Cara Mematikan Antivirus Smadav

Cara Mematikan atau Menonaktifkan Antivirus Smadav – Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi Smadav antivirus? Aplikasi buatan anak bangsa ini tak bisa dipandang sebelah mata karena sangat ampuh membasmi virus lokal.

Smadav sendiri dibuat oleh Zainuddin Nafarin Antivirus buatan anak bangsa ini sangat ampuh membunuh virus lokal yang sangat jarang dapat dilakukan oleh antivirus terkenal yang berasal dari luar negeri.

Bukan hanya itu saja, Smadav antivirus juga dikenal dengan sistemnya yang ramah dan ringan sehingga tidak membuat sistem PC atau Laptop melambat.

Hanya saja walaupun cukup terkenal dan populer di Indonesia tapi nyatanya aplikasi antivirus Smadav ternyata kurang efektif dalam menangani virus dari luar negeri. 

Ini karena memang Smadav lebih difokuskan dalam menangguhkan virus lokal sehingga belum mampu membersihkan virus impor secara tuntas.

Selain itu, Smadav juga memiliki kelemahan lain berupa kelemahan virus yang sering melakukan false alarm terhadap file tertentu.

Karena alasan inilah membuat sebagian pengguna berniat untuk mencari cara mematikan antivirus Smadav free sementara maupun permanen.

Hanya saja ternyata masih cukup banyak orang yang cukup kesulitan saat akan  mematikan atau bahkan menghapus program Smadav dari sistem mereka.

Lalu bagaimana cara mematikan antivirus Smadav di Windows 10? Yuk simak penjelasan cara menonaktifkan Smadav di Windows 10 di bawah ini:

Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara

Walaupun aplikasi antivirus Smadav bisa digabung dengan antivirus yang lain seperti avast, tapi terkadang Smadav juga cukup sering salah dalam mendeteksi virus terhadap beberapa file yang mencurigakan.

Kesalahan identifikasi ini tentu sangat mengganggu, yang bisa mengakibatkan pekerjaan kalian malah menjadi terhambat karena antivirus Smadav ini.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan cara mematikan antivirus Smadav untuk sementara waktu.

Sehingga kalian masih bisa mengaktifkan antivirus Smadav ini lagi sewaktu-waktu. Adapun cara menonaktifkan Smadav di Laptop yaitu:

Cara 1: Melalui Taskbar Show Hidden Icons

Cara Mematikan Antivirus Smadav Melalui Taskbar Show Hidden Icons
  1. Langkah pertama kalian klik icon tanda panah ke atas kemudian klik kanan pada logo Smadav seperti gambar di bawah.
  2. Selanjutnya kalian pilih Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart untuk mematikan antivirus Smadav sementara. 
Banyak dibaca:  Rekomendasi Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik

Cara 2: Melalui Software Smadav

Langkah cara kedua menonaktifkan antivirus Smadav di PC bisa kalian lakukan jika kalian menggunakan aplikasi Smadav versi Pro. Adapun caranya yaitu:

  1. Langkah pertama kalian buka aplikasi Smadav kemudian pilih menu ‘Protect’.
  2. Selanjutnya klik ‘Disable’ untuk menonaktifkan aplikasi.

Sekarang aplikasi Smadav sudah nonaktif. Untuk mengaktifkan kembali, kalian cukup klik ‘Activate’

Cara Menonaktifkan Antivirus Smadav Free

Cara Mematikan Antivirus Smadav Melalui Revo Uninstaller

Selain mematikan sementara, kalian juga bisa menonaktifkan atau menghapus aplikasi dengan menggunakan aplikasi Revo Uninstaller. Untuk menggunakannya, kalian perlu download aplikasi terlebih dahulu.

Setelah kalian selesai download dan install aplikasi Revo Uninstaller, kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara mematikan Smadav di Laptop di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Revo Uninstaller kemudian akses Logs Database. 
  2. Selanjutnya kalian ketik sama ‘Smadav di kolom pencarian dan kalian akan menemukan semua log “SMADAV” di database yang kompatibel dengan Versi Windows yang kalian gunakan.
  3. Setelah itu kalian pilih log yang sesuai berdasarkan versi dari daftar kemudian klik ‘Copot’.
  4. Kalian pun akan melihat beberapa jendela yang menunjukkan unduhan serta impor log ke Revo Uninstaller Pro.
  5. Kemudian akan muncul jendela dialog Uninstall utama yang menunjukkan proses penghapusan instalasi SMADAV.

Cara Menonaktifkan Smadav Free dari Programs and Features

Cara Mematikan Antivirus Smadav dari Programs and Features

Selain menggunakan aplikasi Revo Uninstaller, kalian juga bisa menghapus aplikasi Smadav dari App dan Features. Adapun cara mematikan Smadav di Windows 7 yaitu:

  1. Klik Logo Windows kemudian masuk ke Control Panel.
  2. Selanjutnya pilih Program kemudian pilih ‘Program and Features’
  3. Kalian akan menemukan berbagai macam aplikasi yang terinstal di perangkat kalian. 
  4. Cari kemudian klik Smadav dan aplikasi pun akan terhapus dari perangkat kalian.

Setelah kalian selesai menghapus aplikasi, kalian masih harus menghapus uninstall.exe atau uninst000.exe di folder instalasinya. Sebagian besar aplikasi di PC atau Laptop memiliki uninstall.exe atau uninst000.exe di folder instalasinya.

Kalian juga perlu menjalankan file-file tersebut untuk memulai proses penghapusan instalasi. Adapun caranya yaitu:

  1. Langkah pertama kalian masuk ke folder Smadav terlebih dahulu. Letaknya biasanya berada di C:\Programs files atau C:\Program files(x86)
  2. Selanjutnya cek apakah ada program uninstall.exe atau uninst000.exe atau tidak.
  3. Jika ada, kalian double klik program tersebut untuk memulai proses penghapusan instalasi.

Penutup

Sangat mudah bukan cara mematikan Smadav free antivirus sementara dan permanen? Walaupun aplikasi ini sering dianggap lemah jika dibandingkan dengan antivirus lainnya, tapi nyatanya Smadav lebih ampuh saat menangani serangan virus lokal.

Banyak dibaca:  Cara Reset dan Download Resetter Canon G2000

Sehingga ada baiknya kalian tetap membiarkan aplikasi ini berada di perangkat PC atau laptop kalian sehingga perangkat akan lebih aman dari serangan virus lokal.

Pihak Smadav sendiri juga sudah menyarankan untuk memakai aplikasi Smadav sebagai pendamping untuk antivirus lainnya.

Aplikasi Smadav pun juga tidak dapat menawarkan sistem proteksi menyeluruh yang membuatnya tetap membutuhkan aplikasi lainnya yang lebih kuat.

Sehingga aplikasi Smadav tidak bisa digunakan sebagai penjaga utama dalam memproteksi PC atau Laptop dari berbagai serangan virus.

Demikianlah penjelasan singkat terkait cara mematikan Smadav auto block antivirus sementara maupun permanen. 

Yuk kita hargai produk anak bangsa dengan tetap menggunakan produk lokal guna mendukung memajukan pengembangan terhadap produk itu sendiri!.

Sekian penjelasan dari bosmeal. Semoga penjelasan teknologi cara menonaktifkan Smadav sementara dan permanen di atas dapat bermanfaat buat kalian semua. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply