Makanan Khas Padang Asam Padeh

Makanan Khas Padang

Ngomongin makanan khas Padang, siapa yang tidak kenal dengan kuliner fenomenal sekelas nasi padang?

Makanan yang memiliki citarasa khas ini memang sudah sangat terkenal bahkan mendunia. Mulai dari citarasa pedas hingga bersantan turut melengkapi kelezatan di setiap makanan yang disajikan.

Akan tetapi, selain hidangan yang sering tersedia di rumah makan padang, ternyata masih banyak lagi makanan khas Padang lainnya lho. Semua jenis makanan Padang ini tentunya wajib Kamu cicipi dan jangan sampai dilewatkan.

Macam macam Makanan Khas Padang

Apa sajakah menu-menu masakan khas padang yang lezat itu? Yuk intip ulasannya berikut ini:

Rendang

Makanan Khas Padang Rendang

Seperti yang sama-sama diketahui bahwa rendang merupakan sebuah hidangan dengan rasa yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan, makanan pernah juga menduduki posisi nomor satu sebagai makanan terenak di seluruh dunia.

Rendang juga mempunyai posisi yang terhormat dalam kebudayaan dari masyarakat Minangkabau. Sebab terdapat filosofi tersendiri yang mereka percayai, yakni rendang dijadikan sebagai lambang musyawarah dan mufakat.

Dasar dari munculnya filosofi tersebut adalah dilihat dari bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat rendang yaitu:

  • Daging sebagai lambang pemimpin suku adat
  • Kelapa sebagai lambang kaum intelektual
  • Sedangkan bahan lain seperti cabai yakni melambangkan para alim ulama
  • Bumbu sebagai lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Selain keempat bahan dasar tersebut, kelezatan yang selama ini Kamu rasakan berasal dari proses memasaknya yang tidak biasa. Makanan ini justru akan bertambah enak apabila berulang kali dipanaskan dilengkapi dengan santan kelapa.

Sebelum dipanaskan, rendang terlebih dahulu dimasak dalam waktu yang cukup lama yakni hingga berjam-jam. Selain itu, rendang juga dimasak hingga yang sebelumnya berkuah menjadi kering dan warnanya berubah menjadi hitam pekat.

Makanan ini adalah makanan wajib yang harus disajikan saat ada peristiwa seperti upacara adat, kenduri ataupun sebagai sambutan bagi tamu kehormatan. Jadi, rendang ini merupakan hidangan istimewa yang paling ditunggu-tunggu.

Sate Padang

Makanan Khas Padang Sate Padang

Ada beberapa jenis sate yang populer di Indonesia. Salah satu yang paling banyak digemari adalah sate Padang. Sate Padang pada umumnya menggunakan bahan berupa daging sapi, jeroan ataupun lidah.

Sementara sausnya terbuat dari tepung beras yang diencerkan, lalu dicampur dengan air rebusan daging yang telah diberi banyak bumbu rempah. Sate Padang sendiri kemudian dibagi lagi kedalam tiga jenis yang didasarkan pada sausnya.

Tiga jenis saus khas sate padang yang dimaksud adalah saus panjang yakni yang berwarna kuning, saus kota yang berwarna kecoklatan dan saus sate makanan khas Padang Pariaman atau saus pariaman yang berwarna kemerahan.

Soto Padang

Makanan Khas Padang Soto Padang

Selain terkenal dengan jenis lauknya, makanan khas Padang saat hujan yang tidak kalah enak adalah soto padang. Soto ini isinya hampir sama dengan soto-soto pada umumnya, yang membedakan adalah bagian kuahnya yang memiliki rasa khas.

Adapun isi soto Padang berupa:

  • Daging yang sudah dikeringkan dan bertekstur renyah
  • Perkedel
  • Mi soun
  • Paru

Isian ini bertambah lengkap dengan kuah yang kaya akan bumbu rempah-rempah  dan beraroma harum. Kamu juga bisa menambahkan perasan air jeruk dan sambal apabila menyukainya. Boleh juga disertakan kerupuk atau sesuai selera Kamu.

Dendeng Balado

Makanan Khas Padang Dendeng Balado

Mungkin sebagian dari Kamu asing dengan makanan yang bernama dendeng. Nah, dendeng ini terbuat dari daging sapi yang kemudian dikeringkan sebagai salah satu cara pengawetan secara alami.

Dendeng menjadi semakin spesial dan khas Padang karena dimasak dengan bumbu balado yang pedas. Maka dari itu, masakan khas Padang satu ini sangat tepat bagi Kamu yang menyukai pedas.

Jadi, jangan sampai lupa ya mencari hidangan satu ini saat kamu di Padang atau warung makan Padang. Jangan sampai Kamu melewatkan menu satu ini agar tidak rugi.

Gulai Itiak

Makanan Khas Padang Gulai Itiak

Makananmu merupakan akun dari bankmu. Maka pilihan makanan yang baik adalah investasi yang baik.

Gulai Itiak inilah salah satu makanan yang baik bagi kesehatan badan dan kesehatan perut.

Makanan satu ini adalah solusi terbaik bagi Kamu yang menyukai kuliner berbahan dasar bebek. Karena gulai itiak merupakan makanan Padang yang terbuat dari daging bebek.

Daging ini kemudian dimasak bersama dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan citarasa yang gurih serta beraroma harum.

Penggunaan daging bebek tentunya bertujuan agar menambah ragam kuliner Padang dan juga ternyata daging bebek memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tidak hanya nutrisi yang baik bagi tubuh, bebek juga disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit tertentu.

Gulai Tauco

Makanan Khas Padang Gulai Tauco

Tidak hanya daging bebek saja loh yang bisa dibuat gulai, namun tauco pun ternyata bisa disulap menjadi sebuah panganan yang sangat lezat. Untuk membuat gulai tauco, Kamu perlu menyiapkan beragam rempah-rempah khas padang.

Didalam gulai tauco juga dilengkapi dengan beberapa bahan tambahan yang kemudian menambah kenikmatan hidangan ini. Bahan-bahan tersebut berupa buncis yang diiris, tahu serta udang.

Kalio Dagiang

Makanan Khas Padang Kalio Dagiang

Sekilas mungkin hidangan ini terlihat sama seperti rendang, akan tetapi sebenarnya hidangan ini berbeda dengan rendang. Meskipun keduanya sama-sama terbuat dari daging sapi dan juga keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat.

Perbedaan kedua hidangan ini ada pada kepekatan bumbu serta takaran kuahnya. Kalio Dagiang lebih berkuah dibandingkan dengan rendang.

Cancang

Makanan Khas Padang Cancang

Makanan khas Padang selanjutnya yang wajib Kamu cicipi adalah cancang. Olahan satu ini dipersembahkan bagi Kamu penggemar daging kambing. Dalam pengolahannya daging kambing dipotong berbentuk dadu.

Kemudian daging yang telah dipotong tersebut dimasak dengan campuran rempah dan santan seperti masakan khas padang pada umumnya. Karena memang merupakan khas padang maka citarasa yang dihasilkan tentunya adalah rasa pedas.

Akan tetapi, sajian ini kurang disarankan bagi Kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, sebab dengan mengkonsumsi daging kambing justru akan ikut menambah tekanan darah. Selaiknya, sajian ini disarankan bagi Kamu yang mengalami anemia atau kurang darah.

Teh Talua

Makanan Khas Padang Teh Talua

Ternyata tidak hanya makanan saja loh yang terkenal dari Padang, ada juga minuman yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Minuman khas padang ini biasa disebut dengan Teh Talua. Teh ini berbeda dengan teh yang ada pada umumnya.

Teh talua ini dalam pembuatannya dipadukan dengan kuning telur dan air jeruk nipis. Sebagai perasa manis ditambahkan pula gula secukupnya sesuai dengan selera. Dengan adanya tambahan kuning telur bukanlah tanpa tujuan pastinya.

Tujuan utama yang diinginkan adalah agar dapat membantu menjaga stamina tubuh. Selain itu, dengan meminumnya diharapkan mampu mengurangi rasa mudah lelah.

Lamang Tapai

Makanan Khas Padang Lamang Tapai

Jajanan ini berasal dari makanan tradisional khas Minang yang berbahan dasar beras ketan. Panganan ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur kenyal sehingga sangat cocok apabila disajikan sebagai hidangan pembuka.

Bagi Kamu yang tertarik untuk mencicipinya, siapkan bahan bahan seperti beras ketan putih, garam, minyak, cetakan lontong, daun pisang, ketan hitam dan ragi. Lalu Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan cara-cara berikut ini:

  • Cuci beras ketan dan rendam dalam waktu 1 jam
  • Setelah beras ketan ditiriskan, berilah garam secukupnya
  • Masukkan beras ketan tadi kedalam cetakan lontong yang sudah disiapkan. Akan tetapi, sebelum itu, Kamu perlu mengalasi cetakan dengan daun pisang terlebih dahulu
  • Isikan cetakan dengan beras ketan hanya ¾ penuh saja
  • Siapkan panci yang berisi air mendidih, lalu tuang sedikit minyak ke dalamnya. Kemudian rebus beras ketan beserta cetakannya hingga matang atau sekitar 3-4 jam
  • Jika sudah matang, kemudian angkat dan dinginkan lalu potong-potong kedalam beberapa bagian, lalu siap disajikan bersama dengan tapai.

Galamai

Makanan Khas Padang Galamai

Hidangan satu ini adalah makanan khas Padang yang berbentuk makanan ringan. Nama dari panganan satu ini adalah galamai, asal mula jajanan ini adalah dari daerah Payakumbuh.Tekstur galamai sendiri menyerupai dodol yang sering Kamu jumpai di berbagai daerah.

Makanan ini biasanya juga dijadikan sebagai buah tangan apabila seseorang berkunjung ke daerah Minang dan sekitarnya. Warna galamai sendiri adalah hitam, dan ketika Kamu memakannya maka makanan ini pun bisa melar.

Bahan dasar pembuatan panganan ini berupa tepung beras ketan, gula aren dan juga santan. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu lalu diaduk sekuat tenaga. Proses pengadukan akan berlangsung hingga adonan berubah warna menjadi agak gelap kecoklatan.

Bahan tambahan lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah kacang tanah sangrai. Nah, dengan kacang ini menjadikan galamai lebih legit serta manis saat di konsumsi.

Asam PadehMakanan Khas Padang Asam Padeh

 

Lain halnya dengan masakan khas Padang lainnya yang selalu menggunakan santan, olahan satu ini tidak menggunakan santan sebagai campuran kuahnya. Akan tetapi, meski tidak menggunakan santan, asam padeh tetaplah menggunakan bumbu dan juga rempah khas Padang.

Sesuai dengan namanya asam padeh memiliki citarasa asam serta pedas. Adapun bahan dasar yang sering digunakan adalah ikan tongkol, karena ikan ini dianggap lebih bisa menggugah selera.

Kamu bisa dengan mudah menjumpai menu ini di setiap rumah makan Padang yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan tidak hanya Indonesia, menu ini juga terkenal hingga ke luar negeri. Walaupun di beberapa daerah, racikan bumbu yang digunakan tentunya berbeda.

Es Tebak

Makanan Khas Padang Es Tebak

Es tebak adalah jenis minuman khas Padang yang sangat segar dan melegakan tenggorokan. Sekilas tampilannya minuman ini hampir sama dengan es cendol yang biasa Kamu temui. Bahan yang digunakan untuk membuat tebak ini adalah tepung beras ketan dan juga sagu.

Dalam penyajiannya, es tebak biasa dilumuri dengan sirup merah, santan serta susu kental manis.

Es ini sangat cocok disantap pada saat siang hari ditambah dengan cuaca yang panas. Karena biasanya tubuh akan mudah haus dan tenggorokan cepat kering. Sehingga meminum es tebak menjadi solusi yang banyak dipilih.

Lompong Sagu

Makanan Khas Padang Lompong Sagu

Makanan khas Padang yang tidak kalah menarik untuk dicicipi adalah lompong sagu. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar sagu yang kemudian dipadukan dengan kelapa dan juga buah pisang.

Setelah dicampur menjadi satu, kemudian langsung dimasak dengan cara dibakar. Namun, agar mempermudah dalam pembakaran, campuran bahan-bahan diatas terlebih dahulu dibungkus dengan daun pisang.

Setelah matang, makanan ini bisa langsung disantap dengan rasa manis bercampur aroma sedap dan harum yang berasal dari daun pisang. Makanan ini biasanya disantap sebagai cemilan ataupun suguhan saat sedang ada tamu.

Dendeng Batokok

Makanan Khas Padang Dendeng Batokok

Dendeng batokok adalah salah satu nama masakan khas Padang yang bentuknya menyerupai rendang. Akan tetapi dendeng batokok ini tidak berkuah sama sekali sehingga disajikan dalam keadaan kering.

Hal ini dikarenakan sebelum dicampur dengan bumbu sudah digoreng terlebih dahulu. Satu hal yang menjadikan dendeng ini istimewa adalah cara pembuatannya yang cukup unik.

Daging terlebih dahulu dipotong-potong, setelah itu dipukul-pukul hingga mengeluarkan bunyi yang terdengar seperti batokok. Dari keunikan makanan khas padang saat diolah ini, maka nama dendeng batokok pun lahir.

Sebenarnya tujuan dari daging dipukul-pukul ini bukan untuk menghasilkan suara, akan tetapi agar daging menjadi lebih lunak. Selain itu juga agar bumbu lebih mudah meresap kedalam daging sehingga akan menghasilkan masakan yang sedap.

Dalam penyajiannya, masakan satu ini biasanya disantap bersama dengan nasi kapau atau nasi sala. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk apabila menyukainya.

Sate Lokan

Makanan Khas Padang Sate Lokan

Sate Lokan merupakan makanan khas Padang yang memang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Lokan sendiri merupakan nama sebuah jenis kerang yang biasa diperoleh di pesisir laut. Tekstur dari kerang ini bisa dibilang unik karena terdapat rasa lembut bercampur gurih.

Kerang jenis lokan ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Padang dan bahkan menjadi salah satu makanan favorit. Bumbu yang digunakan dalam sate ini sedikit banyak sama dengan bumbu sate Padang, hanya ada beberapa komponen tambahan yang menjadikannya khas.

Bahan tambahan yang biasa digunakan adalah jeruk nipis dan juga buah nanas yang digunakan pada saat sate akan dibakar. Kedua komponen tambahan ini dimaksudkan agar tidak ada lagi bau amis yang menempel. Penyajian sate ini lebih nikmat jika bersama dengan nasi yang masih panas.

Ayam Goreng Laos

Makanan Khas Padang Ayam Goreng Laos

Bagi Kamu yang sering berkunjung ke rumah makan Padang, pasti pernah dong melihat ada menu ayam goreng yang dipenuhi dengan remahan. Bahkan tidak sedikit pembeli yang justru ingin diperbanyak remahannya.

Rasa dari ayam goreng ini sangat nikmat dan khas karena bumbunya akan terasa hingga kedalam daging. Ciri khas lainnya yakni berasal dari bumbu yang ikut digoreng bersama dengan ayam, sehingga menghasilkan remahan yang banyak digemari tadi.

Citarasa asin bercampur gurih krispi sangat cocok dengan bumbu makanan gulai khas Padang.

Palai Rinuak

Makanan Khas Padang Palai Rinuak

Pepes ikan atau palai rinuak termasuk makanan khas Padang yang tidak kalah enak loh. Meskipun bentuknya sama dengan pepes ikan, akan tetapi ikan yang digunakan sangatlah berbeda. Pada umumnya yang dipakai untuk membuat palai rinuak adalah ikan dengan ukuran sangat kecil.

Mengapa justru ikan sebesar pentol korek api yang dipilih? Karena ikan ini justru dianggap memiliki rasa yang gurih dibanding ikan yang berukuran lebih besar. Ikan ini selanjutnya dicampur dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu rempah.

Sebut saja parutan kelapa, ikan dan bumbu kemudian diurap menjadi satu dan selanjutnya dilakukan pembungkusan dengan daun pisang.

Hidangan ini sangat lezat jika disajikan dalam keadaan panas bersamaan dengan nasi putih hangat. Setelah mencobanya, dijamin Kamu akan merasa ketagihan deh dengan rasa rempahnya yang khas.

Gulai Paku

Makanan Khas Padang Gulai Paku

Rasa gulai khas Padang memang memiliki rasa yang tidak bisa ditandingi dengan gulai khas manapun. Rasanya yang penuh dengan rempah dan memiliki tekstur yang pekat membuat orang-orang semakin jatuh cinta dengan masakan ini.

Meskipun gulai ini memiliki nama yang cukup ekstrim, tetapi sebenarnya gulai ini bukan gulai yang berisi paku tajam. Nama paku dipakai untuk lebih menegaskan rasanya yang nikmat.

Gulai paku berbahan dasar tumbuhan paku sayur atau sering disebut juga disebut dengan nama tumbuhan pakis. Kamu bisa menjumpai sayuran ini di berbagai tempat yang lembab dan hidup secara liar. Meskipun sekarang ini sudah banyak yang membudidayakannya.

Usahakan tumbuhan paku yang digunakan adalah tumbuhan paku yang memang aman untuk dikonsumsi. Selain bahan itu, ada pula bahan tambahan berupa udang kecil, tempe, tahu dan juga ikan teri.

Nasi Kapau

Makanan Khas Padang Nasi Kapau

Makanan khas Padang terakhir yang sangat disarankan untuk dicoba adalah nasi kapau. Nasi ini adalah nasi bungkus khas dari Padang. Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi ini di setiap warung makan.

Jika Kamu pernah melihat makanan ini pastilah Kamu akan teringat dengan makanan khas Jogja yakni gudeg. Mengapa bisa begitu? Sebab nasi kapau ini juga menggunakan nangka yang masih muda sebagai salah satu bahan utamanya.

Bedanya jika pada gudeg menggunakan jinten dan juga gula merah, sementara nasi kapau memakai bumbu kunyit sekaligus sebagai pewarna alami. Nasi ini biasanya dipasangkan dengan ikan, dendeng, ikan asin, telur dan masih banyak lagi.

Rasa pedas, bersantan serta kental adalah karakteristik makanan padang yang telah sama-sama diketahui. Dan karena ciri khas tersebutlah yang membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya yang gurih dan Indonesia banget.

20 makanan khas Padang di atas patut untuk Kamu coba karena rasanya yang lezat dan juga khas Padang banget. Jadi, yang mana nih yang menjadi favorit kamu? Meskipun semuanya tentu saja memiliki citarasa yang enak.

Leave a Reply