan, merk dagang bir pletok yang paling terkenal adalah Bang pletok.

Es Kuwut

Makanan Khas Tangerang Es Kuwut

Es kuwut merupakan es yang berbahan dasar kelapa muda namun dikombinasikan dengan buah-buahan lainnya. Potongan melon, blewah serta biji selasih sering menjadi teman tersajinya es kuwut segar ini.

Belum lagi tambahan perasan jeruk nipis yang membuat rasa manis dan segar pada es kuwut semakin kental. Di Tangerang untuk bisa meneguk satu gelas es kuwut, teman-teman hanya perlu membayar sebesar delapan ribu rupiah saja.

Es Sekemu

Makanan Khas Tangerang Es Sekemu

Nyaris mirip dengan es kuwut yang menggunakan bahan dasar kelapa muda, bedanya es sekemu menambahkan buah sawo sebagai temannya.

Sebenarnya es yang satu ini sangat cocok dinikmati di bawah panasnya matahari Tangerang, namun sangat disayangkan sudah tidak begitu banyak yang menjual es sekemu.

Oleh-Oleh Khas Tangerang

Lengkap sudah perjalanan Kamu di kota ini jika sudah tuntas mencicipi makanan khas Tangerang populer, destinasi wisata yang memanjakan mata dan menyenangkan, serta meneguk aneka minuman khas yang menutup keseruan aktivitas Kamu.

Namun, berkunjung ke sebuah tempat nampaknya kurang afdol jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas dari kota tersebut. Tangerang juga ternyata menawarkan beberapa pilihan buah tangan yang minta untuk dibawa pulang. Apa saja? Berikut ulasannya:

Dodol Ny. Lauw

Makanan Khas Tangerang Dodol Ny. Lauw

Dodol Ny. Lau menduduki peringkat pertama sebagai oleh-oleh yang wajib banget untuk dibawa pulang. Meskipun ketika berkunjung ke setiap daerah Kamu bisa menemukan aneka jenis dodol, namun sudah bisa dipastikan jika dodol ny.Lauw beda dari dodol pada umumnya.

Dodol yang satu ini dibuat dari hati sehingga tercipta rasa manis, dan tekstur yang lembut sehingga setiap gigitannya juga akan sampai ke hati konsumennya. Belum lagi sensasi legit di setiap gigitan akan membuat teman-teman ketagihan.

Kecap Manis SH

Makanan Khas Tangerang Kecap Manis SH

Oleh-oleh selanjutnya yang tak kalah populer adalah kecap manis SH. Kecap yang satu ini merupakan kecap asli dari daerah Tangerang meskipun sekarang Kamu sudah bisa menemukannya di luar daerah ini.

Rasa manis dan kekentalan yang pas menjadikan kecap manis SH ini cocok untuk disandingkan sebagai bumbu tambahan segala jenis makanan.

Kamu tak perlu bingung dimana bisa menemukan kecap ini, karena sekarang sudah merata tersedia di pusat oleh-oleh khas Tangerang.

Bolu Tape Benteng

Makanan Khas Tangerang Bolu Tape Benteng

Siapa sangka jika bolu tape benteng merupakan cake khas asli dari Tangerang. Faktanya, cake yang satu ini benar-benar hanya diproduksi di daerah Tangerang saja. untuk Kamu pecinta tape, jangan sampai melewatkan jajanan satu ini karena rasanya yang benar-benar tape banget.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bolu ini juga bahan dengan kualitas premium. Di Tangerang sendiri bolu tape benteng sering disebut dengan Mama Bolu Tangerang. Kamu bisa menemukannya di supermarket maupun toko kue daerah Tangerang.

Kue Gipang

Makanan Khas Tangerang Kue Gipang

Makanan khas Tangerang selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh adalah kue gipang. Bentuknya yang unik yakni kecil serta memiliki tekstur renyah menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi dengan tekstur yang sedikit lengket pada bagian luar kue.

Bahan dasar pembuatan kue gipang sendiri adalah menggunakan beras ketan atau tepung ketan yang dicampur dengan air gula. Meskipun bahannya sederhana, namun cita rasa yang dihasilkan tetap begitu nikmat dan bikin ketagihan.

Dengan menawarkan banyak rasa seperti rasa original, rasa gula merah dan rasa pandan, membuat kue gipang ini semakin klop jika dijadikan sebagai teman ngopi santai di pagi maupun sore hari.

Ketan Bintul

Makanan Khas Tangerang Ketan Bintul

Apakah teman-teman pernah menemukan makanan dengan nama ketan bintul? Jika masih terasa asing, ketan bintul merupakan pangan berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kedelai hitam.

Bagi masyarakat Tangerang, ketan bintul masih menjadi makanan yang wajib tersedia sebagai menu sarapan. Untuk bisa membawa pulang oleh-oleh yang satu ini, Kamu bisa mencarinya di pasar tradisional kota Tangerang.

Setelah mengetahui makanan khas Tangerang lengkap dengan minuman khas, oleh-oleh khas bahkan destinasi wisatanya yang apik, apakah teman-teman sudah bisa menentukan kapan akan berkunjung ke kota ini?

Dari ulasan diatas, sudah tergambar jelas jika segala bentuk kebutuhan liburan Kamu bisa ditemukan dan disediakan oleh kota yang satu ini. Jadi tunggu apa lagi?

Leave a Reply