Cara Monetisasi Facebook

Sekarang ada cukup banyak cara mendapatkan uang dari media sosial. Selain dari Youtube dan instagram, kalian juga bisa mendapatkan uang dari Facebook dengan cara monetisasi Facebook.

Caranya dengan mengubah akun Facebook menjadi Facebook Profesional atau Fb Pro dan mendaftar pada Facebook Creator Studio Monetization akan memungkinkan pengguna untuk menghasilkan uang lewat monetisasi.

Penghasilan ini bisa kalian dapatkan dengan memposting konten-konten video yang sudah kalian buat.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari facebook, kalian mesti memenuhi syarat dan ketentuan yang perlu kalian penuhi agar konten kalian di Facebook bisa menghasilkan uang.

Lalu bagaimana cara monetisasi Facebook? Apa saja syarat-syaratnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Syarat Monetisasi Facebook

Cara Monetisasi Facebook Syarat Monetisasi Facebook
Cara Monetisasi Facebook dengan Adsense

Mengutip dari laman resminya, Meta sebagai induk Facebook sudah Dalam laman resminya, Facebook telah membuat 3 kebijakan yang harus dipatuhi oleh pengguna agar cara monetisasi Facebook creator dapat berjalan baik. Adapun 3 syarat dan kebijakan tersebut yakni:

1. Standar Komunitas Facebook

Standar komunitas merupakan aturan dasar dari Facebook yang perlu diperhatikan oleh semua pengguna agar tidak membuat konten yang tidak aman dan sensitif seperti konten sadis, ketelanjangan, dan ujaran kebencian.

Peraturan standar komunitas ini pun juga berlaku untuk semua pengguna facebook, bukan hanya pengguna FB Pro saja.

Adapun aturan standar komunitas Facebook yang perlu kalian perhatikan yaitu:

  1. Larangan membuat dan mengunggah konten yang mengandung tindak kriminal dan kekerasan.
  2. Konten yang dibuat harus aman dan tidak mengandung tampilan bunuh diri dan melukai diri, pelecehan, eksploitasi, hingga pelanggaran privasi.
  3. Isi dan tampilan konten yang dibuat tidak boleh menyinggung suatu kelompok tertentu.
  4. Konten yang dibuat dan diunggah harus terbebas dari ujaran kebencian, berbau seksual, kejam, dan tidak sensitif.
  5. Isi dari konten yang dibuat harus harus berintegritas dan terjamin keasliannya. Selain itu, kalian juga mesti mengecek keaslian informasi yang didapat guna menghindari menyebar atau membuat berita palsu, spam, dan sebagainya.
  6. Selalu hormati karya cipta atau hak kekayaan intelektual pengguna lain dengan tidak asal menggunakan konten mereka.

2. Kebijakan Monetisasi Mitra

Standar kebijakan monetisasi mitra atau partner pada umumnya berlaku di level halaman.

Banyak dibaca:  Cara Membuat Barcode Grup WA

Syarat dan kebijakan ini mencakup semua aturan untuk konten yang kalian buat mulai dari bagaimana konten itu dibagikan, dan bagaimana kalian menerima dan melakukan pembayaran online.

  1. Membuat konten di platform yang memenuhi syarat yang berlaku untuk konten publik yang berada di Halaman (page), profil dalam mode profesional, acara, grup, dan pihak ketiga yang memenuhi syarat monetisasi.
  2. Harus tinggal di negara yang memenuhi syarat produk atau fitur tersebut tersedia. Kemudian jika kalian berpindah ke lokasi yang tidak memenuhi syarat, maka bisa dipastikan jika monetisasi akan hilang.
  3. Mematuhi aturan Standar Komunitas: Selain standar yang sudah disebutkan, masih ada standar tambahan berupa Kreator dan penerbit harus memastikan bahwa profil mereka, termasuk foto profil dan deskripsi profil serta konten, mematuhi Kebijakan Monetisasi Konten kami.
  4. Membagikan konten yang autentik. Jika kalian sebagai penyedia konten kedapatan membagikan berita palsu, clickbait atau konten sensasional, maka kelayakan monetisasi yang sudah atau akan kalian dapatkan bisa dicabut.

3. Kebijakan Monetisasi Konten

Syarat selanjutnya yang harus kalian penuhi agar bisa monetisasi Facebook adalah dengan mematuhi Kebijakan Monetisasi Konten. 

Kebijakan aturan ini mengatur segala konten yang di-posting pada halaman kalian. DI dalamnya mencakup terhadap konten yang mengandung kekerasan, seksual, kriminal, asusila, atau tidak patut yang bertentangan dengan kebijakan standar komunitas.

Secara singkat di dalam membuat konten, format konten yang dilarang atau tidak dapat dimonetisasi di Facebook yaitu:

  1. Video diam
  2. Polling gambar diam
  3. Tayangan slide gambar
  4. Video looping
  5. Montage teks
  6. Iklan sematan (iklan yang disisipkan)

Cara Monetisasi Konten Facebook

Cara Monetisasi Facebook Cara Monetisasi Konten Facebook
Cara Monetisasi Facebook Reels

Untuk dapat monetisasi konten Facebook, kalian bisa mendaftar melalui cara monetisasi Facebook Profesional maupun dengan membuat halaman Facebook. 

Setelah kalian selesai mendaftar sebagai pengguna FB Pro, maka kalian akan bisa monetisasi akun FB Pro dengan syarat-syarat dan target yang sudah ditetapkan.

Sama halnya saat kalian memilih menggunakan Facebook Creator Studio, maka kalian perlu tahu cara buat fanspage FB terlebih dahulu.

Baru setelah kalian membuat Fanspage Facebook, kalian bisa masuk ke dalam Facebook Creator Studio dan melakukan cara monetisasi Facebook di Android dengan memenuhi target yang sudah ditetapkan

Macam-Macam Monetisasi Konten facebook

Cara Monetisasi Facebook Cara Monetisasi Konten Facebook
Cara Monetisasi Facebook Page

Ada beberapa macam cara monetisasi konten Facebook yang berbeda yang dapat dicoba, yakni:

  1. Iklan In-Stream: Yakni membuat dan mempublish konten dengan menampilkan iklan pendek yang ditempatkan di awal, ditengah, maupun diakhir konten kalian yang memenuhi syarat, baik itu video siaran langsung maupun video on-demand. Pilihan ini sangat cocok untuk konten dengan durasi pendek dan panjang
  2. Langganan Penggemar: Meta selaku induk dari Facebook akan memberikan tanda khusus bagi mereka yang menjadi langganan konten kalian. Opsi ini sangat cocok buat kalian yang aktif publish konten dengan jumlah pengikut aktif yang besar. 
  3. Konten Bermerek: Yakni melakukan monetisasi Akun dengan melakukan kerja sama antara kreator dengan suatu merek bisnis.
  4. Grup Langganan: Yakni melakukan monetisasi dengan memberdayakan admin grup guna menjaga eksistensi grup dengan berlangganan konten-konten pada grup tersebut.
  5. Stars: Yakni merupakan bintang sebagai barang virtual yang memungkinkan kalian menghasilkan uang dan berinteraksi dengan pengikut. Cara ini sangat cocok untuk para kreator dengan pengikut yang aktif dan loyal serta konsisten dalam membuat konten original
Banyak dibaca:  Cara Reset dan Download Resetter Epson L3150

Penutup

Demikianlah cara monetisasi Facebook beserta syarat dan macamnya yang bisa kalian coba untuk mencari pendapatan tambahan. Jangan lupa untuk membacanya dengan seksama serta mematuhi segala kebijakannya agar konten yang kalian buat memiliki keunikan dan disukai banyak penggemar. Selamat mencoba.

Leave a Reply