Makanan Khas Thailand Tom Khai Kai

Makanan Khas Thailand

Makanan Khas Thailand – Banyak orang mengunjungi negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih untuk berwisata dan menghabiskan waktu liburan. Selain karena sektor pariwisata yang maju, Thailand juga memiliki wisata kulinernya yang menggugah selera.

Dimana masakan Thailand diolah dengan cara yang sangat khas, baik makanan ataupun minumannya. Mereka memasak dengan cara khas Negeri Thailand yang resep dan cara membuatnya kaya akan bumbu.

Pada umumnya, makanan khas Thailand memiliki cita rasa pedas, asin, manis dan asam. Dimana 4 cita rasa tersebut mewakili daerah masing masing yang dipengaruhi oleh makanan negeri tetangga. Empat daerah Thailand tersebut adalah bagian utara, timur laut, tengah dan selatan.

Adapun makanan khas negeri tetangga yang turut mempengaruhi masakan Thailand seperti makanan khas Myanmar, makanan khas Malaysia dan Vietnam. Namun ada juga yang mendapat pengaruh dari makanan khas Perancis.

Berikut ini daftar menu makanan khas Thailand yang terkenal, halal hingga yang aneh untuk kita orang Indonesia:

Nama Makanan Khas Thailand

   Video makanan khas Thailand yang Aneh di street food Bangkok Thailand

“Culinary tradition is not always based on fact. Sometimes it’s based on history, on habits that come out of a time when kitchens were fueled by charcoal.”

~ Alton Brown ~

1. Tod Man Pla

Makanan Khas Thailand Tod Man Pla

Gambar Makanan Khas Thailand Tod Man Pla

Makanan khas Thailand yang paling banyak digemari adalah tod man pla. Di dalam makanan ini terdapat daging ikan dan juga ayam.

Namun, kebanyakan masyarakat Thailand lebih memilih ikan ketimbang daging ayam untuk dimasak sebagai tod man pla.

Sementara, ikan yang digunakan pun tidak sembarang ikan karena hanya ikan berdaging putihlah yang dipilih. Misalnya ikan kakap, tuna, tenggiri dan juga ikan gindara.

Sedangkan bumbu yang biasa dipakai untuk memasak tod man pla yakni bumbu pasta kari berwarna merah ala Thailand.

Dari bumbu kari yang digunakan tersebut akan muncul warna merah yang menarik serta rasa pedas yang tajam. Adapun bentuk penyajian tod man pla ditemani dengan acar timun, baik sebagai pembuka maupun sebagai pelengkap.

2. Khao Tom

Makanan Khas Thailand Khao Tom

Gambar Makanan Khas Thailand Khao Tom

Bentuk dari khao tom adalah bubur nasi yang dicampur dengan daging ataupun hasil panen laut. Jenis dari khao tom ini bervariasi sesuai dengan campurannya.

Misal bubur yang dicampur dengan udang maka disebut dengan khao tom goong, jika dicampur ikan dikenal dengan khao tom pla dan lainnya.

Khao tom yang dicampur dengan udang atau ayam tergolong kedalam makanan Thailand yang halal. Sehingga bagi Kamu yang beragama Islam diperbolehkan mengkonsumsinya. Makanan ini dianjurkan bagi orang-orang yang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan.

Mengapa demikian?

Sebab khao tom mengandung berbagai rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh. Maka dari itu, khao tom juga sangat tepat disajikan saat udara sedang dingin. Sedangkan di negara Thailand sendiri bubur ini biasa disajikan sebagai menu sarapan.

3. Pad Thai

Makanan Khas Thailand Halal Pad Thai

Gambar Makanan Khas Thailand Halal Pad Thai

Makanan khas Thailand halal satu ini sekaligus dijadikan sebagai ikon kuliner negara Thailand. Hal tersebut dikarenakan pad thai adalah satu-satunya hidangan yang menyandang predikat thai pada namanya.

Makanan ini sudah ada sejak tahun 1930-an dan populer di kalangan masyarakat sebagai makanan pembangkit nasionalisme.

Bentuk makanan ini mirip dengan kwetiau yang ada di Indonesia, hanya saja mie gepeng ala Thailand ini ukurannya lebih lebar.

Bahan dasar pembuatannya adalah beras, kucai dan tauge yang dihidangkan bersama dengan makanan berprotein seperti daging sapi dan produk laut.

4. Khao Pad

Makanan Khas Thailand Halal Khao Pad

Gambar Makanan Khas Thailand Halal Khao Pad

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai khao tom, kali ini akan dijelaskan mengenai khao pad. Keduanya memang memiliki nama yang hampir sama, tetapi artinya berbeda. Khao tom artinya adalah bubur nasi, sedangkan khao pad artinya adalah nasi goreng.

Meskipun sama-sama nasi goreng, akan tetapi nasi goreng khas Thailand ini berbeda dengan nasi goreng yang biasa dimasak di Indonesia.

Perbedaannya yaitu nasi goreng Indonesia tidak banyak ditambah dengan bahan pelengkap, sementara nasi goreng Thailand justru sebaliknya.

Kebanyakan orang Thailand membuat nasi goreng dengan banyak bahan pelengkap yang menyehatkan.

Bahan pelengkap yang biasa ditambahkan berupa cabai, mentimun serta paprika. Tambahan itu selain akan lebih menyehatkan juga akan mempercantik tampilan dari nasi goreng ala Thailand.

Tampilannya yang cantik karena terdapat warna-warna terang yang berasal dari bahan pelengkap akan menjadi semakin menarik karena adanya tambahan lainnya.

Tambahan tersebut biasanya turut disajikan saat sudah berada di piring, yaitu berupa ayam, udang ataupun kepiting.

5. Tom Khai Kai

Makanan Khas Thailand Tom Khai Kai

Gambar Makanan Khas Thailand Halal Tom Khai Kai

Sajian berupa sup yang dilengkapi dengan kuah bersantan warna putih ini menjadi daftar makanan khas Thailand yang wajib kamu coba.

Makanan tradisional tom khai kai ini mungkin terlihat segar. Akan tetapi, kamu jangan salah ya. Tom khai kai ini memiliki rasa pedas yang melebihi dari tom yum lho.

Citarasa pedas tersebut dikarenakan penggunaan jumlah cabai yang banyak. Karena pedasnya yang melebihi level standar, maka makanan ini disarankan bagi Kamu yang memang menyukai pedas.

Selain karena kuah santannya, tom khai kai juga dilengkapi dengan suwiran ayam. Masyarakat Thailand juga suka menambahkan daun jeruk kedalamnya agar aromanya menjadi lebih harum dan juga segar.

6. Tom Yum

Nama Makanan Khas Thailand Tom Yum

Gambar Makanan Khas Thailand Halal Tom Yum

Tom yum ini bukan saja menjadi rajanya kuliner di negeri sendiri tetapi bahkan sesudah mendunia loh. Hidangan yang termasuk makanan tradisional masyarakat Thailand yang ini berbentuk sup.

Isian di dalam tom yum sangat beragam, mulai dari ikan, udang dan masih banyak bahan lainnya. Dari setiap bahan utama yang digunakan akan memberikan ciri tersendiri  dan akan berdampak pada nama sajiannya.

Apabila Kamu sedang menghabiskan waktu liburan disana dan ingin mencicipi menu satu ini, cukup mudah untuk menemukannya.

Hampir setiap restoran yang ada di Thailand menyediakan menu tom yum dengan banyak pilihan variasinya yang disesuaikan dengan isi utamanya.

Selain dibedakan berdasarkan isinya, tom yum juga dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kuahnya:

  • Ada tom yum dengan kuah bening, rasanya lebih segar dengan bumbu alami seperti bawang putih, lengkuas, cabai, serai dan bumbu lainnya
  • Tom yum dengan kuah santan, rasa dari tom yum dengan kuah santan lebih gurih daripada tom yum kuah bening. Bumbunya hampir sama dengan kuah bening, hanya saja ditambahkan dengan santan.

jika ditanya lebih enak yang mana, maka kembali lagi kepada selera masing-masing individu. Karena keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Sajian ini sangat cocok disantap pada malam hari, apalagi ditemani dengan cuaca yang gerimis dan udara yang dingin. Sebab makan malam adalah bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Seseorang tidak bisa berpikir dengan jernih, mencintai dengan baik serta tidur dengan nyenyak apabila belum makan malam dengan baik.

7. Som Tam

Oleh oleh Makanan Khas Thailand Som Tum

Gambar Makanan Khas Thailand yang Terkenal Som Tum

Makanan khas Thailand sama halnya dengan makanan- makanan di Jepang yang terkenal menyehatkan karena banyaknya campuran sayuran di dalamnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Som Tam juga menyertakan aneka sayuran di dalamnya. Namun, bahan yang paling dominan dipakai dalam menu satu ini adalah pepaya.

Berdasarkan dari Wikipedia, Som tam, varian Thai di percaya sebagian kalangan berasal dari Laos. Akan tetapi di populerkan oleh kuliner Thailand. Masuk dalam daftar 50 Makanan Paling Lezat di Dunia, berada di posisi 46  oleh CNN Go pada 2011.

Som tum sendiri biasanya dijadikan sebagai menu alternatif saat sedang tidak ada makanan berat atau memang sedang bosan dengan makanan pokok. Bentuk dari som tam mirip dengan salad yang diatasnya diberi bumbu cabai, bawang putih serta tomat.

Bumbu-bumbu tersebut terlebih dahulu dihaluskan, baru setelah itu dicampurkan ke dalam sayuran dan buah-buahan yang sudah disiapkan. Jika dilihat dari bumbu yang dipakai, citarasa yang dihasilkan adalah manis, pedas dan juga asam.

8. Khao Soi

Makanan Khas Thailand yang Terkenal Khao Soi

Gambar Makanan Khas Thailand yang Terkenal Khao Soi

Kuliner Thailand yang wajib banget kamu coba selanjutnya adalah makanan bernama khao soi. Kenapa kuliner ini wajib banget hukumnya untuk dicoba? Karena menu ini sangat terkenal di Thailand.

Perlu Kamu ketahui bahwa ternyata menu makanan ini bukanlah berasal dari Thailand.

Akan tetapi, makanan ini justru awalnya berasal dari Myanmar yang selanjutnya dimodifikasi oleh masyarakat Thailand. Nah, hasil modifikasi tersebut ternyata sangat sesuai dengan selera dan lidah masyarakat Thailand.

Khao soi adalah sajian yang berupa mie kuning legit dan disajikan bersamaan dengan kuah santan dengan rasa yang gurih.

Santan yang dipakai bukanlah santan kental seperti yang biasa digunakan saat memasak kari, meski begitu rasanya tetaplah mengundang selera.

Sedangkan mie kuningnya adalah hasil perpaduan antara mie basah dan juga mie kering. Selain dua bahan tersebut, ada bahan pelengkap yang menemaninya saat disajikan.

Bahan pelengkap yang dimaksud berupa daging baik ayam maupun sapi, cabai, jeruk nipis, acar timun dan juga irisan bawang merah.

9. Sai Oua

Gambar Makanan Khas Thailand Sai Oua

Makanan Khas Thailand yang Terkenal Sai Oua

Kekreatifan masyarakat Thailand bisa dengan jelas Kamu lihat dari hasil olahan setiap bahan makanannya. Apalagi dalam menu yang biasa disebut dengan nama sai oua ini.

Makanan khas Thailand ini sebenarnya sangatlah sederhana, yakni sosis yang kemudian dipotong serong.

Sai oua adalah sosi yang berbahan dasar dari daging babi, makanya warna dari sosisnya lebih gelap dibandingkan dengan sosis ayam atau sosis sapi. Tidak hanya warnanya saja yang berbeda, bentuknya pun juga berbeda, yaitu lebih panjang dari sosis biasa.

Supaya citarasa yang dihasilkan lebih nikmat, bumbu yang digunakan adalah campuran dari berbagai macam rempah-rempah.

Misalnya seperti serai, lengkuas, ketumbar, bawang merah, cabai, bawang putih, minyak ikan serta yang tidak boleh ketinggalan adalah garam.

10. Gai Yang

Makanan Khas Thailand Halal yang Terkenal Gai Yang

Gambar Makanan Khas Thailand Halal yang Terkenal Gai Yang

Bagi Kamu yang sedang berkunjung bersama dengan keluarga besar ke negara Thailand, maka disarankan untuk mengisi perut dengan sajian ini. Hidangan yang disajikan dalam porsi besar ini cocok untuk Kamu nikmati bersama-sama.

Gai Yang adalah nama sajian tersebut, Gai Yang ini adalah kuliner khas Thailand yang berbentuk ayam bakar utuh. Sehingga Kamu tidak bisa jika hanya memesan bagian tertentu saja, harus satu ayam utuh.

Gai Yang merupakan ayam bakar yang sebelum dilakukan proses pembakaran sudah dibaluri dengan bumbu khusus. Cara penyajiannya biasanya menggunakan wadah atau piring besar dengan ayam yang telah dipotong kasar menjadi beberapa bagian.

11. Moo Ping

Makanan Khas Thailand Moo Ping

Gambar Makanan Khas Thailand Moo Ping

Ada salah satu hidangan tradisional khas Malaysia dan juga Indonesia yang ternyata juga dimiliki oleh Thailand. Nama hidangan yang dimaksud adalah Moo Ping. Ya, makanan tersebut seperti sate yang kita kenal dan biasa makan.

Hanya saja, karena lokasi daerah dan bahasa yang berbeda, sehingga terdapat perbedaan dalam hal penamaan.

Makanan khas Thailand moo ping ini berbentuk seperti sate pada umumnya. Namun, terbuat dari bahan dasar daging babi yang kemudian disantap dengan nasi beserta saus khusus.

Cara penyajiannya pun mirip dengan sate yakni terdiri dari beberapa tusuk dalam satu porsi.

Makanan ini kurang tepat bagi Kamu yang sedang mencari  kuliner khas Thailand yang halal. Karena tidak ada variasi daging lain yang disediakan selain daging babi.

Rangkaian berbagai kuliner khas Thailand diatas adalah kuliner yang paling banyak digemari penduduk Thailand. Dari mulai yang terbuat dari sayur, daging hingga beras dan tentunya dengan citarasa yang beragam. Nah, bagi Kamu yang penasaran bisa langsung mencobanya.

Meskipun dengan banyaknya menu-menu makanan khas negara jiran terbaru yang beredar di Indonesia, diharapkan tidak mengurangi rasa nasionalisme teman-teman semua. Tetap cintailah produk makanan khas Indonesia atau apapun yang dihasilkan oleh tangan-tangan kreatif bangsa sendiri.

Leave a Reply