Cara Memperbaiki Error P07 Canon MP287

Salah satu masalah yang sering terjadi pada printer Canon MP287 adalah Printer Tidak bisa dipakai Print dan muncul code Error P07 canon mp287.

Selain error P07 pada display printer Canon MP287, kalian juga akan mendapati notifikasi Error Number: 5B00 Printer Error has Occurred disertai gambar printer bersimbol Tabung dengan tinta meluber berlatar belakang background merah di layar PC/Laptop

Masalah Error P07 Number 5B00 ini terjadi karena volume counter IC Eeprom sudah full dan saatnya untuk segera di reset ulang agar dapat digunakan kembali. Untuk memperbaikinya, kalian perlu menggunakan driver printer software resetter Service Tool Versi 3400 yang kompatibel dan tested worked di master printer Canon MP287.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Berikut ini cara memperbaiki error P07 Canon MP287 dengan menggunakan software resetter. Jika belum memilikinya, maka kalian harus download resetter Canon MP287 Service Tool V3400 terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Error P07 Canon MP287

Error P07 Canon MP287
  1. Sebelum kalian memulainya, pastikan Kabel USB printer sudah tersambung dengan PC/Laptop.
  2. Selanjutnya Matikan printer kemudian tekan tombol resume lalu tekan tombol Power dan tahan keduanya
  3. Masih dalam posisi menekan tombol power dan resume, kalian lepaskan tombol resume kemudian tekan kembali sebanyak 6x kemudian dilepaskan secara bersamaan penekanan kedua tombol (Power dan Resume).
  4. Setelah itu Canon MP287 akan masuk ke Safe Mode secara otomatis dan windows pun akan mendeteksi hardware baru, seolah-olah driver printer belum terinstal. Di beberapa kasus, kalian mungkin tidak akan menemukan notifikasi apapun di Desktop. Tapi tenang saja karena yang terpenting printer sudah masuk Safe Mode.

Kalian mesti berhati-hati saat melakukan metode reset printer canon MP287 secara manual (Safe Mode). Pastikan bahwa prosedurnya sudah benar dan jangan sampai gagal 3 kali berturut-turut.

Jika kalian sampai gagal 3 kali berturut-turut, maka printer akan tidak akan bisa masuk safe mode , tidak bisa direset dan harus dilakukan penggantian IC Eeprom.

  1. Selanjutnya buka Aplikasi Resetter Service Tool Printer Canon MP287
  2. Kemudian siapkan 2 lembar kertas karena pada proses reset Printer Canon MP287 akan mencetak dokumen sebanyak 2 lembar.
  3. Setelah itu pada Clear Ink Counter, pilih Absorber menjadi Main.
  4. Selanjutnya pada Ink Absorber Counter,  pilih Absorber menjadi Main dan klik Set pada Counter value.
  5. Selanjutnya pada bagian print, klik tombol EEPROM, kemudian akan muncul kotak dialog kecil Paper Source.
  6. Jangan lupa untuk memastikan pada kolom Paper Source kalian telah memilih Rear Tray dan klik OK.
  7. Printer pun akan melakukan pencetakan secara otomatis
  8. Selanjutnya pada kotak dialog A function was finished kalian pilih OK dan tutup jendela aplikasi resetter.
  9. Terakhir matikan printer selama 10 detik dan nyalakan kembali apakah printer sudah normal atau belum.
Banyak dibaca:  Cara Mengisi Tinta Printer Canon MX497
Error P07 Canon MP287 Cara Reset

Solusi Jika Printer Canon MP287 Masih Error P07/5B00

Error P07 Canon MP287 Sosusi Permasalahan Error P07 Canon MP287

Jika cara diatas masih belum berhasil dan masih muncul error P07/5B00 pada printer Canon MP287, entah itu berupa blink pada lampu indikator maupun notifikasi pada layar, mungkin kalian bisa mencoba solusi di bawah ini: 

  1. Pertama lepaskan cartridge dari dalam printer.
  2. Kemudian bersihkan dengan menggunakan tisu kering pada bagian bawah tempat keluarnya tinta, maupun bagian belakang yang terdapat titik-titik berwarna emas.
  3. Setelah itu ambil kembali tisu kering kemudian bersihkan dan keringkan di bagian tempat cartridge berhenti (busa penyerap tinta) yang ada di bagian sebelah kanan. Kalian tidak perlu membongkarnya, cukup dengan menggulung tisu menjadi kecil kemudian dorong ke busa penyerapan. Lakukan berulang kali hingga sudah tidak ada lagi tinta pada busa tersebut.
  4. Setelah bersih, kalian bisa memasang kembali cartridge, kemudian ulangi tahap reset seperti yang telah dijelaskan di atas.

Penutup

Nah itu tadi cara memperbaiki printer Canon MP287 Blink Orange Error Code P07 pada layar display printer. Semoga tutorial di atas gampang dimengerti dan dipraktikkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Buat kalian yang bingung cara meindi dokumen simak juga cara scanner Canon MP287.

Jangan lupa untuk like dan share tutorial di atas agar teman-teman yang mengalami permasalahan sejenis bisa terbantu sehingga mereka tidak terburu-buru membawa printer MP287 yang error ke tempat servis.

Selain error P07 di atas, Canon MP287 juga terkadang mengalami error P02 Canon MP287 dan error E04 Canon MP287.

Leave a Reply