Makanan Khas Lombok Ayam Taliwang

Makanan Khas NTB

Menikmati setiap rasa itu harus dengan lidah yang sehat. Karena sebuah rasa yang indah akan tercipta dari pilihan rempah terbaik. Salah satunya adalah makanan khas NTB yang rasnaya selalu ingin dikenang.

Salah satu makanan daerah yang bisa Kamu cicipi dengan keunikan dan kelezatan khas adalah makanan khas NTB. NTB atau Nusa Tenggara Barat adalah salah satu daerah yang menawarkan kuliner dengan cita rasa pedas.

Rasa pedas menjadi rasa yang wajib ada hampir pada setiap makanan yang berbeda dari provinsi NTB. Jika Kamu sedang berada di lombok baik untuk keperluan bisnis ataupun liburan, maka wajib Kamu cobain deh.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus mencicipi makanan kahs NTB:

  • Sangat cocok untuk kamu yang doyan banget pedas, karena makanan di sini hampir semuanya pedas.
  • Rasnaya yang enak dan cocok dengan lidah manapun.
  • Dibuat dengan menggunakan rempah-remah pilihan kahs NTB.

Daftar Nama Makanan Khas NTB yang Terkenal

Mau tahu apa saja rekomendasi makanan khas NTB yang selalu bikin nagih? Daripada penasaran, simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

Plecing Kangkung

Makanan Khas NTB Plecing Kangkung

Bisa dikatakan plecing kangkung adalah salah satu makanan yang wajib ada di setiap rumah masyarakat di NTB.

Bahkan, makanan yang satu ini juga sangat terkenal dan bisa dengan mudahnya Kamu temukan di berbagai tempat, mulai dari warung makan hingga restoran juga ada.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dari kangkung lombok. Sayur kangkung ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung lainnya.

Makanan plecing kangkung juga sebenarnya sangat sederhana, namun untuk masalah rasa sudah tidak diragukan lagi.

Nah, plecing kangkung dibuat dengan menggunakan sayur kangkung yang dicampur dengan sambal tomat pedas dan resep khas Lombok lainnya. Biasanya makanan yang satu ini akan disajikan dengan nasi hangat dan sate rembige.

Untuk Kamu yang penasaran dengan menu khas NTB yang satu ini, pastikan bahwa Kamu mencicipinya saat berada di NTB. Dijamin deh rasanya akan sangat cocok di lidah, terlebih bagi Kamu yang suka dengan makanan pedas.

Sate Bulayak

Makanan Khas NTB Sate Bulayak

Selai Plecing kangkung, ada juga makanan khas NTB lain yang bisa Kamu cicipi dan tentunya rasanya enak. Nama makanan ini adalah sate Bulayak. Ini adalah makanan khas NTB yang berasal dari wilayah Lombok.

Ini adalah makanan yang berisi dengan sate dan bulayak. Apa itu bulayak? Bulayak adalah sebuah lontong yang dibungkus tidak menggunakan daun pisang melainkan menggunakan daun aren.

Untuk bumbunya juga berbeda dan sangat khas karena dibuat dengan bumbu rempah khas Lombok. Bumbu ini dibuat dengan menggunakan santan kental dan campuran kemiri sehingga rasanya sangat gurih.

Kelaq Batih

Makanan Khas NTB Kelaq Batih

Bisa dikatakan ini adalah kuliner khas NTB yang mulai jarang ditemukan. Sebab, saat ini sudah mulai berkurang penjual yang menjual makanan ini. padahal makanan ini sangat enak dan bergizi.

Adapun kelaq batih ini dibuat dengan menggunakan bahan biji buncis tua yang dimasak dengan daun singkong muda. Kemudian ia ditambah dengan rempah-rempah yang memiliki nama ragi beleq.

Makanan ini juga memiliki rasa yang unik namun tetap diterima di lidah masyarakat Indonesia.

Jika Ada berada di NTB, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini. hanya saja Kamu perlu bersabar untuk menemukan penjual yang menjual makanan yang satu ini.

Nasi Balap Puyung

Makanan Khas NTB Nasi Balap Puyung

Nasi Balap puyung adalah makanan khas NTB yang berasal dari wilayah Lombok Tengah. Makanan yang satu ini juga bisa dengan mudah Kamu temukan di daerah NTB lainnya.

Adapun nasi balap puyung terdiri atas nasi putih, biji kedelai goreng, campuran sambal daging, kentang goreng kremes yang rasanya pedas namun tetap enak.

Makanan yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan bumbu khas suku Sasak. Dijamin deh Kamu akan merasa ketagihan karena nasi ini menjadi salah satu primadona kuliner yang ada di NTB.

Nasi Campur

Makanan Khas NTB Nasi Campur

Anda pastinya tidak asing dengan Gili Trawangan. Jika Kamu sedang berada di tempat wisata ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas NTB yang banyak ditemukan di wilayah ini. nama makanan yang satu ini adalah nasi campur.

Biasanya nasi ini dijual dalam keadaan yang sudah dibungkus baik menggunakan kertas minyak ataupun daun. Bahkan, Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi ini di pinggir jalan. Biasanya Kamu nasi ini sangat cocok digunakan untuk sarapan.

Ares

Makanan Khas NTB Ares

Ares atau yang sering disebut dengan sayur Ares adalah makanan khas NTB yang berasal dari daerah Lombok. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang kepok muda.

Kemudian bahan ini akan dimasak dengan bumbu khas Lombok yang membuat ia menjadi sangat nikmat.

Bahkan, dahulunya makanan ini hanya disediakan di acara adat saja. Namun, saat ini Kamu bisa menemukan makanan ini dengan mudah di warung-warung makan di daerah Lombok.

Untuk masalah rasa, Kamu tidak perlu khawatir. Sebab, rasanya sangat enak dan dijamin bikin ketagihan. Karena itu, jika Kamu berada di NTB, maka Kamu wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Sate Tanjung

Makanan Khas NTB Sate tanjung

Untuk Kamu yang suka makanan pedas, maka Kamu harus mencicipi sate tanjung. Ini adalah salah satu sate yang memiliki rasa pedas manis. Makanan yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar olahan daging ikan.

Biasanya sate ini disajikan bersama dengan urap sayur, lontong dan juga plecing kangkung. Yang membuat makanan ini semakin unik adalah sate ini disajikan di atas opak singkong. Jadi, bagi Kamu yang berada di NTB khususnya daerah Lombok wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Ayam Taliwang

Makanan Khas NTB Ayam Taliwang

Anda tentunya sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini. nama kuliner ini adalah ayam taliwang dimana makanan ini menjadi makanan khas NTB yang sangat populer bahkan tidak hanya di NTB saja.

Sate taliwang sendiri aslinya berasal dari Lombok. Ia dibuat dengan menggunakan resep khas NTB.

Untuk membuat ayam taliwang juga unik lho dimana ayam akan dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Kemudian ia akan disajikan dengan nasi hangat yang membuat Kamu ingin nambah lagi.

Bahkan, banyak warung yang ada di Lombok dan NTB yang menyediakan makanan ini sebagai menu Kamulannya. Jadi, bagi Kamu yang sedang berada di Lombok, NTB wajib untuk mencoba kenikmatan ayam taliwang ini.

Kelaq Sebei

Makanan Khas NTB Kelaq Sebei

Ini adalah makanan khas NTB yang bahan dasarnya dibuat dengan menggunakan bahan cabai rawit hijau. Bahkan tidak tanggung-tanggung cabai rawit yang digunakan untuk sekali masak sekitar satu kilo gram lho.

Biasanya Kelak Sebei ini akan disajikan dengan terong, ikan tongkol atau kacang panjang. Pastinya rasanya mantap banget untuk Kamu yang menyukai makanan pedas. Berani untuk mencobanya saat berada di NTB?

Kelaq Lebui

Makanan Khas NTB Kelaq Lebui

Kelaq lebui atau dikenal juga dengan nama lebui kelaq pangkas adalah salah satu makanan khas NTB.

Cara membuat kelaq lebui dengan menggunakan bahan dasar kedelai hitam yang dicampur dengan bumbu kuah asam. Hal inilah yang menjadikan rasa makanan ini pedas asam dan enak lho.

Ikan Bakar Pantai Nipah

Makanan Khas NTB Ikan Bakar Pantai Nipah

Jika Kamu sedang jalan-jalan di Lombok khususnya di pantai Nipah, maka ada nih salah satu makanan khas NTB yang harus Kamu cicipi. Nama makanan ini adalah ikan bakar pantai nipah.

Ini adalah ikan bakar yang recommended karena rasanya yang sangat nikmat. Bahkan di pantai nipah Kamu bisa menemukan makanan ikan bakar dengan mudahnya. Pastinya soal rasa, sangat nikmat dan bahkan ini menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan.

Beberuq Terong

Makanan Khas NTB Beberuq Terong

Makanan khas NTB berikutnya yang bisa Kamu cicipi adalah beberuq terong. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar terong. Hanya saja terong yang digunakan di sini adalah terong bulat mentah.

Jika ingin menggunakan terong panjang, maka terong tersebut harus dibakar terlebih dahulu. Untuk bumbunya sendiri sama seperti plecing kangkung dimana dicampur dengan sambal tomat dan bumbu khas TB lainnya. Untuk menemukan beberuq terong juga mudah karena makanan ini biasa dijual di warung-warung makan yang ada di NTB.

Kelaq Kelor

Makanan Khas NTB Kelaq Kelor

Makanan khas NTB yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening. Di daerah lainnya daun kelor sering digunakan untuk memandikan mayat.

Namun, di NTB daun kelir diolah menjadi makanan yang sangat menggugah selera makan lho. Apalagi jika kelaq kelor ini disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi khas lombok. Hm, rasanya pasti enak banget dan bikin makan Kamu ingin nambah terus.

Kelepon Kecerit

Makanan Khas NTB Kelepon Kecerit

Ini adalah salah satu jajanan yang ada di NTB yang mirip dengan kelepon yang ada di wilayah Jawa. Yang membuat kelepon ini berbeda dengan yang ada di jawa adalah bentuknya yang memanjang dan runcing.

Sama seperti kelepon di Jawa, saat di makan kelepon kecerit juga akan memberikan sensasi gula merah yang keluar. Hmmm, rasanya enak banget dan sangat cocok untuk menemani waktu santai Kamu.

Jeje Raket

Makanan Khas NTB Jaje Raket

Salah satu makanan khas NTB yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dikukus. Ketan yang telah dikukus akan dibungkus dengan daun pisang hingga bentuknya panjang.

Kemudian ia akan dibakar hingga matang. Makanan jeje raket ini begitu enak. Bisa dengan mudah Kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang ada di Lombok. Bisa juga untuk oleh oleh ya

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan Khas NTB Poteng Jaje Tujan dan Iwel

Makanan khas NTB yang satu ini mungkin hanya bisa Kamu temukan di acara-acara besar seperti lebaran atau upacara adat saja.

Makanan tradisional yang satu ini terdiri atas dua jenis yakni Poteng jaje tujak atau tape. Sedangkan iwel adalah kue yang dibuat dengan menggunakan ketan hitam. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan legit.

Sate Pusut

Makanan Khas NTB Sate Pusut

Jika di Bali memiliki sate lilit yang begitu terkenal, maka di Lombok NTB juga memiliki sate lilit. Hanya saja nama sate ini adalah sate pusut. Sate ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan serpihan kelapa.

Sate ini juga memiliki rasa yang gurih sehingga menawarkan cita rasa yang enak dan mudah diterima. Jika Kamu berada di Lombok jangan pernah lupa untuk mencicipi sate pusut ini karena rasanya sangat enak.

Bebalung

Makanan Khas NTB Bebalung

Bebalung adalah makanan khas NTB yang berasal dari Lombok. Makanan yang satu ini adalah olahan iga sapi atau iga kerbau yang dimasak seperti soto namun dengan menggunakan bumbu khusus.

Yang membuat bebalung ini sangat unik adalah dagingnya yang sangat lunak. Sehingga Kamu akan mudah saat menggigitnya. Selain itu rasanya juga sangat enak dan dijamin Kamu akan ketagihan saat mencicipinya.

Sate Pencok

Makanan Khas NTB Sate Pencok

Di Internet ada dua versi sate pencok yang pertama dalam bentuk sagu yang dipotong dadu dan biasanya dijual di pasar tradisional. Sedangkan versi kedua dibuat dengan menggunakan kulit sapi atau adonan tepung kanji.

Kemudian adonan ini ditusuk menggunakan lidi hingga bentuknya seperti sate. Hal inilah yang menjadikan makanan ini disebut dengan sate pencok.

Ayam Rarang

Makanan Khas NTB Ayam Rarang

Makanan khas NTB berikutnya yang bisa Kamu cicipi karena rasanya yang enak adalah ayam rarang. Apa itu ayam rarang? Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar ayam kampung.

Makanan ini memiliki tampilan yang terlihat sangat pedas. Namun, saat dicicipi ternyata rasanya tidak pedas seperti tampilannya. Jika Kamu berada di NTB, maka ayam rarang menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh Kamu lewatkan.

Ayam Pelalah

Makanan Khas NTB Ayam Pelalah

Masih dengan olahan ayam khas NTB, makanan yang satu ini makan yang terinspirasi dari makanan khas Bali. Makanan ini merupakan ayam ruwir bakat yang dimasak dengan bumbu rendaman. Sehingga rasanya enak banget dan bikin Kamu ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi.

Kue Keciput

Makanan Khas NTB Kue Keciput

Makanan khas NTB berikutnya yang tidak boleh ketinggalan untuk Kamu cicipi adalah kue Keciput. Ini adalah kue yang memiliki bentuk seperti onde-onde hanya saja ukurannya lebih kecil.

Tidak hanya itu saja, namun kue ini tidak ada isiannya seperti onde-onde. Hanya saja tampilan luarnya sama persis dimana dihiasi dengan wijen. Biasanya kue yang satu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan ketika liburan ke Lombok.

Tuak Manis

Makanan Khas NTB Tuak Manis

Jika sebelumnya sudah dibahas makanan khas NTB, maka di NTB juga ada minuman khas yang bisa Kamu cicipi.

Nama minuman ini adalah tuak manis. Minuman ini dibuat dengan menggunakan bahan alami yakni tumbuhan yang ada di hutan namun juga tumbuh di sekitar rumah warga.

Konon katanya minuman yang satu ini memiliki khasiat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit lho. Minuman ini dibuat dari bahan dasar pohon enau yang biasa tumbuh di hutan, salah satunya di hutan Usuk Lestari, Lombok Barat.

Adapun beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan minuman berkhasiat ini adalah kencing manis, kencing batu, encok, memperlancar buang air kecil dan masih banyak lainnya. Jika Kamu memiliki keluhan penyakit tersebut, mungkin Kamu bisa mencoba minuman yang satu ini.

Tumbek

Makanan Khas NTB Tumbek

Tumbek adalah salah satu jajanan tradisional khas NTB khususnya daerah Lombok. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah.

Setelah itu semua bahan tersebut dikukus hingga matang. Kemudian ia akan dimasukkan ke dalam kulit tumbek yang dibuat dengan menggunakan daun kelapa dan dikukus kembali hingga warna daunnya berubah menjadi layu.

Masih ada banyak lagi makanan khas NTB yang bisa Kamu cicipi ketika datang ke provinsi ini. namun, kebanyakan makanan yang terkenal adalah makanan yang berasal dari daerah Lombok mengingat Lombok menjadi kota Kamulan bagi provinsi ini dan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik.

Leave a Reply