Pantai Watu Karung

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah merencanakan untuk pergi berlibur kemana? Jika belum, Anda bisa mengunjungi pantai Watu Karung ini.

Alamat: Ketro, Watukarang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552.

Terletak sekitar 40 km (60 menit) dari kota Pacitan.

Pantai Watu Karung Pacitan Jatim yang sering dibilang mirip Raja Ampat nya Jawa Timur ini merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Hamparan laut yang indah dengan pasir putih yang terbentang luas membuat mata terbelalak. 

Ada banyak batu karang besar yang mengelilingi Pantai serta ombak yang sangat cocok digunakkan untuk surfing atau berselancar.

Ombak setinggi 4 meter sangat bagus digunakan untuk surfing. Makanya tak heran jika pada tahun 2013 silam, Bruce Irons, salah seorang peselancar kelas dunia tertarik mencoba berselancar di sini.

Berkat Bruce Irons yang berselancar di Pacitan inilah yang membuat Watu Karung menjadi terkenal dan banyak wisatawan luar daerah yang berkunjung di sini. 

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat udara menjadi sejuk dan nyaman. 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai tempat wisata ini, yuk simak ulasan berikut.

Tiket Masuk Pantai Watu Karung di Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Tiket Masuk Pantai Watu Karung di Pacitan Indonesia

Nah, untuk bisa masuk ke tempat wisata yang satu ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Jika ingin memasuki kawasan ini, Anda cukup membayar HTM atau harga tiket masuk Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Indonesia yaitu Rp.5.000 pada saat hari biasa (weekdays) dan Rp.10.000 pada saat liburan (weekend). Biaya masuknya sangat murah untuk pemandangan yang sangat indah.

Menariknya, tiket masuk ini sudah mencakup beberapa pantai lain seperti Pantai Cokel, Pantai Kasap, Pantai Bercak. Untuk bisa ke Pantai Kasap, Anda cukup berjalan kaki 300 meter saja. 

Selain tiket masuk, Anda juga perlu membayar karcis parkir sebesar Rp.3.000 per motor dan Rp.5.000 per mobil. Mobilnya bisa di parkir di tepi pantai jadi Anda tidak perlu jauh berjalan kaki.

Buat warga Banyuwangi dan sekitarnya, ketahui juga tiket masuk Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

Jam Operasional

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Jam Operasional Pantai Watu Karung Indonesia

Selain tiket masuk yang murah, Anda juga bisa menikmati suasana pantai dan bermain di area pantai seharian penuh. Anda bisa membawa siapa saja ke pantai ini. Sebab Jam operasional pantai ini adalah 24 jam non stop.

Oleh karenanya, para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai tanpa dibatasi oleh waktu. Anda juga bisa bermain bersama keluarga di pantai ini sepuasnya. Meski tarif masuknya gratis, tapi dihimbau untuk para pengunjung agar bisa menjaga kebersihan area pantai.

Objek Wisata di Pacitan Pantai Watu Karung

Sama halnya seperti pantai pada umumnya, Pantai Watu Karung dan Pantai Kasap juga memiliki objek wisata yang layak buat Anda kunjungi. Tentu saja objek wisata tersebut sangat cocok untuk dijadikan spot foto dan gambar terbaik Anda. Adapun objek wisata tersebut adalah;

1. Spot Renang dan Diving

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Spot Renang dan Diving Pantai Watu Karung Indonesia

Olahraga pantai yang seru dan wajib dicoba adalah berenang, diving dan juga surfing. Ombak besar yang ada di tempat ini terbilang cukup aman. Ya, hal ini dikarenakan karakter ombak tersebut tidak menyeret ketika sudah sampai bibir pantai. Buat Anda yang tidak membawa peralatan diving tenang saja. Ini karena di lokasi wisata ini sudah tersedia penyewaan alat-alat diving lengkap. Jadi Anda tidak usah khawatir ya.

2. Spot Surfing Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Spot Surfing Pantai Watu Karung Indonesia

Ombak yang ada di sini memang sangat khas. Tak heran jika destinasi yang terletak di Desa Watukarung ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berselancar. 

Pemberian predikat ini tidaklah berlebihan. Yang paling khas dari objek wisata di sini yaitu arah anginnya yang sangat mendukung sekali untuk surfing.

Kekhasan ombak di sini sudah terkenal di mana-mana. Bahkan di lokasi ini juga kerap diadakan event-event surfing, baik tingkat nasional maupun internasional.

Banyak dibaca:  Pesona Pantai Boom Banyuwangi

Bagi Anda yang sudah ahli berselancar dan ingin mencobanya namun tidak membawa peralatan lengkap. Anda bisa menyewa alat-alatnya di pantai ini lho. Selain peralatan berselancar, pantai ini juga menyediakan alat diving dan lain-lain.

2. Perbukitan Karang

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Perbukitan Karang Pantai Watu Karung Indonesia

Salah satu tempat yang paling favorit untuk berkemping dan banyak disukai oleh pengunjung adalah perbukitan karang ini. Di tempat ini Anda bisa menikmati sunset hingga mendengarkan nyanyian ombak.

Meski medan yang dilalui untuk mencapai tempat ini cukup sulit. Namun, hal itu tidak menjadi alasan para pengunjung yang menyukai tantangan untuk bisa sampai ke atas bukit dan melihat pemandangan alam yang indah.

3. Spot Camping

Perbukitan dengan sabana yang luas sangat asyik digunakan untuk berkemah bersama keluarga. Disertai dengan api unggun yang hangat dan juga memasak ala campers membuat suasana menjadi lebih menarik.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan suara ombak laut dan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh salah satu anggota keluarga. Hal inilah yang menyebabkan spot camping ini wajib untuk Anda kunjungi.

4. Spot Berjemur

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Spot Berjemur Pantai Watu Karung Indonesia

Hamparan pasir putih yang luas dan lembut serta sinar matahari yang pas menjadikan lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berjemur eksotis. Tak heran jika banyak sekali turis yang berjemur di tempat ini.

Tentu saja para turis ini tidak berjemur di sembarang tempat. Namun, sudah ada area khusus untuk para turis yang berjemur mengenakan pakaian bikini.

5. Menunggu Momen Sunset pantai watu karung

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Menunggu Momen Sunset pantai watu karung

Kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini yaitu menunggu momen matahari yang turun dan perlahan meninggalkan langit senja. Indahnya Pantai Watu Karung sunset di sini seringkali diburu bagi para pecinta fotografi. Dengan spot yang tepat, pasti Anda akan mendapatkan pemandangan momen sunset yang begitu mempesona.

6. Spot Foto Menarik

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Spot Foto Menarik Pantai Watu Karung Indonesia

Selain cocok digunakan sebagai lokasi camping dan berjemur. Pantai ini juga memiliki beberapa spot foto yang menari dan wajib Anda coba. Ombak biru laut nan jernih, batu karang, sunset dan sunrise bisa menjadi background foto kekinian lho.

Hasil jepretan itu juga bisa digunakan untuk mengisi media sosial Anda. Nah, bagi Anda para pecinta selfie dan fotografi, tempat ini sangat direkomendasikan. Anda bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang yang menakjubkan di pantai ini.

7. Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit Pantai Watu Karung Indonesia

Selain menikmati pemandangan Pantai dari bawah, Anda juga bisa menikmati pemandangan gambar Pantai Watu Karung foto dari atas bukit. Untuk naik ke bukit, Anda bisa melewati jalan tangga yang sudah tersedia. Dari atas bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan dan pesona alam secara menyeluruh.

Fasilitas Pantai Watu Karung Pacitan

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Fasilitas Pantai Watu Karung Pacitan Indonesia

Walau membutuhkan akses yang cukup berat, akan tetapi dari segi fasilitas sudah tergolong cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu:

1. Gazebo

Ada banyak gazebo yang tersedia di sini. Di Gazebo ini, Anda bisa sekedar beristirahat ataupun menikmati makanan dan minuman sambil melihat pemandangan Pantai yang begitu menawan.

2. Warung Makan

Anda tidak perlu kuatir kelaparan dan kehausan pada saat berwisata ke sini. Ada banyak menu makanan yang bisa Anda nikmati di sini. Menu-menu tersebut mulai dari nasi rames, ikan bakar, Pop mie, dan juga aneka masakan lobster Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur.

3. Tersedia Tempat Sampah

Pengelola sudah menyediakan tempat sampah di tepi pantai di beberapa titik. Jadi untuk pengunjung diharapkan kerjasamanya turut menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah di tempat sampah.

4. Toilet dan Kamar Mandi

Walau di sini sudah disediakan toilet dan kamar mandi, tapi jumlahnya masih belum banyak. Jadi harap antri ya.

5. Mushola

Ketahui juga; tiket masuk Pantai Ria Kenjeran

Hotel dan Penginapan Pantai Watu Karung

Penginapan dan hotell yang tersedia di dekat wisata Pantai Watu Karung Pacitan memanglah bukan hotel berbintang. Namun demikian disana Anda bisa mendapati resort, villa dan homestay dengan harga yang terjangkau. Kira-kira cukuplah jika hanya mencari tempat tidur atau sekedar bersantai setelah menjejaki di sana. Adapun penginapan tersebut diantaranya:

1. Santoso Homestay

Lokasi Santoso Homestay hanya berjarak sekitar 550 meter saja dari pantai Watu Karung Pacitan. Untuk bisa bermalam di sini, Anda perlu merogoh kocek harga penginapan di kisaran Rp.441.775 per malamnya.

Banyak dibaca:  Wisata Pantai Karang Bolong Kebumen

Untuk fasilitasnya sendiri yaitu kamar dengan standard fan untuk 1 orang dan 2 orang. Selain itu ada juga fasilitas pendukung seperti free wifi, TV, dan AC.

2. Harry’s Ocean House Watukarung

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Hotel Homestay Resort Villa dan Penginapan Pantai Watu Karung Harry’s Ocean House Watukarung

Resort ini letaknya sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 10 meter saja dari pantai Watu Karung. Anda pun bisa bebas bolak balik ke Pantai. Untuk bisa menginap di sini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp.300.000 per malamnya.

Dengan harga segitu, Anda sudah bisa menginap dengan fasilitas kamar dengan bed besar, AC maupun non AC, free Wifi dan kamar mandi dalam. Selain itu, di sini pelayanannya pun sangat ramah dan tidak akan membuat pengunjung kecewa.

3. Villa Batu Hill

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Hotel Homestay Resort Villa dan Penginapan Pantai Watu Karung Villa Batu Hill

Villa Batu Hill adalah rumah Limasan bergaya tradisional yang hanya dapat diakses dengan berjalan kaki atau sepeda motor. Lokasi Villa ini berjarak sekitar 700 meter saja dari pantai Watu karung Pacitan. 

Dibuat dengan konsep alam beserta private pool mini ditepi tebing dengan pemandangan langsung ke laut memang membuatnya serasa lebih cocok digunakan untuk honeymoon. 

Rumah ini menawarkan dua kamar tidur dan dapat menampung empat orang, ruang tamu, dapur, kamar mandi udara terbuka, kolam renang tanpa batas, dan layanan pembersihan harian dan makan 3 kali.

Tentu Untuk bisa menginap di sini, Anda perlu merogoh kocek sekitar USD 180 atau sekitar 2,9 jutaan per malamnya. 

Rute atau Jalan Menuju Lokasi Pantai Watu karung Pacitan

Pantai Watu Karung pacitan Jawa Timur Rute atau Jalan Menuju Lokasi Pantai Watu karung Pacitan

Alamat Pantai Watu Karung Pacitan letaknya berada di Ketro, Watukarang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552. Jaraknya sekitar 40 km (60 menit) dari kota Pacitan. Akses menuju tempat ini cukup sulit, curam dan juga terjal.

Jadi, Anda harus sangat hati-hati saat melewatinya. Nah, bagi Anda yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta rute yang bisa dilewati yaitu menuju ke arah Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari situ, arahkan kendaraan menuju ke Solo.

Kemudian, arahkan kendaraan ke jalan pintas di Desa sedang agar bisa sampai ke kota Pacitan lebih cepat. Dari situ ikutilah petunjuk yang ada 40 km.

Dari sana dan Anda pun sampai ke wilayah Pringkuku dengan tanjakan yang sangat curam. Ikutilah jalan tersebut hingga sampai ke tempat tujuan.

Sebagai pengingat, Anda dituntut untuk selalu berhati-hati dalam berkendara. Jalan menuju Pantai Watu Karung Pacitan memang terbilang sempit dan belum halus. 

Selain itu anda juga akan menemukan tikungan dan tanjakan yang cukup curam. Sehingga kewaspadaan dan kehati-hatian sangat dibutuhkan dalam berkendara menuju wisata Pantai Watu Karung 2016.

Sebelum liburan ke Yogyakarta, ada baiknya Anda menyimak rekomendasi tempat wisata di Jogja untuk Keluarga.

Tips Berkunjung ke Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur Objek Wisata Tips Berkunjung ke Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Walau memang Pantai Watu Karung Pacitan Sub-District East Java masih belum begitu terkenal tapi ombaknya sudah terkenal bagus di kalangan mereka yang gemar berolahraga selancar. Di samping itu akses jalan menuju ke lokasi wisata juga tidak mudah. Karena itulah pada saat akan berkunjung ke Watu Karung, Anda perlu menyimak tips-tips berikut ini;

  1. Gunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun empat pada saat ingin berkunjung ke sini. Alasannya karena belum ada angkutan umum yang masuk ke sini.
  2. Karena jalanannya memiliki tanjakan dan turunan yang bervariasi, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, terutama bagian rem nya.
  3. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti karena disini tidak ada penjual pakaian dan juga mainan. 
  4. Jika Anda berniat membawa rombongan dalam jumlah banyak, sebaiknya gunakan mobil saja, bukan naik bus. Alasannya karena jalannya yang ekstrim dan sempit sehingga dikhawatirkan bus tidak akan bisa sampai lokasi.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam deskripsi di atas, selain Pantai Watu Karung Ketro Watukarung Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini mempunyai pemandangan indah dengan pasir putih yang terbentang luas. Panorama alamnya cukup bagus. Ada beberapa penginapan yang tersedia di dekat pantai. Pas untuk menghilangkan penat. Pasirnya putih bersih dan halus. Di sini juga sudah tersedia toilet dan warung makan.

Pantai juga terdapat berbagai objek wisata seru lho dan tentunya wajib Anda kunjungi. Mari berwisata ke sini. Liburan nyaman bersama keluarga. Meningkatkan perekonomian warga sekitar lokasi wisata

Leave a Reply