Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

Canon iP2770 merupakan salah satu printer yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Walau harganya murah, tapi kinerjanya cukup bisa diandalkan. Hanya saja terkadang Canon iP2770 juga memiliki masalah seperti tinta hitam yang tidak keluar. Lalu bagaimana cara memperbaiki printer canon ip2770 tinta hitam tidak keluar?

Jika kalian memiliki masalah tinta hitam yang tidak mau keluar, kalian tidak perlu buru-buru untuk membawanya ke tempat servis. Kalian bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengikuti cara-cara yang akan bosmeal sampaikan dibawah nantinya. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini

Penyebab Tinta Hitam Tidak Keluar

Sebelum menjelaskan langkah-langkah mengatasi tinta hitam pada printer Canon iP2770 yang tidak mau keluar, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Adapun sebab tidak keluarnya tinta hitam pada Canon i2770 diantaranya yaitu:

1. Cartridge Terlalu banyak mencetak. 

Printer canon iP2770 merupakan produk lama yang masih menggunakan cartridge. Dimana salah satu kelemahan dari cartridge ini adalah tidak kuat digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak di satu waktu. 

Ada batasan maksimal dalam sekali cetak. Kalian hanya bisa mencetak maksimal 50 lembar saja dalam sekali cetak. Apabila kalian menginginkan mencetak dalam jumlah banyak, kalian perlu membatasi maksimal 50 lembar dalam sekali cetak. Bahkan 50 lembar ini pun sangat tidak disarankan dicetak dalam sekali proses. 

Kalian bisa mencetak 5 – 10 lembar dalam sekali cetak saja hingga total cetakan berjumlah 50 lembar. Setelah 50 lembar, kalian perlu mengistirahatkan printer terlebih dahulu sekitar 5 – 10 menit. Tujuannya agar cartridge tidak panas dan lebih awet pemakaiannya. 

2. Terlalu lama tidak dipakai. 

Printer Canon iP2770 yang terlalu lama tidak digunakan juga akan menimbulkan masalah berupa tinta di dalam cartridge yang mengering hingga membuat tinta warna dan hitam tidak keluar. Hal ini akan membuat tinta tidak keluar saat digunakan untuk mencetak.

Karena itulah agar tinta tidak mengering, setidaknya kalian menggunakan printer untuk mencetak setiap hari minimal 1 lembar. Tujuannya agar tinta tidak mengering.

Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

Canon iP2770 Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

Apabila printer canon iP2770 tinta hitam terlanjur tidak keluar maka akan membuatnya tidak bisa mencetak dokumen dengan warna hitam. Printer pun sebenarnya tidak bermasalah saat digunakan untuk mencetak warna selain hitam. Bahkan tidak terdapat notifikasi error seperti printer Canon iP2770 kedip 5 kali.

Jika kendalanya hanya macetnya tinta saat mencetak, maka kalian bisa memakai cara memperbaiki printer Canon iP2770 tinta hitam tidak keluar berikut ini:

Banyak dibaca:  Download Driver Printer Canon G1020

1. Isi Ulang Tinta Cartridge Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar

Canon Ip2770 Cara Mengisi Tinta Printer Canon Ip2770 Hitam Mengisi Tinta

Bisa jadi tidak keluarnya tinta hitam karena memang habis. Printer Canon iP2770 yang menggunakan sistem inkjet tentu pengoperasiannya sangat bergantung pada cartridge dan tinta yang ada di dalamnya.

Untuk mengetahui tinta dalam cartridge sudah habis atau belum, kalian bisa melepas cartridge kemudian perkirakan isi tinta dengan beratnya cartridge.

Umumnya cartridge yang kosong akan terasa ringan ketika dipegang. Kalau kalian tidak bisa memperkirakannya, kalian bisa mengisi cartridge dengan sedikit tinta terlebih dahulu. Cara mengisi tinta printer Canon iP2770 sendiri sangat mudah. Setelah cartridge diisi sedikit tinta, kalian bisa mencoba menggunakan printer untuk mencetak dokumen. 

Apabila hasil cetakan menunjukkan progres, maka permasalahannya memang tinta di dalam cartridge sudah habis dan perlu di isi ulang.

2. Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar: Lakukan Cleaning Serta Deep Cleaning

Cara Cleaning Printer Canon iP2770 Pilih Execute

Apabila sudah di isi tinta ternyata masih tidak keluar, kalian bisa melakukan cleaning dan deep cleaning pada printer Canon iP2770. Cara cleaning printer Canon iP2770 tanpa komputer bertujuan untuk membersihkan cartridge dari sumbatan yang mungkin terjadi di saluran di kepala cartridge.

Untuk bisa mengakses cleaning dan deep cleaning, kalian perlu donwload driver printer kemudian instal Canon iP2770 terlebih dahulu

3. Bersihkan Sumbatan Pada Head Cartridge

Canon iP2770 Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar Bersihkan Head cartridge dengan Head Cleaner

Apabila setelah di cleaning ternyata tinta hitam masih tidak mau keluar, kalian bisa membersihkan sumbatan pada head cartridge. Head cartridge yang tersumbat akan membuat proses keluar tinta terganggu.

Kelapa cartridge yang tersumbat ini biasanya terjadi karena printer jarang digunakan hingga membuat isi tinta di head mengering. 

Memang kalian terkadang bisa mengatasinya dengan deep cleaning. Akan tetapi jika terlalu parah, kalian wajib melakukan pembersihan head cartridge. 

Carga head cartridge sendiri tidak mahal kok. Head cartridge sendiri dijual di kisaran harga 50 ribuan (Cek Penawaran di Tokopedia)

Adapun cara membersihkan head cartridge yaitu:

  • Lepaskan cartridge Hitam dengan hati-hati dan jangan sampai menyentuh chip cartridge.
  • Setelah itu siapkan wadah datar dan masukkan cartridge ke dalam wadah tersebut.
  • Selanjutnya beri sedikit cairan head cleaner hingga hampir menutupi head cleaner.
  • Rendam head cartridge ke dalam head cleaner selama 30 menit hingga 4 jam sesuai kebutuhan.
  • Setelah itu angkat cartridge dan bersihkan dengan tisu kering.

Jika kalian masih kebingungan, simak video selengkapnya di bawah ini:

4. Rendam Head Cartridge dengan Air Panas

Canon iP2770 Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar Rendam dengan Air Panas

Selain menggunakan head cleaner, kalian juga memakai cara memperbaiki printer canon iP2770 tinta hitam tidak keluar dengan direndam air panas. Adapun alat-alat yang kalian butuhkan yaitu:

  • Mangkuk bersih sebagai wadah air panas
  • Air panas untuk merendam cartridge
  • Tisu untuk membersihkan dan mengeringkan cartridge

Adapun cara memperbaiki printer Canon iP2770 tinta hitam tidak keluar dengan memakai air panas yaitu:

  • Siapkan mangkuk kemudian tuangkan air panas hingga ketinggian kira-kira 1 cm.
  • Copot cartridge dari printer Canon iP2770.
  • Selanjutnya masukkan cartridge ke dalam mangkuk dan pastikan agar chip tidak terendam air dengan ketinggian tepat di bawah chip cartridge.
  • Biarkan cartridge di dalam mangkuk dan terendam selama 5 sampai 10 menit. Jangan lupa juga untuk memastikan agar airnya tidak sampai dingin.
  • Jika dirasa sudah cukup, angkat cartridge lalu keringkan dengan tisu hingga air benar-benar kering.
  • Setelah itu dijemur atau dikeringkan dengan pengering rambut agar kondisi cartridge benar-benar sudah kering.
  • Apabila sudah benar-benar kering, kalian bisa memasangkannya kembali ke dalam printer

Pastikan kondisi cartridge sudah benar-benar kering dan tidak ada sisa air saat akan dipasang. Apabila terdapat sisa air walau sedikit malah akan membuat mainboard printer Canon iP2770 kalian rusak. 

5. Hilangkan Rongga Udara Pada Selang Tinta Infus

Tips lain cara memperbaiki printer canon ip2770 infus tinta hitam tidak keluar yaitu dengan menghilangkan rongga udara pada tinta selang infus. 

Banyak dibaca:  Review Canon G2000: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Printer

Rongga-rongga udara ini bisa menghalangi aliran tinta dari infus menuju ke cartridge. Pada awalnya memang tidak terasa tapi lama kelamaan akan membuat cartridge kehabisan tinta. 

Apabila rongga-rongga udara ini berukuran kecil, kalian masih bisa mengatasinya dengan melakukan cleaning maupun deep cleaning.

Akan tetapi jika rongga udara ini berukuran besar, maka kalian perlu memakai toolkit printer canon untuk menghilangkan rongga udara printer. Toolkit printer Canon ini memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu untuk mengatasi Cartridge yang buntu dan menghilangkan udara didalam selang Infus Modifikasi Canon.

Kalian bisa membelinya di toko komputer secara offline maupun online. Harganya pun sangat murah, hanya sekitar 15 ribuan saja. (Cek Penawaran harga di Tokopedia)

6. Cara Memperbaiki Printer Canon iP2770 Tinta Hitam Tidak Keluar: Ganti Cartridge

Harga Printer Canon iP2770 dan Spesifikasi Harga Cartridge Canon iP2770

Langkah terakhir apabila tinta hitam masih tidak keluar maka kalian wajib mengganti cartridge printer Canon iP2770.

Umumnya cartridge yang sudah terlalu lama dipakai atau salah perawatan akan membuatnya tidak bisa digunakan lagi. Karena itulah kalian perlu membeli cartridge Canon iP2770 yang baru. Adapun harganya bisa disimak di sini (Cek harga cartridge Canon iP2770 black 810)

Nah itu tadi 6 cara memperbaiki printer Canon iP2770 tinta hitam tidak keluar. Cara-cara di atas cukup mudah dilakukan dan pastinya bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Pada dasarnya printer Canon iP2770 dibuat agar bisa bermanfaat buat pembelinya. Akan sangat percuma jika kalian sudah membeli printer tapi tidak pernah digunakan dengan alasan agar awet.

Terlebih lagi jika kalian membiarkan printer terlalu lama menganggur dan tidak terpakai. Bukannya tambah awet tapi malah akan menimbulkan banyak masalah pada printer.

Karena itulah kalian perlu memakai sewajarnya dan merawat secukupnya agar printer dapat bertahan lama. Selain itu, kalian juga mesti waspada dengan lampu indikator yang tiba-tiba berkedip. kalian bisa mengatasinya dengan melihat post lampu printer Canon iP2770 berkedip bergantian.

Memang sih sama seperti peralatan elektronik lainnya printer Canon iP2770 terutama cartridge memiliki batas usia tersendiri. Sebisa mungkin usahakan untuk memanjangkan usia cartridge printer agar pekerjaan kalian tetap lancar. Semoga bermanfaat

Leave a Reply