Makanan Khas Sumatera Soto Padang

Makanan Khas Sumatera

Makanan Khas Sumatera – Salah satu pulau terbesar Indonesia yang terletak di bagian barat Indonesia ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik.

Tidak hanya itu, kekayaan kulinernya juga sangat istimewa. Hingga beberapa nama makanan khas Sumatera pun dikenal seluruh Indonesia, bahkan level dunia.

Ya, menyimak tentang kuliner di Pulau Sumatera memang sangat menarik. Kamu akan menemukan aneka sajian khas dengan aneka bahan yang berbeda dan rasa yang unik. Tidak hanya itu, beberapa makanan tersebut memang hanya ditemukan di Sumatera saja.

Seseorang tidak bisa berpikir dengan baik, mencintai dengan baik, dan tidur nyenyak jika belum makan dengan baik.

~ Virginia Woolf ~

Sebagaimana disinggung di awal bahwa, ada banyak sekali kuliner khas Sumatera yang bisa dicoba saat Kamu berkunjung ke sana, terutama dari Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Berbagai jenis makanan tersebut tentu saja akan membuat Kamu lebih leluasa memilih apa saja makanan yang akan Kamu santap.

Hanya saja, ada beberapa rekomendasi yang bisa Kamu jadikan list untuk mencoba macam macam makanan tersebut. Adapun ragam rekomendasinya, berikut artikel makanan khas Sumatera yang cocok untuk dicoba dan penjelasannya:

Rendang

Makanan Khas Sumatera Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini?

Rendang adalah salah satu makanan yang paling terkenal di Sumatera Barat bahkan di Indonesia. Di level dunia pun rendang yang berasal dari Padang ini diakui sebagai salah satu makanan yang paling lezat.

Nah, rendang adalah olahan khas yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi.

Daging sapi pilihan tersebut akan dimasak dengan menggunakan beragam bumbu rempah yang sangat kaya, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, sereh, kunyit, lengkuas dan lainnya. Ada pula tambahan santan yang digunakan dalam memasak rendang.

Perlu diketahui bahwa, cara membuat rendang memang memerlukan skill memasak yang hebat.

Mulai dari resep dan cara membuatnya memang tidak mudah, karena ada cukup banyak langkah yang harus dilakukan dan bumbu khusus yang harus ditambahkan.

Jika ditotal, rendang bisa dimasak hingga sekitar 4 jam. Namun, tentu, proses yang lama dan rumit ini akan menghasilkan olahan daging sapi yang sangat nikmat.

Soto Padang

Makanan Khas Sumatera Soto Padang

Selain Rendang, Padang juga menyumbang soto sebagai makanan khas Sumatera paling disukai dan dicari. Soto sebenarnya adalah jenis sajian yang sudah banyak tersebar di Indonesia.

Mungkin bisa dikatakan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto khas masing-masing yang enak.

Namun, apa yang membuat soto Padang ini unik?

Nah, secara umum, soto Padang menggunakan bahan yang sama dengan soto lainnya, yaitu daging, perkedel kentang, bihun dan tambahan kuah kaldu yang gurih.

Namun, apa yang membedakannya adalah ada beberapa bahan yang digoreng hingga kering dan dipotong kecil-kecil sebelum ditambahkan dengan kuah, terutama daging sapi yang kerap disebut dendeng.

Sate Padang

Makanan Khas Sumatera Sate Padang

Suka dengan kuliner sate? Ya, masyarakat Indonesia sangat familiar dengan kuliner yang satu ini. Umumnya, sate dibuat dengan bahan dasar daging, bisa dengan daging sapi, ayam, kerbau dan lainnya.

Nah, di Sumatera, tepatnya di Padang, Kamu akan menemukan sajian kuliner sate yang khas yaitu sate Padang.

Secara umum, sate Padang tentu saja sama dengan sate pada umumnya dengan daging yang ditusuk dan kemudian dipanggang. Nah, apa yang berbeda dari sate Padang adalah terkadang sate dibuat dengan campuran jeroan, seperti paru dan juga usus.

Selain itu, salah satu makanan khas Sumatera ini menarik karena disajikan dengan tambahan kuah kaldu sapi yang cukup kental. Ditambah dengan irisan ketupat, menikmati sate Padang saat lapar tentu akan terasa begitu nikmat.

Bika Ambon

Makanan Khas Sumatera Bika Ambon

Mungkin Kamu mengira bahwa makanan ini berasal dari Ambon, bukan? Jika dilihat dari namanya, kue yang satu ini memang seperti berasal dari Ambon.

Namun, sebenarnya, Bika Ambon adalah salah satu makanan khas Sumatera yang terdapat di beberapa provinsi di Sumatera.

Bika Ambon adalah kue yang unik. Menurut sejarahnya, kue ini terinspirasi dari kue asli Melayu. Selain itu, kue dibuat dengan penanganan khusus seperti pemilihan telur yang tepat, fermentasi bahan dengan air nira dan proses pembuatan hingga 60 menit.

Semua proses yang dilakukan tadi akan menghasilkan Bika Ambon yang tampak berlubang-lubang dan memiliki aroma yang khas.

Nah, terkait namanya, Bika Ambon dulunya diproduksi di Jalan Ambon, Medan sehingga dinamakan sesuai nama jalannya.

Namun, saat ini, Bika Ambon sudah sangat mudah ditemukan di berbagai daerah yang ada di Sumatera.

Mie Celor

Makanan Khas Sumatera Mie Celor

Suka dengan olahan mie? Salah satu makanan khas Sumatera yang dibuat dengan bahan dasar mie dengan rasa yang begitu nikmat adalah Mie Celor. Makanan khas ini berasal dari Palembang dan sangat diburu oleh wisatawan yang datang.

Mirip dengan namanya, dalam sajian Mie Celor, Kamu akan menemukan telur rebus yang dibelah menjadi dua.

Apa yang menarik dari Mie Celor adalah olahan mie ini dibuat dengan bahan dasar mie telur sehingga teksturnya lebih kenyal dan ukuran mi lebih besar. Jika Kamu pernah menjajal mi Aceh, maka Mie Celor ini juga memiliki kemiripan.

Nah, dalam penyajian, mie tersebut nantinya akan dicampur dengan beberapa pelengkap, seperti taoge, udang, telur, kucai dan juga kuah santan dengan kaldu ebi yang sangat gurih dan nikmat.

Mie Celor menjadi salah satu menu yang dijadikan sajian pembuka di pagi hari, terutama untuk masyarakat Sumatera Selatan.

Model

Makanan Khas Sumatera Model

Opsi lain dari makanan khas Sumatera yang menarik dan cocok untuk disantap adalah model. Ya, model merupakan satu dari sekian hidangan unik yang ada di Sumatera, tepatnya di Palembang.

Jajanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan tahu Cina dan juga telur. Beragam bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan yang siap goreng.

Keunikan dari makanan ini adalah cara penyajian. Beragam adonan yang sudah digoreng kering tadi akan ditambahkan dengan kuah udang yang begitu nikmat dan gurih.

Sekilas, tampilan Model mungkin mirip dengan bakwan kuah. Namun, Model cenderung lebih lengkap dengan tambahan mi dan pelengkap lainnya.

Laksan

Makanan Khas Sumatera Laksan

Pernah menyantap lontong sayur? Nah, di Sumatera, Kamu akan menemukan versi lain dari lontong sayur. Nama sajian khas ini adalah Laksan. Jika lontong sayur dibuat dengan bahan dasar beras, maka Laksan dibuat dengan bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri.

Bisa dikatakan Laksan memiliki kemiripan dengan pempek yang sudah sangat terkenal di Palembang.

Nah, berbeda dengan pempek, Laksan disajikan dengan kuah santan merah yang cukup pedas. Jika dilihat sekilas, maka kuah Laksan ini mirip dengan kuah yang dipakai pada lontong sayur.

Laksan sendiri cukup banyak terdapat di beberapa daerah yang ada di Sumatera. Masyarakat sekitar sering menjadikan makanan ini sebagai salah satu hidangan makan siang yang nikmat.

Lakso

Makanan Khas Sumatera Lakso

Pilihan makanan khas Sumatera lainnya yang sangat menarik untuk dicoba adalah Lakso.

Ya, Lakso adalah salah satu makanan khas yang disajikan dengan detail mirip dengan soto. Nah, pada menu ini digunakan mi yang dibuat dari tepung beras dan tepung sagu yang berwarna putih.

Setelah itu, dalam penyajiannya, Lakso dilengkapi dengan telur rebus dan juga daging sapi. Apa yang menarik dari menu ini adalah penggunaan kuah santan dengan kaldu ikan.

Rasa kuah yang segar dan gurih membuat cita rasa Lakso sangat menarik dan begitu diburu oleh masyarakat sekitar.

Sambal Tuktuk

Makanan Khas Sumatera Sambal Tuktuk

Untuk Kamu yang menyukai olahan sambal, salah satu makanan khas Sumatera yang wajib dicoba adalah Sambal Tuktuk. Ini adalah sambal unik dari Sumatera yang mungkin tidak ditemukan di daerah lain.

Nah, Sambal Tuktuk adalah sambal yang dibuat dengan tambahan ikan kembung kering. Penggunaan ikan kembung kering inilah yang membuat Sambal Tuktuk lebih gurih.

Bahan untuk pembuatan Sambal Tuktuk sebenarnya juga sama dengan sambal lainnya, yaitu cabai, bawang putih, bawang merah, merica, garam dan lainnya.

Namun, tambahan suwir ikan tadi yang membuat sambal ini beda. Sambal Tuktuk bisa dijadikan pelengkap dari menu makanan, seperti ikan goreng atau lainnya. Namun, menikmati sambal ini dengan nasi putih saja pun sudah nikmat.

Ayam Pop

Makanan Khas Sumatera Ayam Pop

Sumatera memiliki sajian ayam yang unik dengan nama Ayam Pop. Ya, Ayam Pop merupakan makanan khas Sumatera yang sangat digemari masyarakat sekitar. Sajian ini dibuat dengan bahan dasar ayam kampung.

Kemudian, ditambahkan aneka bumbu seperti lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, garam dan jeruk nipis.

Dalam penyajiannya, Ayam Pop akan disuguhkan dengan taburan sambal yang pedas. Selain itu, ada pula tambahan daun singkong dan kacang panjang rebus untuk mempercantik menu ini.

Nah, Ayam Pop cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Sumatera. Sajian ini biasanya menjadi lauk santapan makan malam.

Pempek

Makanan Khas Sumatera Pempek

Selain rendang, pempek mungkin menjadi sajian khas yang sangat terkenal. Ya, makanan khas Sumatera ini sudah dikenal di seantero Indonesia dan menjadi ikon dari wilayah Sumatera, utamanya Palembang.

Pempek dibuat dengan bahan dasar tepung dan campuran ikan tenggiri. Selain itu, ada cukup banyak variasi pempek dengan tambahan bahan lainnya, seperti telur.

Nah, apa yang membuat pempek Palembang sangat terkenal adalah rasa ikan tenggiri yang sangat kaya. Tidak hanya itu, pempek dilengkapi dengan tambahan kuah cuka yang begitu khas dan lezat.

Tentu, Kamu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi secara langsung pempek ini di Sumatera!

Sayur Ganja

Makanan Khas Sumatera Sayur Ganja

Ganja memang menjadi salah satu tanaman yang dianggap memabukkan dan adiktif. Namun, ketika berkunjung ke Aceh, Kamu akan menemukan kondisi yang jauh berbeda. Ya, di Aceh, banyak disajikan ganja dalam bentuk sayuran.

Sayur ini menjadi salah satu makanan khas Sumatera yang unik dan mungkin saja tidak ditemukan di daerah lainnya.

Namun, Kamu tidak perlu khawatir karena ganja yang disayur ini tidak akan memabukkan. Tanaman ini diproses sedemikian rupa hingga menjadi salah satu olahan yang begitu khas dan lezat.

Sumatera memang terkenal sebagai salah satu pulau kuliner. Dari ujung utara hingga selatan terdapat banyak sekali makanan khas yang menarik untuk dicoba.

Mungkin rendang dan pempek masih menjadi primadona di Sumatera, namun beragam poin di atas menunjukkan bahwa ada banyak sajian khas Sumatera yang tak kalah menarik!

Leave a Reply