Kain Blacu: Pengertian, Karakteristik dan Jenis

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat souvenir adalah kain blacu. Entah sadar atau tidak, kalian pasti sudah sering melihat atau malah memilikinya.

Umumnya jenis kain ini banyak dibuat menjadi tas tangan atau totebag. Pemakaian kain ini karena bahannya yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berkali-kali. 

Namun demikian, tahukah kalian jika kain ini dulunya hanya digunakan sebagai pembungkus gula hingga tepung terigu. 

Namun sekarang, walau tampilan awalnya kurang menarik tapi ketika dibuat menjadi kerajinan tangan akan terlihat lebih menarik. 

Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Pengertian Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Pengertian Kain Blacu

Kain blacu adalah bahan mentah hasil tenunan yang belum di proses finishing atau belum mengalami proses celup warna. Kain ini sangat berbeda dengan jenis lainnya. 

Pada awalnya, bahan kain ini hanya dipakai untuk membungkus tepung dan gula. Alasannya karena tekstur bahannya yang cenderung kasar. Bahan ini termasuk dalam salah satu kain dengan kualitas yang paling rendah.

Kain ini hanya memiliki warna asli atau murni berupa putih tulang maupun kecoklatan. Karena inilah kain ini sering disebut dengan kain greige atau grey yang artinya kain mentah. 

Kain mentah atau greige merupakan semua jenis kain hasil tenunan yang belum di proses finishing atau belum mengalami proses celup warna. Alhasil tampilannya akan tampak sangat natural.

Untuk bahannya sendiri, kain ini bukan hanya dibuat dari serat katun saja, tapi juga ada yang dibuat dari serat rayon, polyester maupun kombinasi antara serat yang berbeda.

Sehingga kalian jangan heran jika menemukan bahan belacu dengan berbagai jenis material, ukuran benang dan kerapatan penenunan.

Karakteristik Bahan Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Karakteristik Bahan Kain Blacu

Buat yang masih ragu atau kebingungan dalam mencari bahan belacu, maka ada baiknya kalian mengetahui ciri dan karakteristiknya terlebih dahulu. Berikut ini karakteristik kain blacu:

  1. Tidak memiliki warna alias murni (putih gading atau abu-abu)
  2. termasuk dalam jenis kain yang ramah lingkungan
  3. Dapat digunakan berulang kali
  4. Sifat kain yang sama seperti kapas yakni ringan.
  5. Tidak menimbulkan alergi bagi penggunanya
  6. Fleksibel dan mudah dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan. 

Jenis-Jenis Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Jenis-Jenis Kain Blacu

Adapun macam macam kain blacu yaitu:

1. Blacu PE

Merupakan kain yang dibuat dari serat polyester. Jenis ini umumnya memiliki warna yang natural atau putih. Pada umumnya blaco PE sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kerajinan, seperti tas, souvenir dan pernak pernik lainnya.

Selain itu, kain ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media printing digital system sublimasi. Sehingga tak heran jika dia juga digunakan sebagai bahan tas sederhana dengan print motif atau sublim.

Banyak dibaca:  Kain Baby Terry

2. Blacu Twill

Merupakan bahan setengah jadi dari kain twill. Kain ini cukup tebal dengan seratnya yang cukup miring, sehingga membuatnya sangat pas jika dibuat menjadi jenis kerajinan tangan berupa tas maupun sepatu.

3. Kain Blacu Kanvas

Merupakan bahan setengah matang dari kain kanvas. Jenis belacu ini dapat kalian temukan dengan tingkat ketebalan yang berbeda.

Karena memiliki ketebalan yang berbeda maka semakin ringan kain nya akan semakin lemas karakteristiknya. Sebaliknya, semakin berat bahannya akan semakin kaku juga teksturnya. 

Jenis belacu kanvas ini juga terbagi menjadi 2 jenis, yakni belacu kanvas 14 oz dan 10 oz.

Bahan blacu kanvas 14 oz memiliki ketebalan yang cukup sehingga sangat menarik jika dibuat menjadi tas maupun kerajinan tangan lain dengan kualitas premium.

Sementara bahan blacu kanvas 10 oz memiliki karakteristik yang lemas dan juga bisa dibuat menjadi tas dan kerajinan tangan lain. Kain ini juga sering diselesaikan proses pembuatannya untuk menjadi kain kanvas. 

4. Kanvas Blacu Katun Paris

Merupakan bahan dasar sebelum diolah menjadi katun paris. Kain ini memiliki karakteristik permukaan yang cenderung kasar dan cukup tipis.

Biasanya kain ini sering dibuat menjadi kerajinan berupa tas atau produk aksesoris lainnya yang membutuhkan kesan vintage.

5. Blacu Katun Tebal

Merupakan kain yang terbuat dari serat katun. Kain ini lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan blaco katun paris. Sehingga blaco katun tebal sangat recomended jika dibuat menjadi goodie bag atau tas blaco lainnya.

Kelebihan Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Kelebihan Kain Blacu

Walau dibilang sebagai bahan dengan kualitas yang paling rendah, tapi nyatanya kain blaco tetap memiliki banyak kelebihan. Adapun kelebihan bahan tersebut yaitu:

1. Lebih Ramah Lingkungan

Mayoritas bahan blaco berasal dari bahan alami berupa kapas sehingga membuatnya lebih ramah lingkungan. Sehingga ketika sudah tidak terpakai, kalian bisa langsung membuangnya karena memang bahannya yang mudah terurai dalam tanah. 

2. Aman Untuk Semua Usia

Kain ini sangat aman digunakan untuk semua usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Walaupun anak kecil memiliki kekebalan tubuh yang rendah namun akan tetap aman ketika menggunakan bahan blacu. Terlebih lagi kecil kemungkinan terjadi alergi pada saat menggunakan bahan blacu. 

3. Terasa Adem di Kulit

Blaco berasal dari serat kapas sehingga akan membuatnya terasa nyaman dan adem jika terkena kulit. Terlebih buat kalian yang memang tinggal di Indonesia dengan iklim tropisnya, pasti akan merasa nyaman pada saat mengenakan pakaian berbahan dasar blaco. 

4. Lebih Fleksibel

Kain ini memiliki karakteristik yang lebih fleksibel sehingga mudah dibentuk dan dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

Terlebih lagi, selain digunakan untuk membuat pakaian, kain ini juga paling sering digunakan untuk membuat souvenir seperti tas tote bag dan goodie bag. 

Banyak dibaca:  Kain Rayon

5. Harganya Cukup Ekonomis

Pada umumnya, harga kain blacu cukup ekonomis, sehingga dapat menekan biaya produksi kerajinan tangan dan souvenir.

Kekurangan Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Kekurangan Kain Blacu

Blacu dikatakan sebagai bahan dengan kualitas rendah tentunya memiliki banyak kelemahan. Adapun kekurangan kain blacu yaitu:

1. Warnanya Sangat Terbatas dan Monoton

Proses pembuatan yang tidak menambahkan zat pewarna membuatnya memiliki warna yang monoton dan terbatas. Bahkan saking terbatasnya, kain ini hanya memiliki warna murni yakni putih gading. 

Tentu akan menjadi tantangan tersendiri buat kalian yang akan membuat souvenir. Kalian mesti kreatif dalam mendesain souvenir agar tidak terlihat membosankan.

2. Bahannya Sedikit Kasar

Bahan blacu yang dijual dipasaran memiliki harga yang murah. Murahnya kain ini tak lepas dari kualitas kain yang sedikit kasar menyembul. Karena hal inilah yang membuatnya sering digunakan sebagai bahan pembuatan tas.

Kerajinan Kain Blacu

Bahan Kain Blacu Kerajinan Kain Blacu

Dalam kehidupan sehari-hari, bahan blacu hanya digunakan sebagai wadah atau pembungkus beras, gula ataupun tepung terigu. 

Namun demikian sekarang bahan ini semakin populer untuk digunakan dalam memproduksi tas, pouch, taplak meja, tempat tisu, gorden jendela maupun berbagai produk kerajinan tangan yang lainnya.

1. Tas Blacu

Tas yang dibuat dari blacu merupakan salah satu bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Ada banyak jenis tas yang bisa dibuat dari kain blacu putih yaitu:

  • Totebag
  • Goodie Bag
  • Drawstring Bag

Tas yang dibuat dari bahan blacu memiliki keuntungan diantaranya:

  • Mayoritas desainnya mudah dilipat sehingga sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana. 
  • Ramah lingkungan dan dapat digunakan berkali-kali. 
  • Cukup kuat dan tidak mudah robek sehingga mampu menahan beban dalam jumlah besar.
  • Mayoritas didesain dengan unik sehingga bisa menjadi pelengkap gaya penampilan.

2. Pouch

Selain dibuat menjadi tas, bahan blacu juga sering dibuat menjadi pouch. Pouch itu semacam kantong kecil yang berguna untuk menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran.

Hanya saja pouch dari kain ini terbilang cukup kasar sehingga perlu ditambahkan sablon atau sulaman untuk mempercantik tampilannya. 

3. Taplak Meja

4. Sarung Bantal

5. Tempat Tisu

6. Gorden Jendela

7. Hiasan Dinding

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat terkait bahan blacu beserta jenis-jenis, karakteristik dan kegunaannya. Walaupun kain ini memiliki kualitas yang rendah namun nyatanya masih banyak yang memanfaatkannya. 

Lalu apakah kalian tertarik untuk memilikinya tapi bingung dimana membelinya? Jika kalian kebingungan untuk menemukan jenis harga kain blacu per meter yang sesuai, silahkan klik saja link di bawah ini:

Cek di Tokopedia

Jangan lupa untuk terus mengikuti bosmeal.com agar kalian tidak ketinggalan informasi-informasi menarik lainnya.

Leave a Reply